Blog Politeknik Telkom

Log In

Blog Authors

Visit

30110176
Just another Blog Politeknik Telkom Sites site
Sample Page

MODEL RATIONAL UNIFIED PROCESS (RUP)
Dalam merancang atau membuat sebuah perangkat lunak dibutuhkan suatu pemodelan dari keseluruhan proses-proses yang akan dilakukan selama pembuatan perangkat lunak tersebut. Salah satu model proses adalah model proses Rational Unified Proses (RUP) yang cocok digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis Unified Modeling Language (UML). Saat ini UML adalah salah satu tool ‘pekakas’ yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis dan perancangan sistem dalam konteks pemrograman berorientasi objek. Model proses perangkat lunak (atau disebut juga paradigma rekayasa perangkat lunak) adalah suatu strategi pengembangan yang memadukan lapisan proses, metode, dan alat serta tahap-tahap generik. Model proses untuk rekayasa perangkat lunak dipilih berdasarkan sifat proyek dan aplikasi, metode dan alat yang digunakan, serta pengendalian dan hasil yang diinginkan[1]. Unified Modelling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem Object Oriented Programming (OOP) dan open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API

Archives
January 2013 December 2012 October 2012 September 2012 July 2012 June 2012

Meta
Log in

pdfcrowd.com

com . 3. atau dua sumbu: open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd. 4. Risk-driven Menghilangkan atau mengurangi risiko-risiko yang dapat menghambat kesuksesan proyek.sekelompok perangkat tool untuk pengembangan system tersebut[1]. Berulang (iterative) Tahap pengembangan untuk setiap produk yang diserahkan (release) dilaksanakan secara berulang. Architecture centric Menggunakan arsitektur sistem sebagai artifak utama untuk konseptualisasi. 2. konstruksi. Model Proses Rational Unified Process (RUP) RUP adalah proses pengembangan perangkat lunak berbasis UML (Unified Modeling Language) yang mempunyai karakteristik: 1. dan penyusunan sistem selama pengembangan. Use case-driven Menggunakan use case sebagai artifak utama untuk menetapkan perilaku sistem yang diinginkan dan untuk mengkomunikasikan perilaku sistem tersebut kepada para stakeholder sistem. pengelolaan. Proses Pengembangan RUP Proses pengembangan pada RUP dinyatakan dalam dua dimensi.

penetapan proses-proses bisnis (business case). mengujinya di tempat pemakai.- sumbu horizontal (sumbu x) merepresentasi waktu dan menunjukkan aspek dinamis dari proses. 4. 3. Pemerincian (elaboration) Tahap untuk menentukan use case (set of activities ) dari perangkat lunak berikut rancangan arsitekturnya. Tahap RUP tahap (phases ) pelaksanaan pengembangan pada RUP meliputi: 1. Permulaan (inception) Tahap inception fokus pada penentuan manfaat perangkat lunak yang harus dihasilkan. tahap. dan perencanaan proyek. 2. Transisi (transition) Menyerahkan perangkat lunak kepada pemakai. dan memperbaiki masalah-masalah yang muncul saat dan setelah pengujian. pelaksana kerja (worker) dan aliran kerja (workflow). dan milestone.com . iterasi. Konstruksi (construction) Membangun produk perangkat lunak secara lengkap yang siap diserahkan kepada pemakai. sumbu vertikal (sumbu y) merepresentasikan aspek statis dari proses. artifak. yaitu siklus. yaitu aktivitas. Aliran Kerja RUP open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd.

dan mengintegrasikan unit-unit programnya. prosedur. Implementasi (implementation) Menulis kode-kode program. Aliran Kerja Utama 1. Pengujian (testing) Mendeskripsikan kasus uji. 3. 2. Aliran Kerja Pendukung 1. yaitu aliran kerja utama dan aliran kerja pendukung. Deployment Menangani konfigurasi sistem yang akan diserahkan. 6. Kebutuhan (requirements) Mendefinisikan kebutuhan perangkat lunak dengan menggunakan metode use case. Analisis dan perancangan (analysis and design) Mendeskripsikan berbagai arsitektur perangkat lunak dari berbagai sudut pandang. dan alat ukur pengujian. Pemodelan bisnis (business modeling) Mendeskripsikan struktur dan proses-proses bisnis organisasi.com . Manajemen konfigurasi dan perubahan (configuration and change management) open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd. 5. menguji.Ada dua jenis aliran kerja (workflow) pada RUP. 4.

Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor. Use case terdiri atas diagram use case dan actor.com . Lingkungan (environment) Menangani infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem. Sehingga disini dapat disimpulkan bahwa Use case mengadopsi Object Oriented Programming (OOP) karena memisahkan operasi-operasi maupun komponen yang terlibat di dalamnya ke dalam sebuah objek-objek yang berbeda. PENGGUNAAN RATIONAL UNIFIED PROCESS (RUP) DALAM PROSES PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK UNIFIED MODELING LANGUAGE Ciri khas dari RUP dalam proses pengembangan perangkat lunak berbasis UML adalah adanya metode use case yang digunakan Use case diagram digunakan untuk memodelkan bisnis proses bedasarkan pengguna system. KESIMPULAN open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd. 3. Actor merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan system aplikasi. Manajemen proyek (project management) Mendeskripsikan berbagai strategi pekerjaan dengan proses yang berulang. Use case digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi di dalamnya.Mengendalikan perubahan dan memelihara artifak-artifak proyek. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case. 2.

com .30 open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd. MacGraw-Hill International Editions.Model Proses Rational Unified Process (RUP) sangat cocok digunakan untuk proses pengembangan Perangkat lunak berbasis Unified Modeling Language (UML) karena mengadopsi cara-cara Object Oriented Programming (OOP) dalam memetakan proses demi proses dan interaksi anat komponen-komponen yang terlibat yang digunakan dalam RUP itu sendiri. “Software Engineering: A Practioner’s Approach”. [3] http://www. Ini terbukti dengan adanya metode Use Case yang memisahkan secara berorientsi objek antara actor dan use case itu sendiri.wikipedia. [2] Pressman. 2001.id. Rekayasa Perangkat Lunak menggunakan UML dan JAVA. Fifth Edition. Adi. DAFTAR PUSTAKA [1] Nugroho. Bandung : penerbit ANDI.org/wiki/UML diakses tanggal 29 September 2011 pukul 06. Roger S..

Required fields are marked * Name * Email * Website Comment open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd.Category: RPL June 30. 2012 at 12:30 No comments Firmansyah Leave a Comment Your email address will not be published.com .

Design by wplook open in browser PRO version Are you a developer? Try out the HTML to PDF API pdfcrowd.Send Comment Proudly powered by WordPress.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful