1

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini sering kita mendengar katakata persaingan ketat di bidang dunia kerja. Ini berarti semua siswa harus meningkatkan daya saingnya baik mutu, maupun keahlian. Peningkatan daya saing ini dimulai dari penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang merupakan faktor keunggulan menghadapi persaingan dimaksud. Jika kita tidak bisa mengantisipasi persiapan SDM yang berkualitas antara lain, berpendidikan, memiliki keahlian dan keterampilan terutama bagi tenaga kerja dalam jumlah yang memadai, maka calon tenaga kerja Indonesai akan kala bersaing dengan negara lain. Oleh karena itu, negara kita perlu menyiapkan SDM pada tingkat menengah yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia usaha. Untuk menyikapi semua itu pemerintah telah membuat sebuah kurikulum berbasis kompetensi dengan menyelenggrakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau sekarang yang dikenal dengan Praktek Kerja Industri (Prakrin) di Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakrin) dinilai sangatlah diperlukan bagi siswa-siswi SMK Yadika Baturaja, selain untuk menambah wawasan dan pengalaman d idunia usaha atau di dunia industri, Prakrin juga salah satu
1

pelaksanaan hingga evaluasi dan sertifikasi yang merupakan satu kesatuan program dengan . industri.blogspot. 2008) disebutkan: Prakerin adalah pola penyelenggaraan diklat yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan industri/asosiasi profesi sebagai institusi pasangan (IP). .2 syarat agar siswa-siswi SMK Yadika Baturaja dapat mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS).com. mulai dari tahap perencanaan. Dengan adanya Praktek Kerja Industri (Prakrin) ini siswa-siswi SMK Yadika Baturaja dapat mengetahui keadaan dunia usaha atau dunia kerja yang sesungguhnya serta peserta diklat diharapkan dapat menerapkan teori yang telah didapat dari sekolah ke dunia kerja atau duna usaha. Dalam Kurikulum SMK (Dikmenjur. menggunakan day berbagai bentuk alternatif dan pelaksanaan sebagainya”. Praktik Kerja Industri Pengertian Praktek Kerja Industri (Prakerin) di kutip dari http://pklal-ittihad. seperti release. Praktek Kerja Industri ini merupakan sebuah program yang mengutamakan keahlian dan keterampilan pada diri siswa itu sendiri. “Prakerin adalah bagian dari pendidikan sistem ganda (PSG) sebagai program bersama antara SMK dan Industri yang dilaksanakan di dunia usaha. block release. B. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan mutu atau kualitas siswa-siswa SMK Yadika Baturaja.

3 Kemudian dalam jurnal program Prakerin (1999: 1) dijelaskan bahwa Prakerin adalah suatu komponen praktek keahlian profesi. berupa kegiatan secara terprogram dalam situasi sebenarnya untuk mencapai tingkat keahlian dan sikap kerja profesional yang dilakukan di industri. Lebih lanjut dalam Undang-Undang Prakerin Dikmendikti. serta didukung oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) mewakili industri dan tokoh masyarakat yang mewakili masyarakat umum. Dari beberapa pernyataan tersebut. karena itu materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah ditetapkan. Penyelenggaraan Praktek Industri membantu peserta didik untuk memantapkan hasil belajar yang diperoleh di sekolah serta membekali siswa dengan pengalaman nyata sesuai dengan program studi yang dipilihnya. Program diklat disusun dan dilaksanakan bersama secara bertanggungjawab antara sekolah dan industri. maka dalam penelitian ini Prakerin didefenisikan sebagai penyelenggaraan pendidikan yang mengintegrasikan kegiatan pendidikan (teori) . Pembelajaran di dunia kerja (industri) tersebut merupakan bagian integral dari program diklat secara menyeluruh. (2003) diungkapkan bahwa Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah program wajib yang harus diselenggarakan oleh sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan dan pendidikan luar sekolah serta wajib diikuti Kerja oleh siswa/warga akan belajar.

3. C. sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah. . 4. keterampilan. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses dari pendidikan. Dengan kata lain bahwa Praktek kerja industri adalah suatu strategi dimana setiap siswa mengalami proses belajar melalui bekerja langsung (learning by doing) pada pekerjaan yang sesungguhnya. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. Meningkatkan kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha ataupun dunia industry. 2. dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. Dengan praktek kerja industri ini peserta didik memperoleh pengalaman dengan bahan kerja serta membiasakan diri dengan perkembangan-perkembangan baru.4 di sekolah dengan kegiatan pendidikan (praktek) di dunia industri. Mengembangkan pengetahuan. Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Adapun tujuan penyelenggaraan pendidikan praktek kerja industri adalah sebagai berikut : 1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional.

.5 5. Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Adapun manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sebagai berikut : 1. D. Mengimlementasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari sekolah ke dunia kerja serta menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi siswa.

2. S. Pada tanggal 17 7 .. Pada bulan Juni 1981ndengan kapasitas produk terpasang 500. sedangkan penyelesaian proyek baru selesai pada tahun 1980 yang dibangun oleh Ishikawajiwa Harima Heavy Industries Co.H. Didirikan pada tanggal 14 November 1974 dengan Akte Notaris No. di Jakarta dengan perubahan Akta No. Kemudian pambangunan fisik dilaksanakan pada tahun 1978. 34 oleh JFBT Sinjal.000 ton per tahun.. S.6 BAB II PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI A. Sejarah Persahaan PT Semen Baturaja (Persero) terletak di provinsi Sumatera Selatan.H. Provinsi Lampung. dimana daerah pemasarannya di daerah Sumatera Selatan. 15.2049 – 1994) dengan gambar atau logo tiga gajah. 28 tanggal 19 April 1984 oleh notaris Hadi Moentero. Nama Perusahaan Nama Perusahan tempat Praktek Kerja Industri (Prakrin) adalah di PT SEMEN BATURAJA. btd peresmian PT Seman Baturaja (Persero) diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 29 April 1981. 49 tanggal 21 November 1974 dan terakhir No. PT Semen Baturaja (Persero) beroperasi secara komersial untuk pembuatan semen Portland type 1 (SNI No. di Jakarta. Gambar Umum Perusahaan 1. dan Provinsi Bengkulu.

PT Semen Gresik : 88% : 7% : 5% Pada tanggal 14 Januari 1991. Merupakan pabrik terak dan penggilingan semen. Pabrik Baturaja. . berlokasi di desa Sukajadi. PT Semen Padang (Persero) c. PT Semen Baturaja (Persero) sudah melaksanakan pembangunan perluasan pabrik untuk memperbesar kapasitas produk dengan proyek swakelola optimalisasi 1 yang mulai pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 2000 dengan peningkatan produksi semen sebesar 700. 3. untuk pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) pertama – tama adalah : a. kemudian untuk menambah kapasitas produksi mencapai 1. dengan mengambil alihan saham yang dimiliki oleh PT Semen Padang dan PT Semen Gresik. susunan modal PT Semen Baturaja (Persero) mengalami perubahan menjadi seratus persen (100%) milik pemerintah RI.000 ton per tahun. Pemerintah RI b.7 Desember 1997 PT Semen Baturaja (Persero) berhasil meraih sertifikat sistem mutu internasional ISO –9002. di mana bahan baku kapur dan tanah liat berada di sini dan juga penggilingan dan pemrosesan sampai pengantongan semen.000 ton per tahun.250. Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kira – kira 202 Km dari kota Palembang. Lokasi PT Semen Baturaja (Persero) a.

c. penulis banyak mendapat informasi diantaranya diberi pinjaman helm sebagai . surat izin untuk memulai kegiatan prakerin ke kepala bagian masing-masing pada PT Semen Baturaja (Persero). Di sini juga merupakan pabrik pembuatan kantong semen. Penulis juga mendapat struktur organisasi (kepengurusan) pada PT Semen Baturaja (Persero). 6. Bagian Keselamatan Kerja (K3) Bagian keselamatan kerja adalah bagian yang bertanggung jawab mengenai keselamatan pekerja dan karyawan. Pabrik Kertapati Palembang terletak di kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan merupakan pabrik penggilingan dan pengantongan semen dan sekaligus kantor pusat dari PT Semen Baturaja (Persero). Pada bagian ini. Bagian Satpam (Security) Pada bagian ini penulis meminta izin kepada bagian keamanan untuk memulai keiatan prakerin yang sebelumnya sebagai bertamu beralih menjadi tanda kegiatan prakerin dan disinilah penulis sudah mendapat izin resmi untuk kegiatan prakerin. 4. Pabrik Panjang terletak di Provinsi Lampung merupakan pabrik penggilingan dan pengantongan semen.8 b. Mulai dari Direktur Utama sampai kepelaksana dan disinilah penulis memulai masuk dalam kegiatan prakerin di PT Semen Baturaja (Persero) 5. penulis banyak mendapatkan masalah kegiatan prakerin. Bagian Diklat Pada bagian ini.

Bagian Sistem Informasi Managemen (SIM) Departemen SIM PBR PT Semen Baturaja memiliki lingkup pekerjaan memelihara dan memperbaiki perangkat keras dan perangkat lunak komputer pada setiap unit kerja serta dilakukan inspeksi secara rutin tiap harinya. Semen Baturaja ( Persero ) untuk lima tahun kedepan adalah melaksanakan program peningkatan kinerja perusahaan secara terus menerus dengan melakukan penyempurnaan terhadap sistem manajemen dan pola kepengurusan perusahaan. 7. Tujuan Perusahan Tujuan PT. B. men-scan maupun meng-update anti virus.9 pengaman untuk memasuki pabrik dan disinilah penulis diberi tahu tentang tatacara memasuki areal pabrik di PT Semen Baturaja (Persero). penggantian dan perbaikan komponen-komponen ataupun perangkat-perangkat keras yang rusak pada jaringan komputer hingga pendokumentasian. Di Bagian Sistem Informasi Managemen(SIM) inilah penulis ditempatkan untuk melaksanakan tugas Prakerin. VISI DAN MISI PERUSAHAAN 1. Dalam pelaksanaan kerja pratek dilakukan pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras maupun perangkat lunak hal ini rutin dilakukan pada saat inspeksi harian yang dimulai dengan mengecek system operasi. untuk menghasilkan laba yang optimal dan kondisi perusahaan yang tetap dalam kondisi . TUJUAN.

Semen Baturaja ( Persero ) adalah : 1) Menghasilkan laba dan memberikan kontribusi berupa pajak kepada negara dan deviden kepada pemegang saham dengan memproduksi dan mentribusikan semen Portland tipe I dan semen tipe lain yang memenuhi tipe Standard Nasional . 2) PT. Misi Adapun misi PT. Visi dan Misi PT. Semen Baturaja (Persero) a. b. Semen Baturaja (persero) sebagai pemasok utama di daerah Sumatra bagian Selatan (sumbagsel) dan mendukung tersedianya pasokan semen dalam negeri.Meningkat profesiaonalisme karyawan dengan menerapkan sistem manajemen mutu terpadu Semen Baturaja (SMMT – SB) dan sistem mutu ISO 9002. Visi Adapun visi PT. Semen Baturaja ( Persero ) adalah : 1) PT.10 sehat. 2. Semen Baturaja (persero) berkembang dengan menspeliasasikan diri pada pangembangan pabrik semen skala ekonomis sesuai dengan daya lingkungan dan keunggulan kompetetif.

C. 3) Ikut Berpartisipasi dalam pengembangan perekonomian pambinaan industri – industri usaha yang berwawasan lingkungan. Tingkat Biro 4. sehingga nanti masing – masing mempunyai peran dan tanggung jawab yang jelas. Tingkat Seksi 6. Tingkat Departemen 3. PT Semen Baturaja (persero) memiliki bentuk organisasi line dan staf terbagi dalam beberapa tingkatan : 1. 2) Menjaga kontinuitas dan stabilitas pasokan semen dalam negeri khusnya Sumatra bagian selatan (sumbagsel). PT. Tingkat Bagian 5. Tingkat Direktorat 2. Tingkat Regu Dan Pelaksana . Semen Baturaja (persero) memiliki suatu struktur organisasi yang merupakan bagian yang sangat penting untuk suatu perusahaan. STRUKTUR ORGANISASI Sebagai suatu bahan usaha milik Negara.11 Indonesia (SNI) dengan menerapkan sistem mutu ISO 9001 – 2000 .

30 Jam istirahat (Senin – Kamis) : 12.30 : 23. Direktur utama membawahi Direktur Teknik dan Pengembangan Direktur. PT.30 – 07. dengan waktu kerja sebagai Untuk kerja non – shift Menggunakan sitem lima hari kerja. Produksi. atau yang lebih dikenal dengan job description.30 Direksi berkedudukan di Palembang (4 direktur ) dan di Baturaja (I direktur).30 – 23. Tugas dan tanggung jawab direktur PT.30 Untuk jam kerja shift Hari minggu dan hari besar lainnya adalah hari kerja.45 Jam istarahat (Jum’at) : 11.30 – 13. Untuk struktur PT Semen Baturaja dapat dilihat pada lampiran. Dari pemerintahan sedangkan Pabrik Panjang dipimpin oleh kepala biro.00 – 12. dan Direktur SDM & Umum. Semen Baturaja (persero) memakai sistem kerja non – shift dan shift guna kelancaran operasional pabrik.12 Setiap tingkat dipimpin oleh seorang setiap kepala.30 – 15.30 – 16.30 : 15. Shift I Shift II Shift III : 07. Semen Baturaja terdiri dari : . dari hari senin sampai hari jum’at : Jam kerja : 07. dimana masing – masing kepala dalam tingkat mempunyai tugas dan wewenang masing – masing. Direktur Komersil.

Direktur Komersial Bagian Komersil bertanggung jawab atas Logistik kelancaran pemasaran. tersedianya sarana fisik dan barang materil yang dibutuhkan serta terselenggaranya kegiatan keuangan di perusahaan 5.penunjang kegiatan operasional. Direktur Teknik & Pengembangan Bertanggung jawab Kualitas dan pengembang proses pembuatan semen dari tambang samapai menjadi semen 3. Direktur Umum & SDM Sub Bagian SDM (Sumber Daya Manusia ) bertanggung jawab atas pelaksanaan kesejahteraan pegawai. Direktur Produksi Direktur Produksi adalah Mengatur bahan baku produksi yang berupa batu kapur dan tanah liat dan bahan baku yang lain dan mengatur produksi semen dan mengembangkan mutu daripada semen dan menerapkan system mutu ISO : 9001 : 2000 4. dapat terlaksananya administrasi kepegawaian di perusahaan . DirekturUtama Direktur utama adalah Bertugas memimpin perusahaan sebagai badan usaha milik Negara dan menjalankan fungsi manajemen melalui wakil ketua pada departemen-departemen yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan 2.13 1.

Dengan melihat tentang pembangunan teknologi dimasa yang akan datang. Untuk Sekolah : . Penyerapan dam pemahaman manajemen perusahaan khususnya administrasi perusahaan sedikit demi sedikit dapat dikembangkan untuk kemajuan Visi dan Misi di Sekolah atau tempat Praktik Kerja Industri. B. Baik secara ilmu pengetahuan maupun pemahaman akan disiplin secara terus-menerus selaras dengan era kemajuan komunikasi dan sistem informasi. Saran-saran 1.14 BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan Pemahaman Administrasi dalam dunia bisnis mempunyai dampak yang sangat berpengaruh lebih-lebih di era teknologi modern saat ini. maka peran administrasi harus diperluas untuk mengantisipasi kekurangan yang ada padaSekolah Menengah Kejuruan dan seluruh siswasiswi dalam bidang tertentu. Sejalan dengan hal itu dedikasi dan semangat belajar harus dipacu.

Perlu diadakan suatu sistem yang tertuju untuk memudahkan mempelajari materi-materi di Instansi. c. komunikasi yang baik antara siswa praktik dan pembimbing sangat perlu ditingkatkan untuk memperlancar kegiatan praktik. Dengan adanya Praktik Kerja ini maka harus diadakan pada tingkat pemula (Kelas II). . c. maka praktik siswa SMK Negeri 1 Martapura perlu dilanjutkan. Mekanisme pekerjaan yang ada di satuan kerja PT Semen Baturaja OKU. Untuk Dunia Usaha/Dunia Industri Tempak Praktik : a. b. 2. Pembimbing Prakerin ikut membantu siswa jika siswa mengalami kesuliatan dalam melakukan pekerjaan. Perlengkapan/Peralatan 18 yang menyangkut surat menyurat administrasi dan komunikasi harus tersedia semaksimal mungkin pada sekolah. Pengenalan istilah-istilah teknik serta ilmu pengetahuan khususnya bidang administrasi perlu dikomunikasikan pada siswa. d. b.15 a. Peningkatan yang berkaitan dengan pengembangan Ilmu dan Teknologi (IPTEK) di Sekolah harus Segera ditingkatkan.