Bahan Pelatihan Metodologi Belajar-Mengajar Aktif

Buku III A:

Peta Kompetensi dan Paket Pelatihan SD

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN JAKARTA, 2010

KATA PENGANTAR Pendekatan belajar aktif telah dirintis secara serius oleh Balitbang Depdiknas sejak tahun 1979 dengan proyek yang dikenal sebagai Proyek Supervisi dan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) Cianjur, Jawa Barat. Hasil-hasil proyek ini kemudian direplikasi di sejumlah daerah dan disebarkan melalui penataran guru ke seluruh Indonesia. Upaya yang dimulai pada tingkat sekolah dasar ini kemudian mendorong penerapan pendekatan belajar aktif di tingkat sekolah menengah. Hasil-hasil upaya ini secara bertahap kemudian diintegrasikan ke dalam Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, dan Kurikulum Berbasis Kompetensi tahun 2004, yang dilanjutkan dengan Standar Isi yang lebih dikenal dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006. Dari segi dokumen, muatan kurikulum yang berlaku saat ini telah memuat gagasangagasan belajar aktif untuk menumbuhkembangkan beragam kompetensi dalam diri peserta didik. Pendekatan yang dituntut dalam implementasi kurikulum ini pun adalah pendekatan belajar aktif. Secara umum dapatlah dikatakan bahwa pendekatan ini telah diterapkan pada sejumlah sekolah, namun secara keseluruhan realisasi pendekatan ini belum memenuhi harapan. Karena itu, pendekatan ini perlu didorong dan digalakkan dengan melibatkan berbagai stakeholders, yaitu para guru, kepala sekolah, pengawas, Tim Pengembang Kurikulum (TPK) provinsi/kabupaten/kota dan pengambil keputusan pada tingkat dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi hingga ke tingkat unit-unit utama pusat. Upaya ini penting dan strategis guna mendidik peserta didik kita agar mampu berpikir dan bertindak secara kreatif. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah harapan bahwa implementasi pendekatan belajar aktif akan mendorong tumbuhkembangnya kreativitas dan semangat kewirausahaan, sekaligus mendorong cita-cita pendidikan budaya dan karakter bangsa di arena pendidikan di tanah air. Tujuan ini akan berhasil dicapai jika para pendidik menitikberatkan motivasi belajar dalam diri peserta didik. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang seyogianya diterapkan adalah pendekatan yang memotivasi peserta didik agar dapat belajar bagaimana belajar. Namun, para guru tidak akan mampu melaksanakan tugas seperti yang diharapkan jika mereka tidak dilatih mempraktikkan pendekatan belajar aktif. Sebubungan dengan niat itu, implementasi belajar aktif tidak akan kokoh dan tidak akan mampu bertahan jika tidak diterapkan manajemen berbasis sekolah yang andal. Karena itu, gagasan pendekatan belajar aktif hendaknya selalu dikaitkan dengan pembinaan manajemen berbasis sekolah (MBS). Buku ini disusun oleh Balitbang Diknas sebagai pedoman yang dapat dipakai untuk membina para guru, kepala sekolah, pengawas dan TPK serta komponen unit utama terkait melalui beragam cara, seperti training of trainers (TOT), penataran,

i

kegiatan KKG dan MGMP, inhouse training (pendampingan), studi banding, dan magang. Buku ini merupakan salah satu dari beberapa buku yang ditulis mengenai pendekatan belajar aktif, yaitu: 1. Buku I: Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif 2. Buku II: Metodik Umum Pendekatan Belajar Aktif 3. Buku III A : Peta Kompetensi dan Paket Pelatihan SD 4. Buku III B : Peta Kompetensi dan Paket Pelatihan SMP 5. Buku III C : Peta Kompetensi dan Paket Pelatihan SMA Beragam bentuk pembinaan ini akan efektif jika bertumpu kepada pembinaan pada tingkat akar rumput, pembinaan di tingkat sekolah yang dikenal dengan istilah inhouse training. Melalui strategi inhouse training akan diperoleh guru fasilitator, kepala sekolah, pengawas dan tim pengembang kurikulum (TPK) yang potensial yang mampu berperan sebagai tutor dan fasilitator dalam berbagai bentuk pembinaan tersebut. Semoga buku ini bermanfaat dalam upaya kita mendinamisasi pelaksanaan pendekatan belajar aktif.

Jakarta, 11 Januari 2010

Kepala Balitbang Diknas,

Prof. Dr. H. Mansyur Ramly NIP 195408261981031001

ii

Bahan Pelatihan Tematik Jual-Beli Tanaman 108 116 iii . Bahasa Indonesia • • • • Memberi Tanggapan 43 B. Matematika Uang 54 C. Ilmu Pengetahuan Sosial • • • • • Koperasi/toko Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia 89 95 78 63 E. Seni Budaya dan Keterampilan Model Benda Konstruksi 102 F.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I BAB II PENDAHULUAN PETA KOMPETENSI SEKOLAH DASAR i iii 1 4 46 BAB III PAKET PELATIHAN SEKOLAH DASAR A. Ilmu Pengetahuan Alam Daur Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan D.

yang tidak kalah pentingnya daripada pelatihan itu sendiri ialah program atau kegiatan pendampingan yang harus senantiasa ditindaklanjuti setelah pelatihan selesai. Connection. orang muda. Unit-unit yang dikembangkan merupakan praktik yang baik yang diidentifikasi dari unsur-unsur belajar aktif. baik itu pendekatan belajar-mengajar maupun pengelolaan sekolah. Pelatihan merupakan salah satu usaha pengembangan kapasitas yang telah lama dikenal dan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu belajar-mengajar. Application. Bahan pelatihan ini disiapkan untuk praktik-praktik yang baik dalam pendekatan belajar aktif. dan Extension. Penggunaan sistem ICARE memastikan bahwa para peserta pelatihan memiliki kesempatan mengaplikasi apa yang telah mereka pelajari. komite sekolah. yang disebut ICARE. Reflection.BAB I. Guna menjembatani kesenjangan tersebut maka pemahaman dan pengertian para praktisi tentang belajar aktif perlu lebih diperdalam dan persepsi mereka juga perlu disamakan melalui pelatihan. Di samping bahan pelatihan yang harus disiapkan secara baik. dan tokoh masyarakat. guru. digunakan satu kerangka yang amat sederhana. maupun orang dewasa). PENDAHULUAN Keberhasilan kegiatan peningkatan mutu di sekolah tergantung pada kemampuan mereka yang berkait erat dengan kegiatan belajar-mengajar serta pengelola sekolah. Dalam bahan pelatihan ini pada tiap pelajaran/sesi. Pelatihan juga merupakan salah satu forum untuk mengenalkan sesuatu pendekatan yang baru. yakni kepala sekolah. ICARE adalah singkatan dari: Introduction. Sistem ICARE mencakup lima elemen kunci suatu pengalaman belajar yang baik untuk peserta didik. 1 . Pelatihan unsur belajar aktif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan professional tenaga kependidikan. serta pejabat yang terkait dengan bidang pendidikan.

Uang 3.Dalam buku ini terdapat enam bab bahan pelatihan yang dikembangkan berdasarkan mata-mata pelajaran dan bahan pelatihan tematik di Sekolah Dasar dengan unsur-unsur belajar aktif. Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia 5. Daur Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup b. Jual-Beli b. Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan 4. Tanaman Bahan pelatihan ini akan memberikan dasar pengetahuan dan pengalaman tentang kedelapan komponen tersebut sehingga mereka yang langsung terlibat dapat menerapkan pengetahuan dan konsep-konsep baru dalam pengelolaan kelas dan sekolah mereka dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Memberi tanggapan 2. Kedelapan bahan pelatihan ini nantinya merupakan suatu acuan yang akan digunakan dalam kegiatan pelatihan bagi para pelatih (TOT). Bab 3 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan subbab : a. Model Benda Konstruksi 6. provinsi maupun kabupaten/kota serta KKG dan MGMP dalam mengembangkan belajar aktif 2 . Bab 4 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan subbab : a. baik tingkat nasional. Bab 5 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan subbab : a. yaitu: 1. Bab 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan subbab : a. Bab 6 bahan pelatihan tematik dengan sub bab : a. Koperasi/toko b. Bab 2 mata pelajaran Matematika dengan sub bab : a.

memahami pentingnya belajar aktif bagi peningkatan kualitas peserta didik. meningkatkan peran serta komite sekolah dan masyarakat untuk mendukung belajar aktif. Dengan demikian tidak ada lagi sifat eksklusifisme. 6. mengenali karakteristik utama belajar aktif. pelibatan masyarakat untuk membantu peserta didik belajar aktif. para peserta yang terdiri atas berbagai pihak ini bisa dijadikan dalam satu kelompok ataupun dipisah secara tersendiri-sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Setelah mengikuti pelatihan. 7. cepat belajar/ lambat belajar. guru. mereka akan memperoleh persepsi mereka tentang tugas mereka serta harapan mereka terhadap belajar dan ini akan didiskusikan bersama. Dalam pelaksanaan pelatihan. belajar kooperatif. misalnya laki-laki/perempuan. Namun. satu hal yang dipentingkan adalah adanya pengertian dan pemahaman di antara mereka. atau sosial ekonomi tinggi/rendah. teknik bertanya. dinas pendidikan provinsi/kab/kota.Semua unsur yang terlibat dalam pendidikan akan diberi pelatihan yang sama. P4TK. pengawas. komite sekolah. Untuk lebih menghayati tugas masingmasing. walaupun kadar kedalaman pembahasannya akan disesuaikan menurut jenis tugas peserta pelatihan dari unsur tersebut. 4. dan yang memperhatikan keragaman individu. 5. kerja kelompok. pengorganisasian kelas. 2. tokoh masyarakat serta jajaran pemerintah daerah. belajar tentang pelaksanaan belajar aktif. Unsur-unsur tersebut antara lain ialah LPMP. Mereka akan mengerti keterbatasan dan tugas masingmasing kelompok sehingga diharapkan mereka lebih tahu tugasnya serta akan terjadi saling pengertian yang lebih baik tentang tugas masing-masing dalam menyikapi belajar aktif. mengevaluasi pelaksanaan belajar aktif serta mengidentifikasi hambatan/kesulitan dalam mengembangkan belajar aktif. kepala sekolah. para peserta diharapkan mampu: 1. 3 . penempatan pajangan 3. belajar tentang belajar aktif yang mengembangkan tentang konsep belajar aktif.

dan informasi. Guru menyiapkan kartu kata dengan menggunakan kata-kata yang diambil dari buku/cerita yang dibacakannya dan meminta siswa mengurutkan kembali kata-kata tersebut sehingga membentuk kalimat. pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh. bahan.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  4     . • Menggambar benda – benda di sekitarnya berdasarkan bentuk • Menjelaskan secara lisan fungsi anggota tubuhnya • Menyebutkan tokohtokoh dalam cerita yang didengarnya dengan benar • dst • Menyebutkan tokoh tokoh dalam cerita Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat • Toleransi • Rasa ingin tahu • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli social • Toleransi • Rasa ingin tahu • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan Mendengarkan cerita yang dibacakan lalu anak menyebutkan tokoh yang ada dalam cerita beserta ciri atau sifatnya. dan dongeng yang dilisankan Membaca Memahami teks pendek dengan membaca nyaring KOMPETENSI DASAR Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • Mandiri Rasa ingin tahu Cinta tanah air Peduli lingkungan • tanggungjawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • • • • • Percaya Diri Berorientasi pada tugas dan hasil Berani mengambil resiko Kepemimpinan Keorisinilan • GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Mengamati benda benda di sekitar dengan menggunakan panca indera dan menyampaikan hasilnya secara lisan. perasaan. Menyebutkan fungsi anggota tubuh yang diketahui anak. perintah. bentuk. suara dan atau baunya.BAB II. dan deklamasi Mendengarkan Memahami bunyi bahasa. PETA KOMPETENSI SEKOLAH DASAR UNTUK INDIKATOR DAN PEMBELAJARAN AKTIF BAHASA INDONESIA KELAS/ SEM 1/1 STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran. Misal tangan untuk memagang INDIKATOR • Menyebutkan benda – benda di sekitarnya misalnya berdasarkan warna. • Membaca nyaring beberapa kalimat dalam paragrap sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat • dst Buku III. secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa.

Siswa melengkapi kalimat tersebut dengan menuliskan satu kata. Pasangannya bisa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan foto. keadaan atau kondisi objek yang ada • dst Buku III. melengkapi. mencontoh. INDIKATOR • Menulis kalimat berdasarkan gambar yang dilihatnya • dst I/2 Berbicara Mengungkapkan pikiran. • Melakukan percakapan/dialog sederhana secara berpasangan dan kelompok • dst Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti • Rasa ingin tahu • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • komunikatif • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan Menjelaskan isi gambar seri yang dibuatnya • Menjelaskan gambar dengan menyebutkan objek. setiap siswa menunjukkan gambar atau foto keluarga yang dibawanya. percakapan sederhana. perasaan. Kegiatan dilakukan secara bergantian. dan menyalin KOMPETENSI DASAR Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Rasa ingin tahu • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Rasa ingin tahu • Toleransi • Disiplin • Kreatif • Tanggungjawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru menyiapkan berbagai gambar dan kalimat yang belum lengkap di bawahnya. menebalkan. dan informasi secara lisan dengan gambar. dan dongeng Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Keorisinilan Secara berpasangan.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  5     .KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Menulis Menulis permulaan dengan menjiplak.

• Bermain tebak-tebakan secara bergiliran mendeskripsikan gambar dari kartu yang diambilnya dan temannya menebaknya dengan menyebutkan cirri-cirinya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  6     . INDIKATOR • Mendeskripsikan kembali benda-benda di sekitar dengan menggunakan bahasa sendiri • dst Membaca Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat Menulis Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung • Rasa ingin tahu • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Rasa ingin tahu • Disiplin • Mandiri • Tanggungjawab • Jujur • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan Membaca kalimat dari teks pendek dengan intonasi yang tepat (sesuai tema) Menulis kalimat yang didiktekan (sesuai tema) Buku III.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Memahami wacana lisan tentang deskripsi bendabenda di sekitar dan dongeng KOMPETENSI DASAR Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • Mandiri Rasa ingin tahu Cinta tanah air Peduli lingkungan • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Guru membawa satu kantong benda dan menyebutkan cirri-ciri dari satu benda yang diambilnya. Siswa diminta menebak benda tersebut dan menyebutkan alasannya kenapa ia memilih benda tersebut dengan menyebutkan cirri-cirinya.

KELAS/ SEM II/1 STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan KOMPETENSI DASAR Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Kreatif • Mandiri KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Dibacakan teks pendek dan anak menyebutkan kembali isi teks INDIKATOR Menyebutkan isi teks pendek yang didengarnya Berbicara Mengungkapkan pikiran. bercerita. perasaan. dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya. dan deklamasi Membaca Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain Membuat jadwal kegiatan dan anak melaporkan/menceritakan jadwalnya Menceritakan kegiatan sehari-hari yang dilakukannya Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Keorisinilan Puisi yang disajikan adalah pusi sederhana karya anak-anak sehingga siswa bisa menjawab dan menjelaskan isi pusi • Menjawab pertanyaan isi puisi • Membaca puisi anak • Menjelaskan isi puisi Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Keorisinilan Membacakan hasil kesimpulan isi teks yang dibacanya Membuat kesimpulan dari isi teks pendek yang dibacanya Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  7     .

KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Menulis Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte KOMPETENSI DASAR Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Jujur • • • • Mandiri Rasa ingin tahu Cinta tanah air Peduli lingkungan • Tanggungjawab • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Mandiri • Tanggungjawab KEWIRAUSAHAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Keorisinilan • Percaya Diri • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Mengamati gambar dan melengkapi cerita dengan kata yang tepat INDIKATOR • Menulis kata yang tepat berdasarkan cerita yang didengar • dst II/2 Mendengarkan Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan Berbicara Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita Membaca Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain Bermain pesan • Meneruskan pesan yang didengarnya kepada orang lain dengan benar Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat Memilih dan Mengamati tanaman • Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang ada disekitanya • Menyebutkan kembali isi teks yang dibaca dalam hati Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  8     .

berpasangan. • Menebak dan menulis nama tumbuhan dan binatang yang dideskripsikan ciri-cirinya.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Menulis Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • Mandiri Rasa ingin tahu Cinta tanah air Peduli lingkungan • Tanggungjawab • • • • Mandiri Rasa ingin tahu Cinta tanah air Peduli lingkungan • Tanggungjawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Memilih dan Mengamati tanaman dan menuliskan ciri-cirinya INDIKATOR Menulis ciri-ciri tumbuhan yang dilihatnya Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis Kegiatan ini dilakukan secara bervariasi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  9     . ciri khasnya. • Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci (nama. suaranya) dengan pilihan kata dan kalimat runtut. yaitu individual. • Menulis nama-nama tumbuhan dan binatang di sekitar • Menulis nama tumbuhan dan binatang yang disukai dan tidak disukai. dan berkelompok. • Menirukan gerak dan suara binatang tertentu • Menulis cerita sesuai dengan gambar seri tentang tumbuhan dan binatang Buku III.

membaca intensif. dan membaca dongeng Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Mandiri • tanggungjawab • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Menjelaskan urutan yang harus dilakukan dalam melakukan suatu percobaan dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami • Menjelaskan isi dan urutan gambar seri dengan menggunakan kalimat runtut dan mudah dipahami Membaca nyaring teks hasil percobaannya dengan intonasi yang tepat Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  10     . pengalaman. perasaan. Misalnya teh manis Membaca Memahami teks dengan membaca nyaring.KELAS/ SEM III/1 STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara Mengungkapkan pikiran. dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran KOMPETENSI DASAR Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • • • Rasa ingin tahu Disiplin Kreatif Mandiri tanggungjawab Rasa ingin tahu Disiplin Kreatif Mandiri tanggungjawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR Mengerjakan tugas sesuai dengan penjelasan yang disampaikan Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami Menceritakan urutan membuat sesuatu.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  11     . dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi KOMPETENSI DASAR Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • • • Rasa ingin tahu Disiplin Kreatif Mandiri tanggungjawab Rasa ingin tahu Toleransi Mandiri Tanggungjawab Menghargai prestasi Bersahabat/ Komunikatif Cinta damai Disiplin Kreatif Tanggungjawab Bersahabat/ Komunikatif Cinta damai KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR Menyusun paragraf dari bahan yang tersedia dengan ejaan yang benar III/2 Mendengarkan Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya Mendengarkan teman menceritakan pengalaman yang dialaminya dan ditanggapi Menanggapi pengalaman teman yang didengarnya Berbicara Mengungkapkan pikiran. dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita • • • Melakukan • percakapan melalui • telepon/alat • komunikasi sederhana • dengan menggunakan • kalimat ringkas • • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan Bermain peran melakukan percakapan dengan telepon Buku III. perasaan. perasaan.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Menulis Mengungkapkan pikiran.

dan tanda titik • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  12     . dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan. huruf kapital. perasaan.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Membaca Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi KOMPETENSI DASAR Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Rasa ingin tahu • Gemar membaca • Disiplin • Kreatif • Mandiri • Tanggungjawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya Diri • Berorientasi pada tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Membaca teks dan membuat pertanyaan dari teks yang dibacanya INDIKATOR • Membuat pertanyaan dari isi teks sederhana yang dibacanya • Menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks • Melengkapi jawaban pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang diajukan guru Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan kalimat yang tepat dan menggunakan tanda baca Menulis Mengungkapkan pikiran.

• Menjelaskan secara rinci satu tempat tertentu yang terkenal dalam denah dengan pilihan kata dan kalimat runtut. kejujuran dalam menjalankan tugas) • Mendengarkan penjelasan mengenai tempat-tempat tertentu di dalam denah • Menjelaskan urutan perjalanan menuju tempat-tempat tertentu berdasarkan denah. • Menyebutkan tempat-tempat tertentu di dalam denah berdasarkan penjelasan yang telah di didengar • Membuat denah tempat-tempat tertentu berdasarkan penjelasan yang telah didengar • Menjelaskan secara rinci satu tempat tertentu yang terkenal dalam denah dengan pilihan kata dan kalimat runtut (bersahabat/komunikatif). Buku III. INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Menyebutkan tempat tertentu pada denah. • Menjelaskan urutan perjalanan menuju tempat tertentu berdasarkan denah.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  13     .KELAS/ SEM IV/1 STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps KOMPETENSI DASAR Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Bersahabat/ komuniktif KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Menyebutkan urutan perjalanan dari rumah ke sekolah sesuai dengan yang dilakukan seharihari (mandiri.

dan pantun anak KOMPETENSI DASAR Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan. keorisionilan)). • Memperbaiki pantun dari masukan kelompok lain (kepemimpinan) • Menulis pantun secara kreatif berbagai tema berdasarkan gambar yang disediakan (kreatif. dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan. keorisionilan). perasaan. • Menyusun pantun yang kreatif secara berpasangan (kreatif. pengumuman. • Membaca pantun yang ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Bertanyajawab dan membahas ciri-ciri dan isi pantun • Membedakan berbagai jenis pantun • Menulisi pantun yang menarik tentang berbagai tema Buku III. kepatuhan.) sesuai dengan ciri-ciri pantun NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Kreatif KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Keorisionilan • Kepemimpinan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Mendiskusikan ciri-ciri pantun secara berkelompok • Saling mengoreksi hasil diskusi antarkelompok dan menerima saran dari kelompok lain (kepemimpinan). • Melengkapi pantun secara pasangan • Menentukan sampiran pantun berdasarkan tema yang sudah dipilih • Menentukan isi pantun berdasarkan sampiran.KELAS/ SEM IV/2 STANDAR KOMPETENSI Menulis Mengungkapkan pikiran. ketekunan. dll.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  14     .

KELAS/ SEM V/1 STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran. fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan. kepemimpinan) • Mendiskusikan langkahlangkah penanggulangan peristiwa tanah longsor (Cinta tanah air. dan kritik (bersahabat/komunikatif. dan kritik dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Buku III. tanggung jawab). kepemimpinan) • Mendiskusikan penyebab tanah longsor secara kemudian menceritakannya (bersahabat/komunikatif. • Memberikan komentar dengan sopan santun berbahasa terhadap penyebab terjadinya tanah longsor dalam bentuk pendapat. atau berwawancara KOMPETENSI DASAR Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Bersahabat/kom unikatif • Cinta tanah air KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Kepemimpinan • Tanggung jawab GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Memperhatikan beberapa gambar akibat peristiwa bencana tanah longsor yang ditunjukkan oleh guru • Memberikan tanggapan dengan sopan santun berbahasa terhadap gambar (bersahabat/komunikatif. saran . • Menjelaskan penyebab dan langkah-langkah penanggulangan tanah longsor. kepemimpinan) INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Menanggapi peristiwa tanah longsor setelah diperlihatkan gambar. perasaan. pendapat. menceritakan hasil pengamatan. saran. • Memberi pendapat.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  15     .

• Mendiskusikan objek pengamatan • Melakukan pengamatan • Membuat catatan hasil pengamatan • Menyusun kerangka laporan • Menulis laporan hasil pengamatan sesuai dengan hasil pengamatan (tanggung jawab. memperbaiki) • Memperbaiki laporan berdasarkan masukan dari teman atau guru (sehingga menjadi buram kedua. perasaan. dst. menulis buram awal. dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan. percaya diri) INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Melakukan pengamatan • Membuat catatan hasil pengamatan • Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan. laporan. sampai final) Buku III. percaya diri) • Menyajikan laporan hasil pengamatan • Memperbaiki laporan hasil pengamatan berdasarkan saran atau komentar kelompok lain (Tanggung jawab. dan puisi bebas KOMPETENSI DASAR Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan. konsep awal. perbaikan. informasi. ketiga.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  16     .KELAS/ SEM V/2 STANDAR KOMPETENSI Menulis Mengungkapkan pikiran. final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Bersahabat/ • Komunikatif • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Berdiskusi sesuai dengan aturan diskusi tentang langkahlangkah dalam melakukan pengamatan (bersahabat/komunikatif).

percaya diri). • Menceritakan kembali hal-hal penting yang telah ditulis menjadi sebuah karangan • Membacakan karangan yang telah ditulis (Tanggung jawab.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  17     . INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Mendengarkan pembacaan teks • Menuliskan hal-hal penting dari teks yang dibacakan • Menceritakan kembali halhal penting yang didengar menjadi sebuah karangan Buku III.KELAS/ SEM VI/1 STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan KOMPETENSI DASAR Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu teks yang dibacakan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri • Keorisionilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Mendengarkan pembacaan wacana berisi tentang bencana perang • Menuliskan hal-hal penting atau pokok dari teks yang berisi bencana perang • Menjelaskan mengapa hal-hal tersebut dianggap penting atau pokok (Keorisionilan).

melaporkan isi buku. tujuan.) dengan lafal. dan bagianbagian pidato • Menulis kerangka pidato • Mengembangkan kerangka pidato menjadi pidato yang utuh • Menyusun teks pidato yang mengarahkan pada masa yang akan dating (Berorientasi ke masa depan). perasaan. dan informasi dengan berpidato. perayaan ulang tahun.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  18     . dan sikap yang tepat NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Berorientasi ke masa depan • Bersahabat/ komunikatif KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi ke masa depan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Berdiskusi sesuai dengan aturan diskusi mengenai langkah-langkah menulis pidato • Membaca contoh teks pidato (Bersahabat/komunikatif). dan baca puisi KOMPETENSI DASAR Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan. dll. intonasi. intonasi. • Menyampaikan pidato dengan lafal. dinamika suara dan ekspresi yang tepat berdasarkan pokok-pokok isi pidato atau teks pidato secara utuh (bersahabat/komunikatif).KELAS/ SEM VI/2 STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran. • Memberikan komentar terhadap penyampain pidato teman dengan bahasa yang baik dan sopan (bersahabat/komunikatif). INDIKATOR Peserta pelatihan dapat: • Menentukan momen atau peristiwa yang melatarbelakangi pidato • Menentukan tujuan pidato • Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato/kerangka pidato • Menuliskan pokok-pokok isi pidato ke dalam beberapa kalimat. • Menyampaikan teks pidato Buku III. • Menyebutkan momen atau peristiwa yang melatarbelakangi pidato.

panjang) dan membandingkannya • • • • • • • • • Menentukan lama suatu kejadian berlangsung • • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Melakukan pengukuran benda yang panjang dan pendek melalui perbandingan • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Melakukan kegiatan/aktifitas: memakai sepatu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  19     . menghitung barang jualan yang lama dan sebentar • Dapat membedakan kejadian yang lama dan sebentar dengan benar • Membandingkan lama kejadian peristiwa yang satu dengan yang lain Buku III.MATEMATIKA KELAS/ SEM I/1 STANDAR KOMPETENSI Bilangan Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 KOMPETENSI DASAR Mengurutkan banyak benda NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Bermain dengan benda-benda dan kartu angka INDIKATOR Menata kumpulan benda menjadi suatu urutan dari yang terkecil dengan benar Geometri dan Pengukuran Menggunakan pengukuran waktu dan panjang Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek. makan.

dan kerucut) NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR Mengelompokkan berbagai benda sesuai bentuknya dengan benar I/2 Bilangan Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan • • • • • • • • • Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka • • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Menjodohkan kartu angka puluhan dan satuan dengan benda-benda Mengelompokkan benda menjadi puluhan dan satuan • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Dilakukan melalui Tanya jawab atau siswa bercerita Memberi contoh masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan/pengurangan Buku III. prisma.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Mengenal beberapa bangun ruang KOMPETENSI DASAR Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok. tabung.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  20     . bola.

dan satuan • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Menggunakan telapak tangan anak menimbang benda-benda • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan • Bermain kartu angka dan benda- benda Menentukan nilai tempat ratusan Buku III.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Dilakukan melalui pembimbingan oleh guru INDIKATOR Menentukan model /kalimat matematika dari masalah sehari-hri melibatkan penjumlahan Membedakan benda yang berat dan ringan melalui kegiatan perbandingan Geometri dan Pengukuran Menggunakan pengukuran berat Membandingkan berat benda (ringan.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  21     . berat) • • • • • • • • • II/1 Bilangan Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 Menentukan nilai tempat ratusan. puluhan.

m) yang sering digunakan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Mengukur luas halaman dengan langkah INDIKATOR Menggunakan berbagai alat ukur tidak baku Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda • • • • • • • • II/2 Bilangan Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau dipegang oleh kedua tangan Alat ukur benda yang ringan misal: neraca.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Geometri dan Pengukuran Menggunakan pengukuran waktu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  22     . panjang dan berat dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm. timbangan dsb Alat ukur benda yang berat missal: timbangan duduk. jembatan timbang Bekerja berpasangan untuk melakukan berbagai penjumlahan dua angka yang disusun anak • Membandingkan berat berbagai benda melalui penaksiran/ pengukuran • Memilih dan menentukan alat ukur yang cocok untuk menimbang benda yang berat dan yang ringan Melakukan penjumlahan bilangan dua angka • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Buku III.

KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Geometri dan Pengukuran Menggunakan pengukuran berat KOMPETENSI DASAR Membandingkan berat benda (ringan. dan lingkaran Mengelompokkan bangun datar • • • • • • • • • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Mengamati lingkunga sekitar dan menuliskan nama benda yang dilihatnya sesuai dengan bentuknya Dilakukan melalui kerja kelompok • Menuliskan benda-benda sesui dengan bentuknya (segitiga. segi empat dan lingkaran) yang ada di sekitar • Mengklasifikasi bangun datar menurut ukurannya • Mengklasifikasi bangun datar menurut jenis atau unsurnya Menghitung uang dalam kegiatan belanja/ke pasar III/1 Bilangan Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Menyiapkan daftar belanjaa. dan melakukan kegiatan pergi ke pasar Buku III. segi empat.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  23     . membuat daftar pertanyaan utk harga yang ingin dibeli. berat) NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR Membandingkan bendabenda yang ringan dan berat Mengenal bangun datar sederhana Mengenal segitiga.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  24     . panjang dan berat dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Menggunakan meteran menghitung luas ruangan INDIKATOR Menghitung luas ruangan dengan menggunakan alat ukur baku (meteran) III/2 Bilangan Memahami pecahan sederhana dan penggu-naannya dalam pemecahan masalah Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana Geometri dan Pengukuran Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Menggunakan kertas berpetak untuk membuat berbagai pecahan sederhana Menuliskan pecahan yang ditunjukkan dalam kegiatan memecahkan masalah • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Menggambar berbagai jenis sudut dengan benar Buku III.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Geometri dan Pengukuran Menggunakan pengukuran waktu.

luas persegi dan persegi panjang. • Menentukan uang kembalian dari beberapa harga barang yang telah dibeli dengan benar • Menemukan selisih antara harga taksiran dengan harga sebenarnya.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Menghitung keliling. serta penggunaannya dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  25     . • Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus • Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring balok • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Buku III. luas persegi dan persegi panjang NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR Menghitung keliling persegi panjang IV/1 Memahami dan menggu-nakan sifatsifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah Memecahkan masalah yang melibatkan uang • • • • • • • • IV/2 Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar Menentukan jaringjaring balok dan kubus • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Siswa membuat daftar bahan belanja dengan menuliskan harga taksiran dan membandingkannya dengan harga yang sebenarnya dengan menggunakan gambar barangbarang yang dijual di toko.

KELAS/ SEM V/1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan pengukuran waktu. dan kecepatan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab • Menghargai Prestasi • • • • • • • • KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Dilakukan melaui demonstrasi dan praktek langsung mengukur kecepatan Dilakukan melalui diskusi dan kegiatan problem solving INDIKATOR • Menjelaskan arti satuan kecepatan • Menentukan dan menggunakan hubungan antar satuan kecepatan. sudut. jarak.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  26     . jarak. dan kecepatan dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu. dalam pemecahan masalah V/2 Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala VI/1 Mengumpulkan dan mengolah data Mengumpulkan dan membaca data • • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab Menghargai Prestasi • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan Dilakukan melalui pengukuran langsung • Menentukan skala pada peta • Menggambar denah dengan skala tertentu • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan • Dilakukan dengan mengisi langsung • Menggunakan tabel yang nyata • Mengisi formulir • Membaca nilai dari tabel Buku III.

KELAS/ SEM VI/2 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Membuat denah letak benda NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • • • • • • • Rasa ingin tahu Mandiri Kreatif Kerja keras Disiplin Demokratis Tanggung-jawab • Menghargai Prestasi KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Berorientasi tugas dan hasil • Percaya diri • Keorisinilan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR • Menggambar sketsa/denah berbagai benda di sekitar • Menggambar denah letak benda berdasarkan uraian cerita/deskripsi Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  27     .

• Mencari persamaan dan perbedaan daur hidup dua hewan atau lebih yang mengalami metamorfosis. misalnya kecoa. nyamuk. • Membuat laporan hasil percobaan INDIKATOR Tulisan atau laporan: • Menjelaskan dg kata dan kalimat sendiri urutan daur hidup hewan (misal kecoa. kupu-kupu. kupukupu).ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS / SEM IV/1 STANDAR KOMPETENSI Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar. kucing • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu Peduli lingkungan KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Kepemimpinan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Mengamati daur hidup hewan misal kupu-kupu dan kecoa melalui gambar • Menafsirkan berbagai gambar/charta daur hidup hewan.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  28     . • Mengamati dan mencatat tahaptahap perubahan yang terjadi • Menggambar tahap-tahap daur hidup hewan yang diteliti • Menyimpulkan hasil percobaan. • Membandingkan daur hidup kupukupu dan kecoa • Melakukan percobaan memelihara hewan (misal kupukupu/kecoa/nyamuk). Buku III. • Memberi contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna (mis: kecoa dan kupu-kupu) Laporan Pengamatan • Membuat laporan hasil pengamatan daur hidup hewan yang dipeliharanya. • Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.

dan gas. gitar dipetik. • Membuat laporan hasil percobaan INDIKATOR • Mengenal sumbersumber energi panas.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  29     . gong ditabuh. cair. Buku III. cair dan gas. • Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas (konduksi. • Membuktikan bahwa bunyi merambat pada benda padat. • Menjelaskan terjadinya bunyi melalui percobaan benda bergetar. konveksi.KELAS / SEM IV/2 STANDAR KOMPETENSI Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Mencari informasi tentang sumber energi panas • Melakukan percobaan perpindahan panas secara konduksi • Melakukan percobaan perpindahan panas secara konveksi • Melakukan percobaan perpindahan panas secara radiasi • Mencari contoh sumber bunyi di lingkungan sekitar • Melakukan percobaan untuk menghasilkan bunyi misal. dsb. • Menghasilkan berbagai jenis bunyi melalui percobaan. • Melakukan percobaan perambatan bunyi pada benda padat. meja dipukul. dan radiasi).

• Membuat model gigi orang dewasa dan gigi anak • Membuat daftar menu makan dan kandungan gizinya • Menguji makanan yang mengandung zat lemak • Menyusun menu makanan yang bergizi seimbang • Membuat daftar beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan • Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. misal tidak makan makanan yang terlalu pedas INDIKATOR • Mengenal nama alat-alat pencernaan makanan pada manusia dan fungsinya • Mendeskripsikan urutan proses pencernaan makanan secara sederhana • Membedakan makanan yang bergizi dan tidak bergizi • Mengidentifikasi jenis kandungan gizi makanan yang dimakan • Menyusun menu makan siang yang bergizi seimbang • Mempraktekkan cara mengolah makanan dengan menjaga nilai gizinya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  30     .KELAS / SEM V/ 1 STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan • • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu Peduli lingkungan KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Kepemimpinan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Mendeskripsikan urutan proses pencernaan makanan secara sederhana mulai dari mulut sampai pengeluaran • Membuat model alat pencernaan makanan secara sederhana • Melakukan percobaan untuk menyelidiki mengapa air liur mengubah tepung menjadi gula. • Mengenal penyakit yang berkaitan dengan pencernaan • Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat Buku III.

KELAS / SEM V/ 2 STANDAR KOMPETENSI Menerapkan sifatsifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model KOMPETENSI DASAR Membuat suatu karya/model. misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifatsifat cahaya • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Menghargai prestasi • Kepemimpinan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Merancang model periskop dari bahan sederhana • Membuat periskop sesuai rancangan • Mengujicoba karya/model yang dibuat • Memperbaiki karya/ model yang dibuat berdasarkan hasil ujicoba • Membuat laporan hasil pengujian • Membuat lensa secara sederhana • Membedakan lensa cekung dan cembung Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Mencari informasi tentang caracara perkembanganbiakan tumbuhan • Mengamati bagian bunga yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan • Mengamati bagian-bagian biji • Melakukan percobaan menanam biji dan mengamati proses perkembangan biji menjadi tanaman • Membuat laporan hasil percobaan • Praktik mencangkok/ menyambung/ stek / menempel tumbuhan INDIKATOR • Merancang model periskop/lensa dengan menerapkan sifat-sifat cahaya • Membuat model • Ujicoba model • Menyempurnakan model • Membandingkan lensa cembung dan lensa cekung. • Menunjukkan cara kerja lensa cekung dan cembung • Mengenali cara-cara perkembanganbiakan tumbuhan • Mengidentifikasi bagianbagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan • Menjelaskan peran penyerbukan • Mendeskripsikan proses perkembangan biji menjadi tanaman dari hasil percobaan • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan secara vegetatif.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  . 31     VI/ 1 Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup Mengidentifikasi cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan • • • • Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko Buku III.

cangkok atau menyambung.VI/ 2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobilmobilan/model penerangan rumah) • • • • Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Menghargai prestasi Siswa memiliki pengalaman belajar dalam: • Merancang sesuatu karya/alat yang menggunakan energi listrik.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  32     . Merancang sesuatu karya/alat yang menggunakan energi listri Membuat model berdasarkan rancangan Ujicoba model Menyempurnakan model Membuat laporan Buku III. misalnya model mainan kapal terbang. • Merangkai baterai dalam hubungan seri. • Membuat suatu model yang memanfaatkan energi listrik yang diubah menjadi energi gerak untuk baling-baling. • Mengujicoba model yang dibuat • Menyempurnakan model berdasarkan hasil ujicoba • Membuat laporan • • • • • misalnya stek. • Menentukan alat dan bahan yang digunakan sesuai rancangan.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS / SEM I/1 Memahami identitas diri dan keluarga.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  33     . • Mengumpulkan dokumen-dokumen penting dalam keluarga ( foto. • Menceritakan lingkungan rumahnya • Mengemukakan cara menjaga kebersihan rumah • Membiasakan kebersihan rumah. serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga Mendeskripsikan lingkungan rumah Menceriterakan pengalaman diri STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Komunikatif • Toleransi KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR • Mendengarkan cerita guru • Mengemukakan identitas diri • Menceritakan pengalaman yang berkesan. koleksi barang. dokumen) • Menceritakan isi dokumen yang dimilikinya • Menyebutkan kedudukan setiap anggota keluarga • Menyebutkan kedudukannya dalam keluarga • Mengemukakan pengalamannya dalam melaksanakan peran nya dalam keluarga • Menyebutkan arah mata angin • Membuat denah rumahnya • Membuat peta lingkungan rumah dan sekolah • Menceritakan pengalaman berkesan yang dialaminya • Menuliskan cara menjaga kebersihan rumah • Menceritakan isi foto yang dimilikinya I/2 II/1 Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis II/2 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga • Disiplin • Toleransi • Peduli lingkungan • Rasa ingin tahu • Komunikatif • Toleransi • Disiplin • Menuliskan pengalamannya dalam melaksanakan perannya dalam keluarga III/1 Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah • Kreatif • Komunikatif • Membuat peta lingkungan rumahnya Buku III.

KELAS / SEM III/2 STANDAR KOMPETENSI Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang Memahami sejarah. kenampakan alam. • Mengamati lambang negara Indonesia dan memahami arti dari Bhinneka Tunggal Ika • Bermain peran saling menghargai dan menghormati keragaman suku dan budaya antar teman se kelas. Buku III. siswa mengamati peta lingkungan setempat (provinsi. Menjelaskan kegiatan jual beli di lingkungan sekolah Membaca peta lingkungan setempat (provinsi. mempelajari pemanfaatan sumber daya alam dan pemanfaatannya dari berbagai sumber. dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi KOMPETENSI DASAR Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota. • Mengisi lembar kerja siswa tentang pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan setempat • Menyusun rencana kegiatan pelestarian lingkungan di lingkungan sekolah • Masing-masing siswa menceritakan beragamnya suku bangsa dan budaya di sekitar tempat tinggalnya. kabupaten/kota) Memperaktikkan bagimana cara memanfaatkan sumberdaya alam dan pelestariannya Memiliki sikap menghargai dan menghormati keragaman suku dan budaya dan berperan serta dalam melestarikannya. • Membaca peta lingkungan setempat • Belajar kelompok. provinsi) dengan menggunakan skala sederhana Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota. kabupaten/kota) • Menggambar peta dengan garis bantu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  34     . • Menggambar peta dengan menggunakan skala sederhana. provinsi) NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Jujur • Kreatif • Kreatif • Komunikatif KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR IV/1 • Cinta tanah air • Peduli lingkungan • Berorientasi ke masa depan • Toleransi • Cinta damai • Mengamati kegiatan jual beli • Menjelaskan kegiatan jual beli • Bermain peran sebagai pembeli dan penjual • Melalui atlas.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  35     . tukang bakso.KELAS / SEM STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota. dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi • Belajar dalam kelompok mengidentifikasi jenis-jenis peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan mengelompokkanya • Melalui bantuan peta. kegiatan ekonomi. • Membuat karangan tentang tokoh masyarakat setempat • Mengumpulkan informasi tentang sumber daya alam yang ada di lingkungan kabupaten/kota setempat. • Mendiskusikan kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya • Mendiskusikan cara memanfaatkan sumber daya alam secara arif • Melakukan wawancara dengan warga yang menjadi anggota koperasi (misalnya penjual jamu. pedagang di pasar) • Mengamati kegiatan ekonomi di lingkungannya • Simulasi tentang kegiatan jual beli di koperasi • Membuat produk dengan bahan lokal Melestarikan peninggalan sejarah Mengidientifikasi pahlawan dan tokoh perjuangan yang ada di lingkungan sekitar Menuliskan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan memandfaatkan sumber daya alam • • • • Jujur Kerja keras Kreatif Disiplin • Percaya diri • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil risiko Menuliskan hasil pengamatan kegiatan ekonomi beserta jaringannya Buku III. • Tanya jawab dengan tokoh masyarakat setempat tentang pahlawan dan tokoh perjuang di lingkungan sekitar siswa . provinsi) dan menjaga kelestariannya Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokohtokoh di lingkungannya Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Peduli lingkungan • Gemar membaca • Cinta tanah air KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR • Semangat kebangsaan • Cinta tanah air • Gemar membaca • Kreatif • Kerja keras • Berani mengambil risiko Mengenal sumber daya alam. siswa secara kelompok mengindentiifikasi letak peninggalan sejarah • Mendiskusikan cara melestarikan peninggalan sejarah.

serta kegiatan ekonomi di Indonesia Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa HinduBudha dan Islam di Indonesia • Cinta tanah air • Gemar membaca • • (misalnya kain perca. komunikasi. tali rafia) untuk menanamkan nilai kerja sama dan gotong royong) Membuat pembukuan sederhana tentang penerimaan dan pengeluaran uang Mendiskusikan pentingnya koperasi bagi anggotanya Tugas kelompok: mencari infomasi tentang teknologi produksi.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  36     . dan transportasi serta pengalaman menggunakannya • Kreatif • Kerja keras • Gemar membaca • • • IV/2 Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam. Melakukan penelitian sederhana ke perpustakaan tentang tokoh-tokoh pada masa Hindu-Buddha. Mengggunakan alat komunikasi dan transportasi serta bercerita pengalamannya tentang penggunaan alat komunikasi / transportasi Menceritakan peran tokoh-tokoh pada masa Hindu-Buddha di Indonesia. sabut kelapa. Mengidentifikasi alat teknologi produksi. dan transportasi pada masa lulu dan masa sekarang dari berbagai sumber Membandingkan keunggulan dan kelemahan alat produksi .KELAS / SEM STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR • • Mengenal perkembangan teknologi produksi. komunikasi dan transportasi masa lalu dan masa kini. keragaman kenampakan alam dan suku bangsa. komunikasi dan transportasi pada masa lalu dan masa sekarang Mengidentifikasi tokohtokoh pada masa Hindu Buddha di Indonesia Buku III. komunikasi.

makanan) yang ada di Indonesia • Membuat daftar suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungannya • Menyanyikan beberapa lagu daerah • Mempromosikan budaya daerah siswa dalam bentuk liflet. poster. kesenian.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  37     . • Membuat garis waktu peristiwa penting saat mempersiapkan kemerdekaan.KELAS / SEM STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia • • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Toleransi Demokratis Cinta tanah air Cinta damai Gemar membaca KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia • Semangat kebangsaan • Cinta tanah air • Gemar membaca • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang suku bangsa yang ada di Indonesia • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang budaya (bentuk rumah . kliping • Mendiskusikan makna semboyan Bhineka Tunggal Ika • Mengadakan parade dimana setiap siswa menggunakan pakaian daerah. • Melakukan penelitian sederhana ke perpustakaan tentang tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan. • Memberi contoh cara menghargai jasa tokoh tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.pakaian. Menunjukkan sikap toleransi adanya keragaman suku bangsa dan budaya yang terdapat di Indonesia Menceritakan peranan beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan. Mengidentifikasi tokohtokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan Buku III. • Bermain peran tentang seorang tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.

serta benuabenua Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga • Cinta tanah air • Cinta damai • Bersahabat • Menceritakan tokoh-tokoh yang berperan dalam proklamasi kemerdekaan • Memberi contoh perilaku yang menghargai jasa tokoh proklamasi • Membuat garis waktu peristiwa penting saat mempertahankan kemerdekaan. Menjelaskan pengaruh kenampakan alam terhadap kondisi sosial Buku III. • Melakukan penelitian sederhana ke perpustakaan tentang tokoh yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan. kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara. • Menceritakan peranan beberapa tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.KELAS / SEM V/1 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Semangat kebangsaan • Cinta tanah air • Gemar membaca • Semangat kebangsaan • Cinta tanah air • Gemar membaca KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR V/2 Memahami perkembangan wilayah Indonesia. • Bermain peran tentang seorang tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. • Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan kondisi sosial Negaranegara tetangga Mengindentikasi tokoh yang berperan dalam proklamasi kemerdekaan • Mengidentifikasi sifatsifat tokoh yang berperan dalam mempertahankan kemerdekaan. • Mendiskusikan informasi yang didapat mengenai kenampakan alam dengan kondisi sosial negara-negara tetangga. • Memberi contoh perilaku yang menghargai perjuangan para tokoh kemerdekaan • Mencari referensi tentang kenampakan negara-negara tetangga • Mencari informasi dari surat kabar dan internet tentang kondisi sosial masyarakat di negara tetangga.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  38     .

berbatasan dengan apa saja) • Membaca berita mengenai bencana alam atau tentang berbagai bentukbentuk bencana alam. bujur. Menceritakan kondisi benua-benua yang ada di dunia • Menjelaskan keadaan alam dan kesalahan manusia sebagai penyebab bencana alam • Mengidentifikasi kan cara-cara menanggulangi bencana alam • Mengidentifikasi kegiatan ekspor impor yang dapat mendatangkan manfaat bagi perekonomian Indonesia Buku III.KELAS / SEM STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi benua-benua NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA • Bersahabat • Cinta damai KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam • • • • Toleransi Peduli lingkungan Peduli sosial Tanggung jawab VI/1 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa • Jujur • Kerja keras • Kreatif • Tanggung jawab • Menunjukkan benua-benua yang ada di dunia dengan globe atau atlas • Mencari informasi mengenai benuabenua di dunia • Menjelaskan letak benua-benua (garis lintang. • Mendiskusikan bencana alam yang dapat dipengaruhi oleh aktifitas manusia • Secara kelompok. menuliskan cara-cara menanggulangi bencana alam • Mendefinisikan pengertian ekspor dan impor • Mencari informasi tentang kegiatan ekspor dan impor • (Bila sekolah dekat dengan pelabuhan atau perusahaan yang menjual/membeli barang dari luar negeri dapat melakukan kunjungan dan observasi) • Membuat tulisan mengapa dilakukan kegiatan ekspor dan impor berdasarkan informasi yang sudah diperoleh. • Membuat daftar barang ekspor dan impor yang bermanfaat bagi perekonomian Indonesia.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  39     .

menuliskan cara-cara menanggulangi bencana alam • Mendefinisikan pengertian ekspor dan impor • Mencari informasi tentang kegiatan ekspor dan impor (Bila sekolah dekat dengan pelabuhan atau perusahaan yang menjual/membeli barang dari luar negeri dapat melakukan kunjungan dan observasi) • Membuat tulisan mengapa dilakukan kegiatan ekspor dan impor berdasarkan informasi yang sudah diperoleh. Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa • Jujur • Kerja keras • Kreatif • Tanggung jawab • Menjelaskan keadaan alam dan kesalahan manusia sebagai penyebab bencana alam • Mengidentifikasi kan cara-cara menanggulangi bencana alam Mengidentifikasi kegiatan ekspor impor yang dapat mendatangkan manfaat bagi perekonomian Indonesia Buku III. • Membuat daftar barang ekspor dan impor yang bermanfaat bagi perekonomian Indonesia.KELAS / SEM VI/2 STANDAR KOMPETENSI Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya KOMPETENSI DASAR Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam • • • • NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Toleransi Peduli lingkungan Peduli sosial Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN/ EKONOMI KREATIF GAGASAN KEGIATAN BELAJAR INDIKATOR • Membaca berita mengenai bencana alam atau tentang berbagai bentukbentuk bencana alam.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  40     . • Mendiskusikan bencana alam yang dapat dipengaruhi oleh aktifitas manusia • Secara kelompok.

pewarnaan Menceritakan gambar secara runtut Membuat alat musik ritmis dengan bahan biji jagung Mengelompokkan perbedaan warna bunyi alat musik ritmis dari bahan biji jagung yang banyak isinya dengan yang sedikit Memperagakan pola irama lagu bertanda birama dua dengan alat musik ritmis sederhana Bernyanyi lagu sesuai tema dengan alat musik yang dibuatnya INDIKATOR • Membuat sketsa gambar menggunakan krayon warna lembut • Membuat gambar bebas menggunakan krayon dengan gradasi warna • Menceritakan isi gambar • • • • • • • • • • II/1 dan 2 Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana • • • • • • • • • • • • Disiplin Kerja keras Kreatif Demokratif Rasa Ingin tahu Cinta tanah air Bersahabat Menghargai prestasi Gemar membaca Peduli lingkungan Peduli sosial Tanggung jawab • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan • • • • • Memperagakan pola irama bertanda birama dua dengan tepuk • Menyanyikan lagu bertanda birama dua dengan iringan musikansambel alat musik ritmis buatan sendiri Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  41     .hijau tua melalui percobaan Menyusun warna dari gelap sampai terang dengan menggores di kertas Menentukan tema untuk menggambar Berkreasi dengan media krayon menemukan konsep teknik menggambar. merah tua.SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS/ SEM I/1 dan 2 STANDAR KOMPETENSI Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa KOMPETENSI DASAR Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN Berorientasi tugas dan hasil Berani mengambil resiko Percaya diri Keorisinilan Berorientasi ke masa depan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Mengelompokkan warna krayon yang dapat ditutup oleh warna hitam.

KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Seni Tari Mengapresiakan karya seni tari KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi gerak alam semesta III/1 dan 2 Mengapresiasi karya seni musik Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu ederhana • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA Disiplin Kerja keras Kreatif Demokratif Rasa Ingin tahu Cinta tanah air Bersahabat Menghargai prestasi Gemar membaca Peduli lingkungan Peduli sosial Tanggung jawab Disiplin Kerja keras Kreatif Demokratif Rasa Ingin tahu Cinta tanah air Bersahabat Menghargai prestasi Gemar membaca Peduli lingkungan Peduli sosial Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan • • • • GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN Memperagakan gerak aktivitas manusia. • Menerapkan konsep simetri lipat matematika terhadap cara membaca notasi musik pada dahap awal • Bermain dengan lima jari tangan dalam mengganti para nada dalam notasi balok • Memaknai simbol panjang pendek nada dalam notasi balok misalkan dengan melakukan perbandingan dengan kapal penumpang Panjang pendek jarak tempuh lari 20 meter. bintang Memperagakan gerak dengan hitungan INDIKATOR • Menyebutkan gerak murni dan gerak maknawi • Melakukan gerak tubuh sesuai dengan irama lagu • Menunjukkan dengan memperagakan gerak hewan dan tumbuhan • Mengidentifikasi tanda kunci dalam notasi balok • Membaca simbol nada dalam notasi balok menggunakan tanda kunci G • Membedakan simbol panjang pendek bunyi • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan • Memaknai simbol tanda kunci dalam notasi balok dengan fungsinya dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari misal tanda kunci g sebagai simbol perempuan dewasa. dan gerak tanaman Melakukan gerak sesuai dengan irama lagu Memperagakan gerak benda lain misalkan gelombang air. kendaraan. 30 meter. gerak binatang. 40 meter dengan waktu tempuh Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  42     .

Ibu Sud dalam dua kelompok sambil simulasi berdagang • Memainkan alat musik sederhana dari mangkuk pada pedagang bakso. kentongan kecil pada tukang mie • Bermain gerak dan lagu sambil bernyanyi lagu binatang hutan • Mengekprsikan diri secara langsung gerak dan lagu • Membuat sipnosis tari sederhana dengan pola lantai dan propertinya • Membandingkan karya tari ciptaan sendiri dengan tari paket sajian INDIKATOR • Menyanyi dengan ucapan yang jelas dan gaya yang sesuai • Memainkan alat sederhana untuk iringan sesuai dengan isi lagu • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan • Menunjukkan ekspresi gerak binatang melalui kegiatan bernyanyi (gerak dan lagu) • Memperagakan gerak murni dan gerak maknawi • Membuat alat tari (properti) memanfaatkan barang bekas Buku III. bel pada tukang es.KELAS/ SEM STANDAR KOMPETENSI Mengekspresikan diri melalui karya seni musik KOMPETENSI DASAR Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana IV1 dan 2 Mengapresiasi karya seni tari Mengidentifikasi gerak.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  43     . dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA • Disiplin • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab • Disiplin • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Membaca syair lagu kakak mia • Menyanyikan lagu Kakak Mia cip. busana.

• Melakukan wawan cara mengenai rumah tahan gempa yang telah dibuat nenek moyang kita dan mencari alasan mengapa orang meninggalkan budaya membangun rumah tradisi • Memyiapkan alat dan bahan untuk membuat maket rumah tahan gempa tradisi Nusantara.KELAS/ SEM IV/2 STANDAR KOMPETENSI Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi KOMPETENSI DASAR Membuat benda dengan teknik konstruksi NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA • Disiplin • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Mengamati contoh gambar rumah tahan gempa tradisi Nusantara.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  44     . • Menghias maket rumah tahan gempa tradisi Nusantara yang telah INDIKATOR • Membuat rancangan rumah tahan gempa dari bahan sederhana/limbah • Menceritakan ciri-ciri rumah tahan gempa • Membuat maket rumah tahan gempa • Menghias maktet rumah Buku III. • Membuat maket rumah tahan gempa tradisi Nusantara.

kerang. dsb NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA • Disiplin • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab • Disiplin • Kerja keras • Kreatif • Demokratif • Rasa Ingin tahu • Cinta tanah air • Bersahabat • Menghargai prestasi • Gemar membaca • Peduli lingkungan • Peduli sosial • Tanggung jawab KEWIRAUSAHAAN • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN • Menampilkan beberapa motif hias masing-masing daerah • Mengelompokkan motif hias tema tanaman. binatang atau benda alam lainya • Menampilkan salah satu topeng dan mempresentasikan berdasarkan fungsinya dalam kegiatan masyarakat INDIKATOR • Menyiapkan alat dan bahan dengan mempertimbang kan berbagai aspek • Membuat rancagan topeng yang akan dibuat • Membuat topeng berdasarkan ragam motif hias Nusantara • Berorientasi tugas dan hasil • Berani mengambil resiko • Percaya diri • Keorisinilan • Berorientasi ke masa depan • Melakukan wawancara tentang terjadinya kekeringan dan banjir • Membaca peta daerah yang sering terkena banjir dan daerah yang kekeringan • Menyiapkan alat dan bahan • Membuat sketsa gambar • Menyelesaikan gambar dengan teknik pewarnaan • Menilai kekuatan dan kelemahan karya yang dibuat sendiri • Menjelaskan rangkaian penyebab terjadinya perubahan iklim • Membuat rancangan /sketsa gambar • Mewarnai gambar yang sesuai • Menceritakan gagasan yang ada dalam gambar buatan sendiri Buku III. tangkai.KELAS/ SEM V/1 dan 2 STANDAR KOMPETENSI Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa KOMPETENSI DASAR Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan VI/1dan 2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD  45     .

Gambar atau foto peristiwa atau kejadian 2. ATK: kertas plano dan spidol Buku III. kita selalu berkomunikasi dengan orang lain. peserta dapat: 1.BAB III. Tujuan Setelah pelatihan. Komunikasi lisan contohnya menyampaikan atau menerima informasi. dan lain-lain. Lembar kerja untuk peserta untuk merumuskan tata cara memberikan tanggapan 3. Handout untuk memperkaya wawasan peserta 4. Menjelaskan tata cara memberikan tanggapan yang baik. memberikan saran.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 46 . 2. komentar. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MEMBERIKAN TANGGAPAN Mata Pelajaran Kelasa/Semester : Bahasa Indonesia : V/1 Kompetensi Dasar : Memberikan tanggapan terhadap suatu peristiwa dengan memperhatikan pilihan kata dan sopan santun berbahasa Pendahuluan Dalam kehidupan sehari-hari. kritik. Memberikan contoh memberikan tanggapan terhadap sutau peristiwa atau kejadian Sumber dan Bahan 1. PAKET PELATIHAN A. tanggapan. Komunikasi yang dilakukan dapat dalam bentuk lisan dan tulisa.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 47 . Fasilitator harus dapat mengatur waktu dengan baik sehingga tujuan yang diinginkan bisa tercapai. ICT Untuk mendukung kegiatan sesi ini perlu disediakan: 1.Wa k t u Waktu yang disediakan 90 menit. Komputer (laptop atau desktop) 2. Proyektor LCD 3. Layar proyektor LCD Perincian Langkah-langkah Kegiatan Pendahuluan 10 menit Bertanya jawab mengenai kapan dan mengapa seseorang memberikan tanggapan Koneksi 10 menit Menghubungkan dengan pengalaman peserta dalam memberikan tanggapan terhadap suatu peristiwa atau kejadian Aplikasi 60 menit Membaca contoh memberikan tanggapan yang baik dan mendiskusikan tata cara memberikan tanggapan yang baik Refleksi 10 menit Mengkaji ulang materi sesi ini dan tujuan sesi ini Pengayaan 10 menit Mecari contohcontoh memberikan tanggapan yang baik dan kurang baik pada acara diskusi di televisi atau radio Buku III.

Fasilitator meminta peserta untuk menyampaikan pengalamannya dalam memberikan pendapat: a.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 48 . Apa isi pendapat yang disampaikan? e. Mengapa pendapat itu diberikan? c. Peristiwa atau kejadian apa saja biasanya yang diberikan tanggapan? c. memberikan contoh memberikan tanggapan yang baik dan kurang baik. Kapan dilakukan? b. Fasilitator menyampaikan tujuan sesi ini bahwa setelah kegiatan sesi ini peserta diharapkan mampu: a. C Connection (10 menit) 1. Kapan seseorang memberikan tanggapan? b. Bagaimana tanggapan orang atau pihak yang diberikan pendapat? 2. Buku III. Fasilitator bertanya jawab dengan peserta mengenai: a. Fasilator meminta komentar dari peserta lain mengenai pengalaman temannya dalam memberikan pendapat. menjelaskan tata cara memberikan tanggapan b.I Introduction (10 menit) 1. Kepada siapa disampaikan? d. Mengapa seseorang memberikan tanggapan? 2.

Fasilitator memberikan dua contoh peristiwa beserta contoh memberikan tanggapan terhadap peristiwa tersebut. Peristiwa 1 : Ahmad mengatakan kepada Pak RT bahwa saat ini ia tidak bersekolah lagi.” Peristiwa 2 : Santi mengatakan kepada Pamannya bahwa ia terpaksa menyalin atau menyontek hasil pekerjaan Linda karena ia tidak punya waktu untuk mengerjakannya.A Application (60 menit) 1. Kalau kamu melakukan hal itu terus menerus maka kamu tidak akan naik kelas”. Guru tidak tahu bahwa hasil pekerjaan tersebut bukanlah hasil pekerjaan Santi Tanggapan : “Kamu Paman adalah anak yang bandel. Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 49 . kamu bisa mengikuti Program Belajar Paket A Setara SD. Hasil pekerjan tersebut ia serahkan kepada guru seolah-olah ia sendiri yang mengerjakannya. Tetapi kalau kamu tetap mau bersekolah. masing-masing kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang. Fasilitator membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Tanggapan : “Kasihan kamu. Bisanya hanya menyontek hasil pekerjaan teman. Saya akan membantu agar kamu bisa mengikuti Program Belajar paket A Setara SD. Ia menjelaskan bahwa sebenarnya ia ingin bersekolah tetapi Ia terpaksa berhenti sekolah karena tidak mempunyai waktu dan biaya. Kamu bisa belajar disela-sela waktu membantu orang tuamu. Setiap hari ia harus membantu kedua orang tuanya bekerja mencari uang untuk keperluan hidup sehari-hari. 2. Ahmad! Seharusnya anak seusia kamu Pak RT harus berada di bangku sekolah dan bukan bekerja mencari nafkah.

Tugas masing-masing kelompok adalah: a. Menentukan satu peristiwa beserta contoh memberikan tanggapan terhadap peristiwa tersebut. Buku III. R Reflection (10 menit) Fasilitator menanyakan kepada peserta: 1. Apakah sudah memahami dan mampu menjelaskan tata cara memberikan tanggapan yang baik? 2. Apakah sudah mampu memberikan contoh tanggapan yang baik? E Extension (10 menit) Fasilitator menugaskan peserta untuk menonton televisi atau mendengarkan radio yang menyiarkan acara debat atau diskusi dan mengidentifikasi cara memberikan tanggapan yang baik dan kurang baik pada acara tersebut. b.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 50 . Masing-masing kelompok menyajikan hasil pekerjaannya (tugas a dan b) di depan kelas dan kelompok lain membandingkan dengan hasil pekerjaan kelompoknya dan memberikan komentar. c. Merumuskan tata cara memberikan tanggapan yang baik.

Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4 Buku III. padat. Menggunakan pilihan kata dan sopan santun berbahasa sehingga tidak membuat pihak atau orang yang diberikan tanggapan tersinggung. 4. 3.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 51 . Tanggapan yang diberikan langsung kepada peristiwa yang terjadi. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang lain. singkat.CATATAN UNTUK FASILITATOR Cara memberikan tanggapan yang baik: 1. 2. Tanggapan disertai alasan atau bukti yang mendukung isi tanggapan. Gambar/foto untuk latihan memberikan tanggapan terhadap suatu peristiwa. dan jelas.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 52 .Buku III.

Pantun Melayu.DAFTAR PUSTAKA Balai Pustaka. 1984.2005. Jakarta: PN Balai Pustaka. Suyatn. 2007. W. Makassar: Refleksi. Indonesia Dalam Pantun. Eko Sugiarto.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 53 . Jakarta: Grsindo: Kumpula Buku III. Mengenal Pantun dan Puisi Lama. Permainan Pendukung.2008.Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Gulo. Stategi Belajar Mengajar. Mustam Arif. 2002. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo.

kegiatan praktik dan sebagainya. peserta diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. peserta mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang: 1.B. menaksir harga suatu barang 2. mengembangkan ide pembelajaran untuk topik-topik lain Tujuan Pertanyaan Kunci Bagaimana dengan uang yang tersedia dapat membelanjakan barang-barang yang diperlukan ? Kegiatan dilaksanakan secara pleno. menantang. membuat daftar harga barang 3. Mata Pelajaran Matematika UANG Mata Pelajaran Kelas/Semester : Matematika : IV/1 Kompetensi Dasar : Memecahkan masalah yang melibatkan uang Pendahuluan Pada sesi ini peserta akan mempelajari materi tentang uang . Untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan agar dikuasai peserta didik. mengembangkan kegiatan belajar yang berkaitan dengan uang 5. Setelah mengikuti sesi ini. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 54 . kegiatan diskusi. Dalam mempelajari materi ini peserta disajikan beragam kegiatan. Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang peserta Petunjuk Umum Buku III. namun peserta duduk berdasarkan kelompok . dapat membuat soal sendiri tentang uang 4. kegiatan mengerjakan tugas. misalnya kegiatan mengamati.

(jika tidak ada dapat menggunakan papan tulis dan flipchart) ICT Ringkasan Sesi Introduction 5 menit Menjelaskan tujuan sesi Connection 10 menit Berurun gagasan tentang harga yang dimakan atau harga yang dipakai di badan Application 70 menit Melakukan penaksiran harga.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 55 .Handout Peserta 1: Penaksiran dan masalah uang Barang-barang bekas Brosur-brosur atau daftar harga barang Sumber dan Bahan Waktu yang digunakan untuk unit ini adalah 90 menit. Buku III. merencanakan belanja dan pembuatan soal Reflection 5 menit Cek tujuan sesi Catat hal-hal yg membingungkan Extension Berlatih membuat soal tentang uang. Wa k t u Proyektor LCD Laptop atau personal computer untuk presentasi Layar proyektor LCD Fasilitator harus tetap siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia.

sepatu. celana.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 56 . bungkus permen. Apakah tiap peserta sama harganya dan kenapa ? A Application (70 menit) Kegiatan 1: Menaksir Harga( 25 menit) Kerja Kelompok Fasilitator membagikan barang-barang bekas kesetiap kelompok (kemungkinan tiap kelompok tidak sama) Misalnya : kotak sabun. Ata diskusikan berapa harga barang-barang yang dipakainya. mulai dari baju. kaos kai. jam tangan dan lainnya. kotak odol. makan nasi berapa harganya Ajak peserta mendiskusikan hal ini. botol shampo dan lainnya. Barang apa dan harganya berapa. Buku III.Perincian Langkah-langkah Kegiatan I Introduction (5 menit) ( 2’ ) Fasilitator menjelaskan tujuan kegiatan ini ( 3’ ) Fasilitator memperlihhatkan kotak susu dan menanyakan berapa harganya C Connection (10 menit) Ungkap Pengalaman Fasilitator menanyakan pada peserta kira-kira makanan yang dimakan pada hari ini berapa harganya. Misalnya makan daging berapa harganya.

500. 1500. Tugas Pasangan a. Buat daftar barang dan harganya. 2. 3500. coba belanjakan.. Tukarkan soal ini pada individu disebelahnya dan jawablah pertanyaannya R Reflection (5 menit) Apakah tujuan sesi ini sudah tercapai? Hal apa saja yang masih membingungkan? Fasilitator menanyakan kepada peserta: 1.-) Buat pertanyaan berapa macam bentuk uang pecahannya sehingga mencapai jumlah tersebut. Tiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain. Belikan barang-barang dan kembaliannya Rp. Jika pasangan Anda diberi uang Rp.Tugas kelompok a.b. b. Tugas Individu Peserta diminta untuk membuat soal sendiri a.000. c. Kegiatan 3: Pemantapan Konsep Uang ( 25 menit) Fasilitator memberikan tugas pada setiap individu. Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 57 . Coba diskusikan dan taksir berapa harga-harga dari tiap barang yang ada dan beri alasannya?(LK A) b. sisa uangnya tidak boleh kurang dari Rp. Satu pasangan dari tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Kegiatan 2: Merencanakan Belanja (20 menit) Fasilitator membagikan brosur-brosur dari Mal atau ook ketiap tiap pasangan atau daftar harga yang sudah diketik ook al dibuat oleh fasilitator. Tentukan jumlah uang sendiri (lebih dari Rp.Tentukan apa yang dibeli dan berapa harganya serta berapa punya uangnya. 500.-.

E Extension Peserta diminta untuk berlatih terus dalam membuat soal sendiri mengidentifikasi kegiatan yang mendorong siswa untuk berbuat. berinteraksi. Pesan Utama Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 58 . mengamati. dan merefleksi.

Harga Sebenarnya Selisih harga Buku III.Lembar kerja A Perkiraan Harga Peserta mencari selisih harganya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 59 .

Hand Out Peserta

BAHAN BACAAN UNTUK PENGUATAN KONSEP GURU

Kita menggunakan bilangan untuk menghitung berbagai benda seperti banyak buku, kitab dalam rak, pulpen, ayat dalam suatu surat, dan sebagainya atau menentukan urutan benda. Hasil atau besar pengukuran panjang, berat, usia, waktu, dan sebagainya juga menggunakan bilangan.. Setelah mempelajari bab ini, diharapkan peserta didik dapat menerapkan dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada kegiatan jual beli, perhitungan barang, data, dan sebagainya.
Penaksiran (estimasi) merupakan suatu teknik mencari hasil operasi hitung secara pendekatan. Menaksir sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti: memeriksa secara sepintas ketepatan jumlah kembalian dari belanja, menaksir kebutuhan belanja, jumlah sekumpulan benda dan sebagainya. Untuk menaksir hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian biasanya dilakukan dengan membulatkan bilangan. Kegiatan.

1. Berapakah kira-kira harga sandal? Periksa kebenaran taksiranmu dengan memeriksa harganya di ook? 2. Apabila Anda memiliki uang 5100 rupiah, cukupkah dipakai untuk membeli: a. buku tulis? Berikan alasan. b. sepotong baju? Berikan alasan 3. Siti mengatakan bahwa luas pulau kira-kiar 351 km2. Benarkah ucapan Siti? Jelaskan dan diskusikan dengan temanmu.

Setiap bilangan dapat dibulatkan sampai satuan, puluhan atau ratusan terdekat. Secara umum aturan dalam pembulatan adalah: apabila angka terakhir yang dibulatkan kurang dari 5, maka angka sesudahnya dibuang. Jika lebih dari atau sama dengan 5, maka angka tersebut kita naikkan 1 a. Pembulatan ke satuan terdekat Bilangan yang biasanya dibulatkan ke satuan terdekat adalah bilangan ook al atau pecahan. Aturan pembulatan pecahan ook al sebagai berikut. “Apabila angka ook al pertama (persepuluhan) bilangan yang dibulatkan kurang dari 5, maka angka ook al berikutnya dibuang dan jika lebih dari atau sama dengan 5, maka angka satuannya dinaikkan “. Contoh. (1) 15,47 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 15 (2) 325,57 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 326 (3) 0,6 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 1 (4) 0,4 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 0 Pembulatan ke puluhan terdekat Aturan pembulatan ke puluhan terdekat adalah, “Apabila angka satuan bilangan yang dibulatkan kurang dari 5, maka angka tersebut dibuang dan diganti nol dan jika lebih dari atau sama dengan 5, maka angka puluhannya dinaikkan “. Contoh. (1) 7,47 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 10 (2) 14 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 10 (3) 312,6 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 310 (4) 54,9 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50

b.

Pembulatan dapat dilanjutkan ke ratusan terdekat, ribuan terdekat atau lainnya sesuai dengan kebutuhan. Pada saat orang bekerja dengan benda-benda berukuran kecil seperti penentuan ukuran kuman, ukuran jarum, atau perangkat elektronik, biasanya menggunakan pembulatan dalam desimal terdekat. Misalnya, diameter jarum jahit dalam adalah 0,15 mm (sampai dua tempat desimal). Sebaliknya, pada saat orang bekerja dengan jarak antar kota atau antar negara, pendapatan keluaraga atau negara (APBN), biasanya menggunakan menggunakan dalam puluhan, ratusan atau ribuan terdekat. Misalnya, jarak Jakarta – Medan adalah kira-kira 1600 km (dalam ratusan kilometer terdekat). Untuk menaksir hasil operasi hitung, kita dapat mengerjakan dengan membulatkan bilangan-bilangannya. Contoh. Berapakah kira-kira 131 × 199 dalam puluhan terdekat? Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 60

Penyelesaian. 131 dibulatkan ke puluhan terdekat adalah 130 199 dibulatkan ke puluhan terdekat adalah 200. Jadi, 131 × 199 kira-kira adalah 130 × 200 = 26000 Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang kita butuhkan. Misalnya apabila kita membeli ballpoint dan buku masing-masing seharga Rp.510,00 dan Rp.1100,00 kalau kita membayarnya dengan selembar uang 5000-an, tentunya kita bisa menghitung uang pengembaliannya. Selain itu pemilik toko tentunya juga mendapatkan untung dari barang-barang yang terjual. Kejadian diatas merupakan salah satu penerapan bilangan dalam kegiatan sehari-hari, contoh lainnya dalam menghitung pertumbuhan penduduk, produksi barang, pendapatan suatu bangsa dan sebagainya. Sebelum manusia mengenal uang, perdagangan atau kegiatan jual-beli dilakukan dengan cara barter (tukar menukar barang) misalnya, seorang petani ingin membeli perhiasan, maka petani tersebut dapat menukar dengan sejumlah hasil kebunnya yang senilai dengan jumlah perhiasan yang dibutuhkan. Cara ini tentu saja merepotkan dan tidak praktis. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, diperlukan alat tukar yang yang disebut dengan uang. Dengan uang tersebut, kita dapat membeli barang-barang yang kita butuhkan, misalnya uang senilai 1000 rupiah dapat dipakai untuk membeli 1 kg beras, 2 buah buku tulis, atau 2 buah ballpoint. Setiap negara mempunyai satuan mata uangnya sendiri-sendiri, misalnya Indonesia memiliki mata uang rupiah (Rp), Jepang mempunyai mata uang yen (Y), Amerika Serikat mempunyai mata uang dollar Amerika (US $), dan sebagainya. Penulisan nilai mata uang rupiah adalah seperti berikut. 510 rupiah ditulis Rp 510,00 1100 rupiah ditulis Rp 1100,00 35 rupiah ditulis Rp 35,00 Contoh (1) Mungkinkah kegiatan jual beli saat ini dilakukan dengan cara barter? Berikan alasan. (2) Sebutkan nila pecahan rupiah terkecil dan terbesar yang Anda ketahui (3) Carilah berbagai harga barang di ook atau pasar. Tuliskan dalam tabel berikut No Nama barang Harga 1 2 3 4 5 6 a. b. c. Apa nama barang yang termurah? Apa nama barang yang termahal? Mengapa harga tiap barang tidak sama? Berikan alasan.

(4) Jawab dan diskusikan perkiraan harga berang berikut a. buku tulis d. Sepeda b. pulpen e. Mobil c. televisi f. Beras 1 kg Apabila Aleks memiliki uang Rp 5.000,00, barang-barang mana yang tidak mungkin dibeli Aleks dan barang mana yang mungkin bisa dibeli aleks? Berikan alasan. Periksalah harga barang-barang tersebut ke pasar atau toko.

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

61

Latihan 2 1. Barter. Diskusikan dengan temanmu, apakah yang berikut memiliki nilai sama? a. pensil dengan pulpen b. sepatu dan baju 2. Berikut ini adalah kurs atau nilai tukar berbagai mata uang asing terhadap rupiah tanggal 16 Januari 2001. No Mata uang Kurs rupiah 1 USD (dollar AS) 9.485 2 AUD (dollar Australia) 5.263 3 CNY (Yuan Cina) 1.146 4 VND (Dong Vietnam) 0.66 5 TWD (dollar Taiwan) 282 6 SAR (real Arab Saudi) 2528 7 SGD (dollar Singapura) 5471 8 EEK (Kroon Estonia) 575 9 MXP (Peso Meksiko) 951 a. Di antara 10 mata uang termasuk rupiah, mata uang mana yang paling kuat? Yang paling lemah? b. Tentukan kurs mata uang USD terhadap EEK. c. Satu rupiah berapa Dong Vietnam? 3. 4. 5. 6. Di Amerika Serikat harga sebuah jeruk Afrika adalah US$ 00,63 sedangkan di Indonesia adalah Rp 3.000,00. Berapakah kira-kira kurs mata uang dollar terhadap rupiah? Santi ingin membeli sabun cuci. Santi tertarik untuk membeli sabun merek A karena mendapat diskon sebesar Rp 750,00 sehingga dia cukup membayar Rp 3250,00 setelah didiskon. Berapa harga sabun sebelum didiskon?. Pernahkah Anda berbelanja di ook dan mendapat hadiah? Apa bentuk hadiahnya? Apakah ook masih mendapat keuntungan dari penjualan tersebut? Berikan alasan. Harga sebungkus mie instan di pengecer besar adalah Rp 910,00, tetapi di pengecer kecil harganya Rp 1.100,00. a. Apabila Anda ingin membeli sebungkus mie, ke pengecer mana Anda akan membeli? Berikan alasan. b. Dari kasus harga mie tersebut, jelaskan mengapa pengunjung di pengecer besar cenderung lebih banyak daripada pengecer kecil?

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

62

Pendahuluan Pada sesi ini peserta akan mempelajari materi tentang daur hidup beragam jenis makhluk hidup. nyamuk dan kumbang kubah. misalnya kecoa dan belalang. Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk dan fungsi tubuh dari suatu makhluk hidup Metamorfosis ada tiga jenis yaitu metamorfosis sempurna. Selain itu. Daur hidup kupu-kupu: Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu. metamorfosis tidak sempurna dan tidak mengalami metamorfosis. Materi Yang Perlu Dikuasai Fasilitator • • • • • Daur hidup adalah serangkaian tahapan proses hidup dari makhluk hidup. misalnya kecoa. Metamorfosis tidak sempurna (3 bentuk). Daur hidup nyamuk: Telur – jentik-jentik (larva tingkat I) – pupa (larva tingkat II) – Nyamuk. kegiatan diskusi. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam DAUR HIDUP BERAGAM JENIS MAKHLUK HIDUP Mata Pelajaran Kelas/Semester : Ilmu Pengetahuan Alam : IV/1 Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar. Daur hidupnya: Anak kucing – Kucing Dewasa. Semua insekta berkembang mulai dari telur. Daur hidup kucing adalah tidak mengalami metamorfosis. peserta diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. misalnya kupu-kupu. Daur hidupnya: Telur – nimfa – Dewasa (kecoak/belalang).a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 63 . Dalam mempelajari materi ini peserta disajikan beragam kegiatan.C. Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. Untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan untuk dikuasai peserta didik. menantang. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. • • Buku III. nyamuk. disajikan beragam contoh cara penilaian hasil belajar siswa yang berkaitan dengan kegiatan. kucing. kegiatan mengerjakan tugas. misalnya kegiatan mengamati. Metamorfosis sempurna (4 bentuk). kegiatan praktik dan sebagainya. kupu-kupu.

o kain kasa sebagai penutup bagian atas stoples. karet/tali pengikat kasa.Tujuan Setelah mengikuti sesi ini. peserta diharapkan mampu: • Menjelaskan urutan daur hidup berbagai hewan. o stoples transparan/bening dengan air. kucing. • Merencanakan kegiatan dalam pengembangan konsep daur hidup menggunakan strategi belajar aktif. • Membedakan daur hidup dua hewan atau lebih yang mengalami metamorfosis. Buku III. Sumber dan Bahan Gambar/charta tentang daur hidup hewan. • Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama. dipelihara di dalam kardus (misal kardus bekas tempat mie instan). • Menerapkan kegiatan pembelajaran tentang daur hidup yang mengaktifkan peserta didik melalui kegiatan yang beragam. Alat/bahan yang perlu dipersiapkan untuk pengamatan daur hidup kupu-kupu o Ulat. kupu-kupu. nyamuk. Alat/ bahan yang perlu disiapkan untuk pengamatan daur hidup nyamuk: o air dari selokan yang ada jentik-jentiknya. Pertanyaan Kunci Apakah yang dimaksud dengan daur hidup? Apa arti daur hidup dan metamorfosis? Apa saja contoh hewan mengalami metamorfosis sempurna? Apa saja contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis sempurna? Petunjuk Umum Kegiatan dilaksanakan secara kelompok berdasarkan kelas. lalat. katak.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 64 . • Melakukan penilaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara. misal: kecoa.

Alat/bahan yang perlu dipersiapkan untuk pengamatan daur hidup kecoa o kardus (misal kardus bekas tempat mie instan). ICT Proyektor LCD Laptop atau personal computer untuk presentasi Layar proyektor untuk LCD Fasilitator harus tetap siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia. .o Kawat/plastik kasa. Ringkasan Sesi Introduction (Pendahuluan) 5 menit Menjelaskan latar belakang dan tujuan sesi Connection (Koneksi) 10 menit Urun gagasan/ mengung kap pengalaman Application (Aplikasi) 55 menit . o Daun segar sesuai makanan ulat yang dipelihara. kain lembab Waktu Waktu yang diperlukan untuk sesi ini adalah 90 menit. sedangkan untuk penugasan percobaan pengamatan daur hidup tergantung pada lama perubahan bentuk hewan yang diteliti mulai dari telur sampai dewasa (metamorfosis). o telur kecoa.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 65 .Membanding kan dua contoh daur hidup hewan yang berbeda Reflection (Refleksi) 20 menit Pertanyaan mana yang paling sulit dijawab Mengapa? Extension (Perluasan) Tugas mandiri Melakukan penelitian daur hidup hewan yang dipilih Membuat laporan hasil penelitian Buku III.Mengamati gambar dan menjelaskan urutan daur hidup hewan.

pertanyaan sbb: Misalnya dengan mengajukan • Hewan apa yang Anda miliki/pelihara di rumah? • Punya anakkah mereka? Pernahkah Anda mengamati anak dan induknya? Adakah persamaannya? • Pernahkah Anda mengamati anak kucing dan induknya? • Pernahkah Anda mengamati anak ayam dan induknya? • Apakah anak hewan –hewan tersebut ketika lahir menyerupai induknya? • Apa perbedaan dan persamaan antara anak dan induknya? Buku III.Perincian Langkah-langkah Kegiatan I Introduction/ Pendahuluan (5 menit) Fasilitator menjelaskan tentang latar tujuan sesi yaitu mempelajari tentang daur hidup beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar. C Connection/ Koneksi Fasilitator menunjukkan dua jenis hewan dan bertanya-jawab tentang kemiripan anak hewan dengan induknya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 66 .

A Application/ Aplikasi (45 menit) Kegiatan 1: Mengamati gambar daur hidup hewan • Fasilitator membagikan/menunjukkan gambar-gambar daur hidup hewan kepada kelompok peserta yang beranggotakan 3-4 orang. Daur hidup kupu-kupu Daur hidup kecoa Daur hidup nyamuk Aedes aegypti Sumber: Depkes (2007) Daur Hidup Kucing • Peserta diminta melakukan pengamatan dan membandingkan dua contoh daur hidup hewan yang berbeda. Hasilnya ditulis dalam tabel berikut dilengkapi gambar: Buku III. atau nyamuk dan kupu-kupu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 67 . Tugas mereka menjelaskan secara singkat urutan perubahannya dan memberi nama tiap bentuk perubahan menurut pengalaman mereka. misalnya kupu-kupu dan kecoa atau kecoa dan nyamuk.

• Selanjutnya.Kupu-kupu Kecoa • Menyimpulkan hasil pengamatan gambar.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 68 . E Extension (perluasan) Tugaskan peserta untuk: Mempelajari daur hidup hewan lainnya. misal: katak Menyaksikan tayangan televisi terutama yang berkaitan dengan daur hidup dan mencatat hal-hal yang penting kemudian hasilnya. melaporkan Buku III. peserta diminta mendiskusikan cara-cara yang dapat dilakukan untuk memutus mata rantai daur hidup nyamuk untuk mencegah wabah demam berdarah.

Kegiatan 2a: Menyelidiki Daur Hidup Nyamuk • Siswa melakukan kegiatan memelihara jentik-jentik nyamuk. • Doronglah siswa untuk melakukan pengamatan dengan pertanyaan berikut: ¾ Bagaimana cara larva bergerak? Mengapa larva bergerak seperti itu? ¾ Menurut kamu dari mana larva tersebut dapat makanan? Buku III. tutuplah mulut stoples dengan kain kasa dan mengikatnya. Alat/ bahan yang perlu disiapkan: air dari selokan yang ada jentik-jentiknya. Catatan • Waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini cukup lama terutama daur kecoa.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 69 .Handout Untuk Peserta Berikut ini adalah contoh kegiatan yang dapat digunakan sebagai pegangan guru dalam pembelajaran di kelas Tugas Mandiri Tugaskan siswa untuk melakukan penyelidikan daur hidup. atau kecoa. Setelah pupa terbentuk. lalat. Sesuaikan dengan minat anak. Peserta dapat memilih salah satu kegiatan seperti contoh berikut ini. Oleh karena itu. • Siswa menyiapkan alat/bahan tersebut dan memasukkan jentik-jentik (larva) ke dalam stoples yang berisi air. stoples transparan/bening dengan air. karet/tali pengikat kasa. misalnya menyelidiki daur hidup kupu-kupu. nyamuk. kegiatan ini dapat dilakukan melalui penugasan kelompok di luar kegiatan. kain kasa sebagai penutup bagian atas stoples. Hindari kena cahaya matahari langsung. • Siswa mengamati jentik-jentik tersebut selama beberapa hari sampai terlihat pupa.

............................. ................................ ..... amati cara bergeraknya......... ...................................................... Kegiatan 2b: Daur Hidup Kupu-kupu • Siswa diminta mencari telur kupu-kupu atau ulat kemudian dipelihara di dalam kardus (misal kardus bekas tempat mie instan) yang salah satu sisinya dilubangi dan diberi kawat/plastik kasa.............................................. ¾ Hitung berapa hari waktu yang diperlukan dalam setiap perubahan bentuk? • Siswa menggambar tahapan daur hidup nyamuk dan mendeskripsikan masing-masing tahapan...a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 70 ...................................................................................... cara makan atau cara bernapas.......................................................... Buku III...................................... Contoh gambar: Telur Larva Pupa Nyamuk • Siswa menyimpulkan hasil pengamatannya...........¾ Bila kamu telah melihat pupa........

• Siswa mengamati dan mencatat perubahan yang terjadi setiap hari.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 71 . Contoh gambar daur hidup kupu-kupu Ulat makan daun Kepompong menggantung di ranting Telur kupu-kupu Menempel di daun Kupu-kupu Kegiatan 2c: Daur Hidup Kecoa Buku III. Tanggal Keterangan Membuat Laporan • Siswa diminta membuat laporan tertulis dari hasil penyelidikannya yang dilengkapi gambar tahapan daur hidup hewan yang diselidiki dan diberi keterangan. Contoh lembar pengamatan DAUR HIDUP KUPU-KUPU Gambar perubahan yang terjadi No.

Membuat Kesimpulan • Siswa diminta membuat laporan dan menyimpulkan hasil penyelidikan yang dilakukan secara tertulis. Tutup kardus dengan kain yang lembab. kasar halus kulitnya).• Siswa diminta mencari/ membawa telur kecoa dari rumah dan mengamati penampilannya (warna. Kegiatan 2d: Menyelidiki Daur Hidup Lalat • Guru dan siswa menyiapkan tumpukan sampah dan (lensa). siswa diminta memelihara telur kecoa tersebut dengan cara diletakkan di kardus. • Selanjutnya. kaca pembesar • Siswa diminta mengamati tumpukan sampah dengan menggunakan kaca pembesar (gunakan masker). Pertanyaan yang dapat diajukan sewaktu pengamatan: ¾ Apakah kamu melihat nimfa setelah beberapa hari? Berilah sedikit makanan. Adakah sesuatu yang terlihat merayap di antara sampah? Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 72 . Simpan di tempat yang agak gelap. ¾ Amati bagaimana rupa kecoa muda dan cara bergeraknya? ¾ Gambarlah daur hidup kecoa di buku catatanmu. Doronglah anak untuk melakukan pengamatan dengan pertanyaan berikut: ¾ Apa yang kamu lihat pada sampah yang telah membusuk? ¾ Gunakan kaca pembesar untuk mengamati lebih cermat sampah yang membusuk tadi. bentuk. ukuran. • Lakukan pengamatan setelah 5 hari.

¾ Tunggu sampai 6 hari kemudian amati lagi hewan seperti cacing. Apa yang terjadi? ¾ Tunggu lagi 4 hari kemudian dan amati apa yang terjadi. • Siswa menggambar daur hidup lalat berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya. • Siswa menyimpulkan hasil pengamatannya. ......................................................................................................................... ..........................................................................................................................

Catatan untuk Guru: • Pada akhir kegiatan, Guru memberikan penguatan kembali tentang macammacam daur hidup hewan dan macam-macam hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, tidak sempurna dan yang tidak mengalami metamorfosis. • Siswa menyerahkan hasil laporan percobaan untuk diperiksa guru • Siswa memajang hasil laporan dan gambar yang dibuat • Guru menugaskan agar hewan-hewan yang dipelihara dilepas kembali ke alam bebas, dan merapikan alat-alat/bahan serta kandangnya

Contoh Alat Penilaian A. Penilaian Unjuk Kerja: Penilaian kegiatan meliputi: aktivitas siswa selama melakukan penyelidikan, kerja sama antar teman, kebersihan dan sikap menyayangi hewan. Contoh format penilaian kegiatan No. 1. 2. 3. 4. Kegiatan yang diamati 2 Ketepatan perencanaan percobaan Ketepatan pelaksanaan percobaan Penyajian data hasil pengamatan Menarik kesimpulan Skor 1 0

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

73

5. 6. 7. 8.

Penjelasan tentang daur hidup Sistematik dalam melakukan percobaan Mampu bekerja secara individu Perhatian dengan ketelitian pengumpulan data

Keterangan: Skor 0 : sangat kurang 1 : sedang 2 : Bagus B. Test tertulis (penguasaan konsep):

Contoh: I. Jawablah dengan singkat dan jelas! Urutkan gambar-gambar berikut ini yang menunjukkan pertumbuhan insekta dengan cara memberi nomor di bawahnya. 1. Kupu-kupu

2. Kecoa

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

74

3. Pada tahap apa dalam daur hidupnya nyamuk hidup di air? 4. Apakah semua hewan mengalami tahapan daur hidup yang sama? 5. Berilah keterangan pada daur hidup nyamuk berikut

II. Silangilah huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar! 1. Daur hidup nyamuk memerlukan ........ tahap. a. satu b. dua c. tiga d. empat

2. Daur hidup kupu-kupu memerlukan ........ tahap. a. satu b. dua c. tiga d. empat

3. Setelah telur kupu-kupu menetas kemudian berubah menjadi ......... a. kupu-kupu b. ulat c. kepompong d. jentik-jentik

4. Gambar berikut menunjukkan bagian dari daur hidup insekta.

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

75

. Larva Telur Pupa Dewasa Manakah dari hewan berikut yang memiliki daur hidup seperti pada diagram di atas? a. Pada tahap ini. . ..Ketika menjadi dewasa. Katak d. 5. Belalang Buku III. ia makan dan kulit pupa mengelupas c.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 76 . . ia tidak bergerak b. Pada tahap ini. Amati daur hidup berikut. Kupu-kupu b. sayap dan mulut dari nyamuk dewasa terlihat 6. Manakah dari pernyataan berikut yang benar? a.. Pada tahap ini. Gambar berikut menunjukkan tahapan daur hidup nyamuk. Kecoa b. akan seperti. Pada tahap ini ia bernapas melalui insang d. kaki.

2. 5. 3.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 77 . 4. 1. Tidak semua hewan mengalami daur hidup yang sama 5. 2 1 3 3. d d b c b a. 1 4 3 2 2. 1. Jentik Telur Kepompong Nyamuk II.Kunci jawaban I. Jentik-jentik 4. Buku III. 6.

Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. Tujuan Setelah mengikuti sesi ini. kegiatan praktik dan sebagainya. Mengetahui pentingnya makanan dalam tubuh 6. kegiatan diskusi.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 78 . Membuat menu makanan bergizi seimbang 7. Membuat model perjalanan makanan 3. Mengenal organ pencernaan 2. misalnya kegiatan mengamati. peserta dapat 1. peserta diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. Merencanakan menu makanan pagi dan siang 8. tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang peserta Buku III. kelompok dan perorangan namun peserta duduk berdasarkan kelompok . kegiatan mengerjakan tugas. Merencanakan dan mengembangkan topik ini untuk digunakan pada siswa Pertanyaan Kunci Bagaimana perjalanan makanan mulai dari mulut sampai di akhir Bagaimana makanan yang bergizi seimbang Petunjuk Umum Kegiatan dilaksanakan secara pleno. Membuat model gigi 5. menantang. Dalam mempelajari materi ini peserta disajikan beragam kegiatan.Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan Mata Pelajaran Kelas/Semester : Ilmu Pengetahuan Alam : V/1 Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan Pendahuluan Pada sesi ini peserta akan mempelajari materi tentang organ pencernaan . Mengubah karbohidrat menjadi gula 4. Untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan agar dikuasai peserta didik. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

(jika tidak ada dapat menggunakan papan tulis dan flipchart) Ringkasan Sesi Introduction 5 menit Menjelaskan tujuan sesi Connection 10 menit Berurun gagasan tentang harga yang dimakan atau harga yang dipakai di badan Application 70 menit Menggambar organ pencernaan. berinteraksi. Buku III. membuat model gigi dan membuat daftar menu bergizi seimbang Reflection 5 menit Cek tujuan sesi Catat hal-hal yg membingungkan Extension Peserta diminta untuk berlatih terus dalam mencari bentuk-bentuk contoh makanan bergizi seimbang agar dapat diteruskan untuk mengidentifikasi kegiatan yang mendorong siswa untuk berbuat. ICT Proyektor LCD Laptop atau personal computer untuk presentasi Layar proyektor LCD Fasilitator harus tetap siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 79 . mengamati.Sumber dan Bahan Handout Peserta 1: Makanan bergizi seimbang LK peserta Waktu Waktu yang digunakan untuk unit ini adalah 210 menit. dan merefleksi.

Pagi tadi makan apa ?. Mengapa kita perlu makan ? A Application (70 menit) Kegiatan 1: Model perjalanan makanan dalam tubuh( 25 menit) Kerja Kelompok Fasilitator membagikan potongan-potongan gambar atau model alat pencernaan makanan seperti gambar dibawah ini.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 80 .Perincian Langkah-langkah Kegiatan I Introduction (5 menit) ( ) Fasilitator menjelaskan tujuan kegiatan ini C Connection (10 menit) Ungkap Pengalaman Fasilitator menanyakan pada peserta semalam makan apa ? Apakah pagi ini sudah dibuang ?. Buku III.

menceritakan perjalanan makanan. Diskusikan. Bandingkan rasa larutan gula dan tepung kanji. Tugas Pasangan Buku III. amati apa yang terjadi? b. d. 1500. perubahan apa yang terjadi pada nasi? Baik bentuk. berapa jumlah yang rusak. pada setiap kelompok Tugas a. Tugas Pasangan d. dan mengapa makanan dapat lumat di dalam alat-alat pencernaan tersebut.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 81 . Peserta membuat ringkasan tentang kondisi makanan awal sampai akhir. Kegiatan 2: Mengubah Karbohidrat menjadi gula (20 menit) Fasilitator membagikan alat dan bahan untuk percobaan (misalnya : gelas 2 bh. amati apa yang terjadi? c. Buatlah gambarnya g.Tugas kelompok c. Tentukan jumlah uang sendiri (lebih dari Rp. Tiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain. warna dan rasanya? Peserta menyimpulkan hasil percobaannya. Kegiatan 3: Membuat model gigi ( 25 menit) Fasilitator memberikan tugas pada setiap pasangan. mengapa gigi rusak atau sakit h. i. f. Masing-masing peserta saling melihat dan menghitung jumlah gigi temannya e. Membuat gambar pola tubuh / badan salah satu peserta d. Tanyakan: • • Selama dikunyah dalam mulut.-) Buat pertanyaan berapa macam bentuk uang pecahannya sehingga mencapai jumlah tersebut. Kegiatan 4 : Makanan bergizi seimbang ( 25 menit) Fasilitator memberikan tugas pada setiap pasangan. Masukkan 1 sendok teh gula dalam air. gula satu sendok. Kunyah nasi dalam mulut dan bandingkan rasa nasi pada awal kunyahan dan 35 kali kerja kunyahan. bagaimana tumbuhnya f. Catat dan hitung jumlah gigi . Masukkan 1 sendok tepung kanji dalam air. Menggambar organ pencernaan sesuai gambar yang diberikan e. Tiap pasangan mempresentasikan hasilnya dan pasangan lain menanggapi hasil presentasi dari pasangan lain. kelompok lain Tiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain. tepung kanji satu sendok).

dan merefleksi. Peserta mendiskusikan dan menuliskan zat makanan yang diperlukan tubuh (LK 4A) b. Hal apa saja yang masih membingungkan? E Extension Peserta diminta untuk berlatih terus dalam mencari bentuk-bentuk contoh makanan bergizi seimbang agar dapat diteruskan untuk mengidentifikasi kegiatan yang mendorong siswa untuk berbuat. (LK 4B) c.a. (LK 4C) d. Pesan Utama - Buku III. Tiap pasangan mempresentasikan hasilnya dan pasangan lain menanggapi hasil presentasi dari pasangan lain. Apakah tujuan sesi ini sudah tercapai? 4. Peserta membuat daftar makanan satu hari. berinteraksi. mengamati.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 82 . Peserta membuat daftar menu makan pagi teman-temannya. R Reflection (5 menit) Fasilitator menanyakan kepada peserta: 3.

dengan mengisi ruang yang kosong seperti pada gambar berikut: …? Air …? …? …? . Juih 3. krupuk Karbohi drat minera l 2.LEMBAR KERJA 4A • Diskusikan dan tuliskan zat makanan yang diperlukan tubuh.. susu Nasi goreng. tempe goreng.? …? nasi LEMBAR KERJA 4B Tabel Jenis makanan dan kandungan gizi Nama siswa 1. apakah manfaat sarapan pagi? Buku III. jus jambu. capcay. Baim 4.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 83 . Menurutmu. tempe goreng. Maria • Diskusikan daftar menu di atas dengan temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut: 1. Menu sarapan pagi siapakah yang paling lengkap kandungan zat gizinya? Apa alasanmu? 2.. Noori Kandungan zat gizi protein lemak vitamin Menu makan pagi Nasi. telur.

tekankan pada daftar menu saja) Hari pertama Hari ke dua Hari ke tiga Buku III. Daftar Makanan Selama tiga Hari Jenis makanan Makan pagi/sarapan Makanan ringan/snak Makan siang Makanan ringan/snak Makan malam Makanan ringan/snak Tanyakan: Menu makan malam manakah yang mengandung gizi seimbang? Mengapa? Menu makan malam manakah yang tidak mengandung gizi seimbang? Mengapa? (hindari untuk menyebut nama anak.LEMBAR KERJA 4C Tabel 3.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 84 .

4 gigi taring. Setelah anak berumur 6 – 14 tahun gigi susu tanggal satu persatu dan digantikan dengan gigi tetap. Susunan gigi tetap (orang dewasa) Susunan Gigi susu Buku III. Gigi seri Rahang Gigi Rahang Gigi Gambar. Beri nama pada tiap bagian. Gigi tetap jumlah seluruhnya 32 buah. dan 8 buah gigi geraham. dan 8 buah gigi geraham depan dan 12 buah gigi geraham belakang. terdiri atas 8 buah gigi seri. Terdiri atas 8 buah gigi seri. 4 buah gigi taring. Gunakan jarum pentul agar bagian belakangnya dapat terlihat (lihat gambar di bawah).Hand Out Peserta BAHAN BACAAN UNTUK PENGUATAN KONSEP PESERTA • Peserta menempatkan gambar alat pencernaan yang telah dibuat modelnya pada posisi yang tepat. Catatan untuk guru: Gigi anak-anak jumlahnya 20 buah dinamakan gigi susu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 85 .

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 86 . mineral. protein. makanan penghasil energi atau tenaga: makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak. lemak. vitamin. 2. Agar siswa mengenal lebih jelas tentang kandungan makanan. makanan pengatur: mineral dan vitamin berfungsi sebagai bahan pembangun dan pelindung serta penjaga agar alat-alat tubuh kita bekerja dengan baik. siswa diminta mengamati gambar berikut ini! Kegunaan karbohidrat bagi tubuh sebagai sumber tenaga Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat Kegunaan protein bagi tubuh sebagai zat pembangun dan pengatur Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung protein Kegunaan lemak bagi tubuh sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung lemak Kegunaan mineral bagi tubuh sebagai zat pengatur prosesproses dalam tubuh Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung mineral Kegunaan vitamin bagi tubuh sebagai zat pengatur prosesproses dalam tubuh dan pencegah penyakit. dan air. Buku III.Catatan untuk guru Makanan sehat adalah makanan yang bergizi seimbang dan aman. Makanan dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya yaitu: 1. makanan pembangun tubuh: makanan yang mengandung protein 3. Makanan yang bergizi seimbang mengandung zat makanan seperti karbohidrat.

papaya. minyak ikan.Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin Sumber zat makanan dan gunanya bagi tubuh Menguji makanan yang mengandung zat lemak Mintalah anak untuk menyiapkan berbagai makanan untuk diuji kandungan lemaknya. sayuran berwarna hijau. susu. kuning telur. dsb yang diuji dengan cara menggoreskannya pada masing-masing petak pada kertas berpetak. ikan. dapatkah anak menjelaskan temuannya? Mintalah anak untuk mendiskusikan ciri-ciri makanan yang banyak mengandung lemak. roti. buah-buahan (pepaya). Beras merah/bekatul. Tabel 4. • Menguji makanan yang mengandung lemak. kemiri. jagung. kacang hijau. kacang-kacangan. kuning telur. Adakah kertas petak yang menjadi kertas transparan/tembus pandang? Bila dijumpai petak kertas transparan lebih dari satu. Jemurlah. Jenis Vitamin dan Sumbernya Vitamin Fungsi Sumber makanan Sayuran berwarna kuning. susu. melon. mentega. anak membuat laporan hasil diskusi dalam berbagai bentuk. tomat. apel. Selanjutnya. 87 Vitamin A ƒ membantu kesehatan mata ƒ menjaga kesehatan kulit Vitamin B ƒ mencegah beri-beri ƒ membantu pencernaan ƒ membantu kulit dan otot tetap sehat Vitamin C ƒ mencegah skorbut Buku III. misal: puisi. dsb. kelapa. karangan bebas. kedelai. sayuran segar (wortel. hati.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD . daging segar. misal kentang. wortel. Contoh: Oleskan setiap jenis makanan/buah-buahan. tomat) Jambu biji.

ƒ membantu daya tahan semangka.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 88 . Minyak ikan. ƒ menjaga tulang. ikan salem. Bayam. nenas. Vitamin K ƒ mencegah pendarahan dan susu dan makanan dari susu. sarden dan ikan laut lainnya. tubuh terhadap infeksi sayuran berwarna hijau. susu. membantu pembe kuan darah waktu luka Mintalah anak untuk merencanakan menu makan siang dengan gizi seimbang. gigi. jeruk. gusi tetapsehat Vitamin D ƒ membantu pembentukan tulang dan gigi kubis. kuning telur. Pilih dari daftar makanan di bawah ini Buku III. mentega. kubis. kuning telur. kedelai.

dan individual. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 89 . spidol. Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial KOPERASI/TOKO Mata Pelajaran Kelasa/Semester : IPS : IV/2 Kompetensi Dasar : Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Pendahuluan Pada sesi ini peserta pelatihan akan mempelajari materi tentang koperasi/toko untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan. karton manila.D. kegiatan diskusi. Peserta pelatihan diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. menantang. Tujuan Setelah mengikuti sesi ini peserta mampu mengaplikasikan kegiatan ini kepada peserta didik • • Pertanyaan kunci Apa yang kamu ketahui tentang pengertian koperasi/toko? Apa syarat berkoperasi yang baik/toko yang berhasil? Petunjuk Umum Kegiatan dilaksanakan secara pleno. isolasi. Dalam mempelajari materi ini peserta pelatihan disajikan beragam kegiatan. misalnya kegiatan mengamati. dan kegiatan mengerjakan tugas. berkelompok. • • Sumber dan Bahan Handout Peserta: Bacaan tentang koperasi dan toko Kertas HVS. gunting Buku III.

• Membuat daftar pertanyaan kepada pengelola koperasi/toko (kegiatan mereka selama satu hari) Kegiatan 2 (kelompok. 50 menit) • Melakukan observasi/wawancara ke koperasi/toko/nara sumber Buku III. dari mana pasokan barang diperoleh). 15 menit) • Membuat butir-butir pertanyaan tentang koperasi/toko (kapan berdirinya koperasi/toko. bagaimana cara mengelolanya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 90 . modal dari mana. ICT • • • • Proyektor LCD Laptop untuk presentasi Layar proyektor LCD Fasilitator harus tetap siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia Perincian Langkah-Langkah Kegiatan Pendahuluan (5menit) • Fasilitator menjelaskan pentingnya koperasi/toko • • Fasilitator bertanya jawab dengan peserta tentang dampak sosial dari adanya koperasi/toko Fasilitator berdiskusi dengan peserta tentang cara berkoperasi yang baik/mengelola toko dengan baik (berhasil) Menghubungkan Pengalaman Peserta (10 menit) Fasilitator meminta peserta menyampaikan gagasannya secara lisan tentang: • Mengapa orang perlu berkoperasi/ingin mendirikan toko? • Bagaimana mengelola koperasi/toko dengan jujur? Aplikasi (85 menit) Kegiatan 1 (kelompok.Waktu Waktu yang digunakan untuk kegiatan ini adalah 120 menit. apa ada keuntungan.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 91 . kreatif. disiplin dalam mengelola koperasi/toko Buku III. 10 menit) • Peserta menyarankan anggota keluarganya menjadi anggota koperasi di lingkungannya • Peserta meneladani sikap jujur.• • Menyusun laporan hasil observasi/wawancara Membuat cerita sehari kehidupan pengelola koperasi/toko Kegiatan 3 (kelompok. 10menit) • Apa saja yang telah Anda kuasai setelah mengikuti kegiatan ? • • Apa saja yang masih membingungkan Anda setelah mengikuti kegiatan ? Bagaimana perasaan Anda setelah mengikuti kegiatan ? Pemantapan (extension. kerja keras. 20 menit) • Presentasi hasil kunjungan/wawancara Refleksi (individual.

Aria Wiriatmadja di Purwokerto. Belanda akhirnya mengeluarkan UU Nomor 91 pada Tahun 1927. pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya.Handout Peserta Gerakan Koperasi di Indonesia Koperasi diperkenalkan di Indonesia oleh R. 431 tahun 19 yang isinya yaitu : • • • • Harus membayar minimal 50 gulden untuk mendirikan koperasi Sistem usaha harus menyerupai sistem di Eropa Harus mendapat persetujuan dari Gubernur Jendral Proposal pengajuan harus berbahasa Belanda Hal ini menyebabkan koperasi yang ada saat itu berjatuhan karena tidak mendapatkan izin Koperasi dari Belanda. Namun setelah para tokoh Indonesia mengajukan protes. Setelah Indonesia merdeka. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. 431 seperti : • • • • Hanya membayar 3 gulden untuk materai Bisa menggunakan bahasa daerah Hukum dagang sesuai daerah masing-masing Perizinan bisa didaerah setempat Koperasi menjamur kembali hingga pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no. Koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI. mengeluarkan UU no. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan. dan menyengsarakan rakyat. yang isinya lebih ringan dari UU no. Dia mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Belanda yang khawatir koperasi akan dijadikan tempat pusat perlawanan. Jawa Tengah pada tahun 1896.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 92 . 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia Buku III. Jepang lalu mendirikan koperasi kumiyai. pada tanggal 12 Juli 1947.

Koperasi Produsen adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 93 . Buku III. Koperasi Konsumen adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi. koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan).Jenis-jenis Koperasi menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen. Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya. • • • • • Koperasi Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Koperasi Produsen Koperasi Pemasaran Koperasi Jasa Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman.

Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya. Toko adalah sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang spesifik. dan sebagainya. Koperasi Jasa Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya. toko lebih terkesan mewah dan modern dalam arsitektur bangunannya daripada warung. toko buah. Secara bangunan fisik. Toko juga lebih modern dalam hal barang-barang yang dijual. misalnya toko buku.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 94 . dan proses transaksinya lebih modern Buku III.

a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 95 . Tujuan Setelah mengikuti sesi ini peserta mampu mengaplikasikan kegiatan ini kepada peserta didik • • Pertanyaan kunci Mengapa Anda dapat hidup damai dan bertoleransi dengan suku bangsa yang lain? Mengapa Anda dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari berbagai daerah? Petunjuk Umum Kegiatan dilaksanakan secara pleno. Buku III.SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA Mata Pelajaran Kelasa/Semester : IPS : IV/2 Kompetensi Dasar : Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Pendahuluan Pada sesi ini peserta pelatihan akan mempelajari materi tentang suku bangsa dan budaya di Indonesia untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. dan kegiatan mengerjakan tugas. Dalam mempelajari materi ini peserta pelatihan disajikan beragam kegiatan. menantang. dan individual. misalnya kegiatan mengamati. berpasangan. kegiatan diskusi. Peserta pelatihan diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. berkelompok.

ICT • • • • Proyektor LCD Laptop untuk presentasi Layar proyektor LCD Fasilitator harus tetap siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia Perincian Langkah-Langkah Kegiatan Pendahuluan (5 menit) • Fasilitator menjelaskan tentang adanya keberagaman suku bangsa dan budaya • Fasilitator berdiskusi dengan peserta tentang cara hidup damai dan bertoleransi di antara keberagaman Menghubungkan Pengalaman Peserta (10 menit) Fasilitator meminta peserta menyampaikan gagasannya secara lisan tentang: • Mengapa Anda dapat hidup berdampingan dengan teman/tetangga yang berasal dari berbagai suku bangsa? Buku III.• • Sumber dan Bahan Handout Peserta: Bacaan tentang suku bangsa dan budaya di Indonesia serta pentingnya kerukunan. spidol. isolasi. Kertas HVS. karton manila. gunting Waktu Waktu yang digunakan untuk kegiatan ini adalah 120 menit.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 96 .

Contoh Suku Jawa (dapat disiapkan contoh suku bangsa yang lain) Apa jenis tarian jawa yang diketahui? Apa senjata tradisional orang Jawa? Apa yang Anda ketahui tentang tatakrama jawa? (sumber :djanoko.) (Sumber :primaironline.com) (sumber:ulungagung.id) (sumber :handerswirharja.Aplikasi (85 menit) Kegiatan 1 (kelompok. 15 menit) • Tanya-jawab tentang kebudayaan dari suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.go.com) Kegiatan 2 (berpasangan. 50 menit) • Kerja berpasangan saling berdiskusi asal suku bangsa dan budayanya • • Menyusun laporan hasil kerja berpasangan Membuat cerita tentang hidup damai dan toleransi di antara keberagaman suku bangsa dan budaya yang ada di Indonesia Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 97 .wordpress..

Contoh -1 Budaya Aceh
RUMAH ADAT ACEH Celempong ALAT MUSIK ACEH

(sumber :kidnesia.com)

Pakaian adat
Upacara adat tiwah PETA TEMATIK BUDAYA ACEH
(Sumber :bpkp.go.id)

TARIAN ACEH

Contoh -2 Budaya Papua

TIPHAN MAKANAN KHAS ACEH
Rencong Aceh

(Sumber: antarafoto com)

(Sumber :acehdalamsejarah

(sumber :sil4t.wordpress.com)

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

98

BentukRumah adat Senjata

(Sb: imponk.web.id)
BUDAYA PAPUA

Pakaian adat

Sb :plurk.com Sb:web.papua.go.id

PAPEDA Tarian Tiwah Upacara adat

Sb:akupercaya.com

Sb :antonius73.blogspot.com

Kegiatan 3 (kelompok, 20 menit) • Presentasi hasil kerja berpasangan Refleksi (individual, 10menit) • Apa saja yang telah Anda kuasai setelah mengikuti kegiatan ? • • Apa saja yang masih membingungkan Anda setelah mengikuti kegiatan ? Bagaimana perasaan Anda setelah mengikuti kegiatan ?

Pemantapan (extension, 10 menit) • Peserta menyarankan anggota keluarganya untuk hidup damai dan saling toleransi di dalam keluarga dan tetangga • Peserta meneladani sikap toleransi, demokratis, cinta tanah air, dan cinta damai di lingkungannya
99

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

Handout Peserta Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Identitas suku pun ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut dan oleh kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis. Orang-orang Indonesia berasal dari berbagai suku bangsa, termasuk Jawa, Sunda, Madura, Aceh, Batak, Minangkabau, Bali, dan Bugis. Suku Jawa adalah yang terbesar di Indonesia, dan mereka kurang lebih merupakan 45% dari seluruh populasi. Mereka berasal dari bagian tengah tengah dan timur Pulau Jawa. Suku Sunda adalah suku terbesar kedua , dan mereka merupakan 14% dari seluruh populasi. Mereka pada awalnya mendiami bagian barat Pulau Jawa. Suku terbesar ketiga adalah suku Madura, yang merupakan 7,5% dari seluruh populasi. Mereka pada awalnya mendiami Pulau Madura, bagian timur Pulau Jawa dan Kepulauan Kangean. Suku bangsa terbesar keempat adalah suku Minangkabau, yang merupakan 3% dari seluruh populasi dan merupakan pendiam dari propinsi Sumatera Barat. Minangkabau sangat terkenal di kalangan antropolog sebagai penganut sistem matrilineal terbesar di dunia. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai halhal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan strukturstruktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD

100

organisasi sosial. dan cipta masyarakat. berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata. kebudayaan itu bersifat abstrak. yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. rasa. Dari berbagai definisi tersebut. seni. misalnya pola-pola perilaku. religi. kebudayaan adalah sarana hasil karya. sehingga dalam kehidupan sehari-hari. Buku III. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. peralatan hidup. dan lainlain.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 101 . bahasa.

Materi model konstruksi dalam hal ini perlu disampaikan karena berkaitan dengan banyaknya bencana alam yang menimpa kita. Waktu 90 menit Buku III. Tujuan Setelah sesi ini. apa bahan dan alat yang diperlukan . kreativitas.E.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 102 . kepekaan dan menyeibangkan fungsi otak kanan pada peserta didik. diharapkan kedepan kita dapat memanfaatkan teknologi membangun rumah yang tangguh terhadap bencana dan tetap menjaga kelestarian nilai budaya dan karakter bangsa. Petunjuk Umum Kegiatan dilakukan dalam kelompok yang dilakukan 3-4 peserta Sumber dan Bahan Materi bahan tentag model konstruksi di bawah ini. Pertanyaan Kunci Bagaimana pembuatan rancangan model rumah konstruksi. Seni Budaya dan Keterampilan MODEL BENDA KONSTRUKSI Mata Pelajaran Kelas/Semester : Seni Budaya dan Keterampilan : IV/2 Kompetensi Dasar : Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat . Pendahuluan Banyak yang berpendapat bahwa mengajar seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar sukar dilakukan oleh guru kelas. belajar tentang seni dan belajar melalui seni. Padahal hal ini amat menumbuhakan keterampilan. peserta mampu memahami konsep konstruksi dan membuat model benda konstruksi serta melakukan penilaian proyek. Konsep yang tertulis dalam standar isi adalah bahwa belajar seni melalui pendekatan belajar dengan seni. Dalam penilaian juga ada permasalahan karena hampir semua guru tidak beranii memberi penilaian sempurna (nilai 10) walaupun dalam kemampuan kadang peserta didik lebih baik dari gurunya namun tetap mendapat nilai tidak sempurna.

Sebagian terjadi pada daerah lepas pantai dan sebagian lagi pada daerah pemukiman Pada daerah pemukiman yang cukup padat. Pada lokasi bangunan. dan beradabtasi dengan alam dan lingkungannya. konstruksi yang baik dan praktis maka kerugian harta benda dan jiwa menusia dapat dikurangi. gempa bumi akan menyebabkan tanah di bawah bangunan dan di sekitarnya tergoncang dan bergerak secara tak beraturan . bumi. Dengan menggunakan prinsip teknik yang benar. tahan gocangan keras. tanah lonsor. Data-data terakhir yang berhasil direkam menunjukkan bahwa rata-rata setiap tahun terjadi sepuluh kegiatan gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan yang cukup besar di Indonesia.ICT • • • Proyektor LCD Laptop atau personal computer Layar proyektor Perincian Langkah-langkah Kegiatan I Introduction Pada bagian ini peserta diharapkan memberikan latar belakang tentang perlunya model konstruksi pada bangunan berdasarkan kondisi geografis dan latar belakang budaya sehingga menimbulkan beragam bentuk dan tipe rumah serta bagian-bagian mencakup jumlah dan bentuk kamar serta asesorisnya Wilayah Indonesia mencakup daerah-daerah yang mempunyai tingkat resiko bencana alam mencakup banjir. perlu adanya suatu perlindungan untuk mengurangi angka kematian penduduk dan kerusakan berat akibat goncangan gempa. Gempa bumi di wilayah negara Indonesia merupakan yang tinggi diantara beberapa negara diseIuruh dunia. Bagaimana bangunan itu dibuat. dan banjir serta penghuninya terlindung dari binatang buas. Rumah adat. angin puting beliung dan gempa bumi. kebakaran hutan. gempa. Besarnya gaya-gaya inersia ini tergantung dari berat bangunannya. bangunan kaku terhadap tanah (dan tidak dapat tergeser) gaya inersia yang menahan percepatan tanah akan bekerja pada tiap-tiap elemen struktur dari bangunan selama gempa terjadi.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 103 . semakin ringan berarti semakin kecil gaya inersia yang bekerja dalam elemen struktur tersebut. dengan apa bahan bakunya? Buku III. rumah asli yang ada di masing-masing daerah terbukti kokoh.

Mengapa rumah-rumah tersebut sekarang jarang dijumpai? C Connection Pada bagian ini peserta menemukan alasan meninggalkan model rumah adat atau rumah tradisional yang telah disesuaikan dengan kondisi geografis memperhatikan budaya dan nilainilai masyarakatnya serta memperhatikan kekuatannya Coba berikan alasan mengapa rumah seperti ini malah ditinggalkan masyarakat. Padahal rumah tersebut sangat baik dan punya nilai-nilai sejarah yang tinggi.Bangunan sebagian besar terbuat dari kayu yang tahan rayap dan air dan angin. Daftar Alasan Orang suka Rumah Moderen 1. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan melakukan wawancara .a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 104 . 2 3 4 Contoh gambar-gambar rumah tradisi suku bangsa yang ada di Indonesia Rumah Tradisi Batak Rumah Gadang Sumatera Barat Buku III.

bahan dan alat dan waktu yang digunakan Buku III. atau ular. babi hutan. Sehingga rumah tetap berdiri kokoh dan penghuninya tetap terlindungi. rumah yang berbentu bulat dibangun karena daerah tersebut sering dilanda badai dan angin ribut.Rumah Tradisi Jambi Rumah Rakit Sumatera Selatan Rumah Joglo di DIY Rumah Adat di Kab Sika Flores Rumah Adat di Papua Rumah di Kampung Sulawesi Selatan Contoh rumah adat kecil di Kabupten Nias yang terbukti tahan gempa Rumah tradisi di atas yang berbentuk panggung adalah karena dapat melindungi dari binatang buas seperti harimau.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 105 . A Application Setelah peserta memperoleh gambaran tentang konsep konstruksi mencakup bahan alat dan prosedur pembuatannya diharapkan dapat membuat desain model dari maket rumah yang akan dibuat mencakup pembagian tugas. Rumah rakit didirikan di dataran rendah yang sering kena banjir.

Buku III. daun dan biji-bijian. kertas.Dapatkah Anda membuat maket komplek perumahan yang tahan gempa dengan menggunakan bahan yang ada disekitarmu. (sumber dari pedoman praktis rumah tahan gempa oleh Zulfikri) Jika Anda dalam kelompok telah melihat contoh-contoh yang telah paparkan di atas Anda dapat mencoba membuat rancangan maket (model) perumahan yang baik dan terbuat dari bahan-bahan bekas misalkan limbah kayu.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 106 . doos bekas kemasan.

Makalah kurikulum seni budaya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 107 . Depdiknas 2007 3. apakah Anda masih memerlukan tambahan biaya lagi? E Extension Pada bagian ini peserta dapat memperkaya tentang model konstruksi bukan hanya pada maket rumah tapi dapat dicobakan pada bentuk yang lain misalkan perkakas rumah tangga. Depdiknas 2006 2. bahan. Model pertama adalah tahan angin 2. Sebutkan komponen mana yang dapat diperbaiki! 4. proporsi. komposisi. Standar Isi Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Sekolah Dasar dan Madrsah Ibtidaiyah. Model keempat tahan api dan kebakaran • Penilaian No 1 2 3 4 5 6 Apri Barjo Cici Diego Elman Mariam Nama Aspek Penilaian Proses 35 40 25 Nilai 70 80 45 Persiapan 10 10 5 Hasil 25 30 15 Keterangan Persiapan mencakup penyiapan bahan dan alat . Zulfikri. Julius juih. Jika Anda memperbaiki maket model rumah. dalam paradikma baru pendidikan seni. Standar Penilaian. Pedoman praktis membangun rumah tahan Gempa Buku III. Julius Juih. Modek kedua tahan gempa 3. kerja sama dalam kelompok skor maksimum 50 Karya mencakup. model konstruksi bentuk kompleks perumahan mencakup apa beberapa kelemahan yang dapat diperbaiki misalkan bentuk. Apakah dalam proses pembuatan telah memperhatikan langkah-langkah pembuatan dengan memperhatikan keselamatan kerja? 2. metode. kekuatan. Sumber dan Bahan Rujukan 1. dan kekokohan karya. Apakah maket model rumah yang telah dibuat dapat diperbaiki menjadi lebih baik? 3. Makalah Kurikulum Kerajinan Tangan dan Kesenian. disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Seni Universitas Negeri Semarang 2004 6. 1. Kegiatan ini dilakukan dengan menanyakan beberapa hal dibawah ini 1. penilan dll dan dapatmelakukan perbaikan agar model konstruksi menjadi lebih kuat dan indah Evaluasi diri perlu dilakukan pada kegiatan praktik membuat karya yang bertujuan agar karya yang dibuat dapat ditingkatkan mutunya. skor maksimum 40 R Reflection Peserta mengungkapkan tentang praktik membuat maket. Universitas Negeri Jakarta 2008 5. Makalah dan pemaparan tentang Meredam resiko Bencana 4. warna. Model ketiga tahan banjir 4. Eko Teguh Paripurno.• Penugasan Buatlah maket komleks perumahan dan pilihlah salah satu model rumah yang sesuai dengan keadaan alam dan lingkungan kelompokmu. skor maksimum 10 Pembuatan mencakup sketsa dan finising yang memperhatikan keselamatan kerja. bentuk mainan anak-anak dari berbagai bentuk dan bahan.

kegiatan mengerjakan tugas.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 108 . Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. kertas HVS berbagai warna. pita Waktu Waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah 180 menit Buku III. menantang.F. lem. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. peserta diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. misalnya kegiatan mengamati. dan sebagainya. Dalam mempelajari materi ini peserta disajikan beragam kegiatan. kertas flipchart. Untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan agar dikuasai peserta didik. Tujuan: Setelah kegiatan pada sesi ini. selotip. bermain peran. diharapkan peserta mampu: • • • Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan jual beli Mengidentifikasi jenis barang yang dijual Memberi contoh kegiatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli Sumber dan bahan Pada sesi ini kegiatan dilengkapi dengan: • • Gambar atau foto tentang sebuah toko Spidol. Bahan Pelatihan Tematik JUAL BELI Kelas/Semester : III/2 Pendahuluan Pada sesi ini peserta akan mempelajari tentang jual-beli.

Fasilitator menjelaskan menjelaskan latar belakang dan tujuan sesi yang akan dilakukan 2.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 109 . fasilitator menyiapkan peserta untuk mengikuti kegiatan yang tela disiapkan ¾ C Koneksi Ungkap pengalaman Fasilitator mengajukan pertanyaan kepada peserta sbb • • Apakah Anda biasa ikut berbelanja? Di manakah Anda biasa berbelanja? (peserta menuliskan jawaban pada selembar kertas) Buku III. melakukan pengamatan lingkungan.Langkah kegiatan Pendahuluan 10 menit menjelaskan latar belakang dan tujuan sesi Koneksi 10 menit ungkap pengalaman Aplikasi 120 menit Mengamati gambar. melakukan wawancara dan membuat laporan hasil kegiatannya Refleksi 10 menit Mengungkapkan perasaan setelah melakukan wwancara dan hambatan yang dihadapi saat kegiatan terjadi Perluasan 30 menit Membuat gambar situasi melakuakan wawancara dan membuat dialog antara penjual dan pembeli Perincian Langkah-langkah Kegiatan I ¾ Pendahuluan 1. membuat pertanyaan berdasarkan gambar.

de Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 110 . Tuliskan seperti diagram berikut Apa yang dijual Siapa yang berjualan ? Toko: hallofreun.¾ A Aplikasi Kegiatan 1 Amatilah gambar dan buatlah pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan gambar.

poster. menyiapkan sebuah tabel untuk mencatat hasil pengamatannya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD . tetapi lebih mengarah kepada mengapa dan bagaimana ¾ • • ¾ R Refleksi Apa yang anda rasakan setelah melakukan wawancara dengan penjual Hambatan apa yang anda hadapi pada saat kegiatan yang dilakukan E Perluasan 111 Buku III. 3. komik. Laporkan hasil kegiatan dalam berbagai bentuk (buku bergambar. Hasil kerja peserta dapat dipajangkan sehingga dapat menjadi sumber belajar bagi peserta yang lain Catatan untuk fasilitator: • Dorong peserta untuk membuat daftar pertanyaan yang menantang.Kegiatan 2 Mengamati kegiatan jual-beli di lingkungan sekitar dan melakukan wawancara • • Fasilitator meminta peserta untuk melakukan pengamatan tentang berbagai macam kegiatan jual beli yang ada di lingkungan rumah atau sekolahnya. lakukan wawancara dan tuliskan hasil wawancara 5. Tugaskan peserta untuk menyusun daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada pemilik tempat jual beli. Tugaskan setiap peserta untuk memilih satu jenis tempat jual beli 4. Sebelum melakukan pengamatan tugaskan peserta untuk: 1. yang dapat menjawab pertanyaan tidak hanya pada apa. Tugaskan peserta untuk mencatat hasil pengamatannya dalan sebuah tabel misalnya No Nama tempat jual beli Jenis barang yang dijual 2. leaflet) 6.

Kelompok I (Kelompok penjual) Tugaskan peserta untuk memberi label harga pada setiap jenis barang yang akan dijualnya.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 112 .. Kegiatan ini dilakukan secara berpasangan. Kegiatan ini dapat disiapkan beberapa hari sebelumnya Tugaskan: Tugaskan peserta untuk bermain peran tentang penjual dan pembeli. Mintalah peserta untuk merancang isi percakapan yang akan dilakukan dan menuliskannya Simulasikan di depan kelas. Bagilah kelas menjadi 2 kelompok yaitu kelompok penjual dan kelompok pembeli.• • Buatlah gambar situasi ketika anda melakukan wawancara Tuliskan suatu dialog antara penjual dan pembeli Gagasan lain yang dapat digunakan untuk kegiatan pada bagian aplikasi/inti untuk pengembangan kegiatan Contoh 1: Bermain peran sebagai penjual dan pembeli dengan menggunakan telepon • • • • Fasilitator meminta peserta untuk melakukan permainan peran dengan menggunakan telepon. Contoh 2: Bermain peran sebagai pembeli dan penjual Tahap persiapan: Siapkan terlebih dahulu berbagai jenis barang/benda dengan menciptakan misalnya dari barang bekas. Mintalah peserta untuk menentukan tokoh sebagai penjual dan tokoh sebagai pembeli. menggunting dari koran/majalah bekas. misalnya Buku III.

Misalnya: Nama belanjaan • • • • 1 ekor Ikan 1 ikat bayam 1 buah buku tulis 1 sisir pisang Rp. 350.- @ Rp. 200. 100 Kelompok 2 (Kelompok pembeli) membuat daftar belanjaan yang akan dibeli.@ Rp. Jumlah uang Jumlah uang yang dikeluarkan Buku III. dan menghitung berapa jumlah uang yang dibelanjakan..- @ Rp. 400.- @ Rp. 250. 300. Misalnya Daftar belanjaan • • • • • • 1 ekor Ikan 1 ikat bayam 1 buah buku tulis 1 brokoli 1 sisir pisang Membuat perhitungan jumlah uang yang dibelanjakan.- @ Rp.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 113 .- @ Rp.

-. Rp. 5. misalnya jika uang yang dimiliki sejumlah Rp. 900 alasan ….• Lakukan perhitungan penjualan dan pembelian. 750 Nama barang Ikan Buku tulis Jumlah barang yang diperoleh 2 ekor 1 buah • Tugaskan peserta. jika ia mempunyai uang dalam jumlah tertentu (misal 900) barang apa saja yang akan dibelinya dan tuliskan alasannya mengapa memilih barang tersebut. 000. Jumlah harga …. …. Hasil kegiatan dapat dituliskan seperti contoh Jumlah uang Rp. …. 300 Rp. ….a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 114 . 800 Rp.. Tuliskanlah pada tabel di bawah ini Nama barang …. Contoh 3: Menyusun dan menuliskan isi gambar seri Siapkan gambar berseri tentang kegiatan jual beli misalnya Buku III. berapa ekor ikan yang akan diperoleh atau berapa pinsil yang didapat dst.

? Apakah kesan yang kamu peroleh ketika pergi berbelanja ke pasar? Buku III. 200.. Menulis karangan sederhana yang dikembangkan berdasar kalimat yang telah ditulis pada setiap gambar seri. Ketepatan menggunakan tanda baca dan ejaan Penguasaan lagu dan gaya Penguasaan kosakata Kerapian hasil kerja SKOR MAX 10 10 25 15 25 15 100 SKOR anak Jumlah Penilaian tertulis/lisan • • • • • Dimanakah kita dapat berbelanja ? Barang apa sajakah yang dijual dipasar? Barang apa saja yang dapt kamu beli dengan harga 900. PENILAIAN Unjuk kerja No 1 2 3 4 5 6 INDIKATOR Kejelasan ucapan dan ketepatan intonasi menggunakan bahasa yang santun.Tugaskan peserta untuk: • • • Menyusun gambar seri yang diacak dengan urutan yang benar (tema pasar).-? Jika harga satu sisir pisang Rp. Menulis beberapa kalimat pada setiap gambar seri (tema pasar).Berapa sisir yang dapat diperoleh dengan uang Rp.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 115 .. 900.

gula. peserta diharapkan mampu mengembangkan kegiatan yang menyenangkan. kertas HVS berbagai warna. • Merencanakan kegiatan dalam pengembangan berbagai konsep melalui tema menggunakan strategi belajar aktif. tepung jagung. disajikan contoh cara penilaian hasil belajar siswa yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan. Selain itu. menantang. Sumber dan Bahan Pada sesi ini kegiatan dilengkapi dengan: • • Tepung agar-agar. selotip. kertas flipchart. Tujuan Setelah mengikuti sesi ini. lem. pita Waktu Waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah 180 menit Buku III. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan berikut adalah contoh dalam mengembangkan gagasan/ ide kegiatan. kegiatan mengerjakan tugas. dan sebagainya. air. Untuk mencapai Kompetensi Dasar yang diinginkan agar dikuasai peserta didik. Dalam mempelajari materi ini peserta disajikan beragam kegiatan. Spidol. peserta diharapkan mampu: • Menjelaskan urutan pertumbuhan biji. misalnya kegiatan mengamati.TANAMAN Kelas/semester : II/1 Pendahuluan Pada sesi ini peserta akan mempelajari tentang tanaman.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 116 . • Menerapkan kegiatan pembelajaran tematik yang mengaktifkan peserta didik melalui kegiatan yang beragam.

Mintalah peserta mencatat nama-nama tanaman yang diamatinya. fasilitator menyiapkan peserta untuk mengikuti kegiatan yang telah disiapkan C Koneksi • • pohon atau tanaman apa yang Anda ingat? Dimanakah Anda melihat tanaman itu? Ungkap Pengalaman: A Aplikasi Kegiatan 1: Mengamati lingkungan sekitar • Fasilitator meminta peserta untuk melakukan pengamatan lingkungan sekitar. Fasilitator menjelaskan menjelaskan latar belakang dan tujuan sesi yang akan dilakukan 4. mengukur benda. melengkapi teks pendek dan percobaan membuat puding Refleksi 10 menit Mengungkapkan perasaan setelah melakukan pengamatan dan percobaab dan hambatan yang dihadapi saat kegiatan terjadi Perluasan 30 menit membuat sebuah buku yang merupakan laporan hasil kegiatan/percob aannya dan dipamerkan Perincian langkah-langkah Kegiatan I Pendahuluan 3.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 117 .Ringkasan Sesi Pendahuluan 10 menit Menjelasakan latar belakang dan tujuan sesi Koneksi 10 menit Ungkap pengalaman Aplikasi 120 menit mengamati lingkungan. Buku III.

pohon pepaya).. Kemudian tuliskan hasilnya ke dalam format berikut.. • Kegiatan dilanjutkan dengan menggambarkan salah satu jenis tanaman. semakin bagus).. pohon jambu. Buku III.. Alat Ukur Panjang Tidak Baku Batang/ ranting Pohon Jambu batang/ranting pohon Nama Batang/ranting Pohon Batang/ Ranting Pohon Jagung Batang/ Ranting Pohon Belimbing Batang/ ranting pohon singkong Dan sebagainya Batang pensil Jengkal • 2 4 3 5 Setelah itu peserta melakukan pengukuran batang pohon yang ada dengan alat ukur baku misalnya dengan penggaris dan mencatatnya dalam tabel yang tersedia. .• Tugaskan peserta untuk menceritakan secara lisan nama-nama tanaman yang ia lihat dalam pengamatan tadi (semakin banyak menyebutkan nama tanaman yang ada di sekitar. Tugaskan peserta untuk mengukur panjang batang pohon dengan menggunakan berbagai alat ukur tidak baku misalnya jengkal.. Kegiatan 2 Mengukur benda • • Fasilitator menugaskan peserta untuk mengambil beberapa potong (misalnya pohon jagung. pinsil..a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 118 .. . Mintalah peserta untuk melengkapi teks pendek di bawah ini dengan kata yang tepat pada tempat yang telah disediakan. Alat Ukur Panjang Baku 1 centimeter 10 cm dst Kegiatan 3: Melengkapi teks • 20 Nama Batang/ranting Pohon Pohon Jambu Pohon Jagung Pohon Belimbing pohon singkong Dan sebagainya 17 ..

............... Aku senang banyak tanaman halaman sekolahku menjadi asri Kegiatan 4: Percobaan Membuat makanan dari jagung Siapkanlah : Caranya: Dilakukan anak: • Campurlah agar-agar dengan air dan masukkan parutan jagung...................................... .................... ... ................ ......................Tanaman di sekitarku Aku berdiri di halaman sekolahku Aku melihat bermacam-macam tanaman Ada tanaman bunga dan ada tanaman buah-buahan.......... Dilakukan anak dan guru: Tunggulah beberapa saat sampai dingin dan jika sudah dingin tuanglah agar-agar tersebut sehingga terlihat adanya bentuk yang berbeda sesuai dengan bentuk wadahnya Tepung agar-agar Jagung yang sudah diparut Gula air Buku III....... .....................a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 119 ..... Jenis tanaman yang ada di halaman sekolahku adalah: ......... tambahkan gula dan aduk hingga rata • Mintalah anak memilih bentuk wadah yang disukainya Dilakukan Guru: • masaklah adonan yang telah dicampur hingga masak • Cetaklah pada wadah-wadah yang telah dipilih anak.

Dalam rangka pengayaan dan pemantapan. Jika kegiatan ini akan diterapkan untuk anak di sekolah maka pada saat kegiatan perlu didampingi oleh guru atau orang dewasa. • • Beri kesempatan anak untuk memilih wadah yg bentuknya disukainya. Benda yang diharapkan berubah bentuk pada percobaan ini adalah bubuk agar-agar dan bubuk/tepung jagung yang mencair karena dipanaskan dan ketika dingin akan berbentuk seperti wadah yang ditempatinya. mintalah anak untuk mengungkapkan secara lisan apa yang dilihat dan terjadi dari percobaan yang dilakukan ( terjadi perubahan bentuk dari cair ke gel ) Mintalah anak untuk menuliskan pengalamannya membuat puding jagung yang dilengkapi dengan gambar-gambar Catatan fasilitator: • • Kegiatan ini dilakukan untuk memberi pemahaman tentang perubahan bentuk benda akibat kondisi tertentu. tugaskan peserta untuk membuat sebuah buku yang merupakan laporan hasil kegiatan/percobaannya menjadi sebuah buku yang dapat dipamerkan pada acara akhir tema. Misalnya • Buku III.• • Setelah kegiatan selesai.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 120 . R Refleksi Apa yang Anda rasakan setelah melakukan pengamatan lingkungan? Apa yang Anda rasakan setelah Anda melakukan percobaan membuat puding? Hambatan-hambatan apa yang Anda hadapi pada saat melakukan kegiatan? • • • E Perluasan.

Catatan untuk Fasilitator: Di bawah ini adalah ide yang dapat digunakan oleh peserta untuk melakukan penilaian pada kegiatan yang dilakukan. Unjuk kerja No 1 2 3 4 5 INDIKATOR Ucapan dan intonasi yang wajar Kemampuan penggunaan alat ukur Penguasaan lagu dan gaya Penguasaan kosakata Kerapian hasil kerja SKOR MAX 20 20 20 20 20 100 SKOR anak Jumlah Penilaian tertulis/lisan • • • • Tanaman apa saja yang ada di halaman sekolahmu? Berapa panjang pohon yang kamu tanam selama 5 hari Apa yang terjadi dengan percobaan yang dilakukan saat membuat kue jagung ( terjadi perubahan bentuk dari cair ke gel ) Menurutmu berapa akan kamu jual kuemu Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 121 . misalnya pameran buku anak.• Kegiatan puncak tema dapat dilakukan dengan pameran hasil-hasil karya anak. penjualan hasil percobaan membuat puding dsb.

mengamati berbagai jenis biji-bijian untuk melihat perbedaannya. Ada bji yang memerlukan memerlukan waktu yang agak lama dan ada yang sebentar.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 122 . kacang tanah dsb.Gagasan lain: Percobaan menanam biji Mintalah peserta untuk membawa berbagai jenis biji-bijian misalnya biji jagung. kacang hijau. anak dapat ditugaskan untuk melakukan berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan pertumbuhan biji misalnya membaca buku tentang pertumbuhan tanaman. Mintalah anak untuk menggambar dan mencatat setiap hari perkembangan tanamannya ke dalam format berikut. Buku III. sambil menunggu tanamannya berkembang. Untuk kegiatan percobaan perlu disiapkan : Gelas air mineral bekas kapas Biji jagung dan biji tanaman lain) air Tugaskan anak: • masukkan biji jagung pada kapas yang lembab. Perkembangan biji menjadi tumbuhan berbeda setiap jenisnya. Tugaskan anak untuk menanam biji tersebut. Oleh karena itu pada saat anak melakukan percobaan.

dsb. daun tanaman jagung.Nama biji: Hari 1 0 Hari 2 Hari 3 Hari 4 dst Belum ada pertumbuhan Mengukur daun dengan alat ukur tidak baku Tugaskan peserta untuk membawa contoh aneka macam daun yang ada di lingkungan sekitar (seperti daun jambu. Selanjutnya anak diminta menuliskan hasilnya Pesan Utama Kegiatan yang dilakukan perlu juga menekankan pada nilai-nilai Budaya dan karakter bangsa dan kewirausahaan/ekonomi kreatif yang dapat dijabarkan sebagai berikut: No 1 Kegiatan Nilai yang dikembangkan Buku III.a : Peta Kompetensi dan Paket pelatihan SD 123 .) dengan menggunakan alat ukur tidak baku (misalnya tali). daun singkong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful