Vital statistik dan keluarga berencana Kesehatan ibu dan kesehatan anak merupakan dasar yang penting dalam

Kesehatan Masyarakat. Diseluruh dunia, diperkirakan 529.000 perempuan meninggal tiap tahunnya oleh sebab-sebab yang berkaitan dengan kehamilan. Dan 99% kematian ini terjadi di negaranegara yang sedang berkembang. Di Indonesia Angka Kematian Ibu (AKI) msih merupakan keprihatinan yang serius bagi pemerintah. AKI pada 1998-2003 diperkirakan 300 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Walauoun angka ini lebih rendah dari perkiraan tahun 19901994 (390/100.000). Angka Kematian Bayi dan Anak di Indonesia masih tinggi, walaupun sudah ada penurunan. Berdasarkan SDKI 2007, angka kematian balita telah turun 36% selama periode 15 tahun dari 69 kematian per 1000 kelahiran hidup pada periode 1993-1997 menjadi 44 kematian per 1000 kelahiran hidup pada periode 2003-2007. Kematian bayi merupakan bagian terbesar dari kematian balita. Selama periode 10 tahun, kematian post neonatorum juga turun lebih cepat (40%) dari angka kematian neonatum (32%). Sebagian besar kematian bayi terjadi pada bulan pertama kehidupan. Untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak berbagai usaha kesehatan telah dilaksanakan pemerintah termasuk diantaranya program keluarga berencana (KB). Salah satu tujuan program KB adalah menurunkan angka kelahiran (birth rate). Penerapan program KB oleh dokter muslim sesuai dengan ajaran islam.

1

Learning objective 1. Memahami dan menjelaskan vital statistik di puskesmas - definisi - jenis/macam - faktor yang mempengaruhi 2. Memahami dan menjelaskan angka kematian dan kelahiran - definisi dan analisa data kematian - definisi dan analisa data kelahiran 3. Memahami dan menjelaskan akseptor kb - definisi kb - macam-macam kb - jenis kb 4. Memahami dan menjelaskan masalah kependudukan - definisi - masalah kependudukan 5. Memahami hukum kb menurut islam

2

Data base pada bagian pendaftaran atau bagian pembayaran di RS memberikan gambaran yang baik mengenai penyakit di masyarakat. dasar tindak lanjut suatu pemantauan dan penelitian  Macam-macam statistik vital 1. jumlah pelayanan sebelum kehamilan.  Informasi untuk penggunaan medis dan kesehatan yang berperan dalam studi epidemiologi. .karakteristik orang yang meninggal (umur. jenis kelamin. serta janin yang tidak normal  Data mengenai berat lahir. pendidikan dan yankes juga untuk studi epidemiologi menyangkut prematur dan cacat janin. 3.Laporan penyakit yang harus dilaporkan Sumber data : sarana pelayanan kesehatan.1. pekerjaan) dan penyebab kematian 2. yaitu mengenai ras.Penyakit akut yang diobati di data dan kasus dimana orang tidak dapat perawatan medis tidak akan tercatat di RS .Statistik RS tindakan pada diagnosa dasar pada umumnya sulit untuk dikumpulkan  Faktor yang mempengaruhi vital statistik Status gizi Penyakit infeksi parasit Sosial ekonomi Lingkungan Pelayanan kesehatan 3 . misalnya untuk kebutuhan khusus terhadap kesehatan. kehamilan sebelumnya. Data pada penyakit yang dilaporkan dapat digunakan untuk mempelajari kecenderungan menurut waktu dan tempat. sertifikat kematian janin (Tersedia informasi mengenai kematian janin)  data morbiditas . sertifikat kelahiran  Identitas umum/ informasi mengenai anak dan orang tuanya. Sertifikat Kematian:  Sangat berperan dalam epidemiologi untuk memperoleh dan menginterpretasi informasi penyebab kematian  Informasi yang tercantum dalam sertifikat kematian adalah : . komplikasi kehamilan dan kelahiran. Memahami vital statistik di puskesmas  Definisi Vital statistik adalah statistik mengenai kesehatan dan bertujuan mempublikasikan data kesehatan yang berguna sekali bagi evaluasi aktivitas. .Laporan mengenai penyakit sering diabaikan. 4. warna kulit. berat badan lahir. pendidikan orang tua. luka lahir dan cacat janin sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi anak. perencanaan. Statistik morbiditas lAINNYA  Pencatatan Rumah Sakit .

yang bisa terjadi setiap saat setelah kelahiran hidup. Apabila dikurangkan dari Angka kelahiran Kasar akan menjadi dasar perhitungan pertumbuhan penduduk alamiah. X 1000 xk Dimana: D P K : Jumlah kematian pada tahun x : jumlah penduduk pada pertengahan tahun x : 1000 Catatan1: P idealnya adalah "jumlah penduduk pertengahan tahun tertentu" tetapi yang umumnya tersedia adalah "jumlah penduduk pada satu tahun tertentu" maka jumlah dapat dipakai sebagai pembagi.2. Kalau ada jumlah penduduk dari 2 data dengan tahun berurutan. di suatu wilayah tertentu. Angka ini disebut kasar sebab belum memperhitungkan umur penduduk. Tetapi jika tidak ada indikator kematian yang lain angka ini berguna untuk memberikan gambaran mengenai keadaan kesejahteraan penduduk pada suatu tahun yang bersangkutan. Definisi Angka Kematian Kasar adalah angka yang menunjukkan banyaknya kematian per 1000 penduduk pada pertengahan tahun tertentu. Memahami angka kematian (mortality rate) Mortalitas atau kematian merupakan salah satu dari tiga komponen demografi selain fertilitas dan migrasi. Bermacam-macam indikator mortalitas atau angka kematian yang umum dipakai adalah: 1. yang dapat mempengaruhi jumlah dan komposisi umur penduduk. Angka Kematian Kasar (AKK) atau Crude Death Rate (CDR). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kematian sebagai suatu peristiwa menghilangnya semua tanda-tanda kehidupan secara permanen. 4 . Konsep Dasar Angka Kematian Kasar (Crude Death Rate) adalah angka yang menunjukkan berapa besarnya kematian yang terjadi pada suatu tahun tertentu untuk setiap 1000 penduduk. Penduduk tua mempunyai risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk yang masih muda. Kegunaan Angka Kematian Kasar adalah indikator sederhana yang tidak memperhitungkan pengaruh umur penduduk. maka rata-rata kedua data tersebut dapat dianggap sebagai penduduk tengah tahun.

dan umumnya disebabkan oleh faktor-faktor yang dibawa anak sejak lahir.2. dari sisi penyebabnya. per 1000 kelahiran hidup pada satu tahun tertentu. Banyak faktor yang dikaitkan dengan kematian bayi. serta programprogram pencegahan penyakit menular terutama pada anak-anak. adalah kematian bayi yang terjadi setelah usia satu bulan sampai menjelang usia satu tahun yang disebabkan oleh faktor-faktor yang bertalian dengan pengaruh lingkungan luar. program penerangan tentang gisi dan pemberian makanan sehat untuk anak dibawah usia 5 tahun. yang diperoleh dari orang tuanya pada saat konsepsi atau didapat selama kehamilan. Sedangkan Angka Kematian Post-NeoNatal dan Angka Kematian Anak serta Kematian Balita dapat berguna untuk mengembangkan program imunisasi. X 1000 5 . Kematian bayi endogen atau yang umum disebut dengan kematian neonatal. Karena kematian neo-natal disebabkan oleh faktor endogen yang berhubungan dengan kehamilan maka programprogram untuk mengurangi angka kematian neo-natal adalah yang bersangkutan dengan program pelayanan kesehatan Ibu hamil. Definisi Angka Kematian Bayi (AKB) adalah banyaknya kematian bayi berusia dibawah satu tahun. Kegunaan Angka Kematian Bayi dan Balita Angka Kematian Bayi menggambarkan keadaan sosial ekonomi masyarakat dimana angka kematian itu dihitung. Kematian bayi eksogen atau kematian post neo-natal. kematian bayi ada dua macam yaitu endogen dan eksogen. Angka Kematian Bayi (AKB) Konsep Dasar Kematian bayi adalah kematian yang terjadi antara saat setelah bayi lahir sampai bayi belum berusia tepat satu tahun. adalah kematian bayi yang terjadi pada bulan pertama setelah dilahirkan. Kegunaan Angka Kematian Bayi untuk pengembangan perencanaan berbeda antara kematian neo-natal dan kematian bayi yang lain. Age Specific Death Rate (ASDR = Angka Kematian Menurut Umur) 3. misalnya program pemberian pil besi dan suntikan anti tetanus. Secara garis besar.

Angka kematian neo-natal Definisi Angka Kematian Neo-Natal adalah kematian yang terjadi sebelum bayi berumur satu bulan atau 28 hari.kurang 1 bulan pada satu tahun tertentu di daerah tertentu. Dimana : Angka Kematian Neo-Natal =Angka Kematian Bayi umur 0-<1bulan ΣD 0-<1bulan =Jumlah Kematian Bayi umur 0 . Σlahir hidup = Jumlah Kelahiran hidup pada satu tahun tertentu di daerah tertentu K = 1000 Angka kematian post neo-natal Definisi Angka Kematian Post Neo-natal atau Post Neo-natal Death Rate adalah kematian yang terjadi pada bayiyang berumur antara 1 bulan sampai dengan kurang 1 tahun per 1000 kelahiran hidup pada satu tahun tertentu. Rumus Angka Kematian Post Neo-Natal = angka kematian bayi berumur 1 bulan sampai dengan kurang dari 1 tahun ΣD 1bulan-<1tahun = Jumlah kematian bayi berumur satu bulan sampai dengan kurang dari 1 tahun pada satu tahun tertentu & daerah tertentu Σlahir hidup = Jumlah kelahiran hidup pada satu tahun tertentu & daerah tertentu K = konstanta (1000) 6 . per 1000 kelahiran hidup pada satu tahun tertentu.

kebersihan diri dan kebersihan yang buruk. 29 hari). 11 bulan. yang berusia 0 sampai menjelang tepat 5 tahun (4 tahun. Definisi Angka Kematian Anak adalah jumlah kematian anak berusia 1-4 tahun selama satu tahun tertentu per 1000 anak umur yang sama pada pertengahan tahun itu. Angka Kematian Anak (AKA 1-5 tahun) Konsep Yang dimaksud dengan anak (1-4 tahun) disini adalah penduduk yang berusia satu sampai menjelang 5 tahun atau tepatnya 1 sampai dengan 4 tahun 11 bulan 29 hari. umumnya 1000. Definisi Angka Kematian Balita adalah jumlah kematian anak berusia 0-4 tahun selama satu tahun tertentu per 1000 anak umur yang sama pada pertengahan tahun itu (termasuk kematian bayi) Cara Menghitung Dimana: Jumlah Kematian Balita (0-4)th = Banyaknya kematian anak berusia 0-4 tahun pada satu tahun tertentu di daerah tertentu Jumlah Penduduk Balita (0-4)th = jumlah penduduk berusia 0-4 th pada pertengahan tahun tertentu di daerah tertentu K = Konstanta. 7 . tingginya prevalensi penyakit menular pada anak. atau kecelakaan yang terjadi di dalam atau di sekitar rumah (Budi Utomo. Pada umumnya ditulis dengan notasi 0-4 tahun. Angka Kematian Anak akan tinggi bila terjadi keadaan salah gizi atau gizi buruk.4. 5. 1985). Jadi Angka Kematian Anak tidak termasuk kematian bayi. Angka Kematian Balita (AKBa 0-5 tahun) Konsep Balita atau bawah lima tahun adalah semua anak termasuk bayi yang baru lahir. Angka Kematian Anak mencerminkan kondisi kesehatan lingkungan yang langsung mempengaruhi tingkat kesehatan anak.

000 kelahiran hidup. umumnya 1000 6.000 kelahiran hidup. Jumlah Penduduk (1-4) th =jumlah penduduk berusia 1-4 th pada pertengahan tahun tertentu didaerah tertentu K = Konstanta. terjatuh dll (Budi. dengan membagi angka kematian dengan angka fertilitas umum. Dengan cara ini diperoleh rasio kematian ibu kematian maternal per 100. Utomo. Angka Kematian IBU (AKI) Konsep Kematian ibu adalah kematian perempuan pada saat hamil atau kematian dalam kurun waktu 42 hari sejak terminasi kehamilan tanpa memandang lamanya kehamilan atau tempat persalinan. yakni kematian yang disebabkan karena kehamilannya atau pengelolaannya.Dimana: Jumlah kematian Anak (1-4)th =Banyaknya kematian anak berusia 1-4 th (yang belum tepat berusia 5 tahun) pada satu tahun tertentu di daerah tertentu. tetapi bukan karena sebab-sebab lain sepertikecelakaan. per 100. 8 . Cara Menghitung Kemudian kematian ibu dapat diubah menjadi rasio kematian ibu dan dinyatakan per 100.000 kelahiran. 1985). Definisi Angka Kematian Ibu (AKI) adalah banyaknya kematian perempuan pada saat hamil atau selama 42 hari sejak terminasi kehamilan tanpa memandang lama dan tempat persalinan. yang disebabkan karena kehamilannya atau pengelolaannya. dan bukan karena sebab-sebab lain.

di daerah tertentu. 3. baik bila tali pusat dipotong atau masih melekat dengan plasenta. dan setelah itu bayi bernafas atau menunjukkan tanda-tanda kehidupan yang lain seperti detak jantung.Dimana: Jumlah Kematian Ibu yang dimaksud adalah banyaknya kematian ibu yang disebabkan karena kehamilan. • 9 . pada tahun tertentu. Oleh karena itu kita umumnya dignakan AKI yang telah tersedia untuk keperluan pengembangan perencanaan program. Memahami angka kelahiran (birth rate) • Lahir hidup menurut WHO “ kelahiran adalah peristiwa keluarnya atau terpisahnya suatu hasil konsepsi dari rahim ibunya. Crude Birth Rate (CBR) Definisi Angka Kelahiran Kasar (Crude Birth Rate/CBR) adalah angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran pada tahun tertentu per 1000 penduduk pada pertengahan tahun yang sama. • Rumus CBR= B/P x1000 dimana CBR= Angka Kelahiran Kasar B = Jumlah kelahiran P = Jumlah penduduk pada pertengahan tahun. persalinan sampai 42 hari setelah melahirkan. P = (P0 + P1)/2.000 bayi lahir hidup. Po = jumlah penduduk pada awal tahun dan P1 = jumlah penduduk pada akhir tahun. Keterbatasan AKI sulit dihitung. oleh karena itu suatu kematian harus di dahului suatu kelahiran hidup”. di daerah tertentu. tanpa mempedulikan lama kehamilan. mengingat kejadian kematian ibu adalah kasus yang jarang. Konstanta =100. denyut nadi tali pusat atau gerakan yang nyata disengaja. Jumlah kelahiran Hidup adalah banyaknya bayi yang lahir hidup pada tahun tertentu. karena untuk menghitung AKI dibutuhkan sampel yang besar.

Pantang berkala 7. Metode amenore laktasi 8.Age Specific Fertility Rate (ASFR) Definisi Angka Kelahiran Menurut Umur (Age Specific Fertility Rate/ASFR) adalah angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran per 1000 perempuan pada kelompok umur tertentu antara 15-49 tahun. Sampai saat ini belum ada kontrasepsi yang ideal. i = 6 untuk umur 40-44 tahun. i = 5 untuk umur 35-9 tahun. Koitus interuptus 6. Pif = Jumlah penduduk perempuan pada kelompok umur i. Sterilisasi permanen 10 . Metode kontrasepsi dengan keefektifan yang bervariasi dan digunakan akhir-akhir ini adalah : 1. mudah pelaksanaannya. Tehnik-tehnik rintangan yang bekerja secara fisik. Memahami tentang akseptor KB Kontrasepsi ialah usaha-usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan yang dapat bersifat sementara ataupun bersifat permanen. tidak memerlukan motivasi terus menerus. i = 7 untuk umur 45-49 tahun. Rumus ASFRi = Age Specific Fertility Rate untuk perempuan pada kelompok umur i. Alat dalam rahim 4. tidak menimbulkan gangguan sewaktu koitus. Bi = Jumlah kelahiran dari perempuan pada kelompok umur i. i = 1 untuk umur 15-19 tahun. i = 4 untuk umur 30-34 tahun. Preparat kontraseptif oral 2. murah dan mudah diterima oleh pasangan yangbersangkutan. tidak menimbulkan efek yang mengganggu kesehatan. daya kerjanya dapat diatur menurut kebutuhan. i = 3 untuk umur 25-29 tahun. Ciri kontrasepsi yang ideal ditentukan oleh beberapa faktor antara lain : dapat dipercaya. 4. Preparat kontraseptif suntikan atau implan 3. yakni: i = 2 untuk umur 20-24 tahun. kimia atau fisikokimia 5.

Sedangkan. Masa subur awal didapatkan dengan siklus terpendek dikurangi 18 dan akhir masa subur adalah siklus terpanjang dikurangi 11. tetapi masih dianggap normal jika antara 21-35 hari. Pencatatan suhu dilakukan setiap hari pada sebuah tabel/kertas grafik 2.Pada pemilihan berbagai jenis kontrasepsi khususnya kontrasepsi oral. Alami 1. Sesaat sebelum ovulasi. 4. Interval menyusui pada malam hari t idak melebihi 6 jam dan interval siang tidak lebih 4 jam. Tetapi tetap juga memiliki keterbatasan. Ternyata disamping haid. Metode Suhu Basal Tubuh Suhu basal adalah suhu tubuh sebelum ada aktifitas apapun. Metode Lendir Serviks Metode berdasarkan lendir serviks yang muncul dalam siklus wanita. Selanjutnya wanita disuruh mencari tanda tanda ovulasi lainnya yaitu: nyeri perut (cramps).16 dalam siklus haid. Setelah itu muncul lendir yang lengket (sticky). yang terpenting adalah memilih jenis yang memiliki khasiat kontrasepsi yang paling sedikit kegagalannya dan yang memiliki efek samping yang paling minimal. 3. 11 . Metode Amenorea Laktasi Pada periode menyususi sering wanita menjadi tidak haid akibat hormon laktasi. 5. lendir berubah menjadi basah dan licin (wet and slippery). Metode Sympthotermal Metode ini menggabungkan kedua metode diatas. Dalam 6 bulan pertama jika diterapkan dengan benar angka kehamilannya hanya 2 %. Hari terakhir basah karena lendir ini biasanya bersamaan dengan ovulasi. Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1 dan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke. harus dicatat siklus haid selama 6 bulan. Walaupun mempunyai khasiat kontrasepsi yang sama tetapi belum tentu setiap individu memiliki kenyamanan yang sama. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai kontrasepsi oral khususnya pil kombinasi. Supaya methode ini bekerja dengan baik. Misalnya siklus terpendek 25 hari dan terpanjang 35 hari. Coitus Interruptus (senggama terputus) Ejakulasi dilakukan di luar vagina. ovulasi juga ikut terhambat. biasanya diambil pada saat bangun tidur dan belum meninggalkan tempat tidur. orgasme berulang atau terlambat menarik penis keluar. 6. Jika perdarahan (haid) muncul maka kemungkinan hamil semakin muncul. JENIS-JENIS KONTRASEPSI a. Lendir ini dicek di vagina. ibu2 harus memberikan ASI saja (eksklusif). Methode Kalender Bila haid teratur (28 hari). Sesudah haid vagina biasanya kering. bila siklus haid tidak teratur. maka waktu subur adalah antara hari ke 7 s/d 24. Faktor kegagalan biasanya terjadi karena ada sperma yang sudah keluar sebelum ejakulasi. Yang paling normal haid adalah 28 hari. Suhu basal tubuh akan meningkat setelah ovulasi. Efektivitasnya 75-80%. Semakin sering dan lama bayi menyusui maka semakin kecil ovulasi akan timbul. spotting dan perubahan posisi serta konsistensi serviks. Metode ini sedikit lebih unggul karena mengkombinasi berbagai variabel.

Efektivitasnya sangat kecil. ada kondom untuk pria maupun wanita serta berfungsi sebagai pemblokir / barrier sperma.b. IUD merupakan cara kontrasepsi jangka panjang. Kontrasepsi Mekanik 1. jumlah spermatisida yang digunakan terlalu sedikit atau vagina sudah dibilas dalam waktu < 6 jam setelah senggama. Kerugian metode ini adalah tambahan terjadinya efek samping hormonal dan amenorhea.Mudah robek bila tergores kuku atau benda tajam lain . Kekurangan metode ini: . Efektivitasnya 70%. Nama populernya adalah spiral.Mengurangi sensasi seksual 2. berbentuk cairan. d. yang harus diganti jika sudah digunakan selama periode tertentu. Kondom Efektif 75-80%. Kegagalan pada umumnya karena kondom tidak dipasang sejak permulaan senggama atau terlambat menarik penis setelah ejakulasi sehingga kondom terlepas dan cairan sperma tumpah di dalam vagina. karena itu h arus digunakan bersama spermatisida untuk mencapai efektivitas 80%. Kegagalan sering terjadi karena waktu larut yang belum cukup. Spermatisida Bahan kimia aktif untuk 'membunuh' sperma. IUD (Intra Uterine Device) atau spiral Alat kecil terdiri dari bahan plastik yang lentur yang dimasukkan ke dalam rongga rahim. tergeser saat senggama. IUD bentuk T yang baru IUD ini melepaskan lenovorgegestrel dengan konsentrasi yang rendah selama minimal lima tahun. c. Vaginal diafragma Lingkaran cincin dilapisi karet fleksibel ini akan menutup mulut rahim bila dipasang dalam liang vagina 6 jam sebelum senggama. Lilitan kawat tembaga halus ini mempunyai efek antifertilisasi (anti pembuahan) yang cukup baik. b. Dari hasil penelitian menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan maupun perdarahan menstruasi. Jenis-jenis IUD di Indonesia a. Lippes Loop 12 . krim atau tisu vagina yang harus dimasukkan ke dalam vagina 5 menit sebelum senggama. 4. Terbuat dari latex. 3. atau terlalu cepat dilepas (< 8 jam ) setelah senggama. Copper-T IUD berbentuk T. Sayangnya bisa menyebabkan reaksi alergi. Cara ini bisa gagal bila ukuran diafragma tidak pas. Multi Load IUD ini terbuat dari dari plastik (polyethelene) dengan dua tangan kiri dan kanan berbentuk sayap yang fleksibel. Copper-7 IUD ini berbentuk angka 7 dengan maksud untuk memudahkan pemasangan.Membutuhkan waktu untuk pemasangan . fungsinya sama seperti halnya lilitan tembaga halus pada jenis Copper-T. terbuat dari bahan polyethelene di mana pada bagian vertikalnya diberi lilitan kawat tembaga halus.

Perempuan menyusui yang menginginkan menggunakan kontrasepsi . Kontraindikasi Yang tidak diperkenankan menggunakan IUD adalah . Cara Kerja a) Menghambat kemampuan sperma untuk masuk ke tuba falopii b) Mempengaruhi fertilisasi sebelum ovum mencapai kavum uteri c) IUD bekerja terutama mencegah sperma dan ovum bertemu. Nova T dan Copper T 200 (CuT-200) dapat dipakai 3-5 tahun.Setelah melahirkan dan tidak menyusui . Cu T 380A dapat untuk 8 tahun . Misalnya. bentuknya seperti spiral atau huruf S bersambung.Tiga bulan terakhir sedang mengalami atau sering menderita PRP atau abortus septik 13 .Perdarahan vagina yang tidak diketahui .Kelainan alat kandungan bagian dalam seperti: perdarahan yang tidak normal dari alat kemaluan. . Pemeriksaan selanjutnya dilakukan setiap enam bulan sekali. (efektivitasnya 92-94%) dan tidak perlu diingat setiap hari seperti halnya pil. dipasang benang pada ekornya. walaupun IUD membuat sperma sulit masuk ke dalam alat reproduksi perempuan dan mengurangi sperma untuk fertilisasi Efektifitas IUD sangat efektif.Keadaan nulipara .Sedang menderita infeksi alat genital (vaginitis. Yang boleh menggunakan IUD adalah: . Saat pemasangan yang paling baik ialah pada waktu mulut peranakan masih terbuka dan rahim dalam keadaan lunak.8 kehamilan per 100 pemakai wanita pada tahun pertama pemakaian. perdarahan di leher rahim.Setelah mengalami abortus dan tidak terlihat adanya infeksi .IUD ini terbuat dari bahan polyethelene. dan kanker rahim. Tipe Multiload dapat dipakai sampai 4 tahun. servisitis) . lalu setiap bulan selama tiga bulan berikutnya.Risiko rendah dari IMS .Tidak menyukai mengingat-ingat minum pil setiap hari . Kegagalan ratarata 0. 40 hari setelah bersalin dan pada akhir haid. Indikasi Prinsip pemasangan adalah menempatkan IUD setinggi mungkin dalam rongga rahim (cavum uteri).Perokok . Pemeriksaan secara berkala harus dilakukan setelah pemasangan satu minggu.Adanya perkiraan hamil . Untuk meudahkan kontrol.Tidak menghendaki metoda hormonal .Gemuk ataupun kurus Pemasangan IUD dapat dilakukan oleh dokter atau bidan yang telah dilatih secara khusus.Tidak menghendaki kehamilan setelah 1 – 5 hari senggama .Belum pernah melahirkan .

dianjurkan untuk memeriksanya ke dokter.Kelainan bawaan uterus yang abnormal atau tumor jinak rahim yangdapat mempengaruhi kavum uteri .Tidak ada efek samping hormonal dengan CuT-380A .Kanker alat genital . Aman untuk ibu menyusui – tidak mengganggu kualitas dan kuantitas ASI . . mengigil. 4. semisal keputihan.Setelah IUD dikeluarkan. dokter sering kali melupakan manfaat IUD dalam pengobatan endometriosis.Dapat digunakan sampai menopause . paling tidak 10 tahun . Ini bisa berjalan selama 3 bulan setelah pemasangan. Terjadi pendarahan yang lebih banyak (lebih hebat) dari haid biasa.Penyakit trofoblas yang ganas . Laporan tersebut diungkapkan dalam pertemuan di The American College of Obstetricians and Gynecologist.8 kehamilan/100 perempuan dalam 1 tahun pertama (1 kegagalan dalam 125 – 170 kehamilan). Tapi tidak perlu dirisaukan benar. sebaiknya ibu tidak terlalu tegang. dan lain sebagainya. 2.Tidak mempengaruhi kualitas dan volume ASI. misalnya diperut. pusing. Pada saat pemasangan. New Orleans. Carolina Utara.Membantu mencegah kehamilan ektopik . muntah-muntah. David mengatakan. Mengalami keterlambatan haid yang disertai tanda-tanda kehamilan: mual. pada saat melakukan senggama. karena biasanya setelah itu keluhan akan hilang dengan sendrinya. suhu badan meningkat.6 – 0. Segeralah pergi kedokter jika anda menemukan gejala-gejala diatas.Sangat efektif..Tidak ada interaksi dengan obat-obat . Dan harus segera ke klinik jika: 1. Sakit. Tetapi apabila setelah 3 bulan keluhan masih berlanjut.Metode jangka panjang (10 tahun proteksi dari CuT-380A dan tidak perlu diganti) . Terdapat tanda-tanda infeksi. Perlindungan terhadap kanker ini setara dengan menggunakan alat kontrasepsi secara oral. Pendeknya jika ibu merasa tidak sehat.IUD dapat efektif segera setelah pemasangan .Diketahui menderita TBC pelvic . 3. karena ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri dibagian perut. 0.Tidak mempengaruhi hubungan seksual.Ukuran rongga rahim kurang dari 5 cm Keuntungan Menurut Dr David Grimes dari Family Health International di Chapel Hill. Pencegah kehamilan jangka panjang yang AMPUH. beberapa ibu mungkin mengeluh merasa nyeri dibagian perut dan pendarahan sedikit-sedikit (spoting). Hubungan intim jadi lebih nyaman karena rasa aman terhadap risiko kehamilan . bisa langsung subur Kerugian Setelah pemasangan.Dapat dipasang segera setelah melahirkan atau abortus (apabila tidak terjadi infeksi) . IUD mampu mengurangi risiko kanker endometrium hingga 40 persen. seperti dikutip News yahoo. Efek Samping dan Komplikasi Efek samping umum terjadi: 14 .

Selanjutnya kembali sedikit selama beberapa hari.Klien tidak dapat melepas IUD oleh dirinya sendiri.2 sampai 4 hari setelah melahirkan . termasuk pemeriksaan pelvik diperlukan dalam pemasangan IUD . Waktu Pemasangan Pemasangan IUD sebaiknya dilakukan pada saat : . perdarahan berat pada waktu haid atau diantaranya yang memungkinkan penyebab anemia. Tetapi. Biasanya menghilang dalam 1 – 2 hari . haid lebih lama dan banyak. jika perdarahan berlangsung terus-menerus dalam jumlah banyak. PRP dapat memicu infertilitas .Prosedur medis. keputihan dan infeksi juga dapat timbul selama pemakaian IUD. Misalnya. bisa juga disertai dengan mules yang biasanya hanya berlangsung tiga hari.Penyakit radang panggul terjadi sesudah perempuan dengan IMS memakai IUD.Perempuan harus memeriksa posisi benang IUD dari waktu ke waktu. Kemungkinan lain yang terjadi adalah kejang rahim (uterine cramp). Pengaruh lainnya terjadi pada perangai haid.Komplikasi lain: merasa sakit dan kejang selama 3 sampai 5 hari setelah pemasangan. 15 . saat haid lebih sakit .Mungkin IUD keluar dari uterus tanpa diketahui (sering terjadi apabila IUD dipasang segera setelah melahirkan) .Setiap 6 bulan berikutnya . perforasi dinding uterus (sangat jarang apabila pemasangan benar) .. pada permulaan haid darah yang keluar jumlahnya lebih sedikit daripada biasa. Hal ini karena terjadi kontraksi rahim sebagai reaksi terhadap IUD yang merupakan benda asing dalam rahim. Petugas terlatih yang dapat melepas .Perubahan siklus haid. perdarahan antar mensturasi.1 bulan pasca pemasangan . Dengan pemberian obat analgetik keluhan ini akan segera teratasi.Tidak mencegah IMS termasuk HIV/AIDS .Tidak mencegah terjadinya kehamilan ektopik karena fungsi IUD mencegah kehamilan normal . kemudian secara mendadak jumlahnya menjadi banyak selama 1-2 hari.Hari ke 3 haid sampai hari ke 10 dihitung dari hari pertama haid .Setelah terjadinya keguguran .Tidak baik digunakan pada perempuan dengan IMS atau yang sering berganti pasangan . serta rasa tidak enak pada perut bagian bawah. Selain hal di atas.Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD.Menggantika metode KB lainnya Waktu Pemakai Memeriksakan Diri . pemakaian IUD harus dihentikan.Bila terlambat haid 1 minggu .40 hari setelah melahirkan .Perdarahan banyak atau keluhan istimewa lainnya Keluhan-keluhan pemakai IUD Keluhan yang dijumpai pada penggunaan IUD adalah terjadinya sedikit perdarahan.3 bulan kemudian .

menghambat nidasi.Lebih tidak nyeri dan kemungkinan menimbulkan pendarahan lebih kecil Menstruasi menjadi lebih ringan (volume darah lebih sedikit) dan waktu haid lebih singkat c. Cara kerjanya belum diketahui dengan pasti. khasiat kontrasepsi hanya berdasarkan pada hambatan ovulasi oleh estrogen dalam fase pertama dan pada fase kedua gestagen hanya berguna untuk menimbulkan perdarahan yang teratur. Keuntungan menggunakan pil mini dapat diberikan pada wanita menyusui. Akan dibahas lebih lanjut dalam makalah ini. 4.5 mg levonorgestrel. IUS atau Intra Uterine System Bentuk kontrasepsi terbaru yang menggunakan hormon progesteron sebagai ganti logam. Sediaan 16 . ditambah dengan beberapa nilai plus: .5.35 mg atau kuingestanol 0. dimana setiap tablet mengandung 20 – 100 μ g etinilestradiol dan gestagen dalam dosis tertentu. Pil Pascasanggama Sediaan yang mengandung dietilstilbestrol (DES) atau estrogen dosis tinggi. 3. levonorgestrel 0. digunakan 24 jam atau selambatlambatnya 48 jam pasca sanggama. Dietilstilbestrol 50 mg/hari atau etinilestradiol 1 mg/hari selama 5 hari.35 mg.50 mg. Cara kerjanya sama dengan IUD tembaga. 2. wanita perokok dan yang mempunyai riwayat penyakit tromboemboli. Kerugiannya dapat terjadi kehamilan ektopik. Di Indonesia sediaan ini tidak pernah beredar. Pil diminum tiap hari tanpa perlu memperhatikan saat terjadinya haid. Pil sekuensial tidak seefektif pil kombinasi oleh karenanya angka kegagalan relatif tinggi. Cara kerjanya mirip dengan suatu siklus haid normal. Pil Kombinasi Merupakan sediaan yang paling banyak digunakan. wanita dengan hipertensi. Kontrasepsi hormonal  KONTRASEPSI ORAL Berdasarkan kandungannya. mempengaruhi fungsi korpus luteum. terganggu dan menekan produksi steroid diovarium.03 mg.3 mg. Pil Sekuensial (bifasik) Terdiri dari 14-16 pil yang mengandung derivat estrogen dan 5-7 pil selanjutnya mengandung kombinasi estrogen dan gestagen. linestrerol 0. beberapa diantaranya adalah menekan sekresi gonadotropin. memperlambat gerakan tuba sehingga transportasi ovum. Akhir-akhir ini banyak digunakan pil kombinasi estrogen dan gestagen dengan dosis tinggi misalnya 100 μ g etinilestradiol dan 0. kontrasepsi oral dibagi atas : 1. dapat mencegah kehamilan jika diberikan segera setelah koitus yang tidak dilindungi. Pil Mini Dikatakan pil mini karena dosis gestagen yang digunakan sangat rendah. Ada juda yang mengandung etinodral diasetat 0. Gestagen yang digunakan adalah turunan nortestosteron seperti noretisteron 0.

yang dalam waktu 1 minggu itu biasanya akan terjadi perdarahan dari uterus akibat penghentian pemakaian obat. (Gestagen saja) Exluton 28 PIL KOMBINASI Kontrasepsi oral steroid kombinasi adalah metode kontrasepsi yang paling efektif. seperti kanker vulva pada penggunaan dietilstilbestrol dan efek teratogenik dari estrogen pada hewan percobaan. gestoden dan norgestimat.lainnya. Terdiri atas kombinasi estrogen dan gestagen dalam dosis tertentu.2) Estrogen dan gestagen yang dipakai adalah steroid sintetik dimana steroid sintetik mempunyai potensi yang lebih tinggi per unit dibandingkan dengan steroid alamiah kalau ditelan per oral. Nama dagang (jenis kombinasi) Microgynon 30 Nordette 28 Nordial 28 Mercilon 28 Marvelon 28 Ovostat 28 Lyndiol Gynera Diane 35 (jenis kombinasibertingkat) Triquilar ED Gestagen 150 mcg Levonorgestrel 150 mcg Levonorgestrel 250 mcg Levonorgestrel 150 mcg Levonorgestrel 150 mcg Desogestrel 1 mg Linestrenol 2. levonorgestrel saja dengan dosis 0. mefipristone 10 dan 50 mg dapat digunakan sampai 120 jam pasca sanggama atau danazol 800 – 1200 mg/hari. meningkatkan motilitas tuba sehingga mengganggu transportasi ovum dan membuat endometrium menjadi tidak fisiologis untuk proses nidasi.7.3 – 1 mg digunakan paling lambat 3 jam pascasanggama.5 mg Linestrenol 75 mcg Gestroden 2 mg Siproterone asetat Estrogen 30 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol 50 mcg Etinilestradiol 20 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol 50 mcg Etinilestradiol 50 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol 35 mcg Etinilestradiol 2 50 mcg Levonorgestrel 75 mcg Levonorgestrel 125 mcg Levonorgestrel 50 mcg Levonorgestrel 75 mcg Levonorgestrel 125 mcg Levonorgestrel 30 mcg Etinilestradiol 40 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol 40 mcg Etinilestradiol 30 mcg Etinilestradiol Trinordial 3. Kandungan estrogen yang banyak digunakan ialah etinilestradiol dan mestranol (3 metil eter). No 1. (1. diminum setiap hari selama 3 minggu dan dihentikan pemakaiannya selama 1 minggu. Mestranol didalam hati akan mengalami proses dimetilasi menjadi etinilestradiol. Cara kerjanya adalah mencegah terjadinya nidasi. norethindron asetat.5 mg Linestrenol . (5. 17 0. Saat ini telah tersedia juga gestagen generasi ke-3 yang bersifat “Lipid friendly” yaitu desogestrel.8) Sedangkan gestagen yang digunakan adalah derivat 19 nortestosteron berupa noretinodrel. Perlu diingat pil pasca sanggama hanya berguna sebelum terjadinya implantasi. Efek samping yang pernah dilaporkan adalah terjadinya kelainan bawaan mayor.Pil kombinasi adalah kontrasepsi oral yang paling sering digunakan. etinodial diasetat dan norgestrel. Berbagai bentuk kontrasepsi oral.

Jadi selain peningkatan dosis gestagen.JENIS-JENIS PIL KOMBINASI 1. 2. estrogen dalam dosis tinggi dapat mempercepat perjalanan ovum dan gangguan proliferasi endometrium sehingga mengganggu implantasi ovum yang sudah dibuahi. Selain itu. Baik yang berisi 21 atau 28 pil mempunyai prinsip minum yang sama yaitu 3 minggu minum dan 1 minggu istirahat minum pil. 6 tablet pertama mengandung 0. Pengaruh gestagen dalam pil kombinasi adalah memperkuat daya kerja estrogen dalam menghambat ovulasi akan tetapi gestagen sendiri dalam dosis yang tinggi juga dapat menghambat ovulasi. Pada jenis 3 tingkat (contohnya Triquilar). tingkat pertama dosis gestagen sangat rendah menjadi 0. Setiap tabletnya mengandung 30 -100 μ g etinilestradiol (di beberapa negara terdapat pula tablet dengan 10 dan 20 μ g) dan gestagen sintetik dengan dosis yang berbeda-beda.07 mg Levonorgestrel dan 40 μ g etinilestradiol. Dari sebagian besar penelitian. Jenis monofasik paling banyak digunakan saat ini. MEKANISME KERJA Khasiat kontrasepsi suatu pil kombinasi berdasarkan hambatan ovulasi. mempengaruhi endometrium sehingga mengganggu implantasi ovum yang telah dibuahi dan mengganggu motilitas tuba. Khasiat lain dari gestagen adalah memperkental lendir serviks sehingga menghalangi penetrasi spermatosoon masuk ke dalam uterus. Akibat kurangnya FSH dan tidak adanya peningkatan kadar LH pada tengah-tengah siklus haid menyebabkan gangguan dari ovulasi. makan malam atau setelah menggosok gigi. 18 .125 mg Levonorgestrel dan 30 μ g etinilestradiol.05 mg Levonorgestrel dan 30 μ g etinilestradiol. Sedang dosis estrogen tidak berubah. yang dikenal dengan jenis 2 tingkat dan 3 tingkat. Monofasik Pertama kali ditemukan oleh Pincus (Pincus Pill).05 mg dan pada tingkat kedua dosisnya menjadi 0. Kombinasi bertingkat Jenis ini dibuat dengan maksud lebih mengurangi efek samping yang ditimbulkan gestagen. Kebanyakan efek samping yang timbul disebabkan oleh kandungan estrogen sehingga saat ini hampir semua pil kontrasepsi mempunyai kadar estrogen yang rendah (20-35 μ g etinilestradiol).125 mg. dosis estrogen juga berubah. Dengan tidak adanya FSH maka tidak terjadi maturasi folikel yang berakibat juga tidak adanya produksi estrogen oleh folikel dalam ovarium sehingga tidak terjadi pengeluaran LH. Pil diminum tiap hari 1 pil terus-menerus dan diminum saat-saat tertentu agar tidak mudah lupa misalnya malam sebelum tidur. 5 tablet berikutnya mengandung 0. Pada jenis 2 tingkat. dimana secara sinergis estrogen dan gestagen bekerja dengan mekanisme umpan balik terhadap poros hipotalamus-hipofise sehingga tejadi hambatan sekresi gonadotropin-releasing hormon (GnRH) dengan akibat tidak terjadi pelepasan FSH dan LH. 10 tablet terakhir mengandung 0. CARA PEMBERIAN Pil kombinasi biasanya tersedia dalam kemasan berisi 21 pil dan ada juga yang berisi 28 pil dimana 7 pil terakhir hanya berupa plasebo yang berisi preparat besi atau vitamin. pemberian dosis 50 μ g menimbulkan efek samping yang sangat rendah.

maka akseptor harus minum 1 pil sehari sampai hari minggu berikutnya dan pada hari itu mulai dengan kemasan baru (atau bisa langsung saja dengan pil kemasan baru) dan harus menggunakan kontrasepsi tambahan sampai mulainya siklus haid berikutnya atau sekurangkurangnya 7 hari. Setelah habis 1 kemasan. KONDISI-KONDISI DIMANA KONTRASEPSI ORAL KOMBINASI DAPAT DIGUNAKAN MENURUT WHO (kategori 1 dan 2) : Kategori 1: Suatu kondisi dimana tidak ada larangan dalam penggunaan metode kontrasepsi (metode dapat digunakan) Kategori 2 : Suatu kondisi dimana keuntungan-keuntungan pada penggunaan metode ini lebih besar dibanding dengan resiko teoritis atau terbukti (metode dapat digunakan) 19 . 2) Bila menggunakan kemasan 28 pil. Bila terjadi lupa minum pil : 1) Lupa 1 pil. maka akseptor harus minum 2 pil selama 2 hari berturutturut dan pil selanjutnya diminum seperti saat biasanya (belum diperlukan tapi disarankan untuk memakai kontrasepsi tambahan misalnya kondom selama 7 hari).Untuk mudahnya : 1) Bila menggunakan kemasan 21 pil. b) Terjadi selama minggu ketiga. langsung minum kemasan baru tanpa fase istirahat. Setelah habis 1 kemasan. 4) Sedang diare atau muntah-muntah Pil tetap diminum tiap hari seperti biasanya dan menggunakan kontrasepsi tambahan sampai 7 hari setelah sembuh. Dengan aturan 3 minggu minum dan 1 minggu istirahat minum pil akan menghasilkan perlindungan yang mutlak terhadap pembuahan. maka segera minum pil yang terlupa dan pil yang selanjutnya diminum seperti saat biasanya. Sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin 3 bulan kemudian 6 bulan dan selanjutnya tiap-tiap tahun setelah pemakaian pil. Selain efek samping. berat badan dan tekanan darah juga perlu pemeriksaan mamma dan sediaan apus (Papanicolaou smear). 3) Lupa 3 pil Sama dengan lupa 2 pil pada minggu ketiga atau dapat juga minum 2 pil selama 3 hari berturut-turut dan disertai penggunaan kontrasepsi tambahan sampai mulainya siklus haid berikutnya atau sekurang-kurangnya 7 hari. istirahat minum pil selama 7 hari kemudian minum pil kemasan baru. pada kondisi ini pemberian kontrasepsi oral akan memicu ovulasi yang sesungguhnya. Penggunaan pil untuk pertama kalinya sebaiknya tidak melewati hari ke-5 dari permulaan haid atau dalam waktu 3 minggu setelah melahirkan atau dalam waktu 14 hari pasca tindakan pada abortus untuk mencegah terjadinya induksi ovulasi karena pada wanita normal dengan folikel yang matur dan segera akan mengalami ovulasi spontan. 2) Lupa 2 pil a) Terjadi selama minggu pertama atau kedua.

Diabetes tanpa komplikasi. Infeksi akut virus hepatitis. Riwayat/menderita penyakit jantung iskemik. Nyei kepala diatas 35 tahun atau disertai gejala neurologik fokal 8. Penyakit kandung empedu dengan gejala ataupun tidak atau yang telah dilakukan kolesistektomi. siklemia. mioma uteri 16. riwayat keluarga dengan kanker payudara. endometriosis. 2. penyakit katup jantung dengan komplikasi. Pasca bedah besar/kecil tanpa imobilisasi 10. < 21 hari post partum (tidak meneteki) Merokok > 15 batang sehari dengan usia > 35 tahun Berisiko menderita penyakit arteri kardiovaskuler Hipertensi. NIS. sistosomiasis. Tumor jinak payudara. epilepsi 13. hipotiroid 18. pasca bedah besar dengannimobilisasi yang lama 6. 5. Penyakit inflamasi pelvis. Kegemukan (IMT > 30 kg/m2) 7. 3. Sedang memakai antibiotika (selain rifampicin dan griseofulvin) KONDISI-KONDISI DIMANA KONTRASEPSI ORAL KOMBINASI TIDAK DAPAT DIGUNAKAN MENURUT WHO (kategori 3 dan 4) : Kategori 3 : Suatu kondisi dimana risiko teoritis atau terbukti biasanya lebih besar dibanding dengan keuntungan menggunakan metode tersebut (metode tidak dapat digunakan) Kategori 4 : Suatu kondisi dimana memperlihatkan suatu resiko kesehatan yang tidak dapat diterima jika metode kontrasepsi digunakan (metode tidak dapat digunakan) 1. Perdarahan pervaginam teratur maupun tak teratur. karsinoma serviks 15. karsinoma. penyakit menular seksual. Talasemia. malaria 17.tumor ovarim jinak. Penyakit trofoblas jinak/ganas. Diabetes dengan neuropati/retinopati/nefropati atau telah menderita selama lebih 20 tahun atau disertai penyakit vaskuler lainnya 10. HIV/AIDS. tumor jinak dan keganasan hati 20 . riwayat serangan otak. Kanker payudara 9. sirosis berat. anemia kekurangan zat besi 20. hipertiroid. Merokok dengan usia < 35 tahun 6. Menderita penyakit kandung empedu atau telah terobati secara medis 11. Nyeri kepala bukan migren. < 6 bulan postpartum (meneteki). Menarke sampai diatas 40 tahun Nulipara maupun multipara > 6 bulan postpartum (meneteki) dan > 21 hari postpartum (tidak meneteki) Pasca abortus dan pasca kehamilan ektopik terganggu ataupun riwayat operasi daerah pelvis 5. 2. tuberkulosis. Penyakit trombosis vena superficial 11.hiperlipidemia 7. 4. ovarium. riwayat kolestasis yang berhubungan dengan kehamilan 19. Riwayat keluarga dengan penyakit trombosis vena profunda/emboli paru ( ayah-ibu) 9. 3. Riwayat tekanan darah tinggi dalam kehamilan 8. penyakit pembuluh darah Riwayat/menderita penyakit trombosis vena dalam/emboli paru. ektropion serviks. 4. karsinoma endometrium. Penyakit katup jantung tanpa komplikasi 12.1. dismenore berat 14. massa yang belum terdiagnosis pada payudara.

Peningkatan cairan menstruasi . aterosklerosis dan artritis rematoid 8. Sangat reversibel 6. kista ovarium fungsional.12.Rasa penuh/nyeri pada mamma .Peningkatan sekresi serviks/erosi serviks Untuk mengatasi hal-hal tersebut maka biasanya diberikan pil kombinasi dengan kandungan estrogen yang rendah atau kandungan gestagen yang lebih tinggi dengan aktivitas androgenik yang rendah. Gestagen . Riwayat kolestasis yang berhubungan dengan pemakaian kontrasepsi oral kombinasi 13. Frekuensi koitus tidak perlu diatur 4. tumor jinak mamma (mungkin juga yang ganas).Perdarahan tak teratur .Depresi dan kelelahan . Efektivitas dapat dipercaya 2. Umumnya perdarahan bercak terjadi pada permulaan penggunaan pil kontrasepsi dan jarang ditemukan pada penggunaan jangka panjang dan lebih banyak ditemukan padapenggunaan pil kombinasi dengan dosis estrogen dan gestagen yang rendah. griseofulvin. b.Rasa mual dan muntah .Retensi cairan . Berkurangnya keluhan dismenorea 5. Siklus menstruasi jadi teratur 3.Penurunan gairah seksual . penyakit inflamasi pelvis. Sedang memakai obat rifampicin. Dapat digunakan sebagai kontrasepsi darurat 7. fenintoin.Pengecilan ukuran mamma . Pengobatan akne EFEK SAMPING Efek samping yang sering timbul pada pemakaian pil kombinasi adalah perdarahan sela dan hal ini sering dijadikan alasan oleh beberapa akseptor untuk tidak ingin melanjutkan lagi penggunaan kontrasepsinya. barbiturat dan pirimidon. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PIL KOMBINASI Keuntungan : 1. Penyebab pasti terjadinya perdarahan sela belum banyak diketahui tapi dari pengamatan terbukti bahwa komponen gestagen yang berperan terhadap terjadinya perdarahan sela dimana gestagen menyebabkan pelebaran pembuluh darah vena kecil di endometrium vena tesebut akhirnya rapuh sehingga terjadi perdarahan lokal. Membantu mencegah terjadinya kehamilan ektopik. Efek samping pil kombinasi lainnya dapat terjadi karena pengaruh : a. Estrogen . karbamazepin. kanker ovarium dan endometrium.Keputihan .Keletihan dan iritabilitas .Akne dan alopesia 21 .

diabetes dan hipertensi sebelumnya. Diduga akibat pengaruh estrogen dimana etinilestradiol dapat meningkatkan angiotensinogen dan angiotensin II 3-5 kali kadar normal. Hal ini jarang dijumpai pada penggunaan pil kombinasi dengan gestagen yang tinggi. KOMPLIKASI PENGGUNAAN PIL KOMBINASI 1. obesitas. Gestagen generasi lama seperti levonorgestrel dan noretisteron tidak mempunyai pengaruh terhadap risiko trombosis vena tetapi risiko ini akan meningkat 2 kali lipat dengan penggunaan gestagen generasi baru seperti desogestrel atau gestoden. Hal ini berkaitan dengan pengaruh gestagen dan dosisnya terhadap metabolisme lemak. merokok. Risiko ini juga meningkat secara bermakna pada pemakaian kontrasepsi oral sebulan sebelum tindakan pembedahan. 5. Infark jantung Pil kombinasi dapat meningkatkan risiko terjadinya infark jantung dan dapat diperberat dengan bertambahnya usia. Gestagen diduga juga punya peranan. Risiko ini dapat meningkat bila disertai dengan faktor bertambahnya usia dan merokok.Kram pada kaki dan kelemahan ligamentum Untuk mengatasi hal-hal tersebut diatas biasanya diberikan pil kombinasi dengan kandungan gestagen yang rendah atau yang mengandung estrogen lebih tinggi. pertumbuhan mioma uterus dan pada penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan hiperplasia endometrium yang berupa hiperplasia simpleks. Neoplasia Kaitan kontrasepsi hormonal dengan risiko peningkatan timbulnya neoplasia masih belum jelas kalaupun ada peningkatan ini besar kemungkinan sangat kecil. mual dan amnesia merupakan gejala awal terjadinya stroke dan apabila gejala ini timbul saat penggunaan pil kombinasi maka harus segera dihentikan. 4. Estrogen juga berhubungan dengan timbulnya kanker mamma karena kanker mamma jarang ditemukan pada usia pubertas dan akan meningkat tajam dengan bertambahnya usia tetapi timbulnya kanker mamma memerlukan waktu 15-20 tahun jadi kesimpulannnya pil kontrasepsi tidak berperan terhadap terjadinya kanker mamma tetapi pil kontrasepsi mempercepat pertumbuhan tumor yang telah ada sebelumnya. diduga akibat pengaruh estrogen dimana etinilestradiol mempengaruhi faktor pembekuan dan faktor fibrinolisis serta fungsi trombosit dan endotel sehingga terjadi peningkatan aktifitas pembekuan dan fibrinolisis. migrain. Sakit kepala mendadak.Sakit kepala . sedang gestagen mempunyai pengaruh minimal terhadap terjadinya hipertensi. Hipertensi Akseptor pil kombinasi akan mengalami hipertensi secara nyata dan akan kembali normotensi bila penggunaan pil dihentikan. Mekanismenya masih belum jelas. Tromboemboli vena Risiko terjadinya tromboemboli vena dalam (profundus) meningkat 3 hingga 11 kali lipat pada wanita dengan menggunakan kontrasepsi oral.. Estrogen dapat mempengaruhi timbulnya tumor jinak mamma. Stroke Risiko terjadinya trombosis serebral meningkat 2-3 kali lipat pada penggunaan pil kombinasi. Gestagen dapat menyebabkan proliferasi dan hipersekresi kelenjar endoserviks serta dapat menyebabkan metaplasia dan displasia epitel porsio dan selaput lendir dari serviks. 3. 2. Tetapi kebanyakan para ahli 22 . adenomatosa dan hiperplasia atipik.

wanita dapat menggunakan kontrasepsi suntikan tanpa perlu memberitahukan kepada siapapun termasuk suami atau keluarga lain. 3) Tingkat efektifitasnya tinggi 4) Tidak mengganggu pengeluaran laktasi dan tumbuh kembang bayi. Cyclofem yang mengandung medroxyprogesteron acetate dan estrogen. b. Norethindrone enanthate (Noresterat) 200 mg yang mengandung derivate testosteron. 8) Bila perlu. Penggunaan pil kontrasepsi lebih dari 4 tahun dapat meningkatkan risiko terkena tumor hati jinak. 23 . antara lain mual atau efek samping yang lebih serius seperti timbulnya bekuan darah disamping estrogen juga dapat menekan produksi ASI. hubungan seksual pada usia muda. Mekanisme Kerja Kontrasepsi Suntikan a) Menghalangi pengeluaran FSH dan LH sehingga tidak terjadi pelepasan ovum untuk terjadinya ovulasi dengan jalan menekan pembentukan releasing faktor dari hipotalamus. b) Mengentalkan lender serviks sehingga sulit untuk ditembus oleh spermatozoa. 7) Kontrasepsi suntikan dapat dihentikan setelah 3 bulan dengan cara tidak disuntik ulang. paritas tinggi. b. Keuntungan dan Kerugian a. hal ini terjadi bila telah ada sirosis hati sebelumnya  Suntik a. Depo provera yang mengandung medroxyprogestin acetate 50 Mg. Kerugian 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) Perdarahan yang tidak menentu terjadinya amenorhoe yang berkepanjangan Berat badan yang bertambah Sakit kepala Kembalinya kesuburan agak terlambat beberapa bulan Jika terdapat atau mengalami side efek dari suntikan tidak dapat ditarik lagi. 2) DMPA pemberiannya diberikan sekali dalam 12 minggu dengan dosis 150 mg. karena mempunyai angka kegagalan 0. 9) Tidak ditemukan efek samping minor seperti pada POK yang disebabkan estrogen.berpendapat bahwa pil kontrasepsi tidak meningkatkan risiko terkena kanker serviks kecuali bagi wanita dengan faktor-faktor risiko seperti aktivitas seksual tinggi. 6) Tidak perlu menyimpan atau membeli persediaan.7%. Keuntungan 1) Noristerat pemberiannya sederhana diberikan 200 mg sekali setiap 8 minggu untuk 6 bulan pertama 3 x suntikan pertama kemudian selanjutnya sekali tiap 12 minggu. hal ini berhubungan dengan dosis steroid dan usia namun apabila pil kontrasepsi dihentikan tumor akan menghilang dengan sendirinya. c. sedangkan IUD dan implant yang non-bioderdable harus dikeluarkan oleh orang lain. status sosial dan ekonomi rendah serta adanya infeksi Human Papiloma Virus (HPV). c) Merubah suasana endometrium sehingga menjadi tidak sempurna untuk implantasi dari hasil konsepsi. 5) Suntikan tidak ada hubungannya dengan saat bersenggama. Pil kontrasepsi tidak meningkatkan risiko terkena kanker hati primer. Masih mungkin terjadi kehamilan.

Spoting yaitu bercak-bercak perdarahan diluar haid yang terjadi selama menggunakan kontrasepsi suntikan. Saat Pemberian Yang Tepat a. 24 . c. DM. Cara Penggunaan Depo provera atau Depo progestin disuntikan secara intra muscular tiap 12 minggu dengan kelonggaran batas waktu suntik. 2. kedua sisi atau keseluruhan dari bagian kepala . Perdarahan ginekologi ( perdarahan melalui vagina yang tidak diketahui penyebabnya c. Amenorhoe yaitu tidak datang haid setiap bulan selama menggunakan kontrasepsi suntikan kecuali pada pemakaian cyclofem. Jadwal waktu suntikan yang diperhitungkan. Segera diberika ketika masih di Rumah Sakit atau setelah 6 minggu post partum dan sebelum berkumpul dengan suami. penyakit paru-paru hebat. b. 9) Menimbulkan rasa sakit akibat suntikan 10) Memerlukan biaya yang cukup tinggi. b). Pasca Abortus 1. 2. Hari kelima menstruasi 2. hati. Tersangka hamil b. Pasca persalinan 1. c). Ini biasanya bersifat sementara. Tumor/keganasan d. Segera setelah perawatan atau sebelum 14 hari. Efek samping 1) Gangguan Haid : a). 1. hipertensi. Jadwal waktu suntikan diperhitungkan. Efek Samping dan Penanggulangannya a.8) Pemberiannya harus dilakukan oleh orang yang profesional. yang dapat terjadi pada satu sisi. metrorhagia yaitu perdarahan yang berlebihan jumlahnya 2) Keputihan Adanya cairan putih yang berlebihan yang keluar dari jalan lahir dan terasa mengganggu ( jarang terjadi) 3) Perubahan berat badan Berat badan bertambah beberapa kilogram dalam beberapa bulan setelah menggunakan kontrasepsi suntikan 4) Pusing dan sakit kepala Rasa berputar /sakit kepala. Interval. Kontra Indikasi a. biasa diberikan kurang satu minggu. Penyakit jantung. Tepat pada jadwal suntikan berikutnya.

tetapi jarang adalah sakit kepala. Implant melepaskan progestin dengan kecepatan rendah dan konstant. Petugas medis memerlukan latihan dan praktek untuk insersi dan pengangkatan implant. 1). misalnya karena faktor usia. mulut kering. Efek samping Implant Pada umumnya efek samping yang ditimbulkan implant tidak berbahaya.  Susuk KB (Implan) Kontrasepsi implant mekanisme kerjanya adalah menekan ovulasi membuat getah serviks menjadi kental dan membuat endometrium tidak sempat menerima hasil konsepsi. Yang paling sering ditemukan adalah gangguan haid yang kejadiannya bervariasi pada setiap pemakaian. Akseptor tidak dapat menghentikan implant sekehendaknya sendiri. 1). 3) Tidak mengandung estrogen 4) Efek kontraseptif segera berakhir setelah implantnya dikeluarkan 5). jerawat. 3). mual. sehingga terhindar dari dosis awal yang tinggi. a. Efek samping lain yang mungkin timbul. sayangnya bagi yang berkulit sensitif sering menimbulkan reaksi alergi. 6). Kontrasepsi sterilisasi Yaitu pencegahan kehamilan dengan mengikat sel indung telur pada wanita (tubektomi) atau testis pada pria (vasektomi). Sistem 6 kapsul memberikan perlindungan untuk 5 tahun.5) Hematoma Warna biru dan rasa nyeri pada daerah suntikan akibat perdarahan di bawah kulit. Keadaan ini biasanya terjadi 3 – 6 bulan pertama sesudah beberapa bulan kemudian. Insersi dan pengeluaran harus dikeluarkan oleh tenaga terlatih. Kontap Pada Wanita ( Tubektomi ) 25 . 2). Angka ini menunjukkan jumlah kehamilan yang terjadi pada 100 wanita bila menggunakan metode kontrasepsi tersebut selama 1 tahun. Lebih mahal 4). Dapat mencegah terjadinya anemia Kerugian Implant. seperti pendarahan haid yang banyak atau sedikit. Efektif bila Anda memang ingin melakukan pencegahan kehamilan secara permanen. Efektifitas tinggi setelah dipasang 2). perubahan selera makan dan perubahan berat badan. Keuntungan Implant. payudara tegang. Angka PI yang semakin kecil menandakan semakin efektifnya metode kontrasepsi tersebut. bahkan ada pemakaian yang tidak haid sama sekali. Efektivitas suatu metode kontrasepsi biasanya dinyatakan dengan angka z (PI).  Koyo KB (Patch) Ditempelkan di kulit setiap minggu. d. Proses sterilisasi ini harus dilakukan oleh ginekolog (dokter kandungan). Sering timbul perubahan pola haid 5).

Usia > 26 tahun 2. Pascakeguguran 7. Hari ke 6 – 13 siklus menstruasi ( fase proliferasi ) 3. Pascapersalinan 6. Yakin telah mempunyai besar keluarga ayng sesui dngan kehendak 4.Tubektomi adalah setiap tindakan pada kedua saluran telur yang menyebabkan wanita bersangkutan tidak hamila lagi. Sangat efektif 2. Tidak ada efek samping dalam jangka waktu panjang 8. Merupakan alat kontrasepsi paling efektif dengan angka kegagalankurang dari 1% Keuntungan Tubektomi 1. Kondisi yang memerlukan perhatian khusus bagi tindakan vasektomi • Infeksi kulit pada daerah operasi • Infeksi sistemik yang sangat mengganggu kondisi kesehatan klien • Hidrokel atau varikokel yang besar 26 . Peritas > 2 3. Baik bagi klien apabila kehanilan akan menjadi resiko kesehatan yang serius 6. Belum memberikan persetujuan tertulis Kapan dilakukan 1. Hamil 2. Pada kehamilannya akan menimbulakn resiko kesehatan yang serius 5. Permanen 3. Kontap pada pria ( vasektomi ) Vasektomi adalah prosedur klinik untuk menghenrtikan kapasitas reproduksi pria dengan jalan melakukan oklusi vasa deferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi tidak terjadi. Setiap waktu selama siklus menstrusi apabila diyakini secara rasional klien tsb tidak hamil 2. Indikasi Upaya untuk menghentikan fertilitas dimana fungsi reproduksi mengancam atau gangguan terhadap kesehatan pria dan pasangannya serta melemahkan ketahanan dan kualitas keluaga. Tidak bergantung pada faktor senggama 5. Perdarahan vaginal yang belum terjelasajn 3. Infeksi sistemik atau pelvic yang akut 4. Berkurangnya resiko kanker ovarium Yang Dapat Menjalani Tubektomi 1. Apham dan secara sukareka setuju dengan prosedur ini Yang sebaiknya tidak menjalani tubektomi 1. Tidak ada perubahan dalam fungsi seksual 9. Pembedahan sederhana dan dapat dilakukan dengan anastesi local 7. Tidak boleh menjalani proses pembedahan 5. Kurang pasti mengenai keinginannya untuk fertilitas dimasa depan 6. Tidak mempengaruhi proses menyusui 4. Pasca persalinan b.

Secara umum ada tiga cara pemecahan masalah : . hakim. hal itu dibarengi dengan masalah lain yang lebih spesifik. gangguan pembekuan darah atau sedang menggunakan antikoagulansia 5. dll) . Apabila ekonomi kurang maka fasilitas pendidikan juga sukar untuk dipenuhi.Lapangan kerja.masalah kependudukan di indonesia : a. contohnya secara gaib dan doa • Masalah . .aspek ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup keluarga. pendidikan memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga diperlukan dukungan kemamppuan ekonomi semua termasuk orang tua. . yaitu pemecahan masalah dengan menggunakan cara-cara yang tidak rasional.total fertility rate (tfr) -> meningkatkan beban pemerintah dalam hal penyediaan aspek fisik misalnya fasilitas kesehatan.age spesific fertility rate (asfr) -> pertumbuhan penduduk semakin tinggi b. yaitu pemecahan masalah yang dilakukan oleh pihak berwenang (pejabat. Metode ilmiah adalah usaha untuk menemukan. . Penumpukan jumlah penduduk usia muda atau produktif memerlukan persiapan lapangan kerja masa mendatang yang lebih luas. guru. mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan secara ilmiah. .Pemecahan masalah secara ilmiah. masalah komposisi jumlah penduduk (penumpukan jumlah penduduk yang tidak produktif) . .bereetambahnya angka harapan hidup -> peran pemerintah dalam menyediakan fasilitas penampungan . yaitu angka fertilitas dan angka mortalitas yang relatif tinggi. d. masalah akibat angka kematian . Memahami dan menjelaskan masalah kependudukan Definisi masalah kependudukan di indonesia adalah jumlah penduduk yang besar dan distribusi yang tidak merata. yaitu pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.Mobilitas antar pulau 27 .Pemecahan masalah secara metafisik.Pemecahan masalah secara otoritatif. Hal ini merupakan bom waktu pencari kerja atau penyedia kerja. masalah mobilitas penduduk di indonesia . Sebaliknya apabila tingkat mortalitas tinggi akan berdampak terhadap reputasi indonesia dimata dunia c.Aspek pendidikan.• Hernia inguinalis • Filariasis / elephantiasis • Undesensus testikularis • Massa intraskrotalis Anemia berat. Banyaknya beban tanggungan yang harus dipenuhi biaya hidupnya oleh sejumlah manusia produktif yang lebih sedikit akan mengurangi pemenuhan kebutuhan ekonomi dan hayat hidup.Aspek pemenuhan gizi.perlunya perhatian keluarga dan pemerintah dalam penyediaan gizi yang memadai bagi anak-anak (balita). masalah akibat angka kelahiran . rawan atau kurang gizi (malnutrition) yang akan mengganggu pertumbuhan otak bahkan dapat terbelakang mental (mental retardation) sehingga mengurangi SDM yang akan datang.

bagaimana pun juga motifnya (Taqiyuddin An-Nabhani. Dalil kebolehannya antara lain hadits dari sahabat Jabir RA yang berkata. seperti vasektomi atau tubektomi. menciptakan anak yang sehat. Adapun pencegahan kehamilan yang permanen (sterilisasi). [Semarang : Maktabah Usaha Keluarga]. 28 . 59).. KB harus didasarkan atas kesadaran dan sukarela dengan mempertimbangkan faktor agama dan adat istiadat. hukumnya haram. AlAsybah wa An-Nazha`ir fi Al-Furu`. pil KB. Kebolehan pengaturan kelahiran juga terbatas pada pencegahan kehamilan yang temporal (sementara). harus didampingi sang suami. Wallahu a’lam. 148). dari kota ke kota serta akibat proses perluasan wilayah perkotaan. KB       menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). Memahami hukum KB menurut islam. AnNizham al-Ijtima’i fi Al-Islam.Mobilitas penduduk dari desa ke kota. KB dapat dipahami sebagai aktivitas individual untuk mencegah kehamilan (man’u al-hamli) dengan berbagai cara dan sarana (alat). IUD. Jika tenaga medisnya pria. dan shaleh. Namun kebolehannya disyaratkan tidak adanya bahaya (dharar). dari Sa’ad bin Abi Waqash RA). Kaidah fiqih menyebutkan : Adh-dhararu yuzaal (Segala bentuk bahaya haruslah dihilangkan) (Imam Suyuthi. Penggunaan kontrasepsi tidak dipaksakan dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. sebagai teknik mencegah kehamilan secara permanen yang ada saat itu (Muttafaq ‘alaih. hal. misalnya dengan pil KB dan kondom. Aborsi dengan cara apapun haram karena merupakan pembunuhan terselubung yang dilarang Islam. Kontrasepsi dalam rahim dibenarkan jika pemasangan dilakukan oleh tenaga medis wanita. kecuali untuk menyelamatkan jiwa ibu. dan sebagainya. hukumnya mubah. sbb: KB adalah ikhtiar manusia untuk mengatur kehamilan dalam keluarga secara tidak melawan hukum agama demi mendapat kesejahteraan keluarga dan bangsa. Islam membenarkan KB untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Urbanisasi pada dasarnya adalah pertumbuhan penduduk perkotaan yang disebabkan perpindahan dari desa ke kota.” (HR Bukhari). KB dalam pengertian kedua diberi istilah tanzhim an-nasl (pengaturan kelahiran). KB dalam arti pengaturan kelahiran. cerdas. 6. yang dijalankan oleh individu (bukan dijalankan karena program negara) untuk mencegah kelahiran (man’u al-hamli) dengan berbagai cara dan sarana. Sebab Nabi SAW telah melarang pengebirian (al-ikhtisha`). Vasektomi dan tubektomi juga dilarang. serta harus berdasar kesepakatan suami-istri. hal.Mobilitas penduduk antar pulau propinsi .”Dahulu kami melakukan azl [senggama terputus] pada masa Rasulullah SAW sedangkan al-Qur`an masih turun. Misalnya dengan kondom.

1989. Sosiologi.php?option=com_content&task=view&id=355&It emid=33 29 . http://www. Demografi Umum. Ciri Demografi Kualitas Penduduk dan Pengembangan Ekonomi.DAFTAR PUSTAKA Arie. Wiranarta Kusumah. Soal KB pria tidak boleh ketinggalan. Ida Bagoes. Makssar. 2003. Erlangga. 2008. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pedoman Diagnosis dan Terapi. diakses tanggal 11 November 2010 URL <http://www. IB. Chester. Menunda kehamilan dengan KB. Jakarta Mantra. 2010.e-samarinda. Djuhari. 1993. 2000. Pustaka Pelajar. Jakarta Hunt L.khilafah1924. 2004. Yogyakarta. Demografi Umum. diakses tanggal 11 November 2010 URL <http://formulasehat.org/index.com/forum/lofiversion/index. Pustaka Pelajar.html> Bagian SMF Obgin UNHAS. Yogyakarta Mantra. dkk.php?t4879. Edisi kedua.com/ruangtunggu/menunda-kehamilan-dengan-pil-kb> Abey. Edisi 6.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.