TUGAS KLIPING KIMIA POLIMER POLIMER ALAM DAN POLIMER SINTETIK DALAM BIDANG INDUSTRI

1. PLASTIK Plastik adalah polimer; rantai-panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau “monomer”. Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. (beberapa minat komersial juga berdasar silikon). Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan “bergantung” dari tulang-belakang (biasanya “digantung” sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer). Pengesetan ini oleh grup “pendant” telah membuat plastik menjadi bagian tak terpisahkan di kehidupan abad 21 dengan memperbaiki properti dari polimer tersebut. Pengembangan plastik berasal dari penggunaan material alami (seperti: permen karet, “shellac”) sampai ke material alami yang dimodifikasi secara kimia (seperti: karet alami, “nitrocellulose”) dan akhirnya ke molekul buatan-manusia (seperti: epoxy, polyvinyl chloride, polyethylene).

Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik dapt dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka “malleable”, memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan varias yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras,

dll) Plastik dapat dikategorisasikan dengan banyak cara tapi paling umum dengan melihat tulang-belakang polimernya (vinyl{chloride}. PELLET ATAU BIJIH PLASTIK Gambar pellet atau bijih plastik yang siap diproses lebih lanjut (injection molding. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain . komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri. ekstrusi. Klasifikasi lainnya juga umum. urethane. 2. GELAS PLASTIK Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya. dll. 3. polyethylene. acrylic. silicone.).“reliency” dan lain-lain.

komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri. Contoh . memiliki properti keplastikan. Charles Goodyear telah menemukan bahwa lateks dari pohon karet yang dipanaskan dengan belerang dapat membentuk ikatan silang antara rantai-rantai hidrokarbon di dalam lateks cair. Karet padat yang dibentuk dapat digunakan pada ban dan bola-bola karet. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka "malleable". Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. untuk menghormati dewa Romawi yang bernama Vulkan. Hal ini disebut ikatan silang. dan ikatan silang ini memberikan kekuatan tambahan terhadap polimer. "reliency" dan lain-lain. Karet alam adalah polimer isoprena. Kekuatan rantai dalam elastomer (karet) terbatas. KARET ALAM Gambar karet alam dan karet sintetis. akibat adanya struktur jaringan. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya. 4. Lateks atau karet alam yang dihasilkan dari pohon karet bersifat lunak/lembek dan lengket bila dipanaskan Karet alam merupakan polimer adisi alam yang paling penting. Plastik dapt dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Pada tahun 1844. tetapi energi kohesi harus rendah untuk memungkinkan peregangan. Proses lain yang sering terjadi pada gabungan reaksi dengan reaksi adisi atau reaksi kondensasi merupakan gabungan/ikatan bersama dari banyak rantai polimer. Karet disadap dari pohon karet dalam bentuk suspensi di dalam air yang disebut lateks. Plastik didesain dengan varias yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas. keras.untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Proses ini disebut vulkanisasi.

materi-materi memiliki sifat merekat ke permukaan dengan cepat dan sangat sulit untuk dilepaskan bahkan dengan deterjen sekalipun. namun tidak ada satu pengganti karet sintesis ini yang mempunyai semua sifatsifat dari karet alam yang dinginkan.‟ komentar Stefan Bon. berhasil mengatasi permasalahan ini karena permen ini merupakan amphiphilik kopolimer sisir yang terbuat dari bahan polisoprene sebagai kerangka utama dan poly(ethylene oxide) (PEO) sebagai cabangnya. Beberapa pengganti yang berhasil dikembangkan adalah neoprena yang kini digunakan untuk membuat selang/pipa air untuk pompa gas. industri polimer tumbuh dengan cepat karena ahli kimia telah meneliti untuk pengganti karet. Permen karet baru. Namun.elastomer yang banyak digunakan adalah poli (vinil klorida). 5. PERMEN KARET Gambar Permen karet mengandung karet stirena-butadiena sintesa Permen karet tradisional menggunakan poly(styrene-co-butadiene) atau poly(ethylene-co-vinylacetate) sebagai bahan dasar karet. tetapi juga akan mengedrasi menjadi komponen polimer yang lebih mudah larut dalam air sehingga akan lebih mudah dibersihkan. UK. persediaan karet alam berkurang. „Untuk mengatasi hal ini ada dua pemecahaan yang . Meskipun pengganti – pengganti karet sintesis ini mempunyai banyak sifatsifat yang diinginkan. polimer stirena-butadienastirena (SBS) merupakan jenis termoplastik elastomer. „amphiphilik kopolimer graft ini tidak hanya akan mengurangi kekuatan adisi kepada permukaan. Saat perang dunia II. seorang kimiawan polimer di University of Warwick. dan karet stirena – buatdiena (SBR /styrene – butadiene rubber). yang digunakan bersama dengan karet alam untuk membuat ban-ban mobil. yang dinamakan Rev7.

‟ ujar Cosgrove. Bila struktur teflon ditentukan. . Tetra fluoroetena (tetra fluoroetilena) merupakan molekul yang sangat non polar dan relatif kecil ukurannya serta cenderung berupa gas pada suhu kamar. 6.‟ tambahnya. maka molekul teflon ditemukan mengandung rantai karbon dengan mengikat atom-atom fluorin. TEFLON Teflon memberikan suatu lapisan yang baik untuk wajan.cermat. komponen yang umum digunakan dalam sabun dan deterjen. Bagaimana caranya molekul tetrafluoroetilena dalam wujud gas dapat bereaksi dengan molekul lainnya membentuk molekul besar yang berantai panjang dan umumnya berupa padatan. „Permen karet ini akan terurai di dalam air menjadi partikel-partikel kecil dalam enam bulan dan oleh karenanya akan kembali kepada lingkungannya. „Banyak surfaktan yang membuat ikatan kompleks dengan PEO seperti sodium dodecyl sulfate. Sifat hidrophilik dari PEO yang memungkinkan permen karet untuk stabil dan menyerap air merupakan salah satu kunci dari degradasi permen karet. karena teflon bersifat tidak reaktif dan makanan tidak akan lengket pada wajan. yaitu membuat permen karet yang tidak mudah lengket dan mudah dibersihkan sehingga lebih ramah lingkungan. dan memudahkan deterjen lembut untuk melepas permen karet yang kita ciptakan dari berbagai permukaan termasuk pakaian dan karpet.‟ tambah Cosgrove.

dan blockboard. KAYU Kayu pada umumnya memiliki kelemahan. Nilon padat digunakan untuk bagian mekanik dan rekayasa. papan serat. Elemen-elemen ini tersusun menjadi monomer dengan berat molekular rendah. dan merupakan serat sintetik pertama yang dibuat seluruhnya dari bahan anorganik: batu bara. Nilon merupakan polimer pertama yang sukses secara komersial.7. NILON Nilon merupakan suatu keluarga polimer sintetik yang diciptakan pada 1935 oleh Wallace Carothers di DuPont. Serat nilon sekarang dipergunakan untuk kain dan tali. Binatang mungil berwarana cokelat keputih-putihan itu merupakan pemakan selulosa yang terkandung pada semua jenis kayu. Jenis serangga yang umum dikenal sebagai pemakan kayu dan produk turunannya adalah rayap. dan udara. TEPUNG TERIGU . Tidak terkecuali produk kayu olahan seperti papan komposit. papan partikel. air. yang selanjutnya direaksikan untuk membentuk rantai polimer panjang. Sedangkan selulosa merupakan komponen utama penyusun dinding sel tanaman. Nilon dibuat dari rangkaian unit yang ditautkan dengan ikatan peptida (ikatan amida) dan sering diistilahkan dengan poliamida (PA). 9. yakni mudah diserang serangga pemakan kayu. 8.

memiliki daya serap air yang rendah sehingga akan menghasilkan adonan yang sukar diuleni. sekam dan lembaga dipisahkan menjadi flake flour. seperti donat. Cocok untuk . di pasaran lebih dikenal dengan sebutan tepung Segitiga Biru. daya serap airnya tinggi. 3. yaitu: 1. difermentasikan. Soft Wheat (Terigu Protein Rendah) Tepung ini dibuat dari gandum lunak dengan kandungan protein gluten 8%-9%. tidak elastis. Kandungan proteinnya 11-13%. pengupasan sekam. Tepung ini cocok untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang. Tingginya protein terkandung menjadikan sifatnya mudah dicampur. Berikut merupakan beberapa jenis tepung terigu. penggilingan dan pemutihan (bleaching) maka jadilah tepung terigu. Melalui proses pencucian. bagian endosperma dihaluskan menjadi tepung terigu dan partikel endosperma yang berbentuk granular kasar dikenal dengan tepung semolina. elastis dan mudah digiling. Seperti pada tahap penggilingan. mie dan pasta karena sifatnya elastis dan mudah difermentasikan. panada atau aneka cake dan muffin. Hard Wheat (Terigu Protein Tinggi) Dipasaran lebih dikenal dengan terigu Cakra Kembar. Di dalam proses pembuatan tepung terigu akan dihasilkan beragam tepung turunan. 2. bakpau. bapel. Sebagian orang mengenalnya dengan sebutan all-purpose flour atau tepung serba guna. Karakteristik ini menjadikan tepung terigu hard wheat sangat cocok untuk bahan baku roti. Tepung ini diperoleh dari gandum keras (hard wheat). Dibuat dari campuran tepung terigu hard wheat dan soft wheat sehingga karakteristiknya diantara kedua jenis tepung tersebut.Tepung terigu merupakan produk impor yang didatangkan dari negara-negara subtropis seperti Amerika dan Australia. lengket dan daya pengembangannya rendah. Sifatnya. Medium Wheat (Terigu Protein Sedang) Jenis terigu medium wheat mengandung 10%-11%.

setelah melahirkan. . 6. Enriched Flour Merupakan tepung terigu yang disubstitusi dengan beragam vitamin atau mineral dengan tujuan memperbaiki nilai gizi terkandung. dan kue kering. Self raising flour sangat cocok untuk membuat cake. perangkat ini juga digunakan setelah pembedahan vagina. Cocok untuk kue kering dan bolu. pastel dan kue-kue yang tidak memerlukan proses fermentasi. Terigu whole meal sangat cocok untuk makanan kesehatan dan menu diet karena kandungan serat(fiber) dan proteinya sangat tinggi. sesudah aborsi. 10. Di pasaran tepung ini lebih dikenal dengan nama terigu Cap Kunci. 5. maupun situasi lainnya yang membutuhkan pembalut ini untuk menyerap setiap cairan yang berupa pendarahan pada vagina. Jika tidak tersedia bisa diganti dengan mencampur ½ kg tepung terigu dengan 1 sdt baking powder. Biasanya harganya relatif lebih mahal. Selain saat menstruasi.membuat kue kering. Jika sukar didapat. Penambahan ini menjadikan sifat tepung lebih stabil dan tidak perlu menambahkan pengembang lagi ke dalam adonan. Whole Meal Flour Tepung ini biasanya dibuat dari biji gandum utuh termasuk dedak dan lembaganya sehingga warna tepung lebih gelap/cream. Self Raising Flour Jenis tepung terigu yang sudah ditambahkan bahan pengembang dan garam. aduk rata. ini berfungsi untuk menyerap darah dari vagina supaya tidak meleleh ke manamana. PEMBALUT WANITA Pembalut wanita adalah sebuah perangkat yang digunakan oleh wanita di saat menstruasi. tambahkan satu sendok teh baking powder ke dalam sekilo tepung sebagai gantinya. muffin. biscuit. 4.

Tiga perempatnya ditambang di Provinsi Quebec. Krisatil menempati sekitar 95% persediaan asbes dunia. ASBES Asbes juga tampil dalam berbagai bentuk bahan bangunan dan produk jadi berupa rumah rakit (pre-fab). bangunan perkantoran.Kepompong ulat sutera . Asbes dapat diperoleh dengan berbagai metode penambangan bawah tanah. asbes dibuat dengan cara mencampurkan asbestos dengan komposisi 15% dan semen dengan komposisi 85%. sekolahan. Sebagai bahan bangunan. 12. asbes adalah suatu zat yang terdiri dari Magnesium-Calsium-Silikat berbangun serat dengan sifat fisik yang sangat kuat. serta bangunan-bangunan lainnya. Kain Sutera a. Deposit besar lainnya berada di Afrika Selatan dan negara-negara bekas Uni Sovyet. b.11. Asbes berperan sebagai bahan bangunan yang sangat berguna dan diminati banyak orang sehingga bahan itu hadir di berbagai tempat seperti rumah tinggal. namun yang paling umum adalah melalui penambangan terbuka (open-pit mining).Bermacam-macam kain sutra. Bahan galian penghasilnya adalah mineral jenis aktinolit dan krisatil yang berserabut. Bahan ini dapat pula disemprotkan atau sebagai bahan plester pada permukaan dinding maupun langit-langit (acoustical plaster). Dilihat dari sudut pandang ilmu kimia. Kanada.

Sutra liar berbeda dari sutra ternakan dari segi warna dan tekstur. sehingga benang sutra yang membentuk kepompong itu sudah terputus menjadi pendek. . Sutra bertekstur mulus.Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. atau dicucuk dengan jarum. "Sutra liar" dihasilkan oleh ulat selain ulat sutra murbei dan dapat pula diolah. Asia Selatan. dan Eropa sejak zaman silam. sehingga seluruh kepompong dapat diurai menjadi sehelai benang yang tak terputus. Sutra liar biasanya juga lebih sukar dicelup warna daripada sutra ternakan. Ulat sutra ternakan dibunuh dengan dicelup ke dalam air mendidih sebelum keluarnya ngengat dewasa. Pelbagai sutra liar dikenali dan digunakan di Cina. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membolehkan kain sutra membiaskan cahaya pada pelbagai sudut. namun skala produksinya selalu jauh lebih kecil daripada sutra ternakan. namun tidak licin. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). dan kepompong liar yang dikumpulkan biasanya sudah dirusak oleh ngengat yang keluar sebelum kepompong tersebut diambil. lembut. Ini membolehkan sutra ditenun menjadi kain yang lebih kuat.

POLIMER ALAM DAN POLIMER SINTETIK DALAM BIDANG INDUSTRI TUGAS TERSTUKTUR KIMIA POLIMER Disusun Oleh: Usman Alkhoibawi Feni Sumiati Etin Nurfebriani I. Resti Pebriyani Firman Dwi Jayanto H1A008026 H1A008029 H1A008030 H1A008 H1A008 KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK PROGRAM STUDI KIMIA PURWOKERTO 2011 .