Deteksi dini penyulit persalinan dengan menggunakan partograf

By: SURIANI. SST

tujuan utama untuk dari penggunaan partograf adalah untuk: Mencatat hasil observasi dan kemajuan persalinan dengan menilai pembukaan serviks melalui pemeriksaan dalam. juga dapat melakukan deteksi dini setiap kemungkinan terjadinya partus lama.Partograf adalah alat bantu yg digunakan selama fase aktif persalinan. . Mendeteksi apakah proses persalinan berjalan normal. Dengan demikian.

Menggunakan informasi yang ada untuk membuat keputusan klinik yg sesuai dan tepat waktu. maka partograf akan membantu penolong persalinan untuk: Mencatat kemajuan persalinan. . Mencatat kondisi ibu dan janinnya. Mencatat asuhan yg diberikan selama persalinan dan kelahiran. Menggunakan informasi yg tercatat untuk secara dini mengidentifikasi adanya penyulit.jika digunakan secara tepat dan konsisten.

Selama persalinan dan kelahiran disemua tempat.Partograf harus digunakan    Untuk semua ibu dalam fase aktif kala satu persalinan sebagai elemenpada asuhan persalinan. Partograf harus digunakan. Secara rutin oleh semua penolong persalinan yang memberikan asuhan kepada ibu selama persalinan dan kelahiran. . baik tanpa ataupun ada penyulit.

ada tidaknya kompresi kepala. pembukaan diharapkan bisa melaju 1 cm/ jam Garis tindakan jika pasien tidak mengalami kemajuan seperti diatas. pengobatan yang diberikan. . Garis waspada dimulai pada pembukaan 4 cm. pola kontraksi. warna cairan ketuban. Tandai pembukaan servik. maka diperlukan tindakan.Partograf dan kriteria untuk persalinan aktif      Tulis mengenai informasi identitas pasien Catat denyut jantung janin.

Uji coba partograf WHO  o o  Tujuan : Untuk mengevaluasi dampak partograf WHO pada penatalaksanaan dan hasil persalinan. malaysia dan thailad Tidak boleh ada intervensi dalam fase laten hingga 8 jam Garis tindakan fase aktif untuk pertimbangan: pemberian oksitosin. atau penatalaksanaan lain yang sesuai. Desain: percobaan secara acak pada berbagai rumah sakit pusat penelitiandi indonesia. Untuk membuat dan menguji protokol pada penatalaksanaan persalinan dan partograf.   . operasi sesar.

spontan Forsep 0.9) 341 (3.Partograf WHO: Semua wanita Sebelum Setelah pelaksan pelaksana aan an 18254 6.3%) 227 (2. Sepsis pada masa nifas.005 .5 %) < 0.1 % 0. Wanita normal Cara persalinan Kepala.4 % 20.70% 17230 3.002 0. Persalinan yang dipercepat.4 % 9.001 0.21 % ρ Jumlah persalinan Persalinan > 18 jam.7% 0.4 %) 7869 (86.023 0.028 8428 (83.

Terima kasih .