No 1

Kompetensi Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.

Indikator Menjelaskan objek dan permasalahan biologi

A 8. Perluasan lahan perkebunan kelapa sawit dan karet dengan menebangi pohon-pohon di hutan tropis dapat mempengaruhi keseimbangan alam karena hutan hujan tropis memiliki …. (D) 3. Bakteri Rizobium sp. Bersimbiosis pada tanaman kacang-kacangan, bakteri ini menguntungkan dalam bidang pertanian sebab ….. (D) 1. Jamur yang dapat menghasilkan zat antibiotic ditunjukkan oleh gambar … *E+ Penicillium notatum 6. Sekelompok siswa sedang mengamati cumicumi, kerang dan

B

C

D

E

2

Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.

Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia

Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan Protista (jamur, Protista, protozoa, alga)

Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup

factor yang perlu diperhatikan adalah … *E+ 5.Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan bekicot. minyak bumi. yaitu bertubuh lunak. sehingga hewan tersebut dimasukkan dalam kelompok … (A) 4. Perhatikan gambar tumbuhan berikut (Pakis) tumbuhan yang termasuk kedalam . Jenis sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan manusia karena dapat menghasilkan energy adalah air terjun. Hewanhewan tersebut mempunyai persamaan. cahaya matahari. angin dan batu bara. Agar sumber daya alam dapat dimaanfaatkan dalam jangka panjang.

(B) 9. Cacing pita termasuk dalam kelompok cestoda. Pada . rusa) . perubahan materi dan energi serta peran manusia Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem. buaya. Eceng gondok merupakan tanaman air yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air tawar..Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan Invertebrate Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata 3 Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem. Hewan dibawah ini dapat dikelompokkan dalam kelompok yang sama. division yang sama dengan tumbuhan pada gambar adalah … *E+ 7. Urutan dari fase-fase yang dialami cacing tersebut setelah dari telur adalah … (A) 2. persamaan ciri yang dimiliki hewan tersebut adalah (katak. cacing ini bersifat endoparasit dalam saluran pencernaan vertebrata..

kondisi tertentu pertumbuhan tanaman ini menjadi sangat pesat karena adanya limbah dari pupuk tanaman yang terbawa aliran air ke sungai sehingga dapat menyebabkan … [C] 11. Kegiatan industry dan pertambahan populasi manusia mengakibatkan konsentrasi karbon dioksida di atmosfer. Peningkatan tersebut dapat meningkatkan … (A) . Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan . (A) 10. Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia. Diagram berikut menunjukkan daur karbon ! CO2 pada gambar diagram tersebut berasal dari proses ….dalam keseimbangan ekosistem.

Perhatikan sel tumbuhan berikut! Bagian sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan dan tidak terdapat pada sel hewan ditunjukkan oleh 1 dan 2. mempunyai sistim morfologi yang bervariasi. tersusun dari sel hidup. Komponenkomponen kimia sel yang jumlahnya relative besar dalam protoplasma sel adalah … (B) 12. masih dapat membelah dan berfungsi dalam pembentukan tunas. Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya. Suatu jaringan tumbuhan memiliki sifat-sifat : merupakan jaringan dasar. Jaringan tumbuhan yang dimaksud adalah … (D) . serta proses yang terjadi pada sel.4 Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan. Menjelaskan sifat. fungsi nomer 1 adalah [C] 14. 13.ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan. Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.

Berikut ini gambar mekanisme gerak antagonis pada lengan (dari membengkok menuju lurus). ternyata kadar Hb dalam darahnya sangat rendah.5 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut. Seorang anak darah pada manusia sering merasa dan gangguannya. Emfisema pada manusia dan merupakan gangguannya. terjadi pada organ pencernaan lambung adalah (D) Menjelaskan sistem pernapasan 16. Setelah diperiksa dan di cek darah. pusing dan lelah. 18. gangguan pada jaringan paru-paru . Perubahan posisi lengan bawah dari X ke posisi Y disebabkan oleh … (B) Menjelaskan sistem peredaran 15. Proses makanan pada penguraian yang manusia dan gangguannya. Gangguan pada system peredaran darah ini disebut . (D) Menjelaskan sistem pencernaan 19. Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia..

Menjelaskan sistem regulasi (saraf. Dalam sistim reproduksi manusia hormone progesterone berperan dalam …. Perhatikan gambar sistim saraf pusat berikut! Bagian X adalah otak tengah (metensefalon). Kerusakan pada bagian ini akan menyebabkan… (B) 21. endokrin dan pengindraan) pada manusia.Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya. Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin. yang kehilangan elastisitasnya. Berikut ini adalah gambar anatomi nefron ! Proses yang terjadi pada bagian glomerulus adalah (D) 20. Perhatikan gambar bola mata berikut! Bagian yang fungsi nya yang tepat adalah (D) 17. Apa yang kan terjadi apabila gangguan ini terus berlangsung ? [E] 22. .

Beberapa hari kemudian biji mengalami perkecambahan. Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Biji kacang hijau direndam dalam air selama 2 jam. cahaya sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. tetapi keberadaannya menghambat pertumbuhan.(D) 6 Menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan. Untuk membuktikan bahwa cahaya menghambat pertumbuhan . factor yang mempengaruhi perkecambahan tersebut… *C+ 28. lalu dipindahkan kedalam wadah tertutup. Pada tumbuhan. 27.

Asam sitrat merupakan inhibitor nonkompetitif yang menyebabkan enzim fosfofruktokinase menjadi tidak aktif. Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat. Elektron . Hal ini terjadi karena asam sitrat … (B) 25. Senyawa kimia yang dihasilkan oleh katabolisme karbohidrat. Pada peristiwa reaksi terang terjadi reduksi NADP+ untuk membentuk NADPH. lemak dan protein yang selanjutnya memasuki rangkaian reaksi dalam dalam siklus krebs adalah … (B) Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob. 24.7 Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis. dapat dilakukan dengan cara mengamati … (D) 23. Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan. Menjelaskan ciri-ciri dan carakerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.

Bagian X pada protein. yang digunakan untuk mereduksi NADP+ berasal dari … (B) Menjelaskan proses 26.8 Memahami konsep dasar hereditas. Sel pada pembelahan gambar tersebut mitosis/meiosis/gametogenesis. (A) Menjelaskan proses sintesis 20. sedang mengalami… (B) Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel. atau dibentuk dari kromosom. diagram di atas menunjukkan… (B) Mengidentifikasi tahap-tahap 29. Kromosom nukleotida DNA. reproduksi sel. 2 molekul ATP yang terbentuk tersebut berasal dari proses… (A) Menjelaskan susunan 31.. fermentasi alcohol dari satu molekul glucose dihasilkan 2 alkohol. benang-benang kromatin pada sel yang siap membelah. . Dalam kemosintesis/respirasi anaerob. RNA. Komposisi kromosom adalah. penerapan prinsipprinsip hereditas dan peristiwa mutasi. 2 ATP dan 2 CO2.

bumbu. 32. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia. Kandungan di dalam suatu produk makanan kaleng terdiri atas daging sapi. Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi. Dari peta silsilah di atas. terigu. garam.. Menjelaskan prinsipprinsip dan aplikasi bioteknologi Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya. (B) Menjelaskan peristiwa mutasi. 10 . protein. Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan. tokoferol 9 Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains. MSG. 1 dan 2 bergenotipe.Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel. gula. 33. Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi. Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful