GEOLOGI TAMBANG

Oleh: Fadlin, ST, M.Eng

PENDAHULUAN .

Geologi Eksplorasi Tambang Geologi = ilmu kebumian Eksplorasi = Perburuan Tambang = menambang .

Perbedaan:  Penambangan  Pertambangan .

perburuan endapan mineral dengan pendekatan modern  Penambangan pengambilan bahan tambang  Metalurgi pengolahan  Marketing pemasaran  .Pertambangan Geologi pencarian  Eksplorasi pencarian.

Fungsi / aktivitas geologist: Administrasi (administrative geology)  Penyelidikan / penelitian / research (investigative and research geology)  Eksplorasi (exploration geology)  Dalam perusahaan yang bergerak dalam eksplorasi dan pertambangan. fungsi geologist adalah sama dengan insinyur karena pekerjaannya menyangkut perencanaan dan pelaksanaan eksplorasi .

bagaimana masalahnya.Investigative and research geology  Menjelaskan masalah gejala alam di dalam kerak bumi. bagaimana proses terjadinya. mengapa ada di sana. serta faktorfaktor yang mengendalikan secara ilmiah .

dengan mempergunakan pendekatan baku.Penyelidikan (investigation):  Jika penyelesaian dan hasil penyelesaian masalah itu merupakan hal yang umum. .

Research/penelitian:  Jika pemecahan masalah itu merupakan suatu sumbangan yang “penting” terhadap khazanah ilmu pengetahuan (significant contribution to the sciences) .

sehingga dapat dipergunakan pada perencanaan suatu program eksplorasi .Applied Research:   Jika pemecahan masalah yang merupakan sumbangan pada ilmu pengetahuan itu mempunyai kepentingan yang bermanfaat langsung / ekonomi Contoh: Penentuan model geologi proses pembentukan suatu endapan mineral tertentu dengan faktor-faktor pengendali geologinya.

Pendekatan eksplorasi Pendekatan traditional  Pendekatan modern/scientific  .

Pendekatan tradisional Prospection Pelacakan / penyisiran langsung terhadap objek yang dicari  Exploration Mencaritahu akan kelanjutan suatu singkapan dari objek (endapan) yang dicari secara lateral maupun dalam  .

Pemilihan metoda yang akan dipakai 4.Pendekatan modern/scientific  Geological exploration: Pencarian suatu obyek geologi (endapan) secara ilmiah dan berencana mencakup: 1. Strategi untuk pencarian 3. Model geologi 2. Pertimbangan ekonomis .

kelemahan dan kekuatan dari binatang tersebut. habitat di mana buron itu hidup.Eksplorasi  Eksplorasi dapat dipersamakan dengan perburuan. petunjukpetunjuk atau jejak-jejak yang ditinggalkannya. senjata yang ampuh untuk merobohkannya. Dalam pengertian tersebut seorang ahli geologi atau seorang ahli eksplorasi dipersamakan dengan pemburu harus dapat memperhatikan model binatang yang diburu. . serta strategi untuk dapat sampai mendekati sasaran dalam jarak tembak.

Fungsi geologi: Penerapan geologi untuk perencanaan dan pelaksanaan suatu eksplorasi .

 Suatu aktivitas ekonomi yang berisiko tinggi memerlukan perencanaan yang seksama untuk meminimalkan risiko dan menekankan pada cost benefit (manfaat – biaya)  . ruang ataupun suatu realm (endapan mineral) di sesuatu daerah yang sebelumnya tidak diketahui.Eksplorasi Suatu aktivitas untuk mencari tahu keadaan suatu daerah.

Konsep Eksplorasi  Formulasi Objek explorasi  Penentuan model geologi  Penentuan model eksplorasi 2. Strategi dan taktis eksplorasi .Eksplorasi perlu perencanaan Harus didahului: 1.

djgsm.UU Pertambangan  http://www.miningindo.com/laws_regulatio ns/details_RUUPtbngnUmum2002_ind.esdm.id/index.php?fu seaction=p.uu  Undang-undang http://www.go.ht ml  RUU ttg Pertambangan Umum  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful