You are on page 1of 3

TALBINAH (Hordeum vulgare); Mukjizat Pengobatan Nabawi

Posted 8 October, 2008 by dr.Abu Hana | ‫ | أبو هـنـاء ألفردان‬in Pengobatan Nabawi (‫)أ لطب النبوي‬. Tagged: gandum, herbal anti kolesterol, herbal gastritis, herbal insomnia, herbal parkinson, Hordeum vulgare, jelai, Pengobatan Nabawi ( ‫أ لطب‬ ‫)النبوي‬, talbinah. 4 Comments

Rate This

Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : Talbinah menenangkan hati orang sakit, menghilangkan sebagian kesedihan.1) Dari A’isyah bahwa ia memerintahkan untuk meminum talbinah, ia mengatakan, Talbinah itu dibenci tapi bermanfaat.2) Pengertian Talbinah Talbinah adalah air jelai3) yang mendidih, kandungan gizinya lebih besar dibandingkan dengan tepungnya. Ia merupakan obat yang berkhasiat mengobati batuk dan radang tenggorokan, cocok untuk menghilangkan amandel,melancarkan buang air kecil, membersihkan isi lambung, memuaskan dahaga, dan memadamkan rasa panas.4) Talbinah lebih bermanfaat daripada sop, berkhasiat menghilangkan penyakit fisik maupun kejiwaan. Disebut dengan talbinah karena setelah dimasak warnanya putih mirip susu. Ada beberapa metode penyajian, di antaranya adalah direndam, dimasak, atau ditepung. Setiap metode penyajian dari Talbinah ini memiliki cara penggunaan yang khas, tetapi metode penggunaan yang paling bermanfaat adalah diminum dengan dicampur madu. Komposisi Talbinah dan Khasiatnya dalam Pengobatan Talbinah mempunyai kandungan diantaranya :
1. Mengandung zat betaglucan, yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 2. Mengandung Vitamin E yang bisa melemahkan enzim-enzim yang mensintesis

kolesterol. 3. Mengandung Potasium, yang berfungsi mengendalikan tekanan darah, karena ia menciptakan keseimbangan antara air dan garam. 4. Mengandung Potasium, Magnesium, anti oksidan dan vitamin B, kekurangan zat-zat ini di dalam tubuh menyebabkan kekurangan mineral. Para ilmuwan modern mengatakan bahwa penyakit-penyakit kejiwaan, depresi, dan sebagainya merupakan akibat kekurangan mineral tertentu.

berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. lambung. Ini merupakan metode pemanfaatan yang paling baik dan bermanfaat. gangguan tidur. c. dan usus. infeksi organ-organ dalam. yang berfungsi membangun kesehatan tubuh. Infeksi dan kelemahan usus. berbagai jenis demam. Mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit jantung. 4. sehingga kolesterol turun. kelemahan hati. Digunakan untuk obat kumur. Menurunkan kandungan lemak dalam darah. Berikut ini ringkasan tulisan tentang Urgensi Nutrisi yang Mengandung Produk Olahan Jelai bagi Kesehatan Pengidap Penyakit Kencing Manis (IDDM) dan Tipe Kedua yang Bukan Faktor Keturunan7). kelemahan seksual.A. 3. penyakit-penyakit dan berbagai jenis radang saluran kencing dan Parkinson. Mengobati kanker. Roti Jelai dan Mukjizat Medis . Mengobati penyakit tekanan darah. Vitamin E bisa menurunkan fungsi enzim-enzim yang mensintesis kolesterol. Bisa dijadikan kompres untuk mengatasi penyakit-penyakit punggung dan bisa untuk melembabkan berbagai macam infeksi kulit. karena ini merupakan metode orang-orang Arab kuno. kanker. yang mengatakan bahwa jelai secara medis mempunyai fungsi : a. sekaligus berfungsi membasahkan dan melunakkan. Menurunkan tekanan darah. Meningkatkan kekebalan tubuh. M.6). Mengendalikan kadar gula dalam darah.5) Khasiat Medis Talbinah Sebuah tesis yang ditulis oleh Sahar Mushthofa Khamil. kandung kemih. depresi dan gangguan kejiwaan. Bentuk tepung jelainya. Unsur Betaglucan. 7. Mengandung hormon Prostaglofuin. Cara Pemanfaatan Talbinah Jelai direndam kemudian direbus hingga mendidih. Jelai dapat digunakan untuk mengatasi penyakit berikut ini : Jantung dan berbagai penyakitnya. dengan demikian talbinah mencegah terjadinya insomnia. 2. dapat ditambahkan pada minuman dan kuah untuk memudahkan pencernaan. Mengurangi resiko terkena kanker colon. Mengandung Lysine. luka-luka bernanah.Mengandung Melatonin yang berfungsi : Menurunkan kolesterol. Mengobati gangguan tidur. depresi dan kasus-kasus kejiwaan. 5. penyakit lambung. penyakit-penyakit dada. 6. Mengobati depresi. yaitu hormon yang menyebabkan tidur. kelemahan secara umum. sebagai sumber nutrisi. tekanan darah tinggi. tifoid (tifus). membuktikan bahwa jelai mempunyai khasiat medis : 1. ginjal. mengobati mencret. Mengobati Parkinson. b.

Menurunkan fungsi-fungsi SGOT-SGPT hati.Dr. 3) Jelai (Hordeum vulgare. 2. Menurunkan kadar glukosa. 5) Dalam pasal ini. dan tepung gandum. Islam Ahmad Mushthofa.. 6) Fakultas Pertanian. 2) Shohîhu `l-Bukhari(5690). penghasilmalt. Menurunkan kreatinin ginjal dan asam urat dalam darah. 8) Buku At-Taghdziyatu `sh-Shihhiyyah.Universitas Halwan). Jelai adalah anggota suku padi-padian (Poaceae). Fakultas Sains. 3. 5 % kacang kedelai. 7) Disebut juga NIDM. Menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Berbagai uji biologis telah menunjukkan bahwa roti tersebut berkhasiat : 1.8) __________________________________________ 1) Muttafaqun ˜alaih : Bukhari(5417) dan Muslim (2216). Satu hal yang penting dari jelai adalah bahwa jelai bebas dari unsur gelatin. dengan komposisi 20 % jelai. ˜Afaf ˜Abdul Hamîd ˜Athiyyah. jurusan studi diploma Teknologi Rekayasa dan Budi Daya Lahan Padang Pasir (Kuliah Terbuka di Universitas Kairo). (Akademi Kimia Biologi. diterjemahkan oleh Dr. Hamid Mahmud. Menurunkan gliserida dan lemak. Universitas Kairo. dan Dr. telah memproduksi roti lokal yang higienis. barley. dan sebagai makanan kesehatan. 4. Dr. Para dokter Belanda telah menyingkap buruknya absorpsi makanan yang disebabkan oleh penyakit Filamentosis yang penyebabnya adalah unsur gelatin yang ada di dalam gandum. saya merujuk kepada artikel yang berjudul Al-˜Ilâj bi `t-Talbînah. 329. Waktu berkecambahnya sekitar 1-3 hari. Ditemukan pula bahwa gejala-gejala penyakit ini hilang dengan dihilangkannya unsur gelatin dari menu makanan pasien. 4) Ath-Thibbu n Nabawi. jurusan Kimia – Biologi 1997 M. Pada tahun 2005.Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah hal.000 km²). 5. Ingg. adalah sejenis serealia untuk ternak. jelai berada pada urutan keempat dari jumlah produksi dunia dan luas area penanaman serealia di dunia (560. Hayat Muhammad Syaroroh dkk. . Ustadz ˜Abdul Karîm Tajûrî.