You are on page 1of 41

PEWARISAN SIFAT (BAGIAN 1

)

MATERI GENETIK

Devita Antika Sari Devi Septiani Aditya Hilman Pratama Beti Liliani Fajrin

(10315244020) (10315244014) (10315244015) (10315244032)

PEWARISAN SIFAT
Sifat atau ciri yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup ada yang dapat diturunkan dari induk ke keturunannya. Pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya disebut hereditas Pewarisan sifat dari generasi ke generasi mengikuti pola tertentu yang khas bagi setiap makhluk hidup. Cabang biologi yang khusus mempelajari tentang hereditas adalah genetika.

Tokoh

Materi genetis SEL INTI SEL gen kromosom .

Satuan terkecil itu meliputi satuan struktural dan fungsional. Makhluk hidup yang tersusun oleh satu sel disebut makhluk hidup uniseluler. .SEL Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil dari makhluk hidup.

.

2. membran sel/ membran plasma. 3.Sel dibedakan menjadi tiga bagian utama antara lain : 1. sitoplasma. nukleus atau inti sel .

Membran sel bersifat semipermeabel. .Membran Sel atau Selaput Sel Membran sel merupakan bagian yang membungkus sel sebelah luar.

dan mitokondria.Sitoplasma Sitoplasma adalah cairan yang mengisi ruang antara membran sel dan inti sel. Organel yang terdapat dalam sitoplasma antara lain ribosom. . badan golgi. retikulum endoplasma.

berfungsi melakukan sekresi protein dan lemak.Organel sitoplasma O Ribosom adalah partikel berbentuk bulat. berfungsi sebagai tempat pembentukan protein. O Retikulum endoplasma menghubungkan inti sel dengan sitoplasma. .

O Mitokondria bertugas melakukan respirasi sel dan melepaskan energi yang diperlukan oleh selsel untuk menjalankan fungsinya.Organel sitoplasma O Badan golgi berfungsi sebagai alat pengeluaran. .

vakuola jarang ditemukan. Vakuola berdenyut berfungsi sebagai alat pengeluaran. Pada sel hewan multiseluler. . sedangkan vakuola makanan berfungsi sebagai tempat pencernaan makanan.Vakuola rongga sel yang berisi cairan.

dan terletak agak di tengah sel. . dikelilingi oleh sitoplasma. Inti sel berbentuk bulat.Inti sel atau nukleus bagian sel yang berukuran besar. atau tak teratur. bulat telur.

Di dalam inti terdapat anak inti yang disebut nukleolus.INTI SEL Di dalam inti sel terdapat kromosom yang di dalamnya mengandung gen. . Gen berperan sebagai pembawa sifat keturunan.

NUCLEUS .

.Gen Gen adalah sepenggal dari untaian panjang DNA. Gen terletak dalam lokus (lokasi) tertentu pada kromosom. Jadi di dalam DNA terdapat banyak sekali gen.

kromosom .

Kromosom dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa pada sel-sel yang sedang membelah. .kromosom Kromosom adalah benang-benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetis kepada keturunannya.

Jumlah kromosom O Haploid (n) O Diploid (2n) .

Tipe Kromosom O Kromosom homolog O Kromosom heterozigot .

Struktur kromosom Struktur kromosom terdiri atas sentromer dan lengan. Lengan atau badan kromosom adalah bagian kromosom yang mengandung kromonema (pita bentuk spiral di dalam kromosom) dan gen. Selubung pembungkus kromonema disebut matriks . Sentromer atau kinetokor adalah bagian dari kromosom tempat melekatnya benang-benang spidel yang berperan menggerakkan kromosom selama proses pembelahan sel.

Akrosentrik d.Submetasentrik c.Metasentrik b.Bentuk kromosom a.Telosentrik .

DNA dan rna .

Yang disusun oleh nukleotida-nukleotida.dna DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat (ADN) merupakan tempat penyimpanan informasi genetik. 1 nukleotida terdiri dari nukleosida dan fosfat dan 1 basa nitrogen terdiri dari purin atau pirimidin .

.

tiaptiap sel hasil pembelahan mengandung DNA penuh dan identik seperti induknya  Model konservatif  Model dispersif  Model semikonservatif .Saat suatu sel membelah secara mitosis.Replikasi dna Replikasi adalah peristiwa sintesis DNA.

.

Enzim yang terlibat dalam replikasi dna O Helikase O Polimerase O Ligase .

Rna merupakan makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik misalnya pada proses translasi untuk sintesis protein. O RNA ( ribonucleic acid ) atau asam ribonukleat .

Rna Struktur RNA RNA merupakan rantai tunggal polinukleotida. Setiap ribonukleotida terdiri dari TIGA gugus molekul. yaitu : O 5 karbon O basa nitrogen yang terdiri dari golongan purin (yang sama dengan DNA) dan golongan pirimidin yang berbeda yaitu sitosin (C) dan Urasil (U) O gugus fosfat .

yang merupakan prekursor dasar untuk sintesis DNA. .RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA. sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibandingkan DNA.O Purin dan pirimidin yang berkaitan dengan ribosa membentuk suatu molekul yang dinamakan nukleosida atau ribonukleosida. O Ribonukleosida yang berkaitan dengan gugus fosfat membentuk suatu nukleotida atau ribonukleotida.

MACAM-MACAM RNA RNA-d RNA RNA-t RNA-r .

RNAd RNAd merupakan RNA yang urutan basanya komplementer dengan salah satu urutan basa rantai DNA. Kode genetik RNAd tersebut kemudian menjadi cetakan utnuk menetukan spesifitas urutan asam amino pada rantai polipeptida. RNAd membawa pesan atau kode genetik (kodon) dari kromosom (di dalam inti sel) ke ribosom (di sitoplasma). .

.Pada salah satu ujung RNAt terdapat tiga rangkaian baa pendek ( disebut antikodon ).RNAt RNAt merupakan RNA yang membawa asam amino satu per satu ke ribosom. Suatu asam amino akan melekat pada ujung RNAt yang berseberangan dengan ujung antikodon.

RNAr RNAr merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom.Setiap subunit ribosom terdiri dari 30 – 46% molekul RNAr dan 70 – 80% protein. .

dengan bantuan enzim tertentu O Sintesis polipeptida terdiri dari Transkripsi dan Translasi .SINTESIS POLIPEPTIDA O ASAM AMINO Proses merangkai asam amino menjadi polipeptida dilakukan didalam ribosom.

KODE GENETIKA 2.SINTESIS POLIPEPTIDA 1. ANTIKODON MERUPAKAN KOMPONEN KODON 3. TRANSLASI . KODON DAN MACAM ASAM AMINO YANG DIPESANNYA 4.

GUC . UCA.KODE GENETIKA O Kode Genetika adalah 3 URUTAN BASA yang terdapat disepanjang RNA-d O 3 urutan basa ini dikenal sebagai triplet atau kodon O Contoh: AAU.

terdapat basa (urutan nukleotida) tertentu yang komplemen terhadap kodon. GUA . ANTIKODON MERUPAKAN KOMPONEN KODON O Sedikitnya ada 20 macam RNA-t yang memiliki kodon yang berbeda O Contoh: CAU. O JADI.ANTIKODON O Pada bagian ujung RNA-t yang tumpul.

Kodon dan Macam Asam Amino O Penerjemahan kode genetik (kodon) .