You are on page 1of 16

MANAJEMEN BANGSAL

M, Ady Setiawan Syah, SKM.M.Kep

Diskusikan    Apa perbedaan Manajer dan Pemimpin Siapa yang berperan dalam keberhasilan manajemen suatu ruangan? Apa kendala bapak/ibu di ruangan .

 .Pengertian Manajemen  Manajemen merupakan proses dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. 1977 dalam Suyanto. Manajemen adalah suatu proses melakukan kegiatan pencapaian tujuan organisasi melalui kerjasama dengan orang lain (Hersey dan Blanchard. 2008).

dan rasa aman kepada pasien.Manajemen Keperawatan  Proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan. pengobatan. keluarga dan masyarakat (Gillies. 1985) .

organizing. actuating dan controlling (Suyanto. yaitu planning.Fungsi Manajemen  Fungsi manajemen merupakan langkahlangkah penting yang diwajib dikerjakan oleh seorang manejer untuk mencapai tujuan.  Keperawatan lebih sering mengadopsi fungsi manajemen menurut George Terry. 2008) .

Prinsip Dasar Manajemen Keperawatan       Manajemen keperawatan berdasarkan perencanaan Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yang efektif Manajemen keperawatan melibatkan pengambilan keputusan Manajemen keperawatan harus terorganisasi Manajemen keperawatan menggunakan komunikasi yang efektif Pengendalian merupakan elemen manajemen keperawatan .

JENIS KETERAMPILAN MANAJER CONCEPTUAL SKILL HUMAN RELATION TECHNICAL SKILL .

JENIS KETERAMPILAN MANAJER TOP CONCEPTUAL SKILL HUMAN RELATION TECHNICAL SKILL MIDDLE LOW .

Manajemen Bangsal Sebagai Ujung Tombak Dalam Peningkatan Kinerja            Pemberian instruksi yang jelas Belajar untuk menjadi pendengar yang baik Menghargai staf yang berprestasi Mengetahui kapan dan dimana memberi kritik Memberikan perhatian terhadap pengembangan karier bawahan Pemberian tantangan Selalu melakukan komunikasi dengan bawahan Menghargai bawahan Tetap konsisten Berlakulah adil Tahu bagaimana berkata “tidak” .

Menurut Suyanto (2008) bahwa kepemimpinan merupakan penggunaan ketrampilan seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan sesuatu dengan sebaik – baiknya sesuai dengan kemampuannya. Swansburg. .KEPEMIMPINAN   Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas suatu kelompok yang terorganisasi dalam usahanya mencapai penetapan tujuan dan pencapaian tujuan (Stogdill. 1995).

PEMIMPIN EFEKTIF       Pengetahuan yang adekuat Memiliki kesadaran diri Komunikasi yang jelas dan efektif Memobilisasi energi / kekuatan Membuat tujuan Melakukan tindakan Tappen (1995) .

dan tingkah lakunya. baik besar maupun kecil. pikiran. Adanya tujuan yang hendak dicapai. yang dilakukan dengan mempengaruhi dan mengarahkan perasaan. Berlangsung berupa proses didalam kelompok atau organisasi. baik yang dirumuskan secara sitematis maupun bersifat sukarela. Adanya kegiatan menggerakkan orang lain. yang disebut pemimpin. Adanya oang lain yang dipimpin. dengan banyak maupun sedikit orang yang dipimpin.Unsur-unsur Yang Ada Pada Kepemimpinan Adanya seseorang yang berfungsi memimpin.      .

Faire )  .Gaya Kepemimpinan Otoriter  Demokratis  Partisipatif  Bebas Tindak ( Laisez.

Pengelolaan Ruangan      Agar pengelolaan ruang perawatan dapat dilakukan dengan baik. maka kepala ruangan dituntut memiliki kemampuan manajerial dan kemampuan profesional Kepala ruangan harus mampu melaksanakan disiplin kerja Mengembangkan potensi profesional pada diri sendiri maupun staf dibawahnya Memberikan penilaian prestasi kerja Mengendalian persediaan material di ruangan .

Pengelolaan Ruang Perawatan Harus Memenuhi Beberapa Persyaratan:     Profesional Manajerial Pengembangan Staf Kegiatan Administratif di ruangan .