Paulus Januar

1

PENGERTIAN SEHAT SERTA FAKTOR DETERMINANNYA

2

Perkins. mental.HEALTH Health is a state of complete physical. but an active response of body forces working toward readjustment W. It is not a passive interplay between body substances and forces impinging upon it. and social well-being. not merely the absence of disease or infirmity World Health Organization (WHO) 1948 Health is a state of relative equilibrium of body form and function which results from its successful dynamic adjustment to forces tending to disturb it. 1938 3 .H.

Perkins. mental dan sosial serta tidak hanya keadaan bebas dari penyakit dan cacat belaka World Health Organization (WHO) 1948 Sehat adalah keadaan relatif seimbang antara tubuh dan fungsinya sebagai hasil dari penyesuaian yang dinamis terhadap hal-hal yang dapat menganggunya. 4 W. Sehat bukan hanya merupakan keterkaitan pasif antara tubuh dengan hal-hal yang mempengaruhinya.H. namun merupakan respon aktif tubuh untuk menghadapinya. 1938 .SEHAT WORLD HEALTH ORGANIZATION Sehat adalah keadaan sejahtera fisik.

BEBAS PENYAKIT BEBAS KECACATAN Tidak ada gejala penyakit Tidak ada cacat fisik KEADAAN YANG BAIK Tubuh fit Gaya hidup sehat FISIK Tidak ada penyakit fisik Tidak berisiko penyakit Hidup sampai usia lanjut Tidak mengalami gangguan/ penyakit kejiwaan MENTAL Tidak mengalami tekanan mental Tidak mengalami cacat mental Percaya diri Kemampuan mental / kecerdasan Memiliki daya tahan mental Peran di masyarakat Dukungan sosial Rasa memiliki 5 SOSIAL Rumah tangga yang harmonis Pergaulan sosial yang baik Tidak mengalami friksi dalam keluarga Tidak ada masalah dalam pergaulan sosial .

. dll) Kota sehat Jalan dan lalulintas sehat Kabupaten sehat Lingkungan alam sehat Negara sehat (hutan.WAWASAN KESEHATAN (HEALTH SETTING) Gizi/makanan sehat Perilaku sehat Lingkungan kerja sehat Diri sehat Keluarga sehat Rumah sehat (kantor. dll) dan lain-lain ...... pabrik... Tata ruang sehat Air sehat Udara sehat PENDEKATAN KESEHATAN MULTI SEKTOR DAN MULTI DISIPLIN ILMU BUKAN HANYA ILMU KEDOKTERAN 6 ... gunung. sekolah.. laut. sungai. pasar.....

rehabiliatif 7 . pencegahan. kuratif.PARADIGMA KEKUATAN YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN (H. dan sosial Perilaku pribadi maupun kelompok Biologi tubuh Pelayanan kesehatan yang diperoleh berupa promotif (peningkatan taraf kesehatan).L. biologis. Blum) KEADAAN SEHAT SAKIT DIPENGARUHI: Lingkungan fisik.

L. Blum) KESEHATAN UKURAN PANAH MENUNJUKKAN PERBANDINGAN BESARNYA PENGARUH 8 .PARADIGMA KEKUATAN YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN (H.

MAIN DIMENSION OF A GOOD LIFE 9 .

serta kultural terhadap penyakit atau perasaan kurang nyaman (hal yang dialami dan juga arti/maknanya) Subyektif berdasarkan yang dirasakan 10 . interpersonal.PENYAKIT DAN SAKIT PENYAKIT (disease) Gangguan fungsi atau adaptasi dari proses-proses biologis atau psikofisiologis seseorang Obyektif berdasarkan ilmu kedokteran SAKIT (illness) Reaksi personal.

diabetes. hepatitis. dipteri. schistomiasis. kanker. malaria.PENYAKIT INFEKSI DAN DEGENERATIF PENYAKIT INFEKSI Penyakit yang disebabkan mikro-organisme seperti bakteri. jamur. influensa. AIDS Disebut juga penyakit menular PENYAKIT DEGENERATIF Penyakit yang terjadi karena penurunan atau kerusakan struktur maupun fungsi tubuh. degenerasi makular. stroke 11 disebut juga penyakit tidak menular . candidiasis. umumnya berlangsung dalam kurun waktu panjang (kronis) upm. penyakit jantung. atau virus upm.

) serta kekurangan gizi. dsb.Pola penyakit: jenis serta banyaknya kasus penyakit yang terdapat di masyarakat pola penyakit sangat dipengaruhi perkembangan kehidupan masyarakat Ketika peradaban masyarakat masih terbelakang. Hal ini karena peradaban manusia pada waktu itu masih kurang mampu menunjang kesejahteraan hidup dan pemeliharaan 12 kebersihan POLA PENYAKIT DAN PERKEMBANGAN MASYARAKAT . cacingan. diarre. penyakit yang paling banyak adalah penyakit infeksi (upm. TBC paru-paru. malaria.

dan kelebihan berat badan. Penyakit ini ditimbulkan karena faktor risiko seperti gaya hidup. 13 . darah tinggi.Dengan perkembangan kehidupan masyarakat. kini di negara maju penyakit yang banyak diderita masyarakat bukan lagi penyakit infeksi melainkan penyakit yang bersifat degeneratif seperti penyakit jantung. kanker. pencemaran lingkungan. dan jenis pekerjaan yang terdapat pada masyarakat modern.

Bahan diskusi Siapa yang paling sehat? Siapa yang paling tidak sehat? Jelaskan alasannya 14 .

Pada akhir pekan biasanya ia berolahraga golf. Hari-harinya penuh dengan kesibukan bisnis. 15 . Pada pemeriksaan kesehatan menunjukkan tekanan darahnya agak tinggi dan kadar kolesterolnya juga tinggi. Ia merokok cukup banyak. Namun Andi merasa dirinya sehat-sehat saja.ANDI Andi adalah seorang pelaku bisnis yang sukses.

Ia telah bercerai dan tidak mendapatkan tunjangan dari mantan suaminya. Ia bekerja sebagai pelayan toko dan penghasilannya pas-pasan.BETTY Betty tinggal di rumah kontrakan bersama 2 orang anaknya. 16 . Dokter yang pernah memeriksanya tidak menemukan penyakit apapun pada dirinya. bahkan seringkali kekurangan. Ia selalu merasa cemas dan seringkali mengeluh kelelahan serta merasa gelisah.

perkawinannya harmonis. Ia merasa kehidupannya baik. aktif dalam kegiatan di lingkungan RT dan RW. Namun sejak kecil pengelihatannya terganggu dan kini kalau membaca selain menggunakan kaca mata harus dibantu dengan kaca pembesar. serta puas dalam pekerjaannya di kantor dengan penghasilan yang cukup.CHARLES • Charles adalah seorang pria muda yang badannya fit dan berolahraga secara teratur. 17 .

18 . Ia sekolah di sekolah khusus namun untuk masa depannya diperkirakan ia kurang dapat hidup mandiri.DINDA Dinda adalah anak perempuan usia 11 tahun. Ia menderita sindroma Down hingga mengalami keterbelakangan mental. Namun ia berbahagia karena orang tuanya sangat sayang padanya dan cukup mampu untuk memenuhi kebutuhannya.

Dari kantor ia mendapat fasilitas mobil dengan sopirnya.EMMA Emma seorang perempuan usia 30 tahun yang bekerja sebagai konsultan hukum. Rumah maupun tempat kerjanya sudah disesuaikan dengan keadaan dirinya. 19 . Beberapa tahun lalu ketika berolahraga berkuda ia terjatuh dan tulang punggungnya patah. Ia kini lumpuh dan menggunakan kursi roda. Ia merasa tidak terganggu dengan keadaannya dan cukup sukses dalam profesinya maupun dalam pergaulan dengan lingkungannya.

Perawakannya gagah dan ganteng. Ketika masih sekolah ia sudah mulai menghisap ganja dan kini ia kadang-kadang masih melakukan. Ia putus sekolah ketika kelas II SMU. tubuhnya kuat dan secara fisik amat fit hingga banyak gadis menyukainya. 20 .FIRDAUS Firdaus seorang pemuda usia 19 tahun tinggal bersama orang tuanya di sebuah perumahan mewah. Sehari-hari waktunya dihabiskan bersama temantemannya dan kadangkala ia terlibat dalam perkelahian dengan kelompok remaja lainnya.

dan mempunyai banyak teman.GANDA Ganda pria usia 25 tahun yang masih bujangan dan kehidupannya cukup sukses. Namun ia tidak mengetahui kalau dirinya mengindap HIV akibat seks bebas yang pernah dilakukan ketika bersekolah di luar negeri. 21 . Kini ia bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang cukup besar.

22 . Setiap kali ada arisan. Kini kegiatannya terbatas karena rematik yang menyebabkan kalau berjalan merasa sakit sekali dan kaku. Hari-harinya diisi dengan menonton TV. Ia merasa hidupnya amat beruntung karena masih cukup baik pada usia lanjutnya.HALIMAH Halimah seorang wanita tua usia 70 tahun yang masih ceria. Ia hidup sendiri dan masih mampu mengurus dirinya dan rumahnya. tetangganya menjemputnya dan setiap minggu anak serta menantunya datang mengunjungi dan kadang-kadang mengajak jalan-jalan.

FISIK ANDI BETTY CHARLES DINDA EMMA FIRDAUS MENTAL SOSIAL CATATAN GANDA HALIMAH 23 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.