You are on page 1of 16

1.

2. 3. 4.

Unsur-unsur Pokok Dalam Kebijakan Pembangunan Pandangan Pokok Analisis Mikroekonomi dan Makroekonomi Proses Multiplier di Negara-negara Berkembang Kebijakan Moneter dan Fiskal di Negaranegara Berkembang Mekanisme Pasar di Negara-negara Berkembang

1

Teori produksi c. Pandangan Pokok Analisis Mikroekonomi dan Makroekonomi Analisis Mikroekonomi: Teori mikroekonmi dapat dibedakan: a.1. Teori harga b. Teori distribusi 2 .

Menurut ahli-ahli yang telah menciptakan teori mikroekonomi:  Apabila pemerintah tidak menjalankan campur tangan dalam kegiatan perekonomian. berarti sistem mekanisme pasar adalah yang menjadi pengaturnya maka perekonomian akan berkembang secara optimal dan akan selalu mencapai tingkat kesempatan kerja penuh  Mekanisme pasar akan menciptakan pula tingkat laju pembangunan yang maksimal 3 .

sehingga menimbulkan ketidakstabilan perkeonomiannya. Sesudah perang dunia pertama. negara Eropa menghadapi masalah politik. sosial dan ekonomi yang sangat rumit.  Diperburuk oleh depresi sangat serius di Amerika Serikat akhir tahun 1920-an dan permulaan 1930an  Peristiwa itu menyebabkan orang mulai ragu-ragu terhadap terhadap kebenaran ahli ekonomi Klasik  Maka timbullah usaha-usaha untuk mengembangkan teori-teori ekonomi yang lebih mencerminkan kenyataan sebenarnya dari corak kegiatan ekonomi dalam masyarakat 4 .

Analisis Makroekonomi  Salah satu fungsi yang paling fundamental adalah bahwa tingkat kegiatan ekonomi dalam sesuatu waktu tertentu. tergantung kepada pengeluaran berbagai golongan masyarakat pada waktu tersebut  Fungsi dari para pengusaha hanyalah untuk menyediakan barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan oleh masyarakat 5 .

terutama tergantung kepada pendapatan mereka. Import Catatan: point a. kalau bertambah. d) ditentukan oleh faktor lain diluar pendapatan masyarakat 6 . Penanaman modal oleh para pengusaha c. Ketiga faktor lainnya (b. Point e. tidak akan menambah pendapatan nasional bahkan cenderung mengurangi. Eksport ke luar negeri e. pengeluaran masyarakat dapat dibedakan: a. c.Berdasarkan sifatnya. Pengeluaran seluruh rumah tangga b. Pengeluaran pemerintah d.

 Tingkat penanaman modal. terutama ditentukan tingkat bunga  Pengeluaran pemerintah. Perubahan dalam salah satu atau gabungan ketigatiganya akan menciptakan suatu proses yang menumbulkan suatu rangkaian tambahan pendapatan dan pengeluaran baru. ditentukan oleh pertimbangan politik dan usaha untuk mencapai tingkat kesempatan kerja penuh yang diikuti oleh kstabilan harga (full employment without inflation)  Eksport .  proses multiplier 7 . ditentukan oleh keadaan permintaan di luar negeri serta daya saing produksi dalam negeri di pasaran dunia Catatan: Perubahan dalam ketiga-tiga jenis pengeluaran tersebut akan menyebabkan perubahan yang lebih besar dalam pendapatan nasional.

maka haruslah dilakukan pertambahan dalam pengeluaran masyarakat  Besarnya pertambahan pengeluaran yang perlu dilakukan supaya tingkat kesempatan kerja penuh dapat tercapai tergantung dua faktor: besarnya kecondongan konsumsi batas dan besarnya jurang di antara pendapatan nasional dan pendapatan nasional yang sekarang dicapai. Proses Multiplier Di Negara-negara Berkembang  Apabila sesuatu perekonomian menghadapi masalah pengangguran. makin besar multiplier yang akan diciptakan oleh sejumlah pertambahan dalam pengeluaran 8 . Makin tinggi kecondongan konsumsi batas.2.

Corak kegiatan ekonomi di negara-negara berkembang sangat berbeda dengan negara-negara maju. Di negaranegara berkembang sektor tradisional menguasai sebagian besar kegiatan ekonomi 9 . karena: a. Kemampuan perekonomian untuk menambah produksi lebih terbatas kalau dibandingkan dengan kemampuan negara maju b.Di negara-negara berkembang pengeluaran berlebihlebihan akan mengakibabkan inflasi. meskipun dalam perekonomian masih terdapat banyak pengangguran.

Kebijakan Moneter dan Fiskal di Negara-negara Berkembang Kebijakan moneter: a. Merubah tingkat bunga dari pinjaman Bank Sentral kepada bank-bank komersiil c. Menentukan prioritas dari jenis-jenis pinjaman yang dapat diberikan oleh bank-bank komersiil kepada para langganan mereka (selective credit control) 10 .3. Merubah tingkat cadangan minimum bank-bank komersiil b. Mengadakan operasi pasar terbuka d.

11 . Menyebabkan operasi pasar terbuka tidak dapat dijalankan secara efektif d. Oleh karenanya perubahan dalam tingkat cadangan minimum tidak akan banyak mempengaruhi kegiatan mereka untuk meminjamkan uang kepada para pengusaha dan masyarakat b.Kebijakan moneter di negara-negara berkembang mempunyai kemampuan terbatas dalam mempengaruhi perubahan penawaran uang dan pengeluaran masyarakat. Sistem perbankan belum mencapai tingkat perkembangan yang tinggi. Dengan demikian perubahan tingkat bunga pinjaman yang diberikan Bank Sentral sedikit saja pengaruhnya kepada kegiatan bank-bank komersiil c. Pasar uang dan pasar modal masih belum sempurna keadaannya di negara-negara berkembang. hanya sebagian kecil saja dari masyarakat berhubungan dengan badan tersebut. karena: a. Bank-bank komersiil umumnya mempunyai cadangan yang berlebih-lebihan. Kelebihan dalam cadangan menyebabkan bank-bank komersiil jarang sekali meminjam dari Bank Sentral.

Mengurangi pengeluaran pemerintah. Menaikkan pajak pendapatan rumah tangga b. sehingga dapat menciptakan kelebihan dalam anggaran belanjanya 12 .Kebijakan Fiskal Pengertian: Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam bidang pengeluaran dan pendapatannya dengan tujuan untuk menciptakan tingkat kesempatan kerja yang tinggi tanpa inflasi Jenis kebijakan fiskal: a.

maka corak perilaku masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi mereka juga sangat berbeda 13 . Mekanisme Pasar Negara-Negara Berkembang  Salah satu aspek yang sering sekali dibahas dalam menilai sampai di mana bergunanya teori ekonomi tradisional untuk menganalisis dan merumuskan kebijakan pembangunan di negara-negara berkembang adalah menelaah keefektifan mekanisme pasar untuk menciptakan efisiensi yang tinggi dalam menggunakan sumber-sumber daya dan dalam menciptakan pembangunan yang pesat  Boyke dan beberapa ahli ekonomi lainnya yang sependapat mengatakan pada hakekatnya bahwa karena rangka dasar sosial dan institusional.4. dan tingkat pembangunan di negara-negara berkembang sangat berbeda di negara-negara maju.

Dalam masysrakat pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan untukmencari keuntungan sangat terbatas c. kemampuannya untuk menciptakan organisasi yang baik masih terbatas dan kurang mempunyai keahlian dalam berbagai kegiatan usaha 14 .Sifat-sifat penduduk di negara-negara berkembang: a. Penduduknya mempunyai permintaan yang terbatas. Ini terbukti dari terdapatnya penawaran tenaga kerja yang menurun kembali apabila tingkat upah sudah melebihi tingkat cukup hidup b. Usaha dan kegiatan mereka lebih ditekankan untukmemenuhi keperluan sosial dan bukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Masyarakat kurang mempunyai disiplin dalam pekerjaan.

Menekankan bahwa terdapat perbedaan di antara tingkat kesempurnaan mekanisme pasar di negara-negara maju dan di negara-negara berkembang b. Didasarkan kepada pandangan bahwa kekuatan-kekuatan dalam pasar bebas mempunyai kecenderungan untuk mengekalkan atau memperburuk keadaan ketidak seimbangan yang sekarang terdapat dalam pasar 15 .Empat golongan kritik relevansi mekanisme pasar di negaranegara berkembang (Myint): a. Didasarkan kepada pandangan bahwa negara-negara berkembang terperangkap dalam suatu keadaan seimbang yang sangat stabil pada tingkat pendapatan yang rendah (in a very stable low income equilibrium) d. Didasarkan kepada pandangan bahwa masalah yang paling penting dihadapi negara-negara berkembang adalah masalah kelebihan tenaga kerja dan kekurangan sumbersumber daya lainnya. terutama modal dan kekayaan alam c.

Kritik terhadap mekanisme pasar:  Dengan hanya menggunakan sistem mekanisme pasar. negara-negara berkembang tidak akan dapat mengatasi masalah-masalah yang ekonomi dihadapinya dan tidak akan dapat menciptakan pembangunan ekonomi yang pesat  Negara-negara berkembang perlu menjalankan kebijakan-kebijakan baru yang sifatnya adalah sebagai pengganti dan pelengkap kebijakankebijakan yang berdasarkan sistem mekanisme pasar atau pasar bebas 16 .