RUMAH SEHAT SYARAT-SYARAT RUMAH SEHAT : .

JAMBAN. 2. TEMPAT SAMPAH.1. RUANGAN RUMAH CUKUP LUAS & TIDAK PADAT PENGHUNINYA 3. SEPERTI : AIR BERSIH. TERSEDIA SARANA KESEHATAN LINGKUNGAN . HARUS ADA LUBANg ANGIN & VENENTILASI DAN SINAR . KAMAR-KAMAR HARUS BERJENDELA. PENAMPUNGAN AIR LIMBAH & PENAMPUNGAN AIR HUJAN.

SAYURAN BUAHBUAHAN. IKAN. HALAMAN RUMAH HARUS SELALU DIBERSIHKAN DAN DAPAT DIMANFAATKAN SEHINGGA MENGHASILKAN SESUATU DAPAT BERUPA TANAMAN HIAS. TANAMAN OBAT. TERNAK .MATAHARI DAPAT MASUK RUANGAN RUMAH 4.

ADA JALAN KELUAR UNTUK ASAP DAPUR MELALUI LUBANG LANGIT-LANGIT 8.5. DINDING DAN LANTAI RUMAH HARUS KERING DAN TIDAK LEMBAB 6. . DIMANAPUN BERADA TIDAK TERDAPAT JENTIK-JENTIK NYAMUK. JARAK ANTARA KANDANG TERNAK DAN RUMAH MINIMAL 10 M 7.

JARAK ANTARA KANDANG TERNAK DAN RUMAH MINIMAL 10 M 10.KECOA DAN TIKUS DINDING DAN LANTAI RUMAH HARUS KERING DAN TIDAK LEMBAB 9. DIMANAPUN BERADA TIDAK TERDAPAT JENTIK-JENTIK NYAMUK. KECOA DAN TIKUS . ADA JALAN KELUAR UNTUK ASAP DAPUR MELALUI LUBANG LANGIT-LANGIT 11.

PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN . ASMA. VENTILASI YG TIDAK BAIK MENYEBABKAN : UDARA TIDAK NYAMAN DAN KOTOR : KEPENGAPAN.AKIBAT KEADAAN RUMAH YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT KESEHATAN : 1. BRONCHITIS.

DAPAT MENGGANGU PERNAFASAN DAB MEMBUAT LINGKUNGAN RUMAH MENJADI KOTOR. LUBANG ASAP DAPUR YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT : MATA MENJADI PEDIH. UDARA MENJADI BAU. 3. BINATANG PENULAR PENYAKIT : .2. PADAT PENGHUNI : PENGHUNI YANG PADAT DAPAT MEMPERMUDAH PENULARAN PENYAKIT 4.

* BANYAK TEMPAT PERKEMBANGBIAKAN NYAMUK. MALARIA. DLL * BANYAK TIKUS SELAIN MENYEBARKAN PENYAKIT PES MELALUI PINJALNYA DAN BANYAK TIKUS DAPAT MENGGANGU PENGHUNIYA KARENA MEMBUAT GADUH DI ATAS LANGITT-LANGIT DAN . MEMUNGKINKAN TERJADINYA PENULARAN PENYAKIT DBD. FILARIASIS.

6. KANDANG TERNAK YANG TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN DAPAT MENIMBULKAN PENYAKIT ANTARA LAIN ANTRAK. 5. .MERUSAK BARANG-BARANG PEMILIKNYA. PEKARANGAN YANG TIDAK TERPELIHARA DAPAT MENULARKAN PENYAKIT SECARA TIDAK LANGSUNG MELALUI SERANGGA DAN GANGGUAN BINATANG BERBISA.

MALARIA. DARE DAN PENYAKIT PERUT LAINNYA. KAKI GAJAH. VENTILASI : * BUAT JENDELA DAN LUBANG ANGIN YANG CUKUP * LUAS JENDELA ANTARA 10 – 15 % KALI LUAS LANTAI LUAS LUBANG . CARA MEMEPEROLEH RUMAH YANG MEMENUHI SYARAT KESEHATAN : 1.

SAMBUNGAN PONDASI DENGAN DIDING KEDAP AIR. KELEMBABAN : UPAYAKAN DIDING RUANGAN DAN LANTAINYA KERING : MEMBUAT DARINASE /SALURAN YANG BAIK DI SEKELILING RUMAH. LANTAI KEDAP AIR/PANGGUNG. ATAP TIDAK .ANGIN 20 % KALI LUAS JENDELA * JENDELA DI BUKA PADA SIANG HARI 2.

PADAT PENGHUNI : .BOCOR. LUBANG ASAP: BUATLAH JALAN KELUARUNTUK ASAP PADA BAGIAN ATAS/DIATAS SUMBER ASAP PERGUNAKAN TUNGKU YANG DILENGKAPI DENGAN CEROBONG ASAP 4. 3. BUAT LUBANG VENTILASI YANG BAIK.

BINATANG PENULAR PENYAKIT .* BUAT KONDISI SEIMBANG ANTARA JUMLAH PENGHUNI DENGAN JUMLAH DAN LUAS KAMAR * VENTILASI DAN PENGATURAN UDARA YANG BAIK * PENGATURAN PERABOT RUMAH BAIK / TIDAK TERLALU PENUH 5.

* NYAMUK : PEMBERSIHAN TEMPAT-TEMPAT YG MEMUNGKINKAN JENTIKJENTIK NYAMUK BERKEMBANNG. JAUHKAN RUMAH DARI KANDANG. PENEMPATAN RUMAH TANGGA TIDAK BERTUMPUK . PASANG KAWAT KASA PADA SETIAP LUBANG VENTILASI. PENGGUNAAN KELAMBU. PENGGUNAAN BAHAN INSEKTISIA * TIKUS : UNTUK MENCEGAH NYA BAGIAN LANGIT-LANGIT DITUTUP.

KANDANG TERNAK : CARA MENGATASI DAN MENGHINDARI DARI PENYAKIT YANG MUNGKIN TIMBUL YAITU : DENGAN ORANG MENJAUHKAN SEJAUH MUNGKIN KONTAK ANTARA BINATANG DENGAN .SEHINGGA RUANGAN MUDAH DIBERSIHKAN . PEKARANGAN/HALAMAN : DIBERSIHKAN SETIAP HARI DAN DITANAMI TANMAN BERMANFAAT 7.

ORANG DAN SERANGGA YANG BERSARANG DI KANDANG TERNAK .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful