P. 1
Cerita-motivasi

Cerita-motivasi

|Views: 2|Likes:
Published by Danny Safdinand

More info:

Published by: Danny Safdinand on Apr 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2014

pdf

text

original

JANGAN PERNAH MEREMEHKAN ORANG LAIN Pada suatu hari, seorang anak masuk ke dalam rumah makan yang

sangat terkenal dan mahal. Dia masuk seorang diri dan memakai pakaian biasa saja, tidak seperti anak-anak lain yang memakai pakaian yang bagus. Anak itu duduk di salah satu kursi lalu mengangkat tangannya untuk memanggil salah satu pelayan. Seorang pelayan perempuan menghampiri anak kecil itu lalu me mberikan buku menu makanan. Pelayan tersebut agak heran mengapa anak kecil itu berani masuk ke dalam rumah makan yang mahal, padahal dari penampilannya, pelayan itu tidak yakin bahwa sang anak kecil mampu membayar makanan yang ada. “Berapa harga es krim yang diberi saus strawberry dan cokelat?” tanya sang anak kecil.

strawberry dan cokelat berapa?” Kesal dengan kelakuan pembeli kecil itu, pelayan menjawab dengan ketus, “Sepuluh ribu!” Sang anak lalu tersenyum, “Baiklah aku pesan itu saja, terima kasih!” Pelayan itu mencatat pesanan lalu menyerahkan pada bagian dapur lalu kembali membawa es krim pesanan. Anak itu tampak gembira dan menikmati es krim yang hanya separuh dengan suka cita. Dia melahap es krim sampai habis. Kemudian sang pelayan kembali datang memberikan nota pembayaran. “Semua sepuluh ribu bukan?” tanya anak itu lalu membayar es krim

Sang pelayan menjawab, “Lima puluh ribu,” Anak kecil itu memasukkan tangan ke dalam saku celana lalu mengambil beberapa receh dan menghitungnya. Lalu dia kembali bertanya, “Kalau es krim yang tidak diberi saus strawberry dan cokelat?”

pesanannya dengan setumpuk uang receh. Wajah sang pelayan tampak masam karena harus menghitung ulang receh-receh itu. Lalu sang anak mengeluarkan selembar uang lima puluh ribu dari saku celana belakangnya, “dan ini tips untuk Anda!” ujar sang anak sambil menyerahkan selembar uang tersebut untuk si pelayan. (Ada kalanya kita tidak melihat apa yang melekat pada tubuh seseorang

Si pelayan mengerutkan kening, “Dua puluh ribu,” Sekali lagi anak kecil itu mengambil receh dari dalam saku celananya lalu menghitung. “Kalau aku pesan separuh es krim tanpa saus

saja sebagai penilaian. Bukan hal yang bagus untuk meremehkan seseorang karena melihat penilaian dari luar, Anda tidak akan pernah tahu pada beberapa waktu yang akan datang, seseorang yang Anda remehkan bisa jadi merupakan pengantar rejeki yang tak terduga).

Di perjalanan dia bertemu dengan seekor belalang lain. semua pengorbanan itu pasti akan terbayar. kisah hikmah (110). padahal kita tidak jauh berbeda dari usia ataupun bentuk tubuh ?”.Dongeng Motivasi | Kisah Seekor Belalang 18:27 Oleh Admin Saat itu si belalang baru tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas. Karena itu teman. Lebih sering kita mempercayai mentah-mentah apapun yang mereka voniskan kepada kita tanpa pernah berpikir benarkah Anda separah itu? Bahkan lebih buruk lagi. artikel islam (105). Tidakkah Anda pernah mempertanyakan kepada nurani bahwa Anda bisa “melompat lebih tinggi dan lebih jauh” kalau Anda mau menyingkirkan “kotak” itu? Tidakkah Anda ingin membebaskan diri agar Anda bisa mencapai sesuatu yang selama ini Anda anggap diluar batas kemampuan Anda? Beruntung sebagai manusia kita dibekali Tuhan kemampuan untuk berjuang. kumpulan cerita motivasi (203). Lingkungan yang buruk. Bukan cara hidup seperti yang mereka pilihkan untuk Anda. Namun dia keheranan mengapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya. teruslah berusaha mencapai apapun yang Anda ingin capai. cerita teladan (334). artikel kesehatan (211). berita islami (2012).artikel kesehatan (500) Seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. kumpulan kisah teladan (263). kisah islami(247). Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. cerita hikmah (104). Sakit memang. cerita islami (261). kita lebih memilih mempercayai mereka daripada mempercayai diri sendiri. Dengan penasaran ia menghampiri belalang itu. cerita nasehat (313). Kehidupan Anda akan lebih baik kalau hidup dengan cara hidup pilihan Anda. trauma masa lalu. . tanpa sadar. Kadang-kadang kita sebagai manusia. perkataan teman atau pendapat tetangga. lelah memang. seolah membuat kita terkurung dalam kotak semu yang membatasi semua kelebihan kita. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya. pernah juga mengalami hal yang sama dengan belalang. hinaan. artikel motivasi (2011). kegagalan yang beruntun. tidak hanya menyerah begitu saja pada apa yang kita alami. “Mengapa kau bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh. motivasi islam (2010). tapi bila Anda sudah sampai di puncak. “Dimanakah kau selama ini tinggal? Karena semua belalang yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan”. kisah teladan (331). kumpulan artikel motivasi (300). dan bertanya. Belalang itu pun menjawabnya dengan pertanyaan. Renungan : Tags: cerita motivasi (1200).

marah. bang. Sudah tidak ingat hari ulang tahun anaknya sendiri. atau mungkin memberi kado untuknya. dari neng bayi sampai segede ini. Tepat saat yang ditunggu. Tiba-tiba. padahal ibu dan bapak neng. yang ngasih makan tiap hari. "Mau. nang. sungguh keterlaluan... "Saya jadi ingat ibu saya. betapa lapar perutnya! Dia menatap nanar kepulan asap di atas semangkuk bakso. Perut kosong dan pikiran yang dipenuhi kejengkelan membuatnya berjalan sembarangan. neng? Duduk saja di dalam. Saat melewati sebuah gerobak penjual bakso dan mencium aroma nikmat. ibu pasti sibuk di dapur memasak dan menghidangkan makanan kesukaannya. Saya sedih dan kecewa. neng?" tanya si abang. Ibuku sendiri tidak ingat hari ulang tahunku apalagi memberi makanan kesukaanku. Dengan perasaan marah dan sedih.Semangkuk Bakso Dikisahkan." sapa si tukang bakso. apa neng pernah terharu begini? Jangan ngeremehin orangtua sendiri neng. abang siapin mi bakso yang super enak. ciuman. "Bagaimana kalau hari ini abang traktir kamu? Duduklah. Putri kesal. "Ini semua pasti gara-gara adinda sakit semalam sehingga ibu lupa pada ulang tahun dan makanan kesukaanku. Dasar anak manja!" Ditunggu sampai siang. Lha. hari ini ulang tahun saya." jawabnya tersipu malu. Tapi saya tidak punya uang. Malah abang. yang tidak saya kenal." Putri pun segera duduk di dalam. dan jengkel. yang memberi saya makan. "Huh." gerutunya dalam hati. bang. tampaknya orang serumah tidak peduli lagi kepadanya. biasanya di hari ulang tahun Putri. abang yang baru sekali aja memberi makanan bisa bikin neng terharu sampai nangis. "Mau beli bakso. Sebenarnya. "Lho." "Neng cantik. kenapa menangis. Putri pergi meninggalkan rumah begitu saja. betapa kecewa hati si Putri. tibatiba Putri sadar. dia tidak kuasa menahan air matanya. ibu sudah tidak sayang lagi padaku. ntar nyesel lho. meja makan kosong. Tidak ada yang memberi selamat. tidak tampak sedikit pun bayangan makanan kesukaannya tersedia di sana." .

Seolah menjadi kewajiban orangtua untuk selalu berada di posisi siap membantu. jika hal itu tidak terpenuhi." Putri pun menangis dan menyesal di pelukan ibunya. atau dilanda perasaan sedih.Putri seketika tersadar. Nah Kali ini si kancil akan mendapatkan pelajaran dari apa yang telah ia lakukan sebelumnya. ternyata di dalam rumah hadir pula sahabat-sahabat baik dan paman serta bibinya. Sayangnya. dan kecewa yang hanya merugikan diri sendiri. Putri bergegas pergi. Dongeng Anak Indonesia | Kisah si Kancil Petani Dan Buaya Si kancil yang licik dan cerdik adalah tokoh favorit di blog dongeng anak indonesia ini. marah. wajah cemas sekaligus lega. Setiba di rumah. Maka untuk itu. Putri." "Ibu. dari mana kamu seharian ini. orangtua. Sebagai tokoh dongeng anak yang sering membuat petani sangat marah ketika si kancil mencuri ketimun. Putri pasti lapar kan? Ayo nikmati semua itu. segera kita memvonis. Bu. yang tidak mengerti anak sendirilah. kapan pun. juga membuat sang buaya lemah tidak berdaya ketika di tipu oleh kelicikan si kancil. ibunya menyambut dengan pelukan hangat. yang tidak sayanglah. sering kali kita begitu senang dan selalu berterima kasih. "Kenapa aku tidak pernah berpikir seperti itu?" Setelah menghabiskan makanan dan berucap banyak terima kasih. . maafkan Putri. Ibu telah membuat semua makanan kesukaan Putri. selamat ulang tahun ya. kita butuh untuk belajar dan belajar mengendalikan diri. kadang kasih dan kepedulian tanpa syarat yang diberikan oleh orangtua dan saudara tidak tampak di mata kita. dan dengan masyarakat lainnya. Ternyata ibu Putri membuatkan pesta kejutan untuk putri kesayangannya. Bahkan. =================================================== == Saat kita mendapat pertolongan atau menerima pemberian sekecil apapun dari orang lain. saudara. Dan yang membuat Putri semakin menyesal. "Putri. ibu tidak tahu harus mencari kamu ke mana. agar kita mampu hidup secara harmonis dengan keluarga.

dan pastikan kita menanam kebaikan kepada orang lain sehingga orang lain mau berbaik sangka kepada kita. kedatangan ku kemari adalah ingin melihat bagaimana cara menanam biji ketimun. Kancil melihat buaya sedang santai dengan memakai baju berbahan wool yang sangat bagus menjadi sangat tertarik untuk belajar membuat baju dari wool yang dipakai oleh buaya. Tetapi terimalah itu sebagai takdir alam. buaya langsung menghardik si kancil. Hikmah dari dongeng anak indonesia ini adalah janganlah berbuat kejahatan jika kita tidak ingin orang lain jahat kepada kita. "Selamat pagi. sehingga Ibu tak bisa menolongmu. "Hai kancil. kedatangan ku kemari untuk belajar bercocok tanam. Mendengar kancil datang. "Tidak perlu kau lihat cara menanam biji ketimun ini. Barang siapa yang menabur kebaikan pasti akan menuai kebaikan dan barang siapa yang berbuat jahat pasti orang lain akan berbuat jahat kepada kita. sebab nanti pasti kau curi ketimun yang sudah masak" kata petani kepada si kancil.Suatu pagi. Walaupun si kancil berusaha membuat petani percaya bahwa dirinya tidak akan mencuri lagi. Jangan terlalu . “Tuhan tidak memberikan pada kita. kata si kancil.” kata sang ibu sambil bercucuran air mata. Dengan penuh penyesalan akhirnya si kancil mencoba merenung dan berfikir apa yang terjadi. Akhirnya keesokan harinya si kancil belajar menanam biji ketimun sendiri hingga pada akhirnya bisa panen dan membawa hasil panennya kepada si petani. sebuah tangan pun. pak petani sedang menanam biji ketimun di belakang rumahnya. Lalu datanglah si kancil menemui pak petani tersebut. bangsa kerang. spontan saja si petani marah dan mengusir si kancil. dan ia ingin sekali bertanam ketimun namun akibat ulahkancil yang suka mencuri ketimun. pak". dan si kancil berlalu menjauhi buaya. “Sakit sekali. akhirnya kancil tidak mendapatkan ilmu dari petani itu bagaimana bercocok tanam ketimun. Bagitu pula si kancil mencoba membuat baju serta topi dari bahan wool untuk diberikan kepada si buaya. Anak Kerang Pada suatu hari seekor anak kerang di dasar laut mengadu dan mengeluh pada ibunya sebab sebutir pasir tajam memasuki tubuhnya yang merah dan lembek. sejenak. "Apa yang ingin kau lakukan diladang milikku?" tanya si petani kepada si kancil. maaf pak petani kalau aku mengagetkan. Dan akhirnya buaya serta pak tani menjadi sangat menyenangi si kancil yang sudah berubah untuk tidak nakal dan mencuri lagi. “Anakku. "Ah. pak?". Melihat kancil mendekat. Kuatkan hatimu. kata si kancil.” Si ibu terdiam. ada apa gerangan kau datang ke rumah ku?" Tanya si buaya. Buaya juga termasuk korban sikancil yang sering di perdaya oleh kelihaian dan kelicikan tipu daya si kancil. sebab aku sudah jera mencuri ketimun milik bapak". Ternyata si kancil faham bahwa perbuatan buruknya membawa keburukan juga bagi dia. aku tahu anakku. "Oh. Apa yang kita tanam pasti akan kita tuai pada suatu saat. Pak petani sangat kaget menerima ketimun yang sudah masak dan sangat senang kepada si Kancil. masak tidak percaya pak. Kemudian si kancil pergi menuju sungai dan bertemu dengan buaya. Buaya tetap tidak percaya perkataan si kancil.

Jack si Pemalas Flora Annie Steel ak Yang Malas . utuh mengkilap. Ada hasilnya. Tetapi tanpa disadarinya sebutir mutiara mulai terbentuk dalam dagingnya. Andaikan dari awal Jiazhan tidak malas menjaga kebersihan. Selain itu. sebagai hasil derita bertahun-tahun. jadi pembawaannya sangat rtapi dan enak di pandang. Balutlah pasir itu dengan getah perutmu. Tapi Jiazhan tak mau mendengar. Percuma saja. seperti biasa. Menurut ibunya. Dengan air mata ia bertahan. Hanya Diwei yang baik hati dan mau menemaninya. Dirinya kini. Dibersihkan juga tak bisa putih. Penderitaannya berubah menjadi mutiara. Diwei juga berusaha membujuknya untuk membersihkan badan. tidak memerhatikan kebersihan dan kesehatan. sebutir mutiara besar. Rasa sakit pun makin berkurang. ternyata ada banyak kuman yang bersarang di tubuh Jiazhan. Makin lama makin halus. Akhirnya sesudah sekian tahun." Setelah seminggu lamanya. Setibanya di sana. ia meragukan nasihat ibunya. "Buat apa mandi? Kulitku sudah berwarna hitam. Diwei mengajaknya mandi. dan berharga mahal pun terbentuk dengan sempurna.lincah lagi. sumber: unknown Dahulu kala. sementara anak kedua berkulit agak hitam dan bernama Jiazhan. Anak kerang pun melakukan nasihat bundanya. sudah seminggu itu Jiazhan sakit. Bakteri-bakteri itu menyerang kekebalan tubuh Jiazhan hingga akhirnya Jiazhan jatuh sakit. Anak pertama berkulit putih dan bernama Diwei. Rasa sakit menjadi terasa lebih wajar. Jiazhan menolak dan berkata. Kadang di tengah kesakitannya. Dan semakin lama mutiaranya semakin besar. lebih berharga daripada sejuta kerang lain yang cuma disantap orang sebagai kerang rebus di pinggir jalan. bertahun-tahun lamanya. Diwei sangat rajin dan memerhatikan kebersihan. tetapi rasa sakit bukan alang kepalang. Diwei tak pernah bertemu dengan Jiazhan. Anak-anak lain tak suka bergaul dengannya. Lain halnya dengan Jiazhan yang sangat malas. Dia merasa sangat cemas dan pergilah ke rumah Jiazhan untuk menengoknya. ternyata Jiazhan berada di kamar tidur dan kelihatannya menderita sekali di atas kasur. air matanya berubah menjadi sangat berharga. kata ibunya dengan sendu dan lembut. Pada suatu hari. dia pasti akan tetap sehat seperti Diwei. di sebuah desa di wilayah Jianou tinggal dua orang anak yang berteman akrab. Menurut hasil pemeriksaan tabib. Dia lebih suka tidur daripada mandi. Kerahkan semangatmu melawan rasa ngilu dan nyeri yang menggigit. Hanya itu yang bisa kau perbuat”.

daging domba tersebut telah rusak sama sekali. dan menyeretnya di tanah sepanjang jalan. Mereka sangatlah miskin dan ibunya yang sudah tua itu menghidupi mereka dengan berkerja sebagai penenun. Ketika dia pulang kerumah. "Kamu anak yang bodoh. dia kehilangan uangnya ketika melewati sebuah sungai. ibunya itu tidak akan memperdulikan dia lagi. Hari berikutnya. Pada hari berikutnya. Jack mengambil daging domba tersebut." kata Jack si Pemalas. Jack kembali keluar untuk bekerja pada seorang pembuat roti yang tidak memberinya apa-apa kecuali seekor kucing yang besar." kata ibunya. tetapi karena selama ini dia tidak pernah pulang kerumah sambil memegang uang." "Saya akan melakukannya lain kali. dan duduk di sudut rumah saat musim dingin. sehingga ketika dia tiba dirumah. mengikatnya dengan tali. tetapi Jack sendiri adalah anak yang sangat malas dan tidak pernah mau melakukan apapun selain berjemur di matahari pada hari yang panas. Ibunya kali ini tidak berkata apa . dan akhirnya suatu hari da berkata kepada Jack. dan membawanya dengan hati-hati di tangannya. Ibunya sendiri tidak pernah dapat membuat Jack melakukan sesuatu untuknya. bahwa apabila dia tidak mulai bekerja dan menghidupi dirinya sendiri."Anak bodoh. seharusnya kamu mengikatnya dengan tali dan menariknya untuk mengikutimu. hiduplah seorang anak laki-laki yang bernama Jack dan hidup bersama dengan ibunya. Jack lalu mengambil kucing tersebut. Jack keluar dan bekerja pada seorang penjagal." Pada suatu masa. "Saya akan melakukannya lain kali. yang memberikan dia hadiah berupa daging domba yang besar. Sehingga dia dipanggil Jack si Pemalas. ibunya berkata kepadanya." kata Jack. Hal ini merisaukan Jack. "kamu seharusnya menaruh uangmu di kantong. dan dia lalu keluar rumah mencari pekerjaan pada hari berikutnya di tetangganya yang petani dan berhasil mendapatkan satu penny (mata uang Inggris). tetapi kucing tersebut mencakar tangannya sehingga dia harus melepaskan kucing tersebut yang kemudian lari menghilang.

yang tuli dan bisu. Jack si Pemalas bekerja pada seorang penjaga ternak. Pemandangan itu begitu lucu sehingga sang putri tertawa tergelak-gelak dan saat itu juga memperoleh kemampuannya untuk mendengar dan berbicara. Pada hari senin. Disaat itu juga sang gadis kebetulan melihat keluar jendela pada saat Jack lewat di depan rumahnya sambil menggendong keledai di bahunya. Ayahnya yang begitu bahagia melihat anaknya telah dapat berbicara dan mendengar. Ayahnya yang merasa sedih itu berjanji bahwa dia akan menikahkan anak gadisnya dengan laki-laki yang bisa membuat anak gadisnya tertawa. tetapi akhirnya dia memanggul keledai tersebut di pundaknya dan berjalan pelan ke rumah membawa hadiahnya. yang memberikan dia seekor keledai sebagai upahnya." "Saya akan melakukannya di lain waktu." kata Jack.apa kepadanya. Dan gadis tersebut tidak pernah tertawa selama hidupnya. dan pada hari minggu. Mereka kemudian tinggal bersama-sama di sebuah rumah yang besar dengan ibu Jack dan hidup berbahagia hingga akhir hayat mereka. memenuhi janjinya dengan menikahkan anak gadisnya itu dengan Jack si Pemalas. Di tengah perjalanan dia berjalan di depan sebuah rumah dimana rumah tersebut di huni oleh orang kaya dengan seorang anak gadis satu-satunya. Dokter pernah berkata bahwa gadis itu tidak akan pernah bisa berbicara sampai seseorang bisa membuatnya tertawa. dimana keledai tersebut menendang-nendangkan kakinya ke udara secara liar dan meringkik-ringkik dengan keras. yang kemudian menjadi orang yang kaya juga. "Kamu harus membawanya pulang dan memanggulnya di pundakmu.Walaupun Jack sangat kuat. seorang gadis yang sangat cantik. dia masih merasa kewalahan untuk menggendong keledai itu di pundaknya. ibunya mengharuskan dia membawa pulang kubis untuk dimasak nanti. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->