Pendahuluan

Studi bioekivalensi harus dilakukan untuk perbandingan dua obat produk yang mengandung zat aktif yang sama. Penelitian harus memberikan sebuah tujuan cara kritis menilai kemungkinan penggunaan alternatif dari mereka. Dua produk yang dipasarkan oleh berbagai pemegang lisensi, mengandung bahan aktif yang sama, harus terbukti terapi setara dengan satu sama lain untuk dipertimbangkan dipertukarkan. Salah satu metode beberapa tes yang dapat menilai kesetaraan adalah studi bioekivalensi, di mana zat obat aktif satu atau lebih metabolit diukur dalam cairan biologis diakses seperti plasma, darah atau urin. Untuk obat yang harus dipertimbangkan bioekuivalen ke referensi obat, daerah di bawah kurva konsentrasi plasma-waktu (AUC) obat harus berada dalam jarak 80-125% dari AUC referensi's obat.

Clopidogrel adalah inhibitor agregasi platelet melalui selektif mengikat untuk siklase adenilat-coupled reseptor ADP di platelet yang permukaan. Clopidogrel tidak aktif dan membutuhkan metabolisme hati yang menghasilkan suatu metabolit aktif. Pada manusia, tingkat yang sangat rendah induk majemuk yang terdeteksi pada sampel plasma. Kebanyakan beredar majemuk (85% dari senyawa yang beredar di manusia) adalah karboksilat asam turunan dari clopidogrel yang tidak memiliki efek farmakologis. Namun demikian, sebagai metabolit aktif tidak terdeteksi dalam darah, digunakan untuk mendokumentasikan profil farmakokinetik clopidogrel. Clopidogrel bisulfat secara kimiawi digambarkan sebagai metil (+)-Sa(2-klorofenil) -6,7-dihydrothieno [3,2-c] piridin-5 sulfat (4H)-asetat. Formula empiris adalah C16H16Cl NO2S × H2SO4 dengan molekul berat 419,9. Clopidogrel bisulfat adalah putih bubuk off-white,

stroke. atau didirikan penyakit arteri perifer. Tidak diperlukan penyesuaian dosis untuk pasien lanjut usia atau pasien dengan penyakit ginjal. Struktur kimia dari metabolit ini adalah: Gambar ii. dan kematian vaskuler) pada pasien dengan aterosklerosis terdokumentasi oleh stroke baru-baru ini. Struktur kimia asam karboksilat clopidogrel (SR 26334) Clopidogrel diindikasikan untuk mengurangi kejadian aterosklerotik (Infark miokard. tapi bebas larut pada pH 1. dan praktis tidak larut dalam eter etil.praktis tidak larut dalam air pada pH netral. hemat dalam metilen klorida. . Hal ini juga larut secara bebas dalam metanol. Struktur kimia clopidogrel Clopidogrel asam karboksilat (SR 26334) adalah metabolit diidentifikasi utama tabolite dari clopidogrel dibentuk oleh hidrolisis ester metil clopidogrel. infark miokard. Struktur kimia: Gambar i. dosis clopidogrel yang direkomendasikan adalah 75 mg sekali sehari dengan atau tanpa makanan.

Ini merupakan sekitar 85% dari senyawa obat yang beredar dalam plasma.00025 mg / ml) 2 jam setelah pemberian dosis. kejadian buruk klinis penting diamati adalah perdarahan. Setelah mengulangi oral dosis 75-mg clopidogrel. tetapi metabolit aktif yang bertanggungjawab terhadap aktivitas obat belum terisolasi. operasi. diare dan sembelit). Penghilangan hal-hidup (t ½) dari metabolit sirkulasi utama adalah 8 jam setelah administrasi tunggal dan berulang. Clopidogrel juga menghambat agregasi platelet diinduksi dengan agonis selain ADP dengan menghalangi amplifikasi aktivasi platelet oleh ADP dirilis. Farmakokinetik utama beredar metabolit yang linear (plasma konsentrasi peningkatan proporsi . sehingga menghambat agregasi platelet. Clopidogrel secara ekstensif dimetabolisme oleh hati. Clopidogrel selektif menghambat pengikatan adenosin difosfat (ADP) kepada para platelet reseptor dan aktivasi ADP-mediated berikutnya dari glikoprotein GPIIb / kompleks IIIa. neutropenia dan ruam. dispepsia. Clopidogrel memperpanjang waktu perdarahan dan harus digunakan dengan hati-hati pada pasien yang mungkin berisiko perdarahan meningkat dari trauma. atau kondisi patologis lainnya (seperti gastrointestinal borok). gastritis. dengan kadar plasma puncak (Cmax) sekitar 3 mg / ml metabolit sirkulasi utama yang terjadi sekitar 1 jam setelah dosis. Metabolit sirkulasi utama adalah karboksilat asam derivatif. Clopidogrel tidak menghambat aktivitas fosfodiesterase. Biotransformasi clopidogrel diperlukan untuk menghasilkan penghambatan agregasi platelet. Clopidogrel dengan cepat diserap setelah pemberian oral berulang dosis 75 mg clopidogrel (dasar). dan juga tidak berpengaruh terhadap agregasi trombosit. sangat rendah dan umumnya di bawah batas kuantifikasi (0. gastrointestinal gangguan (misalnya nyeri perut. yang tidak menghambat platelet efek.Clopidogrel adalah inhibitor agregasi trombosit.konsentrasi plasma dari senyawa induk.

Adsorpsinya minimal 50% berdasarkan ekskresi metabolit clopidogrel terkait. Administrasi clopidogrel dengan makanan tidak signifikan memodifikasi bioavailabilitas clopidogrel sebagaimana dinilai oleh farmakokinetik dari metabolit sirkulasi utama. . In vitro dan in vivo. Dalam plasma dan urin. clopidogrel mengalami hidrolisis cepat ke dalam karboksilat asam derivatif. Sanofi Synthelabo). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bioavailabilitas yang perumusan PT Dexa Medica's 75 mg clopidogrel tablet (Vaclo) adalah setara dengan obat referensi (Plavix ®. Clopidogrel mengikat metabolit utama yang beredar reversibel in vitro untuk protein plasma manusia (98% dan 94%.untuk dosis) dalam kisaran dosis 50 sampai 150 mg clopidogrel. yang glukuronat dari turunan asam karboksilat juga diamati. masing-masing).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful