You are on page 1of 6

TUGAS KIMIA POLIMER ORGANIK “POLIMETIL METAKRILAT”

Oleh : RAHMI RAMADHANI 12862/2009 Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Yustini Ma’ruf, M.Si

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2013

200. Poli(metal-2-metil propenoat) (polimetil metakrilat atau “Perspeks”) Polimetil metakrilat (Polymethyl methacrylate) atau poli (metil 2-metilpropenoat) adalah polimer sintetis dari metil metakrilat. Bahan ini dikembangkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dan dibawa ke pasaran oleh Rohm and Haas Company pada tahun 1933. Limacryl. Perspex.20C  Densitas = 0. Bahan yang bersifat thermoplastis (mencair bila dipanasi) dan transparan ini dijual dengan merek dagang Plexiglas. berupa cairan tak berwarna  Larut dalam air. Resin akrilik adalah suatu polimer yang berbentuk bubuk dan monomer yang berbentuk cair. Sifat-sifat Polimetil Metakrilat  Berat Molekul Powder : 500.936. PMMA memiliki tahan cuaca yang sangat tinggi sinar matahari tidak mudah mengubahnya kuning atau membuatnya hancur. Secara kimia dinamakan polymetil metakrilat yang terbuat dari minyak bumi.000-1. dan Lucite serta pada umumnya disebut dengan 'kaca akrilik' atau sekedar 'akrilik'. PMMA (polimetil metakrilat) adalah istilah kimia yang diberikan kepada resin yang dihasilkan dari MMA (metil metakrilat Monomer). transparansi yang tinggi merupakan salah satu karakteristik utama dari PMMA. Acrylplast. Vitroflex. hingga 1. gas bumi atau arang batu. Altuglas.000  BM Monomer : 100  BM Polimer yang telah kiur.000  Titik didih 1000C. MMA adalah cairan berwarna dan transparan substansi. Bahan ini berasal dari asam acrolain atau gliserin aldehida.000. Adapun macam-macam bahan akrilik adalah : . Acrylite. beracun dan bahan yang iritant.POLIMER POLIMETIL METAKRILAT A. titik beku -42. dapat terbakar. Nama acrylic berasal dari bahasa latin yaitu acrolain yang berarti bau tajam.

masukan kedalam gelas beker dan tambahkan 0. dan lain-lain. 4. alat ekstrusi. Ambil alat yang digunakan dari desikator  Prosedur Kerja Pembuatan Bakelit 1. filing listrik.1 gr : Metil metakrilat : Benzoil peroksida benzoil peroksida sebagai inisiator . untuk alat-alat yang tidak tahan panas cukup di lap dengan kain bersih. karena tahan terhadap cuaca luar. Bahan akrilik heat cured 2. Bahan ini digunakan antara lain dalam industri otomotif. Ambil 5 ml metil metakrilat. mesin. monitor. Bahan akrilik self cured B. Kegunaan Polimetil Metakrilat Polimetil metaakrilat (PMMA) adalah bahan yang sangat luas penggunaannya untuk di luar maupun di dalam ruangan. Keluarkan alat dalam oven kemudian memasukkannya kedalam eksikator sampai mencapai suhu kamar 5. Siapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum 2. Pembuatan Polimetil Metaakrilat Monomer Inisiator  Preparasi Praktikum 1. Cuci peralatan sampai bersih dan bilas memakai aquades 3. PMMA juga dapat diproses menghasilkan bahan pelapis yang bersifat termoseting. bahan pelapis untuk material pada pesawat terbang yang mempunyai kecepatan < Mach 1. incubator bayi.1. lensa. pemanas tenaga matahari. C. Dimasukan ke dalam oven untuk alat-alat yang tahan panas.

Panaskan dalam penangas air (waterbath) pada suhu ± 85900C sampai larutan menjadi kental 3. D. Sumbat dan tutuplah tabung reaksi dengan alumunium foil (samping dan atas). Reaksi Pembentukan Polimer Pembentukan Radikal bebas Benzoil Peroksida Proses Inisiasi Polimerisasi Polimerisasi Metil Metakrilat • • Reaksi Propagasi Metil Metakrilat • • Tahap Terminasi  Terminasi Kombinasi .2. dan kocoklah secara perlahan. setelah 10 menit/lebih cairan berubah menjadi polimer yang keras. Setelah kental pindahkan di atas cawan porselen biarkan polimer yang terbentuk.

 Terminasi Disproporsionasi .

org/ diakses pada tanggal 3 April 2013 http://katjamatacinta.blogspot.diakses tanggal 3 April 2013 . Petunjuk Praktikum Pembuatan Polimer.html.wikipedia. ATK : Yogyakarta http://id.com/polimetil-metakrilat-resin-akrilik.com/ diakses tanggal 3 April 2013 http://memoriesblog.Daftar Pustaka Iswahyuni.