You are on page 1of 35

ALKALI TANAH

Kelompok 8
Anggota: 1. Astri Nurhayati 2. Fernanda Kusumawardani 3. Nabilah Aulia H. 4. Ririn Subekti

XII IPA 1

Logam alkali tanah terdiri dari 6 unsur yang terdapat di golongan IIA. Yang termasuk ke dalam golongan II A yaitu : Berilium (Be), Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Di sebut logam karena memiliki sifat sifat seperti logam. Disebut alkali karena mempunyai sifat alkalin atau basa jika direaksikan dengan air. Dan istilah tanah karena oksidasinya sukar larut dalam air, dan banyak ditemukan dalam bebatuan di kerak bumi. Oleh sebab itu, istilah “alkali tanah” biasa digunakan untuk menggambarkan kelompok unsur golongan II A.

Tiap logam memiliki kofigurasi elektron sama seperti gas mulia atau golongan VIII A, setelah di tambah 2 elektron pada lapisan kulit S paling luar. Contohnya konfigurasi elektron pada Magnesium (Mg) yaitu : 1s22s22p63s2 atau (Ne) 3s2. Ikatan yang dimiliki kebanyakan senyawa logam alkali tanah adalah ikatan ionik. Karena, elektron paling luarnya telah siap untuk di lepaskan, agar mencapai kestabilan.

dan logam murni yang ada di udara. unsur ini mudah bereaksi dengan oksigen. sehingga tidak ditemukan dalam bentuk monoatomik . membentuk lapisan luar pada oksigen . Unsur alkali tanah memiliki reaktifitas tinggi.

04 Radium (Ra) 10-10 .1 Calsium (Ca) 3.02 Barium (Ba) 0.LIMPAHAN UNSUR Unsur Berilium (Be) Kelimpahan (%) 0.00006 Magnesium (Mg) 2.6 Stronsium (Sr) 0.

SIFAT FISIS LOGAM ALKALI TANAH .

Kenaikan jari-jari atom membuat atom makin mudah melepas/memutuskan ikatan Penjelasan:     Jari-jari atom makin besar Energi ionisasi makin kecil Afinitas elektron makin kecil Keelektronegatifan makin kecil .   kenaikan jari-jari atom membuat atom makin mudah teroksidasi (cenderung Reduktor) Kebasaan dari suatu hidroksida logam dilihat dari mudah/tidaknya melepas Ikatan –OH.

SIFAT KIMIA LOGAM ALKALI TANAH (1) Bereaksi dengan air M + 2H2O -> M(OH)2 + H2 Dimana M = logam alkali tanah Contoh : Ca + H2O -> Ca(OH)2 + H2 Mg + H2O -> Mg(OH)2 + H2 .

(2) Bereaksi dengan oksigen 2M + O2 -> 2MO (Dimana M = logam alkali tanah) Contoh : 2Ca + O2 -> 2CaO Akan tetapi jika bereaksi dengan O2 berlebih. maka hanya terbentuk suatu peroksida: 2Ba + O2 -> BaO2 (barium peroksida) .

KEGUNAAN ALKALI TANAH .

(Be dapat menyerap panas yang banyak). . Kegunaan-kegunaan ini termasuk pembuatan: mold. peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik. Aloy tembaga-berilium digunakan dalam berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas. kekuatan tinggi dan kekerasan.BERILIUM 1. Berilium digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium. elektroda pengelasan bintik. pegas. dan juga tahan karat serta tahan fatig (logam). sifat yang nonmagnetik.

Karena ketegaran.2. . Alloy tembaga-berilium digunakan dalam industri angkasa-antariksa dan pertahanan sebagai bahan penstrukturan ringan dalam pesawat berkecepatan tinggi. ringan. dan kestabilan dimensi pada jangkauan suhu yang lebar. kapal terbang dan satelit komunikasi. peluru berpandu.

industri tenaga nuklir menggunakan logam ini dalam reaktor nuklir sebagai pemantul neutron dan moderator. Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop. berbagai alat komputer. 6. . Karena penyerapan panas neutron yang rendah.3.Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinar-X untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi. 5. pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan. 4. ketegaran dan kestabilan dimensi. berilium digunakan untuk pembuatan litar bersepadu mikroskopik.Dalam bidang litografi sinar X.

. seterusnya bertindak sebagai perintang listrik. dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi.7. Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai kegunaan yang memerlukan konduktor panas yang baik. 8. tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis. dan juga titik lebur yang tinggi. Campuran berilium pernah pada satu ketika dahulu digunakan dalam lampu floresen.

Magnesium sulfat (MgSO4. vacuum cleaner. magnesium klorida (MgCl2. Sedangkan campuran magnesium. ringan. semen. Magnesium digunakan untuk membuat paduan logam (alies) terutama paduan magnesium dengan alumunium. Mg(OH)2 yaitu untuk mengobati penyakit maag dan menetralisir asam lambung. tahan korosi serta tahan asam dan basa. aluminium dan baja digunakan pada bahan pembuatan bagian-bagian pesawat.6H2O) digunakan dalam pembuatan kain katun. alat-alat optic dan furniture.7H2O) yang dikenal dengan garam Inggris (Epsom salt) dan magnesium oksida (MgO).MAGNESIUM 1. 2. Aliase ini digunakan untuk bahan konstruksi pesawat terbang dan mobil karena aliase ini kuat. digunakan pada pembuatan kosmetik dan obat pencuci perut. kaki atau tangan buatan. dan keramik. kertas.  .

KALSIUM 1. dan torium. Misalnya uranium. 2. zirkonium. 3. penyahsulfur dan penyahkarbon untuk berbagai jenis aloi ferus dan tak ferus. Dalam produksi semen dan mortir yang digunakan dalam bidang pembangunan. Sebagai penyahoksida. . Sebagai zat penurun dalam pengekstraksian logamlogam lain. berilium. timah dan magnesium 4. tembaga. Sebagai zat pengaloian yang digunakan dalam pembuatan aloi aluminium.

Strontium klorida ada kalanya digunakan dalam obat gigi untuk gigi sensitif. Strontium ranelat digunakan untuk perawatan osteoporosis di beberapa negara seperti UK. 2.STRONSIUM 1. Strontium oksida kadang kala digunakan bagi memperbaiki mutu setengah sepuh tembikar.  . 4. 3. Strontium aluminat digunakan sebagai fosfor terang dengan pendarfosfor yang berterusan.

nitrat dan klorat. Sedangkan nitrat dan klorat memberikan warna pada pertunjukan kembang api. Dua puluh dua isotop radioaktif barium lainnya telah ditemukan. . BARIUM Logam ini digunakan sebagai œgetter dalam tabung vakum. diagnostik sinar x-ray dan dalam pembuatan kaca. pigmen yang mengandung barium sulfat dan seng sulfida memiliki sifat penutup yang kuat dan tidak menjadi gelap atau hitam oleh sulfida. Lithopone. Senyawa-senyawa yang penting adalah peroksida. klorida. Barium sulfat digunakan dalam cat. Barium karbonat digunakan dalam racun tikus. Barium yang muncul secara alami merupakan campuran tujuh isotop. sulfat. Semua senyawa barium yang larut dalam air atau asam sangat berbahaya. Barite sering digunakan sebagai agen pemberat dalam fluida pengebor sumur minyak dan digunakan dalam pembuatan karet.

WARNA NYALA LOGAM ALKALI Selain berilium dan magnesium. Adapun warna nyala masing-masing logam adalah: berilium tidak berwarna  magnesium berwarna putih terang  kalsium berwarna jingga merah  stronsium berwarna merah  barium berwarna hijau.  . alkali tanah memiliki warna nyala yang khas.

Metode reduksi Untuk mendapatkan Berilium. kita harus memanaskan beril [Be3Al2(SiO6)3] dengan Na2SiF6 hingga 700 0C. bisa didapatkan dengan mereduksi BeF2. BeF2 + Mg à MgF2 + Be .CARA MEMPEROLEH ALKALI TANAH 1. Sebelum mendapatkan BeF2. Karena beril adalah sumber utama berilium. Ekstraksi Berilium (Be) a.

b. Karena BeCl2 tidak dapat mengahantarkan listrik dengan baik.à Cl2 + 2e- .à Be Anode : 2Cl. Reaksi yang terjadi adalah: Katoda : Be2+ + 2e. sehingga ditambahkan NaCl. Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan berilium juga kita dapat mengekstraksi dari lelehan BeCl2 yang telah ditambah NaCl.

dipanaskan dengan FeSi sehingga menghasilkan Mg.CaO.2. Dolomite dipanaskan sehingga terbentuk MgO.Metode Reduksi Untuk mendapatkan magnesium kita dapat mengekstraksinya dari dolomite [MgCa(CO3)2] karena dolomite merupakan salah satu sumber yang dapat menhasilkan magnesium. Ekstraksi Magnesium (Mg) a. lalu MgO. 2[ MgO.CaO.CaO] + FeSi à 2Mg + Ca2SiO4 + Fe .

à Cl2 + 2e- .à Mg Anode : 2Cl. Reaksi yang terjadi : CaO + H2O à Ca2+ + 2OHMg2+ + 2OH.à Mg(OH)2 Selanjutnya Mg(OH)2 direaksikan dengan HCl Untuk membentuk MgCl2 Mg(OH)2 + 2HCl à MgCl2 + 2H2O Setelah mendapatkan lelehan MgCl2 kita dapat mengelektrolisisnya untuk mendapatkan magnesium Katode : Mg2+ + 2e. Metode Elektrolisis Selain dengan ekstraksi dolomite magnesium juga bisa didapatkan dengan mereaksikan air alut dengan CaO.b.

3. Untuk mendapatkan kalsium. Reaksi yang terjadi : Katoda . Ca2+ + 2e. Ekstraksi Kalsium (Ca) a. 2Cl.à Ca Anoda . Metode Elektrolisis Batu kapur (CaCO3) adalah sumber utama untuk mendapatkan kalsium (Ca). Reaksi yang terjadi : CaCO3 + 2HCl à CaCl2 + H2O + CO2 Setelah mendapatkan CaCl2. kita dapat mengelektrolisisnya agar mendapatkan kalsium (Ca).à Cl2 + 2e- . kita dapat mereaksikan CaCO3 dengan HCl agar terbentuk senyawa CaCl2.

Reduksi CaO oleh Al 6CaO + 2Al à 3 Ca + Ca3Al2O6 Reduksi CaCl2 oleh Na CaCl2 + 2 Na à Ca + 2NaCl . Metode Reduksi Logam kalsium (Ca) juga dapat dihasilkan dengan mereduksi CaO oleh Al atau dengan mereduksi CaCl2 oleh Na.b.

Reaksi yang terjadi .à Sr anoda . Lelehan SrCl2 bisa didapatkan dari senyawa selesit [SrSO4].à Cl2 + 2e- . Karena Senyawa selesit merupakan sumber utama Strontium (Sr).4. 2Cl. Sr2+ +2e. Kita bisa mendapatkannya dengan elektrolisis lelehan SrCl2. Ekstraksi Strontium (Sr) Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan Strontium (Sr). katode .

Ba2+ +2e.à Cl2 + 2e- . Reaksi yang terjadi : katode . Setelah diproses menjadi BaCl2 barium bisa diperoleh dari elektrolisis lelehan BaCl2. Ekstraksi Barium (Ba) a.à Ba anoda . Metode Elektrolisis Barit (BaSO4) adalah sumber utama untuk memperoleh Barium (Ba). 2Cl.5.

barium bisa kita peroleh dengan mereduksi BaO oleh Al. Metode Reduksi Selain dengan elektrolisis.b. Reaksi yang terjadi : 6BaO + 2Al à 3Ba + Ba3Al2O6 .

PERBANDINGAN ALKALI DAN ALKALI TANAH Perbedaan Alkali Alkali Tanah Sifat Basa Lebih kuat Lebih lemah Sifat Logam Lebih kuat Labih lemah Tingkat kekerasan Lunak Lebih keras Tingkat Kereaktifan Lebih kuat Lebih lemah .

SEMENTARA : Air Sadah Ca2+. SO42. Mg2+.NO3•Diatasi dengan pemanasan/penambahan soda Na2CO3 .. dan Fe2+ yang menyebabkan air menjadi sadah.AIR SADAH* Air tertentu dapat mengandung ion-ion Ca2+. Mg2+ •Mengandung HCO3•Diatasi dengan pemanasan/penambahan CaO/Ca(OH)2 TETAP: •Mengandung anion selain HCO3.: Cl..

Warna nyala kalsium adalah …. JINGGA Senyawa yang digunakan sebagai obat cuci perut adalah …. 7H2O  .PERTANYAAN  Senyawa kalsium digunakan sebagai pencampur kembang api. MgSO4 .

JIKA DIPERLUKAN Magnesium biasanya tersedia dalam bentuk pita.massa magnesium setelah dibakar lebih besar daripada sebelum dibakar.ketiganya mempunyai panjang gelombang yang berbeda.dan barium secara bersama-sama digunakan untuk membuat kembang api.Pita itu akan menyala sangat terang jika dibakar diudara.dan strontium memiliki warna nyala yang sama (merah).rubidium.stronsium.magnesium.Hal itu disebabkan magnesium mengikat oksigen setelah dibakar. .Karena memancarkan cahaya yang sangat terang.reaksi yang terjadi pada pembakaran pita magnesium sesuai persamaan reaksi 2Mg(s) + O2(g) → 2MgO(s) Ternyata. Meskipun litium.

3. 4. 3) .PERTANYAAN 1. Mengapa Ca dan Mg dapat mengubah air menjadi sadah? ( Syifa kel. 2) Perbedaan air sadah tetap dan sementara? (Akbar kel.1) Mengapa Mg(OH)2 digunakan sebagai obat maag? (Rifka kel. 7) Bagaimana Strosium Ranelat dapat menjadi obat osteoporosis? ( Bayu kel. 2.

Karena. Magnesium hidroksida dianggap paling aman karena tidak banyak diadsorpsi dalam pencernaan. Karena Ca dan Mg bersifat mudah berikatan dengan OH. .sehingga terbentuk basa dan air menjadi sadah Diantara basa yang lain . senyawasenyawa tersebut dapat menimbulkan efek lain seperti sembelit atau menyebabkan darah terlalu basa. Jika menggunakan natrium bikarbonat. 2. magnesium hidroksida adalah yang paling aman.JAWABAN 1. kalsium karbonat ataupun aluminium hidroksida.

3. 4. Stronsium ranelat bekerja dengan mengikat ke tulang dengan sangat erat dan mencegah kalsium dikeluarkan oleh osleoklas. Melainkan dengan cara kimia yaitu mereaksikan air sadah dengan zat-zat kimia tertentu (resin dan zeolit . Stronsium ranelat juga merangsang pembentukan tulang baru oleh osteoblas Sadah sementara = dapat dihilangkan kesadahannya hanya dengan dipanaskan sadah tetap = tidak bisa dihilangkan dengan cara pemanasan.