You are on page 1of 10

INVESTASI PEMBANGUNAN PKS PABRIK PENGOLAHAN KELAPA SAWIT MILIK RAKYAT

BATULICIN AGRO SENTOSA

VISI DAN MISI
VISI 1. Mencetak petani kelapa sawit menjadi pengusaha baru di bidang agribisnis kelapa sawit 2. Menjadikan ikon kabupaten tanah bumbu sebagai pilot project sentra agribisnis terpadu berbasis - ekonomi kerakyatan 3. Menjadikan kenaikan pendapatan per-kapita petani sawit tertinggi di Indonesia 4. Menjadi kawasan percontohan bukti kebangkitan ekonomi kerakyatan 5. Membangun paradigma baru cara-cara ber-investasi secara kerakyatan MISI 1. Memberikan jaminan ketenangan bahwa petani memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit sendiri 2. Menunjukkan kepada kapitalis dan pemerintah bahwa masyarakat petani mampu untuk mandiri bersaing di bidang agribisnis 3. Memotivasi dan membangun kesadaran petani bahwa kelapa sawit bukan hanya buahnya saja yang bisa dinikmati tetapi setelah diolah pabrik menjadi cpo,kernel dan product turunan lainnya yang hasilnya jauh lebih besar 4. Pabrik kelapa sawit kerakyatan akan menjadi pembanding/penyeimbang yang lebih baik kepada pabrik milik kapitalis karena adanya peraturan yang tidak pasti dan cenderung merugikan petani LATAR BELAKANG PENDIRIAN PABRIK / PKS-KERAKYATAN 1. Kesulitan petani kelapa sawit pada saat melakukan penjualan hasil panen ke pabrik terdekat 2. Permainan seleksi buah/grading tbs yang selama ini dilakukan oleh pabrik-pabrik milik kapitalis yang sering merugikan petani 3. Jarak antara kebun petani dengan pabrik yang selalu menjadi permasalahan ketika akan melakukan penjualan tbs dan adanya perda tentang pembatasan angkutan buah kelapa sawit melewati jalan raya 4. Per-tambahan luasan kebun kelapa sawit petani dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan 5. Keterbatasan jumlah pabrik yang ada, dimana pada saat panen raya hanya diutamakan tbs kebun milik perusahaan sendiri, sehingga tbs petani cenderung tidak mendapat kesempatan untuk diterima pabrik yang ada 6. Pembayaran hasil penjualan buah milik petani oleh pks , dilakukan dalam tempo 1,5 s/d 2 bulan setelah buah diterima pks (ada istilah baru “petani meminjami modal perusahaan” ) 7. Adanya ide bupati tanah bumbu, ketua apkasindo kalsel dan koperasi kj-kskm yang mendapat dukungan tokoh masyarakat agar bisa mendirikan pabrik kelapa sawit sendiri dengan cara per-modalan “ dari petani, oleh petani dan untuk petani ” yang didukung juga oleh pihak per-bankan . sehingga akan lebih meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran petani PROSPEK PASAR

penyerapan kesempatan kerja. maka kebutuhan bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi beserta produk yang dihasilkan dapat dilihat pada tabel sbb : . tercukupinya kebutuhan konsumsi dalam negeri. mendorong pusat pertumbuhan wilayah. ditambah permintaan sbg bahan baku bahan bakar nabati (biodisel). dan glycerin)dan biodiesel. shortening. Peran ekonomi perkebunan kelapa sawit cukup strategis. fatty alcohol. Menguatnya permintaan CPO sbg bahan baku industri pangan dan oleochemical. yaitu industri pangan(antara lain minyak goreng. margarin. dalam setahun bekerja selama 300 hari. menekan jumlah penduduk miskin. Cocoa Butter Substitutes. dalam sebulan 25 hari. semakin menambah kuatnya permintaan terhadap hasil produksi perkebunan kelapa sawit.   PRODUCK HASIL PENGOLAHAN DI PKS CPO dan Turunannya KAPASITAS PRODUKSI Lahan sawit yang diperlukan + 6000 (enam ribu) ha Berdasarkan kapasitas terpasang pabrik yaitu sebesar 30 ton perjam.dll. Pemanfaatan CPO oleh industri dalam negeri digunakan sebagai bahan baku industri turunan CPO.seperti: peningkatan ekspor. Vegetable Ghee)dan industri non pangan antara lain oleokimia ( fatty acids. dalam satu hari pabrik bekerja normal selama 12 jam.

300 39.600 24 600 7. BAS IJIN SITU.000 180.200 ton ton ton ton ton ton ton ton Biaya investasi untuk membangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dikelompokkan dalam beberapa jenis proyek pekerjaan antara lain : • Investasi Pabrik • Rumah Karyawan • Peralatan • Perlengkapan Kantor • Peralatan Laboratorium • Mesin-mesin • Instalasi air minum • Alat Berat serta Transportasi • Land Aplikasi Limbah • Manajemen Operation Total Investasi Rp.Uraian Kapasitas terpasang Jam kerja/hari Hari kerja/bulan Hari kerja setahun Kebutuhan kapasitas olah/hari 30 20 25 Jumlah ton/jam jam hari hari ton 300 600 Kebutuhan kapasitas olah/bulan Kebutuhan kapasitas olah/tahun Produksi CPO/hari(rendemen 22%) Produksi CPO/bulan(rendemen 22%) Produksi CPO/tahun(rendemen 22%) Produksi Kernel/hari(rendemen 4%) Produksi Kernel/bulan(rendemen 4%) Produksi Kernel/tahun(rendemen 4%) 15. 120 Milyar NO 1 2 3 4 5 6 7 8 AKTE PENDIRIAN PT.SIUP DAN TDP STUDY KELAYAKAN USAHA PROPOSAL PKS PENENTUAN LOKASI PKS IJIN LOKASI AMDAL/UKL/UPL REKOMENDASI DISBUN PROGRAM KERJA SELESAI √ √ √ √ √ DALAM PROSES √ √ √ .000 132 3.

Penjualan Saham dilakukan selama 1. Modal saham akan diperoleh dari setoran modal petani kelapa sawit dan non petani yang ikut berminat untuk berinvestasi didalam pembangunan PKS PT. Jika kuota penjualan ke petani kelapa sawit tidak terpenuhi.800 lembar saham. maka akan ditawarkan kepada masyarakat umum. 2. 4.5 bulan ternyata sudah terjual mencapai 16.9 10 11 12 13 INVENTARISASI LUASAN KEBUN SAWIT SOSIALISASI DAN PENYULUHAN LAUNCING PENJUALAN SAHAM ( 1 OKTOBER S/D 15 NOP 2012 ) PELETAKAN BATU PERTAMA ( 31 DESEMBER 2012 OLD AND NEW OPERASIONAL PABRIK ( APRIL 2014 ) √ √ STRUKTUR PENDANAAN 1. BAS. Penjualan saham diprioritaskan (bisa diwajibkan) untuk petani kelapa sawit.5 bulan. jika sebelum 1.800 lembar. maka penjualan saham akan ditutup . 3. Jumlah lembar saham yang akan dijual adalah 16.