You are on page 1of 7

SATUAN ACARA PENYULUHAN

A. Topik B. Sub Topik C. Hari Tanggal D. Waktu E. Penyuluh/Pembicara F. Peserta/Sasaran G. Karakteristik H. Jumlah Peserta I. Tujuan Umum :

: Kanker pada Wanita : Kanker Payudara : Selasa, 17 April 2012 : 30 Menit : Melinda Sri Chaerunnisa, A.Md.Keb : Wanita : Remaja, Wanita Dewasa, Wanita pra menopause :37 Orang Setelah mengikuti pertemuan ini peserta mampu memahami masalah kanker payudara pada wanita.

J. Tujuan Khusus

:

Pada akhir pertemuan peserta dapat: 1. Menjelaskan pengertian kanker payudara 2. Menjelaskan penyebab kanker payudara 3. Menjelaskan tanda dan gejala kanker payudara 4. Menjelaskan cara-cara memeriksa payudara sendiri K. Materi : 1. Menjelaskan pengertian kanker payudara 2. Menjelaskan penyebab kanker payudara

3. Poster informasi yang akan disampaikan 2 Penyajian (17 menit) Isi materi penyuluhan 1. Menjelaskan tujuan umum dan khusus 3. Memberi penguatan atas jawaban yang diberikan 3. Menjelaskan cara-cara memeriksa payudara sendiri L. Menjelaskan penyebab kanker payudara 3. Menyampaikan waktu/kontrak waktu yang akan digunakan dan mendiskusikannya dengan peserta 4. Memberikan sedikit gambaran mengenai : Ceramah. Media N. Metode M. Menutup pertemuan dengan memberikan salam. Menjelaskan tanda dan gejala kanker payudara 4. Menjelaskan 3 Penutup (10 menit) cara-cara memeriksa payudara sendiri 1. Kegiatan N O 1 MATERI Pembukaan (3 menit) KEGIATAN 1. Mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan cara memberikan pertanyaan kepada peserta. . Tanya jawab : Leaflet. 2. Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri 2. Menjelaskan pengertian kanker payudara 2. Menjelaskan tanda dan gejala kanker payudara 4.

Segala Sesuatu Tentang Payudara. John F. Jenis 3. Bentuk 4. 1998. 1999. Sumber Prawirohardjo. Evaluasi 1. Sarwono. Ilmu Kandungan. James R. Buku Saku Obstetri dan Ginekologi. Prosedur 2. Jakarta : YBP-SP Scott. 2006. Soal dan kunci jawaban P. Knight. Lee. Wanita Ciptaan Ajaib.O. Bandung : Indonesia Publishing House. 2002. Jakarta : Arcan : : : : Tes akhir ada dalam kegiatan Tes lisan Tes subjektif Terlampir . Kerrie. Jakarta : Widya Medika.

antara lain : • • Faktor external : Bahan-bahan karsinogen (Bahan kimia. zat pewarna. Dengan adanya sosialisasi kanker payudara diharapkan dapat menambah wawasan tentang kanker payudara dan dapat mendeteksi dini penyakit kanker payudara.Lampiran 1 MATERI KANKER PAYUDARA A. PENDAHULUAN Kangker payudara merupakan suatu penyakit yang sering menyerang wanita semua usia. dll). MATERI 1.kakak atau adik perempuan pernah menderita kanker). radiasi. Kanker payudara adalah tumor ganas yang menyerang payudara akibat dari pertumbuhan sel yang tidak terkendali. 2. minyak jelantah. Faktor internal: Hormon. Kanker payudara adalah penyakit ganas yang dapat membunuh semua wanita yang dikenainya. Menjelaskan pengertian kanker payudara Kanker adalah pertumbuhan & perkembangan sel yang abnormal atau tidak terkendali. keturunan (riwayat keluarga seperti ibu. Menjelaskan penyebab kanker payudara Kanker dapat disebabkan banyak faktor. sistem kekebalan tubuh dan kondisi metabolisme tubuh. . B. Sehingga resiko kematian terhadap penderita kanker payudara dapat menurun. Tidak hanya menyerang pada wanita yang sudah menikah tapi kangker payudara juga menyerah wanita yang belum menikah.

minimal sekali sebulan. belum tentu setiap penonjolan pada payudara adalah kanker. yaitu: 1. Pemeriksaan ini cukup efektif untuk wanita berusia di atas 40 tahun. Perubahan temperatur kulit (hangat. radang.Pembengkakan. Menjelaskan cara-cara memeriksa payudara sendiri Terdapat tiga cara utama untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara. Putting susu mengeluarkan cairan (seperti nanah) c. 2. 4. Tujuannya untuk memastikan ada-tidaknya perubahan pertanda kanker payudara yang tidak terlihat saat pemeriksaan fisik. panas. SADARI dilakukan 3 hari setelah haid berhenti atau 7 hingga 10 hari dari haid Anda.3. 3. Yaitu pemeriksaan penunjang dengan X-ray pada payudara. Mamografi. Menjelaskan tanda dan gejala kanker payudara a. SADARI (Periksa Payudara Sendiri) atau breast selfexamination. Tonjolan pada payudara Perlu diketahui. Pembengkakan kelenjar-kelenjar limfe di ketiak / lengan atas. tumor jinak dapat juga menyebabkan tonjolan pada payudara anda. Hal tersebut mungkin juga terjadi karena berbagai sebab selain kanker payudara. . kemerahan) e. penyumbatan pembuluh darah. Perubahan kesimetrisan payudara d. b. SADARI sebaiknya mulai biasa dilakukan pada sekitar usia 20 tahun. Pemeriksaan oleh tenaga kesehatan atau (clinical breast examination).

Cara pengobatan dalam masalah kanker payudara yaitu ada berbagai macam cara : • • • • Pengobatan Kimiawi (kemoterapi) Penyinaran Pembedahan (operasi) dan pengobatan Herbal b. . karena pada saat sebelum haid banyak wanita berpayudara lembut atau bergumpal. Jawaban a.Lampiran 2 EVALUASI 1. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan SADARI ? 2. Bagaimana saja cara pengobatan untuk menyembuhkan kanker payudara? b. Soal. a. Waktu yang baik dalam pemeriksaan payudara adalah setelah haid.

Lampiran 3 MEDIA PENYULUHAN .