You are on page 1of 4

AUDIT SOSIAL Apa itu?

Audit sosial adalah pernyataan bisnis yang diterbitkan setiap tahun untuk menyajikan satu setinformasi tentang proyek-proyek sosial, manfaat dan tindakan yang ditujukan kepada karyawan, investor, analis pasar, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya. Hal ini juga berfungsi sebagai instrumen strategis untuk mengevaluasi praktek tanggung jawab sosial perusahaan. Melalui audit sosial perusahaan menunjukkan apa yang dilakukannya atas nama perusahaan staf profesional, keluarga mereka, kolaborator dan masyarakat pada umumnya. Transparansi adalah diberikan kepada kegiatan yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup. Fungsi utamanya adalah untuk membuat tanggung jawab sosial perusahaan publik, sehingga memperkuat hubungan antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Ketika disatukan oleh para profesional ganda, menunjukkan audit sosial dan langkahlangkah perusahaan kekhawatiran tentang orang-orang dan tentang kehidupan di planet kita.

Latar belakang

Di Amerika Serikat dan Eropa selama penolakan, 60s publik perang di Vietnam memicu gerakan untuk memboikot barang dan saham beberapa perusahaan yang dikaitkan dengan konflik. Masyarakat menuntut sikap etis baru dan beberapa perusahaan mulai memberikan rekening atas tindakan sosial mereka dan tujuan. Menyusun dan menerbitkan laporan tahunan yang berisi informasi yang bersifat sosial menyebabkan apa yang sekarang kita dikenal sebagai "audit sosial". n Brazil ide mulai dibahas di tahun 70-an, tetapi hanya di tahun 80-an sosial pertama audit diterbitkan. Dari seterusnya 90an, perusahaan dari berbagai sektor mulai mempublikasikan hasil mereka setiap tahunnya.

Betinho . •Karena mengurangi risiko. Audit sosial memberikan perusahaan referensi yang sedang lebih dan lebih dihargai oleh investor dan konsumen di Brazil dan seluruh dunia. . Penerbitan audit sosial tahunan berarti mengubah pendekatan lama . Kita sekarang dapat melihat keberhasilan inisiatif ini dan menegaskan bahwa apa yang sekarang berlangsung adalah proses pembentukan lain mentalitas dan praktikpraktik inovatif di tengah sektor bisnis.meluncurkan kampanye bagi perusahaan untuk mempublikasikan audit sosial mereka pada relawan dasar. mengukur dan mempublikasikan praktek social tanggung jawab dalam usaha nya. Pasar analis. investor dan pembiayaan lembaga seperti BNDES. Mengapa penerbitan itu? •Karena itu etis.untuk pandangan modern di mana tujuan perusahaan termasuk kekhawatiran tanggung jawab sosial dan lingkungan. Menjadi adil. • Karena itu instrumen evaluasi. Dengan dukungan dan partisipasi tokoh bisnis terkemuka. yang Kampanye lepas landas dan menyebabkan serangkaian perdebatan di media dan di seminar dan forum. •Karena itu alat manajemen modern. Audit sosial adalah berharga alat bagi perusahaan untuk Administrasi. • Karena itu inovatif dan transformasi. Dalam dunia global di mana informasi hanya membutuhkan beberapa menit yang akan tersebar di seluruh pasar internasional. etis dan transparan perilaku harus menjadi bagian integral dari strategi apapun organisasi. baik dan bertanggung jawab adalah alasan sendiri.acuh tak acuh terhadap kepuasan dan kesejahteraan karyawan dan klien .Masalah ini hanya mendapat perhatian nasional pada bulan Juni 1997 ketika sosiolog Herbert de Souza . •Karena menambah nilai. BID dan IFC sekarang termasuk audit sosial dalam daftar dokumen yang diperlukan untuk menilai risiko perusahaan dan proyeksi.

" Cap Pada tahun 1998. Itu menyediakan informasi yang berguna bagi direksi untuk membuat keputusan mengenai program social perusahaan mensponsori. Audit sosial menunjukkan konsumen filosofi dan kualitas dari produk atau layanan yang disediakan. situs dan publisitas kampanye .bahwa mereka berinvestasi di bidang pendidikan.Siapa yang diuntungkan? Audit sosial menguntungkan semua kelompok yang terlibat dengan kegiatan perusahaan. Pemasok dan investor belajar bagaimana perusahaan menghadapi tanggung jawabnya dengan memperhatikan sumber daya manusia dan lingkungan. hanya penerima manfaat. Stamp Audit Ibase / Betinho Sosial menunjukkan perusahaan telah mengambil langkah pertama untuk menjadi warga negara-perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kehidupan . menunjuk cara perusahaan memilih untuk membuat dirinya dikenal. kesehatan. olahraga dan lingkungan. Ibase meluncurkan Ibase / Betinho Sosial Stamp Audit. sehingga meningkatkan komunikasi internal dan integrasi antara manajer dan staf. budaya. diberikan setiap tahun kepada perusahaan yang mempublikasikan mereka audit sosial sesuai dengan model yang disarankan oleh Ibase.pada kemasan mereka dan dalam laporan. Mempersiapkan audit sosial merangsang karyawan untuk mengambil bagian dalam memilih tindakan sosial dan proyek. Cap ini memungkinkan perusahaan untuk menunjukkan . Negara juga menguntungkan melalui identifikasi dan perumusan kebijakan sosial. dalam rangka mendorong perusahaan lebih untuk berpartisipasi. yang merupakan indikator yang baik tentang bagaimana perusahaan dijalankan. Sebagai Betinho akan berkata: "audit sosial tidak memiliki pemilik.

yang merangsang perusahaan untuk mempublikasikan audit sosial mereka tanpa ukuran dan sektor. Meskipun adalah tidak mudah untuk mengkorelasikan faktor keuangan dengan data sosial. Ibase percaya bahwa kesederhanaan menjamin lebih banyak perusahaan yang terlibat. Masyarakat dan pasar adalah auditor utama dari proses dan hasil yang dicapai . setelah bertemu dan berdebat dengan berbagai sektor masyarakat dan perwakilan berbagai perusahaan publik dan swasta Ibase mengembangkan sebuah model yang sederhana dan obyektif. Model Sejak tahun 1997. menjadi sulit untuk membuat evaluasi yang tepat dari fungsi sosial perusahaan selama bertahuntahun. masyarakat dan lingkungan.yang karyawan. Itu dominasi data obyektif merupakan dasar untuk memperkaya jenis pernyataan. Jika informasi tidak disajikan sesuai dengan standar minimum. Ibase telah memanggil perhatian dari masyarakat bisnis untuk pentingnya dan kebutuhan untuk model tunggal dan sederhana untuk audit sosial. indikator yang disajikan dalam model yang disarankan oleh Ibase membantu analisis komparatif dari perusahaan dari waktu ke waktu atau antara perusahaan lain dari sektor yang sama. Jadi. Publikasi tahunan yang menyajikan kepada yang umum investasi internal dan eksternal.