You are on page 1of 13

Intisari Percobaan Pada dasarnya kita sudah mengetahui yang dimaksud dengan peta.

Peta yaitu gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi pada bidang datar, diperkecil dengan skala dan proyeksi tertentu. Pada tentunya sangat dibutuhkan bagi setia orang untuk melihat lokasi, persebaran, dll Dalam praktikum ini kita akan mengetahui pengertian dari peta itu sendiri, jenis-jenis peta berdasarkan isi, skala dan topografinya. Serta kita juga akan mengetahui bagaimana criteria memuat peta yang baik dan benar. Bentuk peta tidak selamanya sama, adanya pergerakan bumi dan lempengan bumi yang bergerak menyebabkan bentuk permukaan bumi berubah sehingga para pengamat harus mengkoreksi setiap tahunnya.

2 Jenis-jenis peta berdasarkan isinya 1.000 2. Alat tulis dan hitung 3. Menentuka skala grafis/ numeris 5. Peta digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu melaluisuatu sistem proyeksi yang diproyeksikan diatas bidang datar (bidang yang dapat didatarkan ) 3. Membaca koordinat geodetic/ proyeksi UTM 4. Peta ini memuat penampakan yang terdapat dalam suatu daerah baik kenampakan alam maupun kenampakan social budaya. titik gps) 3. titik trianguasi. Bakosurtanal skala 1:25. Peta Umum Peta umum adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Menentukan titik control (titik tinggi.1 Pengertian peta Peta adalah sebagian permukaan bumidalam skala yang lebih kecil dan berisi sesuatu jenis informasi tentan muka bumi yang bersangkutan. Membaca kontur II. Tujuan 1.MEMBACA PETA I. Teori Dasar dan Pembahasan 3. Memahami cara membaca peta 2. Peta rupa bumi Indonesia. Penggaris III. Alat-alat percobaan 1. Peta umum dibagi menjadi 2 yaitu:  Peta topografi .

peta kepadadatan penduduk dll. baik kondisi fisik maupun social buadaya. Peta chorografi menggambarkan daerah yang luas. batas. Peta chorografi . Peta Khusus/ tematik Disebut peta khusus atau tematik karena pada peta terseut hanya menggambarkan satu atau dua kenampakan pada perukaan bumi yang ingin ditampilkan. kota dll. Gambar 1. misalnya provinsi. jalan. Atlas merupakan salah satu kumpulan peta chorografi 2. Contoh : peta curah hujan. Dalam peta chorografi juga di gambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung.000 sampai 1:1000000 atau lebih.Peta topografi yaitu peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki ketinggian yang sama  Peta chorografi Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan umi dengan skala yang leih kecil antara 1:25. danau. Negara bahkan dunia.

3 Jenis-jenis peta berdasarkan skalanya Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik dipeta dengan jarak sebenernya dipermukaan bumi. Berdasarkan skalanya peta dapat dikelompokan dalam 4 jenis yaitu : 1.Gambar 2. Peta topografi 3. Peta kadaster/teknik . Peta tematik Gambar 3.

Peta ini digunakan iuntuk menggambarkan daerah yang agak luas seperti provinsi 4. Skala peta . Peta skala besar Adalah peta dengan skala 1:5000 sampai 1:250000. 3. Judul peta hendaknya memuat/ mencerminkan informasi yang sesuai dengan isi peta. Peta aplikasi 7. Peta skala sedang Adalah epta dengan skala 1:250000 sampai 1: 500000. Peta ilmu pengetahuan 3. Peta navigasi 6. Peta skala kecil Adalah peta yang mempunyai skala 1:500000 sampai 1:1000000. Peta informasi umum 4. Peta ini digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relative sempit misalnya peta kelurahan 3. Judul peta Merupakan komponen yang sangat penting. Peta perencanaan 3.4 Jenis-jenis peta berdasarkan tujuannya 1. 2. Peta pendidikan 2. Peta turis 5. Biasanya sebelum pembaca memperhatikan insi peta. Judul peta biasanya diletakkan ditempat yang tidak mengganggu kenampakan peta 2. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang relative luas. Misalnya peta Negara atau dunia.Adalah peta dengan skala antara !:1000 sampai 1:5000 peta ini digunakan untuk menggambarkan peta taah atau dalam sertifikat tanah.5 Komponen/kelengkapan peta 1.

Tanda orientasi perlu dicantumkan pada peta untuk menghindari kekeliruan. sepanjang tidak mengganggu kenampkan peta secara keseluruhan.Skala epta adalah perbandingan antara dua titik dipeta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. gunung. penduduk dan lain-lain. Simbol Gamar pada peta merupakan informasi geogfrafis yang berhuungan dengan bentuk wilayah serta kenampakan fenomena alam atau budaya (budaya manusia). kota jalan raya. asalakan tidak mengganggu kenampakan peta. Petunjuk ini diletakkan diagian mana saja dari peta. 7. Sistem koordinat . Proyeksi peta Proyeksi peta adalah teknuk pemindahan bentuk permukaan bumi yang lengkung/bulat ke bidang datar 4. 5. Pemakaian symbol berlaku menurut skala peta. Penggunaan symbol-simbol dalam peta bersifat konversional artinya sesuai dengan kelaziman umum atau dapat dimerngerti secara umum. Petunjuk arah untuk menunjukan arah utara. Legenda atau keterangan peta Legenda merupakan keterangan peta. Pada peta tematik yang bertujuan untuk menampilkan fenomena tertentu maka pemakaian symbol akan menampilkan again tertentu tersebut. Contoh 1:500 artinya 1 cm dipeta sama dengan 500000 cm kali (5 km) jarak seenarnya dipermukaan bumi 3. selatan. Legenda biasanya diletakan di bagian lain peta. memudahkan pembacaan dan penafsiran peta karena legenda menerangkan arti dari simbol-simbol yang ada dip eta. 6. Misalnya sungai. Biasanya erbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah utara. timur dan barat.

Koordinat grid Adalah perpotongan sumbu absis x dengan ordinal y pada koordinat grid. Koordinat geografis Sumbu yang digunakan adalah garis bujur (BB dan BT) yang berpotongan dengan garis lintang (LU dan LS). Dinyatakan dalam ukuran jarak (m).Adalah perpotongan antara dua garis sumbu koordinat. Koordinaat local Untuk memudahkan membaca koordinat pada petatidak ada gridnya. Menunjukan suatu ktinggian di suatu tempat d. Garis tepi (border) Border dijadikan atas suatu peta dan juga digunakan untuk menempatkan angka derajat garis lintangdan garis bujur 3. 8. Memberikan gambaran tentang luas dan entuk kenampakan dari suatu wilayah c. Macam macam koordinaat yaiyu : a. Menunjukan lokasi suatu tempat atau kenampakan alam di muka bumi b. Menunjukan arah dan jatrak dari berbagai lokasi .6 Fungsi peta a. Koordinatnya menggunakan derajat dan menit detik. seelah selatan ke uatara dan barat ke timur dari titik acuan. c. dapat diuat garis saring seperti grid pada peta. Contoh : 120 derajat 32 menit 12 detik BT 5 derajat 17 menit 14 detik LS b.

Kecamatan bojong b. Kecamatan Cisarua 3. Kecamatan Jalancagak c. Tiap zone mempunyai meridian tengah sendiri. Kecamatan Cikalong wetan 3. Sumu silinder tegak lurus pada sumu bumi d. Bola bumi dibagi dalam zone-zone yang tiap zonenya learnya 6 derajat dandiatasi oleh meridian f. Kecamatan Darangdan 2. Kabupaten Bandung 1. Tiap zonenya lebar 6 derajat dan 8 derajat. Bidang silinder memotong bola bumi pada dua garis meridian dan garis-garis meridian itu dinamakan meridian standar e. Kecamatan Lembang 2. Kabupaten Subang 1.7 Proyeksi Universal Transverse Mecator (UTM) Proyeksi UTM adalah proyeksi yang memiliki Mercator yang mempunyai sifat-sifat khusus yang dimiliki oleh proyeksi UTM adalah : a. Kabupaten Purwakarta 1. Kecamatan Parongpong . Wilayah (daerah yang tercakup dalam peta) a. Proyeksi Transverse Mecator dengan lebar zone 6 derajat dihitung dari 180 derajat BB dengan zone 1 hingga 180 BT dengan nomor zone 60.3. b. Kecamatan Sagalaherang 2. Idang proyeksinya silinder c. IV. Tugas Akhir 1.

06°45'06” LS dan 9253179 Mu 7.4. Cihanjuang d. Kecamatan Sukasari 8. Sawah: Cibodas Tengah e. Kecamatan cimahi utara 6. Skala peta (skala numeris dan grafis) Skala numeris : 1:25. Posisi Geodetic dan Posisi proyeksi peta 107°30'00” BT dan 0776286 mT . Pos: Anggaraja b. Kecamatan Coblong 9. Kecamatan Padalarang 2. Kecamatan Cidadap 7. Metode pemetaan Foto udara skala 1:50000 th 1993/1994 Survey lapangan tahun 1995 6. Perkebunan: Kebun Teh Sukawana .000 Skala grafis : 8cm : 200. Ketelitian peta Skala grafis 8cm : 200000 cm Maka peta tidak ada perubahan 4. Masjid: Bumi Cimahi Permai. Pasar: Lio Utara c. Kecamatan Cimahi Tenga 10. 06°50'06” LS dan 9239348 mU 107°37'30” BT dan 0790110 mT . Kecamatan Ngamprah 5. 06°52'32” LS dan 9239273 mU 107°37'30” BT dan 0790185 mT . 05°45'00” LS dan 9253106 mU 107°30'00” BT dan 0776358 mT . Tata guna lahan a.000 cm 3. Sistem proyeksi peta Geodetik dan proyeksi 5.

Tempat penting Curug Dago Curug Cimahi Curug Penganten Terminal Cimahi 9. Cimahi Gunung: Tangkuban Perahu 10.8. Peta indeks Sebelah barat di batasi lembar Sebelah selatan dibatasi lembar Sebelah timur dibatasi lembar Sebelah utara dibatasi lembar : Lembang : Bandung : Padalarang : Wanayasa . Titik acuan (datum) Desa Cicadas: 2086 m 11. Situbolang Sungai: Cijanggal. Topografi Danau: Enda.

. Judul petanya ada. skala peta yaitu 1:25.000 artinya pada jarak 1 cm dipeta sama dengan 25. Pada peta bakosurtanal yang kami amati dapat dilihat bahwa informasi peta sangatlah lengkap. Peta yang kami amati sekarang adalah penampang permukaan bumi pada daerah Cimahi. Dalam peta terdapat batas batas wilayah diantaranya yaitu pada bagian barat kota Cimahi beratasan dengan Lembang. lapangan udara. Peta Cimahi ini di dapat dari hasil foto udara dan survey lapanganyang dilakukan pada tahun 1994/1995. Dan peta Cimahi ini menggunakan sistem proyeksi dan geodetic.000 kali pada aslinya. again timur yaitu Padalarang dan bagian selatan yaitu Bandung. danau. Berdasarkan informasi yang kami peroleh terdapat legenda peta yaitu yang menunjukan symbol-simbol tempat umum dan tata guna lahan seperti tempat ibadah.Analisa Percobaan Dari hasil percobaan membaca peta ini banyak informasi mengenai permukaan bumi. sungai dll. bagian utara yaitu Wanayasa.

legenda dll. Peta yang baik memiliki semua komponen-komponen penyusun peta seperti judul peta. skala. peta erdasarkan skalanya dan peta berdasarka fungsinya. Dengan peta kita dapat mengetahui letak suatu daerah dan ketinggian daerah tersebut.Kesimpulan Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa :     Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta memiliki beberapa jenis diantaranya adalah peta menurut isinya. .

Daftar Pustaka    Geografiuntukmu.ziddu.pdf .ac.its.com/2011/04/proyeksi-universal-transversemecators.blogspot.pph?idp=371 http://download.html http://oc.com/1820058/modulpetatopografi.id/ambilfile.