Keracunan Makanan April 11, 2005.

Dikirim dalam Uncategorized |1 komentar Perut terasa mual, keringat dingin membasahi seluruh badan atau lidah terasa kelu, mungkin pernah kita rasakan. Yang sering terjadi adalah kita tidak sadar bahwa itu merupakan sebagian tanda-tanda keracunan. Berbagai kasus keracunan makanan, sudah sering kita dengar dari media massa. Mungkin, kita sendiripun pernah mengalaminya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang keracunan makanan. Di antaranya karena sifat bahan makanan itu sendiri, cara pengolahan atau penyimpanannya, dan bisa pula karena pengaruh dari luar. YANG SERING TERJADI Selama ini, kasus keracunan yang sering terjadi adalah akibat seseorang menelan makanan yang telah dicemari racun yang dikeluarkan oleh bakter staphylococcus. Sebenarnya bakteri ini jika tertelan tidakakan menimbulkan sesuatu yang buruk, akan tetapi ia dapat menghasilkan racun enterotoxin yang akan menyebabkan keluarnya cairan berlebihan dari usus halus. Bakteri lain yang dapat mengeluarkan racun dalam makanan adalah Clostridium perfringens,Vibrio parahaemolyticus(biasanya berasal dari pencemaran air laut), dan Bacilus cereus. Pencemaran bahan makanan oleh bakteri, biasanya berawal dari pengolah atau pemasak makanan yang menderita infeksi kulit karena bakteri staphylococcus . Bisa pula terjadi karena makanan dibiarkan terlalu lama berada pada suhu kamar setelah dimasak, sehingga spora bakteri bisa tumbuh. Bila sudah tercemar, racun dalam makanan tidak akan hilang meski sudah dipanaskan lagi. Beberapa makananyang mudah menimbulkan keracunan antara lain sosis, daging, lidah sapi, ikan, susu dan hasil olahannya, dan telur. Muntah-muntah dan diare adalah gejala utama keracunan akibat bakteri. Selain itu ada pula gejala yang sering timbul mendadak, misalnya mual, otot perut kejang, diare yang disertai sakit kepala, badan lemah dan demam. Gejala-gejala ini muncul satu sampai 22 jam setelah makanan yang tercemar tertelan dan ter antung pada bakteri yang mencemarinya, kemudian menghebat dalam waktu 12-24 jam, danakhirnya mereda. Adakalanya terjadi kejang perut yang menghebat, hingga penderita jatuh pingsan. Jika hal ini sampai terjadi, maka penderita harus segera dibawa ke dokter. Untuk mencegah agar bahan makanan tidak tercemari bakteri, maka simpanlah bahan makanan yang mengandung daging, ikan, telur unggas, maupun susu serta olahannya dalam lemari pendingin, jika tidak segera dimakan setelah dimasak. Ikan laut yang baru dikeluarkan dari penyimpanan jangan langsungdimakan. Cuci dan

Zat-zat kimia ini bisa berupa arsen. Gejala keracunan bakteri ini disebut botulisme . Gejala berikutnya bisa berupa kesulitan bicara. sulit menelan dan muntah yang keluar melalui hidung. Umumnya. tangan dan kaki. tergantung pada logam- . kelumpuhan otot-otot dan kelopak mata. sarden dan sebagainya. cadmium. Jangan dimakan bila terdapat bahan makanan yang rusak atau membusuk. jangan memegang. atau zat-zat yang bisa menyebabkan keracunan. tembaga. Kesulitan menelan ini bisa menyebabkan makanan masuk ke dalam saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan radang paru(pneumonia). seng atau antimon (panci yang dilapisi email) juga dapat menimbulkan keracunan dengan berbagai gejala. Selain itu. berbagai jenis bahan makanan kaleng semakin banyak kita jumpai. KERACUNAN MAKANAN KALENG Saat ini. Penglihatan kabur. Kemudian diikuti adanya gangguan penglihatan. Gejala juga disertai melemahnya otot-otot tubuh. makanan seperti acar. TERCEMAR ZAT KIMIA Sayuran dan buah-buahan biasanya telah dicemari oleh zat kimia. atau asinan yang disimpan di dalam tempat yang dilapisi timah (bahan pecah belah yang diglasir). kehilangan dayaakomodasi lensa mata. Agar tidak keracunan makanan kaleng. khususnya infeksi kulit dan mata. Sisa kelemahan otot-otot mata bisa berlangsung beberapa bulan. tetapi kadang bisa meninggi. Gejala botulisme biasanya akan timbul mendadak. Suhu tubuh tetap. baik sebagai pengawet maupun racun pembasmi hama (yang sering digunakan petani sebelum dipanen). dan refleks pupil mata terhadap cahaya berkurang atau hilang sama sekali. Gangguan penglihatan ini bisa berupa penglihatan ganda (diplopia). Juga. Proses pengalengan yang kurang sempurna dapat merangsang timbulnya bakteri Clostridium botulinum . proses penyembuhan berjalan lambat. masak atau panasi dahulu makanan dalam kaleng sebelum dikonsumsi. 16-18 jam sesudah menelan makanan yang mengandung racun tersebut. kita sebagai konsumen harus teliti dalam memilih makanan kaleng. Baik sayuran. memasak atau mengolah makanan ketika sedang sakit. Satu lagi. dan akan mengeluarkan racun yang bisa merusak saraf juka sampai tertelan. Sebaiknya pilihlah makanan yang sudah mendapat registrasi dari Departemen Kesehatan RI.masak dulu sampai benar-benar matang. Bakteri ini senang tumbuh di tempat tanpa udara. Gejala biasanya diawali dengan kelelahan dan tubuh terasa lemah. jus buah. daging. Penderita keracunan botulisme harus dirawat di rumah sakit. timah hitam.

nyeri perut. ludah berlebihan. diare.logam yang meracuninya. koma dan sulit bernapas. yaitu keluar air mata dan ludah secara berlebihan. ikan betet. nyeri perut. sakit kepala. Ada dua macam jamur dari jenis amanita yang sering menyebabkan keracunan. Selain itu. yaitu dengan mancuci bersih buah-buahan. kesemutan pada kaki dan lengan. ikan balon. mackerel. ikan landak. misalnya sodium nitrit. muntah. berkeringat. Jamur Amanita muscaria mengandung racun muscarine yang jika termakan akan menimbulkan gejala-gejala tertentu dua jamsetelah tertelan. kejang perut. sehingga jika ikut termakan dalam jumlah banyak makanan tersebut bisa menimbulkan keracunan. Beberapa contoh ikan beracun antara lain ikan gelembung. diare. bahkan dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Jika dikonsumsi berlebihan. dan lain-lain. asinan) di dalam panci yang terbuat dari logam. kulit memerah.kejang. sakit kepala. Jamur Amanita phalloides mengandung racun phalloidine yang akan menimbulkan gejala keracunan 6-24 jamsetelah tertelan. yaitu gatal di sekitar mulut. belutlaut. otot-otot nyeri. muntah. pingsan. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak teracuni zat kimia. Beberapa jenis ikan laut didaerah tropis akan beracun pada waktu-waktu tertentu dalam satu tahun. Nitrit sering digunakan sebagai bahan pengawet untuk menjaga atau mempertahankan warna daging. Sedangkan jenis lainnya akan beracun sepanjang tahun. pupil mata menyempit. RACUN ALAM PUN BISA BAHAYA Ada beberapa jenis bahan makanan. Selain itu penderita tidak bisa kencing danakan mengalami kerusakan hati. dengan gejala mirip keracunan muscarine . acar. Cadmium yang digunakan untuk melapisi barang-barang dari logam dapat larut dalam makanan yang bersifat asam. tekanan darah menurun dengan hebat. Dari jenis hewan. baik dari hewan maupun tumbuhan sudah mengandung zat beracun secara alamiah. Keracunan akibat kelebihan bahan pengawet juga bisa terjadi. Salah satu tumbuhan yang sering menyebabkan keracunan adalah jamur. Gejalanya antara lain mual. beberapa ikan laut juga dapat menyebabkan keracunan. diare. rasa bingung. jangan manyimpan bahan makanan yang bersifat asam (sari buah. nyeri .muntah. sayuran dan daging sebelum diolah. dan kejangkejang yang bisa menyebabkan kematian. makanan yang mengandung zat kimia ini mengakibatkan keracunan dengangejala pusing. Gejala keracunan ikan dapat dirasakan setengah sampai empat jam sesudah dimakan.muntah. mual.

Untuk mencegah keracunan ikan. Rasa mual di perut itu dirasakan sebagian buruh ketika masih bekerja di pabrik.terutama pada musim panas. Vol. pada Rabu siang. Sejak Rabu (10/4) sore sampai dengan Kamis pagi kemarin. Disalin dari Majalah NIKAH. September 2004 KERACUNAN MAKANAN Jumat. 2002 oleh: Gsianturi KERACUNAN MAKANANGizi.net Buruh PT LG Kembali KeracunanBuruh pabrik elektronik PT LG Elektronic Indonesia di Desa Cirarab. sedangkan di RS Siloam Gleneagles sebanyak 15 orang." ujar . muntah. Remis. Pada awalnya buruh merasakan mual-mual beberapa jam setelah makan siang. Di RS Qadrsebanyak 90 orang dirawat. mereka mulai merasakan mual-mual pada Rabu sore. Buruh yang menderita keracunan segera dilarikan ke tiga rumah sakit terdekat. Keracunan itu diduga berasal dari makanan yang mereka makan di kantin pabrik. 12 April. kembali mengalami keracunan makanan. "Saya mulai merasa mual ketika masih bekerja di pabrik. Rasa mual berlanjut dengan muntahmuntah dan buang air besar. Selain itu. Produk laut lain yang sering menimbulkan keracunan adalah jenis kerang-kerangan. bekukanlah ikan laut (simpan dalam lemari pendingin) segera setelah ditangkap. sebanyak 125 buruh pabrik itu dilarikan ke tiga rumahsakit (RS) di Tangerang karena diduga mengalami keracunan makanan.persendian. rasa mual baru terasa ketika sudah pulang ke rumah kontrakan. tahanlah untuk memakannya pada musim panas. No. kerang. menggigil. dan diRS As Sobhirin 10 orang. Agar tidak keracunan kerang. dan jenis kerang-kerangan lain yang hidup di daerah laut tertentu sering mengandung racun. kejang perut yang diikuti kelemahan otot dan kelumpuhan saraf tepi. Kegagalan pernapasan juga bisa terjadi hingga berujung pada kematian. Kecamatan Legok. dan otot tubuhterasa lemah. Sebagian dari buruh yang keracunan adalah mereka yang juga mengalami penderitaanyang sama pada bulan lalu. sakit pada saat kencing.berupa rasa kebal di sekitar mulut. demam. Gejala keracunan timbul lima sampai 30 menit setelah makanan tertelan. sebaiknya jangan mengonsumsi jenis ikan yang beracun. mual. Saat keracunan pada bulan lalu. Menurut beberapa buruh yang tengah dirawat di RS Qadr. 3. Kabupaten Tangerang. tiram. 6.

htm Mengatasi Keracunan Makanan Keracunan makanan merupakan penyakit yang diakibatkan pengkonsumsian makan atauminuman yang memiliki kandungna bakteri. Jumat. Beberapa buruh menyusul masuk ke rumah sakit pada Kamis pagi. beberapa keracunan juga dapat menyebabkan kematian. sebagian besar keracunan makan akibat kesalahandalam mengolah makanan.Gejala-gejala yang dimaksud adalah nyeri perut. dan beberapa gejalayang mengancam nyawa meliputi gaangguan pada fungsi neurologis.kompas. Sampai dengan Kamis siang.com/kompas-cetak/0204/12/METRO/buru17. •Kesalahan memasak atau menghangatkan kembali makanan. muntah. •Kontaminasi silang . Padabulan lalu. Ketika itu penyebab keracunan diduga pula berasal dari makanan di kantin pabrik. dan/atau toksinnya. (MUL) Sumber : Kompas. parasit. virus atau bahan-bahankimia yang dapat menyebabkan gangguan di dalam fungsi normal tubuh.seorang buruh perempuan. seperti : •Membiarkan makanan yang telah siap saji pada suhu yang baik bagi bakteri untuk tumbuh. sakit kepala. Keracunan yang dialami buruh PT LG merupakan peristiwa kedua dalam satu bulan ini.Menurut Center of Disease Control (CDC). sebanyak 139 buruh PT LG juga dilanda keracunan. diare. hati dan ginjal. 12 April 2002 http://www. Beberapa gejala yang timbul akibat keracunan biasanya ringan tetapi dapat hingga berat danmemerlukan perawatan di rumah sakit. sejumlah buruh masih dirawat di tiga RS itu.

Dan pada rumah sakit dapat dilakukan pemeriksaandiagnosti lebih baik. maka hal yang paling tepat dilakukanadalah membawa korban ke RS untuk menerima perawatan lebih intesnsif. korban harus menerima cairan lebihintensif melalui infus. Hindari makan makanan yang asam yang dikemas dalam kemasan yangterbuat dari logam. Untuk mencegah terjadinya keracunan makanan.aluminium hidroksida. sebab pengobatan simptomatik saja tidak cukup. Sehingga tidak terdapat syok karena kurang cairan ○ Penyerap cairan untuk mengurangi kehilangan cairan seperti kaopektat. kita sebaiknya melakukan : Pengelolaan sistem hiegen yang baik Pengolahan makanan yang baik Hindari terjadi kontaminasi dari mana pun Simpan makanan dalam suhu yang tepat (< 5oC untuk makanan yangdisimpan dalam kulkas dan > 60oC untuk makanan yang panas).•Kontaminasi oleh tangan pengolah makanan (koki) Beberapa hal yang perlu dilakukan jika menemui pada keracunanyang memiliki gejala diare: kasus keracunan khususnya ○ Rehidrasi dan suplementasi elektrolit yang tepat. ○ Jika gejala tetap persisten lebih dari 3 hari. .

Keracunan Makanan Add To Collection 10.Flag document for inapproriate content Download and print this document Choose a format to download in .TXT Recommended 8 p.KERACUNAN MAKANANMailia Ulfa785 ReadsLeave a CommentSubmitCharacters: 400About About Scribd Blog Join our team! Contact UsPremium Premium Reader Scribd StoreAdvertise with us Get started AdChoices Support Help FAQ Press Partners Publishers Developers / APILegal Terms .DOCX .Gawat DaruratDm Rahman Hariyanto 27399 Reads 11 p.PDF . Hindari mengkonsumsi makanan setengah matang.Info and RatingCategory:Uncategorized.7 KReads 27 Readcasts 1 EmbedviewsPublishedbymegy_spTIP Press Ctrl-F to search anywhere in the document.Rating: Upload Date: 09/30/2010Copyright: Attribution Non-commercialTags:This document has no tags.Definisi KeracunanYudi Saintzz Brogethz12092 Reads45 p.Hindari makan jamur yang liar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful