You are on page 1of 3

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Masalah Pada praktikum Mikroprosesor, praktikan tidak hanya belajar dalam bentuk teori saja, melainkan dituntut untuk praktek dan meyusun atau merangkai komponen elektronika menjadi sebuah alat yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, dengan cara ini praktikan mampu membuktikan teori-teori yang terdapat pada modul praktikum. Selain membuat alat, praktikan juga harus membuat bentuk alat peraga yang dibuat atas dasar alat yang dibuat, sehingga para praktikan memiliki pengetahuan lebih dalam membuat suatu rangkaian aplikasi Mikroprosesor. Automatic Roof adalah sebuah sistem yang mengatur buka dan tutup atap rumah sesuai kondisi cuaca. Salah satu contoh keuntungan dari alat ini adalah kita dapat menjemur pakaian dengan santai tanpa perlu khawatir pakaian kita akan kehujanan, karena atap akan menutup secara otomatis saat terjadi hujan. Di zaman modern ini semua kegiatan manusia dibuat serba praktis dengan adanya teknik otomatisasi. Otomatisasi adalah sebuah teknik yang bekerja secara otomatis berdasarkan respon tanpa adanya campur tangan manusia. Hal-hal yang sulit dikerjakan dan berbahaya pun dapat digantikan oleh teknik otomatisasi ini. Salah satu dari contoh teknik ini adalah Automatic Roof. Automatic roof adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuka atau menutup atap, yang biasa digunakan apabila hujan maka atap akan menutup dan jika cahaya muncul maka atap akan terbuka, dalam kehidupan sehari-hari alat ini bisa digunakan untuk tempat menjemur pakaian, apabila hujan atap secara otomatis tertutup dan pakaian yang sedang dijemurpun tidak akan terkena hujan, dan membuat pemilik rumah tidak khawatir tentang jemurannya tersebut. Berdasarkan uraian yang penulis jelaskan, alat yang penulis pilih masih ada hubungannya dengan teori yang terdapat di modul praktikum yang dipelajari. Pada rangkaian Automatic Roof ini terdapat 2 buah sensor yaitu sensor air dan sensor cahaya, selain itu pula terdapat motor DC yang berguna untuk menggerakan atap terbuka atau tertutup, dan komponen yang paling penting dalam alat ini adalah IC AT89S51, IC mikrokontroller yang memiliki beberapa keuntungan dan keunggulan, antara lain tingkat kendala yang tinggi, komponen hardwere eksternal yang lebih sedikit, kemudahan dalam pemrograman. Dan hemat dari segi

biaya. IC AT 89S51 memiliki program internal yang mudah untuk dihapus dan diprogram kembali secara berulang ulang. 1.2 Batasan Masalah Automatic Roof merupakan alat yang bekerja berdasarkan kondisi cahaya dan kondisi hujan. Oleh karena itu pembahasan tentang Automatic Roof disini hanya berkisar antara penggunaan sensor LDR dan sensor air, serta respon dari alat ini berupa Motor DC yang menggerakan atap dantampilan kondisi cuaca di LCD Display. 1.3 Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah menjelaskan tentang cara pembuatan alat dan teknik otomatisasi dari alat Automatic Roof yang menggunakan sensor LDR dan sensor air, berdasarkan pemrograman yang ditanamkan didalam IC mikrokontroler. adapun tujuan yang lebih lanjut dari penulisan makalah ini adalah : 1. Memberikan penjelasan dan cara kerja secara garis besar dari proyek elektronika yang telah dibuat. 2. Memberikan pengenalan dasar tentang rangkaian Automatic roof, serta komponenkomponen dalam Rangkaian ini. 3. Menambah wawasan penulis mengenai perkembangan didalam bidang elektronika. 4. Melatih penulis dalam karya tulis.

1.4 Metode Penelitian


dalam penyusunan makalah ini mengunakan dua metode yaitu : a. Wawancara Bertanya kepada teman teman dan asisten Lab apa yang kurang dalam pembuatan rangkaian komponen apa saja yang di gunakan, semisal komponen apa saja yang diperlukan dalam pembuatan alat Automatic Roof. b. Studi Pustaka Mendapatkan bahan penulisan dari berbagai buku yang mengenai komponen dasar dari rangkaian elektronik sampai rangkain digital.

1.5 Sistematika Penulisan


Pada bagian ini penulis akan mengemukakan tetntang pokok-pokok uraian tugas penulisan makalah ini agar lebih mudah dipahami dan jugasebagai dasar pembahasan selanjutnya. Dalam penulisan ini penulis menyajikan sistematika penulisan sebagai berikut : BAB I Pendahuluan Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, serta sistematika penulisan. BAB II Landasan Teori Bab ini menjelaskan tentang komponen-komponen yang digunakan dan juga teoriteori yang digunakan dalam pembuatan Automatic Roof ini. BAB III Prancangan dan Cara Kerja Alat Dalam bab ini menjelaskan perancangan dan cara kerja dari rangkaian secara diagram blok dan analisa rangkaian secara detail dan menguraikan mengenai cara kerja alat, pengoperasian alat dan analisa logika pemrograman. BAB IV Penutup Berisi tentang kesimpulan-kesimpulan dari penjelasan alat yang dibuat dan saran saran pembuatan alat yang dibuat.