You are on page 1of 6

MANUFACTURE - MAINTENANCE - AND - OPERATION

MINI STEAM POWER PLANT 3kW
BIOMASS FIRED

STANDARD OPERATING PROCEDURE

FLOWCHART

HIDUPKAN LISTRIK NYALAKAN BOILER
tunggu.... belum

MENCAPAI 8 BAR?
sudah

NYALAKAN SISTEM PENDINGINAN BUKA KATUP MASUK UAP KE TURBIN AMATI MATIKAN BOILER

1

HIDUPKAN LISTRIK
Hidupkan MCB utama, (pastikan dengan menyalakan saklar utama), kemudian hidupkan MCB dengan label FUEL FEEDER

2

NYALAKAN BOILER
1. Masukkan arang ke dalam hopper, kemudian hidupkan switch pada panel beberapa langkah. 2. Nyalakan arang dengan menggunakan minyak tanah/solar kemudian nyalakan dengan menggunakan api 3. Setelah muncul bara, hidupkan MCB blower untuk membesarkan bara 4. Setelah membesar atur panel kontrolnya untuk menjalankan fuel feeder setiap selang waktu tertentu 5. Cek level air pada boiler, apabila kurang dari 1/4 tinggi, nyalakan MCB dengan label POMPA HIJAU, dan matikan apabila level telah mencapai 3/4 tinggi 6. Tutup katup pembuangan uap. 7. Tunggu hingga mencapi 8 - 9 bar

1 2

la ve le

ir

6

3

SISTEM PENDINGINAN
Setelah pressure gage menunjukkan bahwa tekanan uap sudah mencapai 8 bar, nyalakan MCB dengan label POMPA HITAM, FAN, & BLOWER.

4

BUKA KATUP INLET UAP
Buka katup inlet uap yang tidak memiliki solenoid valve Amati panel kontrol DLC di ruang operator

open

1. Akan menunjukkan putaran 1500 RPM 2. Akan menunjukkan tegangan 220 volt 3. Akan menunjukkan frekuensi 50 Hz 4. Akan menunjukkan arus + 4 ampere Dengan menyetel mode pada panel, maka akan muncul daya aktual yang dihasilkan

5

MATIKAN BOILER
Perhatikan bahwa boiler adalah elemen yang memiliki potensi bahaya terbesar. Apabila ada panas & air, maka panas itu akan diserap oleh air dan digunakan untuk berubah fasa menjadi uap. Apabila tidak ada air, maka panas akan diserap oleh udara di dalam boiler. Udara yang dipanaskan akan bertambah volumenya. Semakin banyak panas yang diserap, maka besar kemungkinan boiler akan meledak. Maka, setelah selesai melakukan pengamatan, harap diyakinkan bahwa api sudah mati, buka katup pembuangan uap (untuk membuang uap sisa yang masih berproduksi), dan isi boiler dengan air (untuk menyerap panas yang tersisa). Pressure safety valve (PSV) yang terpasang di atas boiler akan terbuka saat tekanan mencapai 10 bar. Namun demikian sering terjadi kasus PSV macet karena jarang dirawat.

DANGER

!

Apabila hendak dilakukan pengujian selama 24 jam penuh, harap diyakinkan bahwa level air selalu di dalam batas yang telah ditunjukkan.

MANUFACTURE - MAINTENANCE - AND - OPERATION

©2008