BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

2.1.

Air Air adalah sebuah zat yang ada di alam yang dalam kondisi normal di atas

permukaan bumi ini berbentuk cair, akan membeku pada suhu di bawah nol derajat celcius dan mendidih pada suhu seratus derajat celcius. Ahli kimia mendefinisikannya terdiri dari dua unsur yaitu oksigen dengan dua ‘lengan’ menggandeng hidrogen membentuk satu kesatuan disebut molekul. Setiap tetes air yang kita lihat terkandung di dalamnya bermilyar-milyar molekul tadi yang saling tumpang-tindih, yang tidak dapat kita lihat dengan mata kita. Indera kita hanya mampu untuk melihat wujudnya sebagai zat cair, kita rasakan dengan tangan dan lidah seperti layaknya air, kita baui dengan hidung sebagai salah satu tanda bahwa di dalam tubuh kita terdapat trilyunan molekul-molekul air tersisip dihampir semua organ tubuh terutama otak, darah, paruparu, jantung, ginjal, otot dan hati. Yang secara total bisa dikatakan lebih dari tujuh puluh persen bagian tubuh kita sebenarnya adalah air (Chandra, 2007). Air adalah zat yang sangat dibutuhkan manusia, dengan terpenuhinya kebutuhan air, maka proses metabolisme dalam tubuh manusia dapat berlangsung dengan baik. Sebaliknya jika kekurangan air proses metabolisme akan terganggu dan akibatnya akan menimbulkan kematian. Salah satu upaya pengamanan makanan dan minuman untuk melindungi kesehatan masyarakat adalah pengawasan terhadap kualitas air minum. Hal tersebut dikarenakan air minum merupakan salah satu
pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms, simply open the document you want to convert, click “print”, select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now!

komponen lingkungan yang mempunyai peranan cukup besar dalam kehidupan. Air dari sumber air baku harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu sampai air tersebut memenuhi syarat kesehatan (Mulia, 2005). Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat (Notoatmodjo, 2003).

2.2.

Sumber Air Air yang berada di permukaan bumi berasal dari berbagi sumber, berdasarkan

letak sumbernya air dapat dibagi sebagai berikut: 2.2.1. Air Angkasa (Hujan) Air angkasa atau air hujan merupakan sumber utama air di bumi. Walaupun pada saat presipitasi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfir. 2.2.2. Air Permukaan Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, waduk, rawa, air terjun dan sumur permukaan, sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. 2.2.3. Air Tanah Air tanah berasal dari hujan yang jatuh ke permukaan bumi yang kemudian mengalami perkolasi atau penyerapan ke dalam tanah dan mengalami filtrasi secara
pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms, simply open the document you want to convert, click “print”, select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now!

sangat diperlukan adanya sumber air yang dapat menyediakan air yang baik bagi dari segi kuantitas dan kualitas.3. 2006). select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . membuat air tanah menjadi lebih baik dan lebih murni dibandingkan air permukaan.alamiah. 2. Standar air baku air minum yang berlaku meliputi parameter fisik. 2007). industri dan pertanian menjadi penyebab peningkatan beban pencemaran sumber-sumber air. Air tanah juga mengandung zat-zat mineral yang cukup tinggi. Air tanah merupakan sumberdaya alam yang ketersediaannya secara kuantitas maupun kualitas sangat tergantung pada kondisi lingkungan. Pertama. simply open the document you want to convert. click “print”. sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang Syaratsyarat dan Pengawasan Kualitas Air. Proses yang telah dialami air hujan tersebut. Pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan harusnya menjadi pedoman bagi masyarakat khususnya pengguna sumberdaya alam agar lingkungan hidup tetap terjaga keberlangsungannya (Slamet. Persediaan air tanah juga cukup tersedia sepanjang tahun. kimia dan mikrobiologi dan parameter radioaktivitas yang terdapat di dalam air tersebut (Lampiran 2) (Depkes. Air tanah memiliki beberapa kelebihan dibanding sumber air lain. Mata air adalah air tanah yang banyak digunakan sebagai sumber baku bagi depot AMIU. di dalam perjalanannya ke bawah tanah. Pertumbuhan jumlah penduduk. air tanah biasanya bebas dari kuman penyakit dan tidak perlu mengalami proses purifikasi atau penjernihan. Mengingat pentingnya peran air. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Air Baku Air baku adalah air yang memenuhi persyaratan air bersih. saat musim kemarau sekalipun. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms.

4. parameter kimia. Penelitian ini mengambil sumber air baku dari mata air pegunungan. Alat ukur yang digunakan adalah Spektrofotometer.4. parameter mikrobiologi dan parameter radioaktivitas yang terdapat di dalam air tersebut (Mulia. Parameter fisika meliputi bau. Padatan terlarut total (TDS) dengan pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . tidak berwarna. kekeruhan. harus memenuhi persyaratan-persyaratan kesehatan agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Di dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002. tidak memiliki rasa/ tawar dan suhu untuk air minum idealnya ± 30 C. air mandi dan keperluan lainnya. simply open the document you want to convert. warna dan jumlah zat padat terlarut (TDS). persyaratan air minum dapat ditinjau dari parameter fisika. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. 2. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Nomor 651/MPP/Kep/10/2004 dalam Pasal 3 menetapkan bahwa depot air minum dilarang mengambil air baku yang berasal dari air PDAM yang ada dalam jaringan distribusi untuk rumah tangga. click “print”. untuk air minum. Air yang baik idealnya tidak berbau. 2.1. Kualitas Air Pengadaan air bersih untuk kepentingan rumah tangga.Pada umumnya air baku depot AMIU bersumber dari air tanah seperti mata air pegunungan dan PDAM. rasa. Parameter Fisika Parameter fisika menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 umumnya dapat diidentifikasi dari kondisi fisik air tersebut. suhu. 2005).

Sedangkan zat kimia organik dapat berupa insektisida dan herbisida. 2. Dalam laboratorium. 2005).bahan terlarut diameter < 10 -6 dan koloid (diameter 10 -6 .4.4. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . 2003).4. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. 2. simply open the document you want to convert. Dalam standard air minum di Indonesia zat kimia anorganik dapat berupa logam. Beta dan Gamma berbeda dalam kemampuan menembus jaringan tubuh (Mulia. Parameter Mikrobiologi Parameter mikrobiologi menggunakan bakteri coliform sebagai organisme petunjuk. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Korosi dari pipa penyalur air minum dapat juga sebagai penyebab kehadiran logam dalam air (Mulia.10 -3 mm) yang berupa senyawa kimia dan bahan-bahan lain (Effendi. 2. zat-zat berbahaya serta beracun serta derajat keasaman (PH). istilah total koliform menunjukkan bakteri koliform yang berasal dari tinja manusia atau hewan berdarah panas lainnya. kerusakan yang terjadi ditentukan oleh intensitas serta frekuensi dan luasnya pemaparan. Sinar Alpha. Sumber logam dalam air dapat berasal dari industri. pertambangan ataupun proses pelapukan secara alamiah.3. 2005). Penentuan parameter mikrobiologi dimaksudkan untuk mencegah adanya mikroba pathogen di dalam air minum (Mulia. Parameter Radioaktivitas Efek radioaktivitas adalah menimbulkan kerusakan pada sel. zat reaktif. Parameter Kimia Parameter kimia dikelompokkan menjadi kimia an organik dan kimia organik. 2005). click “print”.4.2.

pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents.5. click “print”. Parameter Kimia a. 2.2. rasa dan bau.5. sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 (Lampiran 2).5. Dalam penelitian ini sampel AMIU yang diperiksa dibatasi pada parameter yang berhubungan langsung dengan kesehatan sebagai berikut: 2. Kimia an-organik: 1) Air raksa 2) Fluorida 3) Kromium-val.1. Jumlah kekeruhan warna.2. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Parameter Fisik Parameter fisik meliputi suhu. jumlah zat padat terlarut (TDS).6 4) Kadmium 5) Nitrit. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . sbg-N 6) Nitrat. sbg-N 7) Mangan 8) Klorida 9) Besi Parameter yang diukur hanya besi. simply open the document you want to convert. Air Minum Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa air sangat memegang peranan penting dalam aktivitas manusia (Slamet. E. 2007). Coli b. sekitar 55 – 60% berat badan orang dewasa terdiri dari air. Menurut Notoadmodjo (2003). Manfaat air di dalam tubuh manusia antara lain untuk melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan tubuh. Air Minum dan Manfaatnya Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. click “print”. Parameter Mikrobiologi a. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.3. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Total Koliform 2. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. untuk anak-anak sekitar 65% dan untuk bayi sekitar 80%. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . untuk transportasi zat-zat makanan dalam tubuh semuanya dalam bentuk larutan dengan pelarut air. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum.5.6. Air minum isi ulang dikelola oleh depot air minum yaitu badan usaha yang mengelola air minum untuk keperluan masyarakat dalam bentuk curah dan tidak dikemas. mempertahankan suhu tubuh dengan cara penguapan keringat. simply open the document you want to convert.2.

Penilaian higiene sanitasi depot air minum didasarkan pada nilai persyaratan pemeriksaan fisik higiene sanitasi depot air minum.7. Air yang keluar dari saringan 1 mikron dinyatakan telah bebas dari bau dan bakteri. Selanjutnya adalah tahap mematikan bakteri yang mungkin masih tersisa dengan menggunakan sinar ultra violet. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Tahap berikutnya adalah penyaringan air dengan saringan berukuran 10 mikron kemudian melalui saringan 1 mikron untuk menahan bakteri. simply open the document you want to convert. Prinsip pengolahan air pada dasarnya harus mampu menghilangkan semua jenis polutan. 2004).2. 2005). select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . ozonisasi dan Reversed Osmosi (Pitoyo. Higiene Sanitasi Depot AMIU Higiene sanitasi adalah usaha yang dilakukan untuk mengendalikan faktor- faktor air minum. click “print”.8. baik fisik. tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan lainnya (Depkes. lokasi bangunan dan sarana pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. air akan melewati filter dari bahan silica untuk menyaring partikel kasar. kimia maupun mikrobiologi. 2. Depot Air Minum Isi Ulang Depot air minum isi ulang adalah usaha industri yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum dan menjual langsung kepada konsumen (Deperindag. Pertama. 2006). Proses pengolahan air pada depot AMIU terdiri atas penyaringan (filtrasi) dan desinfeksi. Setelah itu memasuki tabung karbon aktif untuk menghilangkan bau. ditampung pada tabung khusus yang berukuran lebih kecil dibanding tabung penampung air baku. penjamah.

Pedoman ini terinci dalam bagian-bagian sebagai berikut: 1. tempat penumpukan barang bekas. 2. 651/MPP/Kep/10/2004 dimuat pedoman cara produksi yang baik depot air minum. binatang kecil. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Desain dan konstruksi depot. 2. Penyimpanan air baku dan penjualan. Pemeliharaan sarana produksi dan program sanitasi. tempat yang kurang baik sistem saluran pembuangan air dan tempat-tempat lain yang diduga dapat mengakibatkan pencemaran. Produk air minum. pengerat. tempat bersembunyi/berkembang biak serangga. Dalam lampiran Kep Men Perindustrian dan Perdagangan RI tentang Persyaratan Teknis Depot Air Minum dan Perdagangannya No. Pedoman cara produksi yang baik depot air minum memberikan penjelasan mengenai cara produksi air minum yang baik pada seluruh mata rantai produksi air minum.8.sanitasi.1. 6. 3. Proses produksi. Bahan baku. 5. mesin dan peralatan produksi. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . daerah tempat pembuangan kotoran/sampah. mulai dari pengadaan bahan sampai penjualan ke konsumen. 7. Desain dan Konstruksi Depot Lokasi di Depot Air Minum harus terbebas dari pencemaran yang berasal dari debu di sekitar Depot. 4. Karyawan. click “print”. simply open the document you want to convert. dan lain-lain.

Tempat pengisian harus didisain hanya untuk maksud pengisian produk jadi dan harus menggunakan pintu yang dapat menutup rapat.Ruang proses produksi menyediakan tempat yang cukup untuk penempatan peralatan proses produksi. Pengecekan terhadap perlengkapan ventilasi perlu dilakukan secara rutin agar tidak ada debu dan dijaga tetap bersih. Konstruksi lantai. sehingga karyawan/personil mempunyai pandangan yang terang untuk dapat melihat setiap kontaminasi produk. Dianjurkan penggunaan lampu yang anti hancur dan atau lampu yang memakai pelindung sehingga jika pecah. Pembersihan dilakukan secara rutin dan dijadwalkan. berwarna terang dan tidak menyerap sehingga mudah dibersihkan. Desain tempat pengisian harus sedemikian rupa sehingga semua permukaan dan semua peralatan yang ada di dalamnya dapat dibersihkan serta disanitasi setiap hari. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Ventilasi harus cukup untuk meminimalkan bau. simply open the document you want to convert. Dinding dan plafon harus rapat tanpa ada keretakan. click “print”. Penerangan di area proses produksi. pecahan gelas lampu tidak mengkontaminasi produksi. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. tempat pencucian/pembilasan/sterilisasi/ pengisian galon harus cukup terang untuk mengetahui adanya kontaminasi fisik. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Dinding ruang pengisian harus dibuat dari bahan yang licin. Area produksi harus dapat dicapai untuk inspeksi dan pembersihan di setiap waktu. dinding dan plafon area produksi harus baik dan selalu bersih. pencucian/pembilasan/sterilisasi dan pengisian galon. gas atau uap berbahaya dan kondensat dalam ruang proses produksi.

click “print”. Sumber air baku harus terlindungi dari cemaran kimia dan mikrobiologi yang bersifat merusak/mengganggu kesehatan. b. untuk itu beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjamin mutu air baku meliputi: a. simply open the document you want to convert. Mesin dan peralatan produksi Mesin dan peralatan produksi yang digunakan dalam Depot Air Minum terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.2. Bahan mesin dan peralatan Seluruh mesin dan peralatan yang kontak langsung dengan air harus terbuat dari bahan tara pangan (food grade). Bahan wadah yang dapat digunakan/disediakan Depot Air Minum harus memenuhi syarat bahan tara pangan (food grade). rasa. pelindung lain atau pintu yang menutup sendiri untuk mencegah serangga. 2006). desinfektan maupun terhadap produknya. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. fisika. 2. Bahan baku Bahan baku utama yang digunakan adalah air yang diambil dari sumber yang terjamin kualitasnya.8. tidak bereaksi terhadap bahan pencuci. Air baku diperiksa secara berkala terhadap pemeriksaan organoleptik (bau.Semua bagian luar yang terbuka atau lubang harus dilindungi dengan layar/screen. warna). 2. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. kimia dan mikrobiologi. yaitu: a. Mesin dan Peralatan Produksi 1. burung dan binatang kecil masuk ke dalam Depot (Depkes. tahan korosi dan tidak bereaksi dengan bahan kimia. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Bahan Baku.

dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan tertentu. rasa. Fungsi desinfektan adalah untuk membunuh kuman patogen. 2) Unit pengolahan air (water treatment) terdiri dari: a) Prefilter (saringan pasir = sand filter) Fungsi prefilter adalah menyaring partikel-partikel yang kasar. c) Filter lain Fungsi filter ini adalah sebagai saringan halus berukuran maksimal 10 (sepuluh) micron. 3) Alat pengisian. Mesin dan alat untuk memasukkan air minum kedalam wadah (Depkes. 2006). select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . b) Karbon filter Fungsi karbon filter adalah sebagai penyerap bau. dengan bahan dari pasir atau jenis lain yang efektif dengan fungsi yang sama. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. warna. sisa khlor dan bahan organik. d) Alat desinfektan (ozonisasi dan atau UV dengan panjang gelombang 254 nm 2537 A). click “print”. simply open the document you want to convert. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents.b. Jenis mesin dan peralatan Mesin dan peralatan dalam proses produksi di Depot Air Minum sekurangkurangnya terdiri dari: 1) Bak atau tangki penampungan air bak.

Penampungan Air Baku dan Syarat Bak Penampung Air baku yang diambil dari sumbernya diangkut dengan menggunakan tangki dan selanjutnya ditampung dalam bak atau tangki penampung (reservoir). simply open the document you want to convert. Proses Produksi AMIU di Depot pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. harus bebas dari bahanbahan yang dapat mencemari air.2. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Proses Produksi Urutan proses produksi air minum di Depot Air Minum adalah sebagai berikut: 1.8. click “print”. Silica Mg Air Pegunungan Resin Carbon Pompa Air 3000 lt 3000 lt Pembilasan Penampungan Air Baku Penampungan Air Micro Filter Pre Filter U V & Ozon 1000 lt Pompa Air Micro Filter Pengisian Gambar 2. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! .1. Bak penampung harus dibuat dari bahan tara pangan (food grade).3.

pompa dan sambungan harus terbuat dari bahan tara pangan (food grade). 2. Tangki. disanitasi dan desinfeksi bagian luar dan dalam minimal 3 (tiga) bulan sekali. d. Khusus digunakan untuk air minum. e. Selang dan pompa yang dipakai untuk bongkar muat air baku harus diberi penutup yang baik.Tangki pengangkutan mempunyai persyaratan yang terdiri atas: a. jumlah air dan tanggal pengadaan. Harus mempunyai manhole. simply open the document you want to convert. Pengisian dan pengeluaran air harus melalui kran. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Tangki pengangkutan harus dibersihkan. Saringan berasal dari pasir atau saringan lain yang efektif dengan fungsi yang sama. disimpan dengan aman dan dilindungi dari kemungkinan kontaminasi. c. galang. Mudah dibersihkan serta di desinfektan dan diberi pengaman. b. tahan korosi dan bahan kimia yang dapat mencemari air. Penyaringan Bertahap a. click “print”. Dokumen pengadaan air baku harus tersedia dalam Depot Air Minum yang isinya antara lain adalah nama pemasok/pemilik sumber air. Ukuran butir-butir yang dipakai ditentukan dari mutu kejernihan air yang dinyatakan dalam NTU. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Fungsi saringan pasir adalah menyaring partikel-partikel yang kasar. Bahan yang dipakai adalah butir-butir silica (SiO2) minimal 80%.

Bilamana dilakukan pencucian maka harus dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis deterjen tara pangan (food grade) dan air bersih dengan suhu berkisar 600 – 850 C. sisa khlor dan bahan organik. simply open the document you want to convert. Saringan karbon aktif yang berasal dari batu bara atau batok kelapa berfungsi sebagai sebagai penyerap. rasa. dapat dilakukan dengan cara penyinaran Ultra Violet (UV) dengan panjang gelombang 253 nm atau kekuatan 2537 A dengan intensitas minimum 10. Wadah yang akan diisi harus disanitasi dengan menggunakan ozon (O3) atau air ozon (air yang mengandung ozon). Pembilasan. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. c. click “print”. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms.06 – 0.000 mw detik per cm2. Depot Air Minum wajib memeriksa wadah yang dibawa konsumen dan menolak wadah yang dianggap tidak layak untuk digunakan sebagai tempat air minum.b. Tindakan desinfeksi selain menggunakan ozon. Daya serap terhadap Iodine (I2) minimal 75%. 3. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . 2005).1 ppm dan residu ozon sesaat setelah pengisian berkisar antara 0. warna. Proses desinfeksi dengan menggunakan ozon berlangsung dalam tangki atau alat pencampur ozon lainnya dengan konsentrasi ozon minimal 0. a. Saringan/Filter lainnya yang berfungsi sebagai saringan halus berukuran maksimal 10 (sepuluh) micron (Pitoyo.1 ppm. Desinfeksi Desinfeksi dimaksudkan untuk membunuh kuman patogen. Pancucian dan Sterilisasi Wadah Wadah yang dapat digunakan adalah wadah yang terbuat dari bahan tara pangan (food grade) dan bersih.

click “print”. 2006). Pengisian Pengisian wadah dilakukan dengan menggunakan alat dan mesin serta dilakukan dalam tempat pengisian yang higienis.8. untuk pertama kali produk air harus dilakukan pengujian mutu yang dilakukan oleh laboratorium yang terakreditasi atau ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten/Kota yang terakreditasi.5. Harus dilakukan usaha pencegahan masuknya pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. simply open the document you want to convert. Produk Air Minum Sebelum dijual. Pemeliharaan Sarana Produksi dan Program Sanitasi a.8. 1). Pengendalian dan pengujian mutu untuk menjamin tercapainya mutu sesuai keputusan Menteri Kesehatan yang berlaku dengan cara mengambil sampel dari titik keluarnya air minum (pengisian). Catatan: Air bekas pencucian maupun bekas pembilasan tidak boleh digunakan kembali sebagai bahan baku produksi (harus dibuang). 2.4. Pengujian mutu air minum wajib memenuhi persyaratan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907/Menkes/SK/VII/2002. Pemeliharaan Sarana Produksi Bangunan dan bagian-bagiannya harus dipelihara dan dikenakan tindak sanitasi secara teratur dan berkala. 2. 2) Penutupan Penutupan wadah dapat dilakukan dengan menutup yang dibawa konsumen dan atau yang disediakan oleh depot air minum (Depkes.kemudian dibilas dengan air minum/air produk secukupnya untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen yang dipergunakan untuk mencuci. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! .

Wadah cacat harus dinyatakan tidak dapat dipakai dan tidak boleh diisi. tutup kepala dan sepatu yang sesuai. Wadah yang dibawa oleh konsumen harus disanitasi dan diperiksa sebelum pengisian. Program Sanitasi Permukaan peralatan yang kontak dengan bahan baku dan air minum harus bersih dan disanitasi setiap hari. b.6. Karyawan bagian produksi (pengisian) diharuskan menggunakan pakaian kerja. oksidasi dan residu lainnya. dan setelah pengisian. penyakit kulit atau hal lain yang diduga dapat mengakibatkan pencemaran terhadap air minum.binatang pengerat (tikus).8. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Permukaan yang kontak dengan air minum harus bebas dari kerak. bebas dari luka. simply open the document you want to convert. Karyawan Karyawan yang berhubungan dengan produksi harus dalam keadaan sehat. serangga dan binatang kecil lainnya ke dalam bangunan proses produksi maupun tempat pengisian. Mesin dan peralatan yang berhubungan langsung dengan bahan baku atau pun produk akhir harus dibersihkan dan dikenakan tindak sanitasi teratur. 2. wadah ditutup dengan penutup tanpa disegel. sehingga tidak menimbulkan pencemaran terhadap produk akhir. Proses pengisian dan penutupan dilakukan secara saniter yakni dilakukan dalam ruang yang higienis. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. click “print”. Karyawan harus mencuci tangan sebelum melakukan pekerjaan terutama pada saat penanganan wadah dan pengisian. Mesin dan peralatan yang digunakan oleh Depot AMIU harus dirawat secara berkala dan apabila sudah habis umur pakainya harus diganti sesuai ketentuan teknis.

tetapi air minum pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Penjualan Depot air minum tidak boleh melakukan penjualan secara eceran melalui toko/kios/warung dan hanya diperbolehkan menjual di tempat usaha langsung kepada konsumen yang membawa wadah miliknya sendiri atau disediakan oleh depot. Penyimpanan hanya boleh dilakukan untuk air baku dalam tangki penampung. meludah atau melakukan tindakan lain selama melakukan pekerjaan yang dapat menyebabkan pencemaran terhadap air minum (Depkes.7. 2006). b. Penyimpanan Air baku Bak penampung air baku harus dibuat dari bahan tara pangan (food grade). simply open the document you want to convert. Pelaksanaan penjualan/pengisian dilakukan seperti uraian pada proses pengisian air minum yang dimulai dari pembilasan/pencucian/sterilisasi wadah. Air minum bukan air murni.9.8. pengisian dan penutupan (Depkes. 2. meskipun bahan-bahan tersuspensi dan bakteri mungkin telah dihilangkan dari air tersebut. 2003). 2. Depot air minum tidak boleh melakukan penyimpanan air minum yang siap dijual dalam bentuk kemasan. Pencemaran Air Pencemaran air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal. Penyimpanan Air Baku dan Penjualan a. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. bukan dari kemurniannya.Karyawan tidak diperbolehkan makan. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . harus bebas dari bahan-bahan yang dapat mencemari air. click “print”. merokok. Dengan demikian tidak ada stok air minum dalam wadah yang siap dijual.

Dysentrie amoeba disebabkan oleh protozoa bernama Entamoeba hystolytica. Gejala utamanya adalah panas yang pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. simply open the document you want to convert.masih mengandung komponen-komponen terlarut. TypHus Abdominalis juga merupakan penyakit yang menyerang usus halus dan penyebabnya adalah Salmonella typi. dan kolaps. 1992). 2. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . c. click “print”. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri vibrio Cholera. Menurut Slamet (2007) beberapa penyakit bawaan air yang sering ditemukan di Indonesia diantaranya: a. Penyakit menular yang disebarkan oleh air secara langsung disebut penyakit bawaan air (waterborne diseases). Air minum yang tidak tercemar tidak selalu merupakan air murni. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. b.10. 2005). Hal ini dapat terjadi karena air merupakan media yang baik tempat bersarangnya bibit penyakit/agent. Cholera adalah penyakit usus halus yang akut dan berat. tetapi adalah air yang tidak mengandung bahanbahan asing tertentu dalam jumlah melebihi batas yang ditetapkan sehingga air tersebut dapat digunakan secara normal untuk keperluan air minum (Ferdiaz. Gangguan kesehatan tersebut dapat berupa penyakit menular maupun penyakit tidak menular (Mulia. Gejala utamanya adalah muntaber. Pengaruh Air terhadap Kesehatan Penggunaan air yang tidak memenuhi persyaratan dapat menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan. dehidrasi. Gejala utamanya adalah tinja yang tercampur darah dan lendir. Gejala khasnya adalah tinja yang menyerupai air cucian beras.

2. Dengan klorinasi atau pencampuran kaporit kedalam air. mual dan rasa tidak enak badan. misalnya tentara pada waktu perang atau petugas survei yang harus bekerja di tempat yang jauh dan tak ada air bersih. 2. Penggunaan kaporit akan menimbulkan bau pada air dan untuk menghilangkannya diperlukan proses penyaringan dengan media karbon aktif. 3. yaitu: 1.11. sehingga bakteri terbunuh oleh radiasi sinar ultraviolet. Alternatif ini jarang digunakan. Air dialirkan melalui tabung dengan lampu ultraviolet berintensitas tinggi. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Penggunaan ini biasanya untuk keadaan memaksa. Dengan ultraviolet. simply open the document you want to convert. d. click “print”.1. Konsentrasi sekitar 2 ppm cukup untuk membunuh bakteri.11. Sanitasi air yang paling sederhana dengan memanaskan air hingga titik didih.terus-menerus dengan taraf kesadaran yang menurun. terjadi 1-3 minggu setelah infeksi. dengan mencampurkannya ke dalam air. Proses Sanitasi Proses sanitasi air dapat dilakukan dengan beberapa cara. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Untuk sanitasi air yang pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. 4. Jenis Pengolahan Air 2. Biasanya yang digunakan adalah perak nitrat. coli bersifat patogen dengan gejala kram perut. Diare disebabkan oleh bakteri Coliform misalnya E. Yang harus diperhatikan adalah intensitas lampu ultraviolet yang dipakai harus cukup. Penggunaan senyawa perak.

Klorinasi tidak digunakan dalam proses pengolahan air minum.Ca). Tidak ada residu atau hasil samping dari proses penyinaran dengan UV.11. peralatan dan kemasan akan ikut disanitasi sehingga produk yang dihasilkan akan lebih terjamin selama tidak ada kebocoran di kemasan. Ozon merupakan bahan sanitasi air yang efektif di samping sangat aman (Widiyanti. mikrofiltrasi membran dapat memisahkan partikel berukuran lebih kecil (0. Ozonisasi. 5. Namun. simply open the document you want to convert. 2. Penyaringan (filtrasi) dapat dibedakan menjadi dua. nanofiltrasi dapat memisahkan mikromolekul dan ion-ion bervalensi dua (misalnya Mg. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Radiasi sinar ultraviolet dapat membunuh semua jenis mikroba bila intensitas dan waktunya cukup. termasuk virus. ultrafiltrasi dapat memisahkan makromolekul. yaitu: 1) filtrasi dengan pasir dan 2) filtrasi membran. karena sisa klor dalam air dapat menimbulkan bau yang mengganggu pada saat dikonsumsi. Air yang akan disinari dengan UV harus telah melalui filter halus dan karbon aktif untuk menghilangkan partikel tersuspensi. Keuntungan penggunaan ozon adalah pipa. click “print”. Filtrasi pasir untuk memisahkan partikel berukuran besar (>3 mikrometer). bahan organik.08 mikrometer).2. agar efektif lampu UV harus dibersihkan secara teratur dan harus diganti paling lama satu tahun. Ozon merupakan oksidan kuat yang mampu membunuh bakteri patogen. 2004).000 MW sec/cm2 (micro watt detik per sentimeter persegi). Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Adapun pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents.efektif diperlukan intensitas sebesar 30. Sistem Filtrasi Desinfeksi air minum dapat dilakukan dengan filtrasi membran. dan Fe atau Mn (jika konsentrasinya cukup tinggi).

Dengan begitu bukan hanya pihak konsumen yang terlindungi tetapi juga usaha air minum isi ulang itu sendiri. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Munculnya usaha air minum isi ulang merupakan fenomena yang tidak dapat dihilangkan. Dengan menjamurnya usaha tersebut. sedimentasi. Bahan tersuspensi dapat dihilangkan dengan cara koagulasi/flokulasi. penggunaan mikrofiltrasi dapat memisahkan bakteri. yang diperlukan adalah pengaturan berupa standar produk dan prosesnya. baik pencemaran fisik. filtrasi pasir atau membran filtrasi (mikrofiltrasi). pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. oksidasi (misalnya dengan ozonisasi atau radiasi UV). 2005). kimia maupun mikrobiologis (Pitoyo. click “print”. simply open the document you want to convert. Bahan-bahan terlarut dapat dihilangkan dengan aerasi (misalnya Fe dan Mn). Proses pengolahan air minum pada prinsipnya harus mampu menghilangkan semua jenis polutan. dan penggunaan ultrafiltrasi dapat memisahkan bakteri dan virus. adsorpsi dengan karbon aktif atau mebran filtrasi (reversed osmosis). Dengan demikian.ion-ion dapat dipisahkan dengan membran “reverses osmosis”. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms.

907/MENKES/SK/VII/2002 Hygiene Sanitasi Depot AMIU : . select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! .Proses Filtrasi dan Desinfektan Gambar 2.Sumber Air Baku .2.Pengangkutan . Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. simply open the document you want to convert.12. Kerangka Konsep Penelitian Kualitas Sumber Air Baku : Parameter Fisik. Kerangka Konsep Penelitian pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Kimia dan Mikromikrobiologi Air Baku : Mata Air Pegunungan (Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 907/MENKES/SK/VII/2002) Kualitas Air Minum Isi Ulang (AMIU) Kepmenkes RI N0.2. click “print”.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful