You are on page 1of 11

Hemat Listrik Untuk Bumi Kita

Oleh Diana Kartini Putri


Siapa yang mengambil dunia dari batas kecukupannya, tanpa terasa ia telah merenggut ajal kematiannya (H.R. Al-Bazzar)

Menghemat listrik adalah suatu kegiatan yang dapat membuat konsumsi energi listrik menjadi berkurang dengan berbagai cara. Selain listrik, kita perlu juga berhemat air yang kita dapat dengan cara membayar (PAM) maupun yang kita raih dengan cara gratis (sumur bor) atau pun yang lainnya.

Isu global yang akhir-akhir ini menghebohkan dunia, yaitu gejala global warming. Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 0.18 C(1.33 0.32 F) selama seratus tahun terakhir.

Global warming dipicu oleh aktivitas menusia akibat gas efek rumah kaca salah satu hal yang banyak digunakan manusia adalah listrik. Sejak awal ditemukannya, listrik telah berkontribusi banyak dalam kehidupan manusia. Peranannya beragam, mulai dari fungsi sederhana seperti untuk penerangan, hingga dapat digunakan sebagai media transmisi data untuk keperluan telekomunikasi. Seperti motto PLN, listrik memang menjadikan hidup manusia jauh lebih baik. Secara tersirat, motto tersebut mengimplikasikan bahwa listrik sedikit banyak turut mengambil peran dalam hal memajukan sebuah bangsa. Bagaimana tidak, hampir semua media pembelajaran dan sumber informasi menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Data rasio elektrifikasi PT. PLN (Persero) menunjukkan bahwa rasio elektrifikasi Indonesia saat ini telah mencapai 62%. Penggunaan listrik yang cukup tinggi terutama di pulau jawa dan bali jumlah total pelanggan PLN hingga 2009, sebanyak 39,12 juta pelanggan , sedangkan pelanggan pada 2008 sebanyak 38,62 juta pelanggan.

Peningkatan jumlah pengguna listrik terus meningkat, namun jumlah energi yang terbatas mengharuskan kita untuk berhemat. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya energi di bumi jumlahnya terbatas, sementara kebutuhan akan listrik terus meningkat jika kita menggunakan energi secara berlebih akan mengganggu kelangsungan hidup alam ini, untuk itu haruslah ada solusi yang tepat dalam menangani permasalahan ini.

Salah satunya dengan kampanye global WWF (World Wide Fund for Nature/World Wildlife Fund), Earth Hour yaitu kegiatan yang bertujuan untuk menghemat energi dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang digalang oleh LSM global WWF. bukan hanya menghasilkan penghematan listrik di Jawa-Bali saja. Di Sumatera, kampanye ini juga bisa mengurangi daya listrik sebesar 100 MW, atau senilai Rp 200 juta.

Untuk itu hematlah listrik untuk kelangsungan bumi yang kita cintai bersama, dan jangan habis pada Sabtu malam kemarin saja, tetapi jadikanlah itu semua awal untuk perubahan kehidupan yang lebih hemat dalam menggunakan listrik. Yang Penting Hemat!!!

Thanks for your attention !