You are on page 1of 14

Pasang adalah naik dan turunnya permukaan laut disebabkan oleh kombinasi efek gravitasi dari bulan dan matahari dan juga efek dari rotasi bumi

.

bentuk garis pantai dan bathymetri di daerah dekat pantai .• • Sebagian besar lautan di dunia umumnya mengalami dua kali pasang tinggi dan dua kali pasang rendah setiap hari (semi-diurnal tide). tetapi beberapa lokasi mengalami hanya satu kali pasang tinggi dan satu kali pasang rendah setiap hari (diurnal tide). Tempo dan amplitudo pasang surut di pantai dipengaruhi oleh posisi matahari dan bulan. oleh pola gelombang pasang di laut dalam.

.

.

maka kita kenal 2 jenis pasang Pasang Purnama (spring tide) Terjadi pada saat bulan.• Berdasarkan posisi bulan dan matahari.  . matahari dan bumi berada dalam satu garis Pasang Perbani (neap tide) Terjadi pada saat bulan dan matahari membentuk sudut siku-siku 1.  2.

.

.

mulai dari jam sampai tahunan akibat pengaruh dari banyak hal. Untuk memastikan data pasang yang akurat maka diperlukan pengukuran di stasiun yang tetap dan pengukuran dalam interval waktu yang tetap. perubahan tinggi muka laut dalam hitungan menit diabaikan. Dalam pengukuran pasang. Data perubahan ketinggian muka laut ini dibandingkan dengan datum (data referensi) yang dikenal dengan MSL (mean sea level) atau rata-rata ketinggian permukaan laut .• • • • Pasang sangat bervariasi dalam skala waktu.

Dimana penjelasan mengenai prosesnya sudah dimulai sejak zaman Isaac Newton. 1.  Pasang surut sudah diamati oleh filsuf dari Babylonia dari abad ke-2 sebelum masehi. Pasang surut berpengaruh terhadap kehidupan manusia terutama nelayan Navigasi Data pasang surut suatu wilayah sangat penting untuk navigasi di laut. karena bentuk pantai dan kedalaman suatu wilayah atau darmaga dapat berubah tergantung pasang .

Delaware River. Tidal Indicator. At the time shown in the figure. Delaware c. 1897. the tide is 1¼ feet above mean low water and is still falling. as indicated by pointing of the .

.

  Listrik Energi listrik dari pasang dapat diperoleh dengan cara meletakkan turbin di area arus pasang atau membuat dam penampungan yang mengalirkan air menuju turbin. Pencegahan hama pengganggu 3. Waktu pasang tidak dapat diperkirakan dengan pasti berbeda dengan pembangkit listrik tenaga angin 4. Puncak energi terbesar gelombang pasang bisa dipastikan sangat singkat . kelemahan versi pertama adalah banyaknya energi sangat tergantung kondisi pasang.2. Pencegahan karat 2. sedangkan versi kedua membutuhkan dana yang sangat besar untuk membangun dam di pantai  Permasalahan terbesar dari pembangkit listrik tenaga pasang adalah 1.