You are on page 1of 4

Nama : Setiani Imaningtias NIM : 2011730162

Macam-Macam Batu

Batu saluran kemih pada umumnya mengandung unsur : kalsium oksalat atau kalsium fosfat, asam urat, magnesium-amonium-fosfat (MAP), xanthin, sistin, silikat, dan senyawa yang lainnya. Data mengenai kandungan/kompisisi zat yang terdapat pada batu sangant penting untuk usaha pencegahan terhadap kemungkinan timbulnya batu residif.

Batu Kalsium Batu jenis ini paling banyak dijumpai, yaitu kurang lebih 70—80% dari seluruh batu saluran kemih. Kandungan batu jenis ini terdiri atas kalsium oksalat, kalsium fosfat, atau campuran dari kedua unsur itu.

Faktor Terjadinya Batu Kalsium Adalah 1. Hiperkalsiuri Yaitu kadar kalsium di dalam urine lebih besar dari 250-300 mg/jam. Menurut Pak (1976) terdapat 3 macam penyebab terjadinya hiperkalsiuri, antara lain :

Hiperkalsiuri absorptive yang terjadi karena adanya peningkatan absorpsi kalsium melalui usus

-

Hiperkalsiuri renal terjadi karena adanya gangguan kemampuan reabsorpsi kalsium melalui ginjal

-

Hiperkalsiuri resorptif terjadi karena adanya peningkatan resorpsi kalsium tulang, yang banyak terjadi pada hiperparatiroidisme primer atau pada tumor paratiroid

2. Hiperoksaluri Adalah ekskresi oksalat urine yang melebihi 45 gram per hari. Keadaan ini banyak dijumpai pada pasien yang mengalami gangguan pada usus sehabis menjalani pembedahan usus dan pasien yang banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan

Penyebab tersering hipomagnesuria adalah penyakit inflamasi usus yang diikuti dengan gangguan malabsorpsi. sehingga menghalangi ikatan kalsium dengan oksalat atau fosfat. diantaranya adalah the. sitrat dapat bertindak sebagai penghambat pembentukan batu kalsium. 3. Hipomagnesuria Seperti halnya pada sitrat.oksalat. . dan sayuran berwarna hijau terutama bayam. 5. Oleh karena itu. karena terbentuknya batu ini disebabkan oleh infeksi saluran kemih. atau pemakaian diuretic golongan tiazid dalam jangka waktu lama. sindrom malabsorpsi. sitrat bereaksi dengan kalsium membentuk kalsium sitrat. Kuman penyebab infeksi ini adalah kuman golongan pemecah urea yang dapat menghasilkan enzim urease dan mengubah urine menjadi suasana basa melalui hidrolisis urea menjadi amoniak. minuman soft drink. batu jenis ini dikenal sebagai batu tripel fosfat. Hiperurikosuria Adalah kadar asam urat di dalam urine yang melebihi 850 mg/24 jam. Hal ini dimungkinkan karena ikatan kalsium sitrat lebih mudah larut daripada kalsium oksalat. Karena terdiri atas tiga kation. Hipositraturi dapat terjadi pada : penyakit asidosis tubuli ginjal. ammonium. fosfat. Hipositraturia Dalam urine. Asam urat yang berlebihan dalam urine bertindak sebagai inti batu atau nidus untuk terbentuknya batu kalsium oksalat. Batu Struvit Batu struvit disebut juga sebagai batu infeksi. arbei. karena di dalam urine magnesium bereaksi dengan oksalat menjadi magnesium oksalat sehingga mencegah ikatan kalsium dengan oksalat. Sumber asam urat di dalam urine berasal dari makanan yang mengandung banyak urine maupun berasal dari metabolisme endogen. 4. kopi. dan karbonat membentuk batu MAP dan carbonat apatit. CO(NH2)2 + H2O  2 NH3 + CO2 Suasana basa ini yang memudahkan garam-garam magnesium. magnesium bertindak sebagai penghambat timbulnya batu kalsium. jeruk sitrun. coklat.

Di antara 75—80% batu asam urat terdiri atas asam urat murni dan sisanya merupakan campuran kalsium oksalat. Enterobacter. dan selanjutnya membentuk batu asam urat. hipoxanthin diubah menjadi xanthin yang akhirnya diubah menjadi asam urat. tumor. dan 3. Degradasi purin di dalam tubuh melalui asam inosinat diubah menjadi hipoxanthin dengan bantuan enzim xanthin oksidase. Hiperurikosuri Ukuran batu asam urat bervariasi mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar sehingga terbentuk batu staghorn yang mengisi seluruh pelvikalises ginjal. dan Salisilat. pasien yang mendapatkan terapi antikanker. Klebsiella. atau benzoar jamur. Serratia. batu asam urat bentuknya halus dan bulat sehingga seringkali keluar spontan. Penyakit batu asam urat banyak di derita oleh pasien-pasien penyakit gout. Pseudomonas. Tidak seperti batu jenis kalsium yang bentuknya bergerigi. bentukan papilla ginjal yang nekrosis. dan diet tinggi protein mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapat penyakit ini. peminum alcohol. Batu asam urat murni bersifat radiolusen. coli banyak menimbulkan ISK tetapi kuman ini bukan termasuk pemecah urea. Meskipun E. penyakit myeloproliferatif. Volume urine yang jumlahnya sedikit. dan yang banyak mempergunakan urikosurik diantaranya adalah Sulfinpirazone. memberikan gambaran bayangan akustik. sehingga pada pemeriksaan IVU tampak sebagai bayangan filling defect pada saluran kemih sehingga seringkali harus dibedakan dengan bekuan darah. dan Staphylococcus. Pada pemeriksaan USG. atau dehidrasi. Faktor yang menyebabkan terbentuknya batu asam urat : 1. Sumber asam urat berasal dari diet yang mengandung purin dan metabolisme endogen di dalam tubuh.Kuman yang termasuk pemecah urea diantaranya adalah Proteus spp. Batu Asam Urat Merupakan 5—10% dari seluruh batu saluran kemih. Kegemukan. Urine yang terlalu asam 2. Tiazid. . Asam urat relative tidak larut di dalam urine sehingga pada keadaan tertentu mudah sekali membentuk kristal asam urat.

yaitu kelainan dalam absorpsi sistin di mukosa usus. Pemakaian antasida yang mengandung silikat yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan timbulnya batu silikat.Untuk mencegah timbulnya kembali batu asam urat setelah terapi.5—7 dan menjaga jangan terjadi hiperurikosuria dengan mencegah terjadinya hiperurisemia. Batu Jenis Lain Batu sistin. batu sistin didapatkan karena kelainan metabolisme sistin. batu triamterene. adalah : banyak minum. batu xanthin. alkalinisasi urine dengan mempertahankan pH 6. . Demikian batu xanthin terbentuk karena penyakit bawaan berupa defisiensi enzim xanthin oksidase yang mengkatalisis perubahan hipoxanthin menjadi xanthin dan xanthin menjadi asam urat. dan batu silikat sangat jarang dijumpai.