AGI PRAKASA ERAHMAN 1106138876

ECOLOGICAL ECONOMICS

FACT ABOUT WATER SHORTAGES  Defisit sumber daya air disebabkan kenaikan kebutuhan yang mencapai 3 kali lipat dalam setengah abad terakhir.  Pemboran jutaan sumur irigasi telah mendorong penarikan air melewati tingkat resapan, pada dasarnya mengarah ke penurunan tanah.    Defisit air telah melanda hingga melebihi batas negara. Kelangkaan air menyebabkan tekanan politik. Defisit sumber daya air bukan hanya disebabkan adanya pertambahan jumlah penduduk akan tetapi meningkatnya eksploitasi sumber daya air per orangnya tiap tahun menyebabkan defisit air pula walaupun jumlah penduduk dapat distabilkan.  Perubahan iklim mempengaruhi supplai air. Perubahan iklim meningkatkan suhu, mempercepat evaporasi, mempengaruhi pola hujan dan mencairkan geltser.   Perubahan iklim di bumi akan mempengaruhi juga perubahan pada siklus hidrologi. Hubungan antara supplai air dengan makanan sangat dekat. 2000 liter air dibutuhkan untuk irigasi tanaman pangan. Sekitar 70% dari total penggunaan air adalah untuk irigasi, 20% untuk industri dan 10% untuk kebutuhan rumah tangga.

  Selain danau Chad. maka Laut Mati akan hilang pada tahun 2050. Kurangnya sumber daya air menyebabkan terjadinya beberapa hal. Tanpa adanya air.  Lake Chapala di Mexico telah kehilangan 80% airnya akibat irigasi. seperti : o Kurangnya air untuk irigasi pertanian yang menyebabkan turunya produksi pangan dan kelaparan di beberapa daerah. Nigeria telah menyusut 96% dalam 40 tahun terakhir. Saat ini berkurangnya sumber daya air melanda dunia dan telah mencapai titik tertingginya. Danau Tiberias juga mengalami penghilangan. Laut atau Danau Aral.  Kehilangan air menyebabkan juga kehilangan produksi pangan. Laut mati juga mengalami penurunan muka air hingga 25 meter dalam 40 tahun terakhir dan jika ini terus terjadi. Air merupakan sumber kehidupan. o Berkurangnya debit aliran sungai. WATER SHORTAGES IN WORLD  Danau Chad yang dikelilingi oleh Negara Chad. manusia tidak bisa hidup. China menghilang dalam 20 tahun terakhir. Provinsi Hebei telah kehilangan 969 danaunya dari total 1052 danau. o Terjadinya perebutan penggunaan air dari pertanian menuju kebutuhan air di perkotaan. o Berkurangnya volume air danau.  Danau Aral telah mengalami penurunan volume hingga 4/5 bagian mengancam usaha perikanan yang mengahasilkan 50 ribu ton ikan. . Kamerun. o Terjadinya tekanan politik.  Lebih 2000 dari total 4077 total danau-danau kecil di Provinsi Qinhai.

8 meter tiap tahunnya. Air permukaan telah mengering hingga 95% lebih dari setengah dekade belakangan ini. puncak panen tertinggi sebanyak 123 juta ton gandum yang dihasilkan pada tahun 1997 merosot tajam pada tahun 2007 hingga menghasilkan 105 juta ton saja atau sekitar 15% penurunan  Di India.  Pakistan dengan penduduk 164 juta jiwa juga mengalami penurunan muka air tiap tahunnya sebanyak 2 meter. 100 juta petani telah menggali sumur air untuk irigasi yang menelan biaya hingga 12 triliun dollar. Oklahoma dan Kansas sebagai negara bagian penghasil produksi pangan/tanaman pertanian terbesar di Amerika diidentifikasi telah mengalami penyusutan air hingga 30 meter atau 100 feets. telah mengalami kekeringan sumur hampri di sebagian besar wilayahnya. . Akuifer dalam di Dataran China Utara turun 3 meter atau 10 feet per tahunnya. Akibatnya.  Iran dengan penduduk 71 juta jiwa telah memompa air sebanyak rata-rata 5 triliun ton untuk irigasi pertahunnya menyebabkan penurunan muka air sebanyak 2.  Di Tamil Nadu dengan penduduk 62 juta jiwa.  Texas.  Sebagian lahan pertanian gandum di China memompa air lebih dari kedalaman 300 meter untuk irigasi sehingga menyebabkan harga yang mahal untuk irigasi tanaman.  Saudi Arabia dengan penduduk sebanyak 25 juta jiwa mengalami penurunan cadangan air fosil sebanyak setengah dari 462 triliun dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar akufier di India dan akuifer dangkal Dataran China Utara telah habis.

. akan tetapi menikmati sumber daya air 7 kali lipat lebih banyak dibanding Palestina. Mexico menjadi importir produk pertanian akibat defisit air. telah mengalami penurunan muka air sebanyak 2 meter per tahun sehingga Sana’a sebagai Ibukota harus mengandalkan desalinasi air laut sebagai sumber air. Data menyebutkan. SOLUSI  Selain dengan menstabilkan jumlah populasi di duniai. dibutuhkan teknologi untuk mengatasi defisit sumber daya air dengan cara mengefisiensikan penggunaan air seperti industrial water recycling & urban water recycling. China.  Ketegangan di Israel dan Palestina juga disebabkan adanya kekeringan. Sungai Colorado. populasi Israel yang dua kali lipat lebih banyak dari Palestina.  Bukan hanya air tanah saja. Sungai-sungai dunia juga mengalami kekeringan pada musim kemarau seperti sungai Nil. Sungai Indus.  Mexico dengan penduduk 107 juta jiwa dan diprediksi meningkat hingga menjadi 132 juta jiwa pada tahun 2050 mengalami penurunan muka air sebanya 2 meter atau lebih per tahunnya. Yaman dengan penduduk 22 juta jiwa. India. Irak concern akan hal ini.  Terjadi ketegangan akibat pembangunan bendungan di Sungai Euphrates Turki menyebabkan kekurangan debit air di sungai tersebut meninggalkan kekeringan di Syria. Hal ini juga menyebabkan 2/3 produksi pangan di Yaman menurun.  Terjadinya konflik antar suku di Kenya atau antar desa di China. Sungai Kuning (Yang Tze). Pakistan yang menyebabkan kematian diakibatkan kekurang supplai air.  Negara yang mengalami defisit sumber daya air level ke dua seperti Algeria.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful