You are on page 1of 7

Apa itu wartegg tes ?

Tes wartegg adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan kepribadian seseorang yang berkaitan dengan tujuan seleksi. Tes ini pertama kali dikembangkan oleh Krueger dan Sander dari universitas leipzig yang tujuan utamanya adalah eksplorasi kepribadian dasar manusia seperti emosi, imajinasi, kontrol, fungsi realitas yang ada pada setiap orang namun berbeda intensitas dan interelasinya. Dalam wartegg test , ada 8 kotak yang berisikan 8 simbol berbeda yang masing-masing harus anda kembangkan menjadi 8 gambar utuh berbeda. Berikut gambar 8 simbol nya :

Deskripsi jawaban wartegg test :


1. Gambar 1 menunjukkan kemampuan proses adaptasi seseorang terhadap lingkungannya 2. Gambar 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan 3. Gambar 3 menunjukkan motivasi atau dorongan hasrat untuk maju 4. Gambar 4 menunjukkan standar bagaimana cara seseorang mengatasi kesulitan dan masalah 5. Gambar 5 menunjukkan bagaimana cara seseorang bertindak dan mengambil keputusan 6. Gambar 6 menunjukkan analisa dan pola pikir 7. Gambar 7 menggambarkan perasaan dan emosi seseorang 8. Gambar 8 menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalin sebuah hubungan sosial

wartegg test tips


1. Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah. 2. Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama (paling kiri atas) , namun yang perlu diingat adalah untuk mencantumkan nomor setelah selesai. Misal , anda memualai dari simbol kotak hitam (pojok kanan atas), maka setelah selesai berilah nomor 1 di luar kotak yang tersedia dan begitu seterusnya. Tapi jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai. 3. Menggambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu. 4. Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan. 5. Gambar sesuatu yang jelas orang tahu itu gambar apa ketika melihat. Misal, ketika menggambar pensil maka harus jelas itu gambar pensil dan bukan objek yang lain. 6. Usahakan agar dari 8 gambar yang anda buat, ada paling tidak 1 gambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2,7 dan 8), namun jika anda seorang muslim sebaiknya menggambar pohon atau bunga saja karena menggambar manusia dan hewan dilarang dalam Islam. 7. Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain (tidak harus membentuk sebuah cerita), gambarlah sesuai imajinasi dan kreatifitas anda.

Wartegg test contoh


Berikut contoh wartegg test yang sudah jadi, anda bisa berlatih dengan mencontoh gambar atau ide nya.

Biasanya dalam tes wartegg ada beberapa instruksi tambahan yang dibacakan oleh pengawas. Ingat baik-baik instruksi yang diberikan karena biasanya hanya dibacakan secara lisan diawal pelaksanaan wartegg test dan jika instruksi ini tidak anda lakukan maka akan mengurangi nilai. Beberapa instruksi yang sering diberikan dalam tes wartegg antara lain :

Sebutkan gambar yang paling anda sukai dan jelaskan alasannya ! Sebutkan gambar yang paling tidak anda sukai dan alasannya ! Sebutkan gambar yang paling mudah anda selesaikan ! Sebutkan gambar yang paling sulit anda selesaikan !

Tips menghadapi Psikotes Menggambar Pohon


1.Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?
Di tengah

Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
Di bagian bawah

Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.

Tinggi di atas

Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran. 2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar? Lebar Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat. Ramping Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

Pohon bercabang di puncak Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

3. Berapa tinggi pohon anda? Lebih dari setengah tinggi kertas Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik. Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien. 4. Pohon anda terletak di mana? Di tanah Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun. Di pot Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.

Di puncak gunung Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda. Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya) Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda. Di pulau Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda

5. Apakah pohon anda mempunyai dahan? Ya Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahandahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran

karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul. Tidak Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.

6. Pohon anda condong ke arah mana? Ke kiri Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri. Ke kanan Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.

Lurus Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

7. Apakah anda menggambar akar? Ya Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda. Tidak Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru. 8. Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ? Ya Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah. Tidak Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan. 9. Apakan anda menggambar yang lain selain pohon?

Buah / kacang pada pohon Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik. Rumput di bawah Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai. Ada bunga di bawah pohon Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia). Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda. Ada ayunan di pohon Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang

Draw a Person (DAP) Test ---

Tipsnya: * Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga.dan Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.
1. Ceritakan tentang diri anda! Pertanyaan yang sangat sering muncul pada saat interview kerja. Persiapkan jawaban anda terbatas pada bidang pekerjaan yang anda kuasai sebelumnya. Bicarakan tentang karir anda sebelumnya, prestasi yang anda raih, hobi dan aktivitas terakhir yang anda jalani. 2. Kenapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya? Jawablah dengan positif jenis pertanyaan ini. Meskipun anda berhenti karena ada masalah dengan perusahaan atau kantor sebelumnya jangan ceritakan permasalahan tersebut. Katakan saja kalau saat ini anda ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik atau peluang melakukan sesuatu yang istimewa dalam karir anda. 3. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini? Jawab se-spesifik mungkin mengenai keahlian anda di bidang yang anda lamar. Jika tidak memiliki pengalaman yang khusus setidaknya berikan jawaban yang mendekati keahlian yang dimaksud. 4. Apakah anda menganggap diri anda sukses? Selalu jawab "Iya" dan antusias untuk pertanyaan ini. Jelaskan keberhasilan yang telah anda capai dalam hidup ini terutama dalam hal karir. 5. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab jika anda telah melakukan penelitian terlebih dahulu tentang perusahaan tempat anda melamar. Jawab tentang aktivitas perusahaan tersebut seperti produk yang dijual atau sistem pemasarannya.

6. Apa yang telah anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan anda terakhir ini? Jawab ragam kegiatan positif yang telah anda lakukan tentu saja yang berhubungan dengan pencapaian karir anda. 7. Kenapa anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini? Hati-hati menjawab ini karena memerlukan pengetahuan anda tentang perusahaan dan karir jangka panjang yang ingin anda raih. 8. Berapa gaji yang anda harapkan? Pertanyaan mudah yang sangat sulit menjawabnya karena sangat sensitif. Jadi jangan dijawab. Katakan sambil tersenyum "Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?" Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan. Jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Itu pun masih kisaran saja, jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda. 9. Apakah anda bisa bekerja dalam satu tim? Selalu jawab "Iya" dan sebutkan pengalaman yang pernah anda lakukan saat bekerja sama dengan banyak orang. 10. Jika anda diterima, berapa lama anda ingin bergabung di perusahaan ini? Jawaban jangan terlalu spesifik. Anda bisa menjawab seperti ini " Saya ingin selamanya bisa bekerja di sini dengan catatan perusahaan puas dengan hasil kerja saya". 11. Kenapa kami harus mempekerjakan anda? Jelaskan keahlian atau kemampuan yang anda miliki dan kaitannya dengan kebutuhan perusahaan. Jangan mencontohkan kandidat lain sebagai perbandingan kemampuan anda. 12. Apa kelebihan anda? Pertanyaan yang memerlukan jawaban luas tapi tetap fokus seperti misalnya kemampuan anda dalam memecahkan permasalahan, kemampuan memimpin, perilaku positif anda, kesanggupan bekerja di bawah tekanan atau kemampuan berorganisasi. 13. Apa kelemahan anda? Jangan pernah menjawab kalau anda orang malas atau susah bangun pagi. Jawab dengan diplomatis, seperti "Saya kurang percaya diri jika berbicara di hadapan orang banyak, tapi saat ini saya dalam proses mengatasinya karena ini sangat berkaitan dengan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini", atau "Kelemahan saya kurang bisa bekerja sendiri, jadi harus membangun teamwork yang solid". Intinya setelah mengatakan kelemahan anda, sertakan usaha yang telah anda lakukan untuk mengatasi kelemahan anda tersebut. 14. Apakah anda bersedia kerja lembur kapan saja bila diperlukan? Jawaban untuk ini ada di anda. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang tepat. 15. Apakah anda ada pertanyaan untuk saya? Selalu siapkan pertanyaan anda. Ini menunjukkan antusias anda bergabung di perusahaan. Contoh pertanyaan seperti deskripsi pekerjaan yang akan anda jalani atau proyek seperti apa yang saat ini dikerjakan perusahaan.