Seminar Tugas Akhir

SISTEM INFORMASI DATA DAN GAJI PEGAWAI KANTOR WILAYAH POS V BANDUNG Deni Miftah A.R 10701031

1

Abstrak

Di tengah maraknya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang kehidupan manusia, masyarakat umum dan bahkan kalangan informatikawan banyak sekali dikejutkan dengan teknologi baru ini. Kantor wilayah Pos V yang bergerak di bidang Pos dan Giro memiliki pegawai yang tidak sedikit, pegawai mendapat imbalan dari perusahaan berupa gaji yang berbentuk uang dan dibayarkan setiap bulan, seiring dengan maraknya penerapan teknologi informasi maka penulis merancang suatu sistem yang dapat menanggulangi kesulitan-kesulitan yang dialami pada proses penggajian yang dilakukan secara manual. Kegiatan perusahaan meliputi proses penambahan, pengeditan, penghapusan data pegawai dan perhitungan gaji, dengan pengolahan data menggunakan sistem terbaru maka proses updating dapat dilakukan dengan mudah sehingga data tiap hari menjadi data yang up to date.

. I design a system that can insolve every trouble in the salaray proses if the proses using manual system. with the new system the updating proses will become easier until the data data every become uptodate data. erasing data.ic people and even in yhe informatics engineers allof them surprised with this new system. he has a lot of employees. Company activity every time is inserting data. Kantor Wilayah Pos V move in mailand clearing.every employees accept a sallary from the company such as money dan has been payed every month. editing data. pub.Seminar Tugas Akhir Abstract 2 In the spread of Informatic System in every side human lives.

penjelasan secara mendetail tentang aplikasi yang akan dibuat. sehingga untuk membuat laporan diperlukan waktu yang lama. di dalam mengatur kesejahteraan kehidupan ekonomi pegawai. • Menambah lapangan wawasan kerja yang mengenai telah  Masalah yang ditemukan yaitu dalam mengolah database diantaranya. . BATASAN MASALAH  manusia yang menjual jasanya baik tenaga maupun pikiran agar memperoleh kompensasi yang telah ditetapkan sesuai dengan perjanjian. • Karena masih menggunakan cara manual maka proses pengolahan data kurang efektif dan kurang efisien karena membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. METODE PENELITIAN Metodologi kajian ini yaitu: • Studi pustaka dengan kajian.Seminar Tugas Akhir BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pegawai merupakan sumber daya  3 Semua pekerjaan diatas membuat data yang akan dilaporkan tercecer dan kadang ada yang hilang. menghitung •  mengkomputerisasikan segala data-data yang ada pada perkantoran. •  Laporan dan pencarian data. tunjangan. Perusahaan menentukan golongan pegawai yang terbagi menjadi beberapa macam untuk menetapkan gaji secara adil sesuai dengan pendidikan dan masa kerja tiap-tiap pegawai yang berbeda. personalia harus melakukan urutan kerja yang memakan waktu yang lama seperti harus menghitung setelah potongan itu dari koperasi. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan pembangunan software ini adalah • Memenuhi Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat dari kelulusan D-III • Membangun suatu sistem aplikasi data dan gaji pegawai dengan menggunakan visualisasi delphi 5. gaji merupakan bentuk penghargaan sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi kerja pegawai sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. dan akhirnya baru melakukan proses perhitungan gaji. sebagai balas jasa atas hasil kerja pegawai maka perusahaan memberikan kompensasi berupa gaji yang diberikan secara bulanan. Wawancara untuk mengambil dengan cara membaca yang digunakan dalam buku-buku referensi yang berkaitan tunjangan pegawai. potongan. dan jumlah total gaji. IDENTIFIKASI MASALAH Penulis membatasi masalah dalam kajian ini antara lain: • • Data pegawai yang berkaitan dengan proses penggajian Data gaji pegawai yaitu data gaji pokok.0. • Dalam penghitungan gaji.

penulis tidak banyak merubahnya. pembayaran gaji menggunakan media kertas yang mudah rusak. Pembuatan laporan hasil akhir penggajian pegawai. Assisten Manager Kesejahteraan). data gaji. Jadi prosedur yang digunakan penulis sama dengan prosedur yang sedang berjalan Aliran Informasi Aliran sedang berjalan. 2. Pengolahan data pembayaran gaji pegawai.  pegawai yang sedang dirancang terdapat batasanbatasan prosedur antara lain: 1.  Hasil Analisa Prosedur yang sedang berjalan di Analisa Prosedur Kantor Wilayah Pos V sudah cukup baik.  Prosedur pendataan pegawai. Pengolahan data pendataan pegawai. 3. data potongan. Sedangkan untuk proses-proses selain yang disebutkan diatas. informasi yang digunakan penulis sama dengan aliran informasi yang Prosedur yang Terlibat Adapun prosedur yang terlibat dalam sistem informasi penggajian pegawai ini adalah sebagai berikut: 1. Koperasi. pembayaran gaji dan pembuatan laporan. Manager SDM(Assisten Manager Kinerja dan Penghargaan.  Aliran Informasi Evaluasi Sistem . data kemajuan.  Batasan Organisasi: Pegawai. 2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB III ANALISIS dan PERANCANGAN SISTEM  4 Aliran Informasi di Kantor Wilayah Pos digunakan untuk memudahkan memproses kegiatan penggajian pegawai. Kepala Wilayah Pos V. Dokumen Yang Digunakan Dokumen yang digunakan seperti data gaji. Bank Kebutuhan Data Dalam proses penggajian di Kantor Wilayah Pos V memerlukan data-data untuk menjalankan prosesnya. Manager Keuangan. sistem ini belum menyediakan fasilitas untuk penanganan dan pengolahannya. tapi penulis dalam hal pendokumentasian menggunakan komputerisasi jadi medianya tidak mudah rusak. Data-data tersebut digunakan untuk masukan dengan kemudian akan diolah menjadi  Batasan Prosedur Pada sistem informasi penggajian data yang dibutuhkan. Hal-hal lain yang berada diluar sistem basis data akan menjadi suatu masukan dalam penyempurnaan sistem yang akan dibuat pada suatu masa yang akan datang. 3. Prosedur pegawai Prosedur pembuatan laporan. Kode yang digunakan Untuk kode penulis gunakan kode yang sudah ada. adapun proses yang sedang terjadi pada sistem meliputi proses pendataan pegawai.  Informasi yang dihasilkan Adapun informasi yang dihasilkan dari prosedur diatas menjadi data yang dihasilkan.Seminar Tugas Akhir Penelitian kelapangan dengan cara mengambil data-data yang diperlukan ke perusahaan.

Seminar Tugas Akhir Dari penelitian sistem yang masih berjalan di perusahaan dapat diambil suatu evaluasi yang menjadi tolak ukur perancangan sistem. Sulit ditemukan kembali arsip dengan cepat dan tepat bila diperlukan karena manual. menampilkan dan mencetak data penggajian pegawai Mudah dalam pencarian data. selanjutnya akan dijelaskan spesifikasi keluaran berdasarkan format keluaran yang dibentuk. 2. Penyimpanan dokumen dan arsip dalam media yang tidak mudah rusak seperti harddisk.     5 Performasi Sistem Dari hasil analis dari bab 3 penulis akan merancang sistem baru dengan performasi sebagai berikut: 1. 3. Proses pembuatan laporan memerlukan waktu yang lama. untuk digunakan sebagai masukan. Proses pengolahan gaji masih manual sehingga kurang efisien dan memerlukan waktu yang lama. Spesifikasi Masukan • Data Layar Data layar adalah data atau informasi  yang ditampilkan pada layar. yaitu: 1. Proses pendataan pegawai dicampur 3. Solusi Dari evaluasi hasil penelitian di Kantor Wilayah Pos V penulis mengambil solusi dari masalah yang ada yaitu 1. Keluaran Layar Perancangan Global Perancangan sistem ini merupakan Keluaran layer adalah keluaran atau informasi yang dicetak atau ditampilkan pada monitor computer. menghapus. yaitu foermat keluaran layar dan format keluaran kertas. atau ditampilkan pada suatu kertas tertentu. A. 4. memperbaiki. Spesifikasi Keluaran Berdasarkan kebutuhan dari pemakai sistem dan kemampuan sistem penggajian terbentuk dua format. Proses pencarian data dilakukan dengan cara koputerisasi sehingga data dapat ditemukan dengan cepat dan tepat 2. menjadi satu sehingga sering terjadi tumpang tindih pegawai. Menggunakan komputerisasi untuk mengolah gaji lebih cepat. Untuk . B. 4. Keluaran Keluaran Pada Kertas pada kertas merupakan sistem yang disusun oleh penulis walaupun tidak mengalami perubahan secara keseluruhan dari sistem yang berjalan di Kantor Wilayah POS V Bandung. Pembuatan laporan yang lebih baik untuk pembayaran gaji pegawai Mampu menyimpan. keluaran atau informasi yang dicetak. 3.. Memudahkan dalam pembuatan laporan dengan cara komputerisasi. 2. terutama bagian proses yang dilakukan secara manual.

 Mempersiapkan perangkat keras Kebutuhan perangkat keras ini khususnya pada kebutuhan perangkat untuk proses pengolahan data dengan bantuan komputer. Kebutuhan sistem operasi Akhir di Kantor Wilayah bagian penggajian. Pembentukan program aplikasi ini dilakukan dalam bentuk modul-modul program. Persiapan ini dilaksanakan bersamaan dengan persiapan perangkat keras yaitu selama 5 minggu. Komputerisasi harus diperhatikan dalam kegiatan perusahaan. yang bekerja.  memakan waktu juga banyak terjadi kesalahan. perangkat lunak yang digunakan dalam sistem ini yaitu Delphi 5. BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM  6 Kebutuhan sistem operasi yaitu minimal mengunakan sistem operasi Windows 98. maka penulis memiliki saransaran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi kelanjutan dalam usaha peningkatan etos kerja. dalam Pembentukan program aplikasi pembentukan program-program Kegiatan pembentukan program aplikasi terdiri dari bentuk modul-modul program.Seminar Tugas Akhir selanjutnya kluaran kertas tersebut disebut dengan slip gaji. maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN  Langkah-langkah Sistem yang Dirancang Implementasi Kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan pada aktifitas penerapan pembuatan perangkat lunak (software) sistem informasi penggajian pegawai ini adalah sebagai berikut. . Adanya dalam peningkatan perhitungan karena efisiensi gaji di dengan sistem dan perusahaan menggunakan Mempersiapkan perangkat lunak kebutuhan komputerisasi dapat mempercepat proses penggajian menghemat tenaga dibandingkan dengan proses yang dilakukan sebelum dilakukan Saran Setelah penulis melaksanakan Tugas Pos V tepatnya di sistem komputerisasi.  Kesimpulan Dari kegiatan Penyusunan Tugas Akhir yang telah penulis laksanakan di Kantor Wilayah tepatnya pada bagian penggajian pegawai. 2. Kebutuhan Aplikasi Kebutuhan perangkat lunak aplikasi yaitu perangkat linak untuk mengendalikan sistem yang berbasis komputer. sehingga informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak dapat segera terpenuhi dengan nilai yang akurat.0 2. dengan bantuan komputer ini diharapkan proses pengolahan data dapat lebih cepat.  Dalam mempersiapkan perangkat lunak terbagi 2 yaitu: 1. selain karena hal ini sangat mendukung kebutuhan tercapainya diinginkan Dengan cara tujuan dalam manual.

saran-saran Akan Adanya pengoperasian sistem di yang ingin baik penulis jika 7 sampaikan adalah sebagai berikut: lebih penggunaan komputer dibudidayakan.Seminar Tugas Akhir Adapun 1. Dibuat dokumen pelatihan untuk memudahkan pengoperasian sistem. 2. penggajian 3. pelatihan bagian .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful