UJIAN TENGAH SEMSTER MATA KULIAH HARI/TANGGAL SEMESTER KELAS WAKTU DOSEN :C : 90 MENIT : AMAN SEMBIRING MELIALA

, S.H.,M.H. : LOGIKA : RABU, 31 OKTOBER 2001 :I

Pemikiran manusia (alami) bergerak dari pengetahuan pra-predikatif ke pengetahuan predikatif. Gerak itu tidak terhenti pada putusa/prediksi kombinasi dua putusan muncul suatu pandangan yang berbeda dengan masing-masing putusan. Sehubungan dengan pernyataan diatas: Bagian I : 1. Kemukan oleh saudara keputusan pertama & keputusan kedua ada hubungan tertentu, demikian juga antara subjek & predikatnya. Jelaskan! 2. Apa mungkin bentuk-bentuk keputusan hubungan semacam itu tidak ada. Jelaskan! 3. apakah mungkin, kesimpulan tidak logis walaupun diakui kesimpulan itu benar. Jelaskan! Bagian II : 1. Apa saja yang saudara ketahui dalam hal definisi logika dijadikan sebagai objek bahasan. 2. apa konsekuensi jika rumusan tentang logika dipatuhi? 3. istilah disiplin adalah nama lain dari ilmu..

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika

1

Apakah dalam logika ada masalah tafsir & berikan contoh di bidang hukum secara tuntas & jelas. jelaskan berikut contoh dan di mana letak disiplin hukum dan apa saja isinya. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika 2 . “There is nothing either good or bad but thinking makes itu so” kemukakan komentar saudara. 6. Jelaskan istilah-istilah di bawah ini : • • • • • • proposisi katagori Proposisi ‘kategori’ Data. Ada berapa macam disiplin. informasi Fakta Evidensi 8. 7.4. Jelaskan menurut skema 5. Apakah saudara sependapat kalau dikatakan retorika merupakan bagian dari argumentasi. Jelaskan jawaban saudara.

5. S. 1 NOPEMBER 1989 : 90 MENIT : THOGA H. 4. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika 3 . Terangkan dengan jelas apa yang menjadi ruang lingkup logika itu? Terangkan siapakah diantara para ahli filsafat yang pertama menyebutkan istilah (logos) dan bagimana pula hubungan antara logika dan filsafat? 3.H.UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL 1989/1990 MATA PELAJARAN SEMESTER HARI/TANGGAL WAKTU DOSEN KELOMPOK I 1. 2. Terangkan dengan jelas mengapa Aristoteles dianggap sebagai bapak logika? Terangkan bagaimana hubungan antara logika itu dengan Bahasa? Terangkan sejarah perkembangan logika itu? :LOGIKA : I ( SATU) : RABU. HUTAGALUNG.

Apa betul konsep yang ada dalam aliran-aliran atau Madzhab Filsafat merupakan bentuk pikiran…daripadanya…semua pengetahuan (dalam hal ini pengetahuan ilmu hukum).H. Apakah benar. S. b. 1999/2000 MATA KULIAH HARI/TANGGAL WAKTU KELAS DOSEN : LOGIKA : KAMIS.UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL T. b. yang daripadanya dapat diturunkan semua pengetahuan” Sehubungan dengan pengertian di atas: a. Sehubungan dengan pernyataam diatas: a. 20 JANIARI 2000 : 90 MENIT :A : Prof.meliala. S. Jelaskan! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika 4 . Jalan pikiran manusia/proses penalaran melalui logika dipelajari sehingga diperoleh suatu inferensi yang baik. Aman Sembiring . Apakah benar.M.H.A. proses berpikir induktif manfaatnya maksimum bila diikuti proses berpikir deduktif. hal tersebut erat kaitannya dengan induksi dan deduksi.. 1. Konkritkan jawaban saudara dalam bentuk DiagramVena. apa saja yang Saudara ketahui apabila pengertian kategori dihubungkan dengan konsep yang ada dalam aliran-aliran maupun Madzhab Filsafat Hukum. memahami corak berpikir yang deduktif sebagai prasayat mutlak harus dipahami pernyataan kategorial! Jelaskan dan ada saja yang dimaksud dengan corak berpikir deduktif.Daud Silalahi.H. Jelaskan dan apa saja variasi proses berpikir induktif (berikut skema) 2. dr. Kategori ialah “suatu konsep yang trekecil atau suatu bentuk pikiran yang terkecil dan fundamental.

benar atau salah). Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika 5 . disertai contohnya. : 90 Menit :A&C Perkataan logika atau logis sudah sering kita dengar dan kita gunakan. Sebutkan beberapa hukum silogisme (min 3) Misalnya. c. apabila seorang ditanya “Kenapa korupsi itu haram?”. wajar. 2. Sebutkan 3 (tiga) macam saja dari beberapa kesalahan logis. Jelaskan masing-masing tersebut dengan disertai 1 (satu) contoh yang mencakup ketiga pekerjaan akal budi manusia tersebut! 3. perkataan logika dan logis menunjuk pada cara berfikir atau cara hidup atau sikap hidup tertentu. Dalam bahasa sehari-hari. Silogisme merupakan bagian terpenting dalam logika. Cobalah bentuk silogismenya. b. beralasan atau berargumen. Maka akan dicari alasannya dan kemudian berkata “Karena korupsi adalah mencuri”.UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL 1998/1999 Mata kuliah : Logika Hari/Tanggal : kamis. Jelaskan bagaimana pengertian silogisme? b. Terangkan oleh Saudara apa manfaat dan tujuan mempelajari logika? Apakah tanpa mempelajari logika seseorang tidak dapat berfikir benar? Jelaskan dengan memberikan contohnya. Ada 3 (tiga) pekerjaan akal budi manusia. ada rasionya atau hubungan rasionalnya dan dapat dimengerti (walaupun belum tentu di setujui. yakni yang masuk akal. 31 december 1998 Waktu Kelas 1. Mengapa dapat terjadi kesalahn logis pada seseorang betapapun tingginya intelegensinya seseorang tersebut. a. b. kemudian tentukan premis-premisnya! 4 a. a.

b. d. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Logika 6 .5. c. Terangkanlah apa yang dimaksud dengan : a. e. Berfikir kritis Dilemma Term Penengah Logika induktif Analogi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful