PERCOBAAN 1 PENGATURAN BUCK KONVERTER MENGGUNAKAN PI

I. Tujuan  Agar mahasiswa dapat mempelajari dan memahami rangkaian Buck Konveter terkontrol.  Agar mahasiswa dapat menganalisa dan menyimpulkan rangkaian buck konverter terkontrol.
II. Dasar Teori

Buck converter adalah salah satu topologi DC-DC konverter yang digunakan untuk menurunkan tegangan DC. Prinsip kerja rangkaian ini adalah dengan kendali pensaklaran. Komponen utama pada topologi buck adalah penyaklar, dioda freewheel, induktor, dan kapasitor.
Penyaklar dapat berupa transistor, mosfet, atau IGBT. Kondisi saklar terbuka dan tertutup ditentukan oleh isyarat PWM. Pada saat saklar terhubung, maka induktor, kapasitor, dan beban akan terhubung dengan sumber tegangan. kondisi semacam ini disebut dengan keadaan ON (ON state). Saat kondisi ON maka dioda akan reverse bias. Sedangkan saat saklar terbuka maka seluruh komponen tadi akan terisolasi dari sumber tegangan. Keadaan ini disebut dengan kondisi OFF (OFF state).

III. Hasil Percobaan Progaram
static float fc,T,Vpeak,delv,Vramp,PI,i; static int ns ; static float err,ierr,Ki,Kp,P,I ; fc=20000; Vpeak=10; T=1/fc; ns=T/delt; delv=Vpeak/(ns/2); if(++i>=ns) {i=0;Vramp=0;} if(i<ns/2)Vramp=Vramp+delv; else Vramp=Vramp-delv; y1=Vramp;

.

Kp=10. .

else y2=1. ierr = ierr+(err*delt). if(Vramp>PI)y2=0.Ki=2. PI=P+I.5.  Buck Konverter .err = x1-x2.P=err*Kp. I=ierr*Ki.

Dalam pratikum ini saya dapat menggontrol berapa nilai arus dan V0 yang di inginkan sehingga saya tidak terlalu susah dalam mengatur keluaran buck konveter tersebut hanya kita perlu mempelajari bagaimana program yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain kita mempelajari program kita juga mempelajari simulasi PSIM. Dari hasil simulasi kita dapat mengetahui bahwa hasilnya sama dengan apa yang saya buat dalam program. Kesimpulan Buck converter merupakan rangkaian elektronika atau rangkaian swicthing yang mudah di control terbukti dari hasil praktikum bahwa keluaran dari buck converter Dapat kita control menggunakan PI berupa program. Analisa Praktikum pertama untuk buck converter yang terkontrol menggunakan PI. sehingga terbukti buck converter dapat di control menggunakan PI di PSIM. . V.IV.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful