P. 1
Tutorial_HOT_POTATOES_6.pdf

Tutorial_HOT_POTATOES_6.pdf

|Views: 1|Likes:
Published by Chokelat Bella

More info:

Published by: Chokelat Bella on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2014

pdf

text

original

HOT POTATOES 1.

Untuk memulai Hot Potatoes, klik menu Start ⎯> Program ⎯> Hot Potatoes 6 ⎯> Hot Potatoes 6 sehingga akan dimunculkan :
keluar Melengkapi kalimat

Pilihan Berganda

Menjodohkan

TTS

Menyusun kalimat

2. Untuk membuat Soal Pilihan Berganda, klik JQuiz sehingga akan muncul :
Nomor soal, klik panahnya untuk meng-ubah Judul bundel soal

Klik disini apabila ingin memunculkan pilihan E

Pertanyaan atau stem

Klik ini apabila C adalah jawaban yang benar Ketikkan pilihan jawaban disini

kemudian 3. Untuk menyimpan hasil pekerjaan Anda, klik menu File ⎯> Save, atau klik icon ketikkan nama file Anda. Nama file ada baiknya sama dengan judul bundel soal Anda, untuk memudahkan pencarian file. 4. Apabila Anda akan menyimpan gambar pada stem atau pada option, simpan dulu pekerjaan Anda, kemudian file gambarnya disimpan pada folder yang sama dengan folder tempat soal disimpan. . Pilih Setelah itu, klik menu Insert ⎯> Picture ⎯> Picture from Local File atau klik icon gambar yang sudah Anda siapkan dan klik Open, kemudian klik OK 5. Apabila Anda akan membuat tabel pada pertanyaan Anda, klik menu Insert ⎯> HTML Table atau gunakan Ctrl-T, sehingga akan muncul : ketikkan jumlah baris pada kotak Rows, jumlah kolom pada kotak Columns, ketebalan garis batas pada kotak Border, jarak antara sisi sel dengan isi sel pada kotak Cellpadding dan jarak antara border dengan sel pada kotak Cellspacing, dan tebal tabel pada halaman diisikan pada kotak Table width dalam satuan persen. 1

Setelah itu akan muncul teks : <table border="1" cellpadding="2" cellspacing="2" width="100%"> <tr> <td></td> <td></td> </tr> <tr> <td></td> <td></td> </tr> </table> Isikan tabel perbaris di antara tag <td> dan </td> Contoh : <table border="1" cellpadding="2" cellspacing="2" width="100%"> <tr> <td>Nama Negara</td> <td>Nama Ibukota</td> </tr> <tr> <td>Indonesia</td> <td>Jakarta</td> </tr> </table> menghasilkan tabel : Nama Negara Nama Ibukota Indonesia Jakarta Cara yang lebih mudah dalam membuat soal yang ada tabelnya, adalah dengan membuat tabel yang berwujud gambar, caranya adalah membuat tabel di MS Word, kemudian dicapture dengan menekan tombo PrtScr di keyboard, kemudian buka fasilitas Paint dan paste disana, setelah itu, edit supaya pas tabelnya, setelah itu perlakukan seperti menginsert gambar. 6. Karakter subsrcipt seperti angka 2 pada H2O dapat digunakan dengan mengetikkan tag <sub>2</sub> sehingga H2O ditulis menjadi H<sub>2</sub>O. Untuk mempermudah, gunakan kombinasi tombol Shift+Ctrl+Panah bawah. Sedangkan karakter superscript (misalnya pangkat 2) menggunakan tab <sup>2</sup> sehingga 3x2 ditulis menjadi 3x<sup>2</sup>. Untuk mempermudah, gunakan kombinasi tombol Shift+Ctrl+Panah atas 7. Apabila soal selesai dibuat dan sudah disave, langkah berikutnya adalah membuatnya menjadi soal interaktif dengan menekan tombol F6 atau icon menggunakan Internet Explorer 6.

8. Untuk membuat Soal Menyusun Kalimat klik JMix sehingga akan muncul :
Ketikkan alternatif jawabannya disini

Ketikkan potonganpotongan kalimatnya disini

9. Untuk membuat soal interaktifnya, JMix memberikan 2 jenis apakah akan menggunakan teknik klik (gunakan icon (gunakan icon ) atau menggunakan teknik drag and drop atau diseret ke tempat sebenarnya ).

2

10. Untuk membuat soal berbentuk TTS, klik JCross sehingga akan muncul :

Judul soal

Susunlah huruf-huruf disini untuk pertanyaan mendatar ataupun menurun

11. Anda bisa menggunakan tombol sehingga akan dimunculkan :

untuk membuat TTS secara otomatis, klik tombol tersebut

Ketikkan katakata yang akan dibuat tts disini seperti pada contoh

Klik ini untuk mulai membuat TTS

12. Apabila jumlah kotak yang tersedia dirasa kurang, klik menu Manage Grid ⎯> Change Grid Size kemudian masukkan jumlah kotak yang Anda inginkan. 13. Apabila huruf sudah selesai dibuat, klik Add Clues untuk memberikan pertanyaannya yang akan memunculkan :

Ketikkan pertanyaannya disini sesuai dg kata yang disorot dan klik OK

14. Save, kemudian export sebagai Internet Explorer (seperti biasanya) 3

15. Untuk Soal Menjodohkan, klik JMatch sehingga akan dimunculkan :

Ketikkan kata-kata atau kalimat yang akan dijodohkan di kedua kolom kiri dan kanan ini dengan urutan sesuai dengan jawaban yang benar. Cek ini, apabila Anda ingin memperlihatkan jawaban yang benar pada pertama kali soal dimunculkan.

Teks disini akan dimunculkan apabila menggunakan output standar pada drop down list box yang ada.

16. Seperti halnya pada JMix, pada JMatch Anda bisa juga membuat soal yang drag and drop. 17. Untuk Soal Melengkapi Kalimat Anda bisa menggunakan JCloze, just klik dan akan ditampilkan :

18. Setelah naskah lengkapnya Anda ketikkan, blok kata atau frase yang akan Anda jadikan pertanyaan, kemudian klik tombol Gap sehingga akan dimunculkan:

Ini kata yang Anda blok tadi Petunjuk untuk menjawab soal, Anda bisa saja tidak mengisi ini. Apabila Anda mengisinya, akan muncul tanda tanya pada soalnya nanti Alternatif jawaban yang bisa diberikan oleh siswa.

19. Lakukan pembuatan Gap pada kata atau frase lain, setelah itu save dan buat versi Internet-nya. 4

20. Apabila Anda ingin menghapus beberapa Gap tertentu, blok dulu Gap tersebut, kemudian klik Delete Gap, apabila ingin menghapus semua Gap, klik Clear Gaps, Anda juga dapat menggunakan tombol AutoGap bila kata-kata yang akan Anda buat Gap terpisah dalam jarak yang sama. JCloze akan menanyakan berapa jumlah kata pemisahnya.Tombol Show Words digunakan untuk memperlihatkan Windows di atas. 21. Pada setiap bentuk soal, kecuali bila Anda menggunakan versi Drag and Drop pada JMix dan JMatch, Anda dapat membuat teks atau wacana yang dapat digunakan untuk membimbing siswa mengerjakan soal. Wacana yang ditampilkan dapat diatur berapa lama kemunculannya. Untuk melakukannya, klik icon sehingga akan dimunculkan jendela:

22. Tekan OK kalau sudah. 23. Soal yang Anda buat bisa saja terdiri dari beberapa bundel soal, Anda dapat mengatur, apabila siswa sudah selesai mengerjakan satu bundel, kemudian pindah ke bundel lainnya. Perpindahan ini masih dapat dilakukan meskipun soalnya dibuat berlainan jenis, misalnya selesai mengerjakan soal Pilihan Berganda, kemudian dilanjutkan dengan soal TTS misalnya. Sebelum Anda mengaturnya, pastikan Anda sudah mengatur, file mana yang akan menjadi daftar isi, file mana yang akan menjadi file pertama, kedua, ketiga, dst. File daftar isi berisi pembukaan dan link menuju ke file pertama, kedua, ketiga, dst. Setelah itu buka file pertama dan lakukan pengaturannya sebagai berikut: Untuk melakukan pengaturannya, klik icon akan dimunculkan jendela berikut: . Pada jendela yang muncul klik tab Buttons sehingga

Pada kotak Navigation, klik sehingga diberi tanda cek Include “Next Exercise” button, kemudian klik Browse dan pilih file kedua yang akan dibuka bila tombol bertanda => diklik. Klik sehingga diberi tanda cek Include “Go to Contents” button kemudian klik Browse dan pilih file html yang berfungsi sebagai daftar isi. Lakukan hal yang sama pada setiap soal. 5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->