You are on page 1of 18

Slide ini Disusununtuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer Dosen Pengampu : M.

Didik R Wahyudi,

Habibatur Rofi’ah Abdul Wahid Bayu Laksana Surya E Tofik Apriliyanto Ardiana Dilan WP (11650037) (09650020) (11650016) (09650021) (11650051) . 4.1. 3. 5. 2.

Pantas saja jika kami sebut begitu. Pasalnya. .Apa itu sandy bridge ? Sandy Bridge adalah jembatan teknologi prosesor ke masa depan. Sandy Bridge adalah perubahan terbesar yang dilakukan Intel sejak era Pentium 4. dan Sandy Bridge adalah wujud sebenarnya dari fusion processor.

Nah. Komponen di dalam prosesor ini sendiri kurang lebih sama seperti Nehalem. . Seluruh komponen di dalam prosesor Sandy Bridge berada dalam sekeping silikon yang dibuat dengan fabrikasi 32nm. Yang pertama tentu saja inti prosesor. hal itulah yang Intel rombak di Sandy Bridge.Gambaran sandy bridge seluruh komponen sebenarnya masih terpisah dalam keping-keping silikon yang berbeda. namun akan disusul generasi berikutnya yang memiliki 6 dan 8 inti. Pada Sandy Bridge generasi pertama ini jumlah inti masih 2 dan 4.

Kerja L2 cache dibantu dibantu cache level 3 (L3 cache) yang jumlahnya sama dengan inti dengan ukuran bervariasi antara 3-8MB. Sedangkan PCI Express. DMI. dan memory controller dan display interface berkumpul menjadi satu menjadi komponen yang disebut System Agent. . tergantung segmentasi.Gambaran sandy bridge Masing-masing inti memiliki L2 cache sebesar 256KB.

Interkoneksi ini menghubungkan seluruh komponen. mengapa Intel susah payah mengumpulkan seluruh komponen ke dalam prosesor? Jawabannya karena ada banyak keuntungan dengan sistem saling terintegrasi seperti ini tentu saja peningkatan performantel menggunakan interkoneksi baru yang disebut Ring Bus di Sandy Bridge ini. .Full intregation Anda mungkin bertanya. sampai cache. chip grafis. Ring Bus ini diklaim memiliki kecepatan sampai 384GB/s dengan latency yang minim. Dan masih ada keuntungan lainnya. mulai dari chip prosesor.

Berikut Adalah Prosesor Desktop Versi “Polos” Dan K Yang Tersedia Untuk Segmen Retail. .

Menariknya. jatah daya dan panas ini juga bisa dibagi untuk chip grafis.0 Pada prosesor Sandy Bridge. Intel menyadari peningkatan panas di prosesor tidak terjadi seketika.Turbo Boost 2. Intel menerapkan Turbo Boost dengan pendekatan yang lebih agresif. melainkan bertahap sampai mencapai batas maksimal. .

.

yaitu Intel HD Graphic 2000 dan 3000.Grafis Lebih Gahar Chip grafis onboard Intel selama ini sering dianggap sebelah mata. Namun di Sandy Bridge ini. Intel seperti ingin menunjukkan kalau mereka juga bisa membuat chip grafis. performanya terbilang jauh tercecer di belakang. Sandy Bridge berambisi menjadi yang tercepat di kelas chip grafis onboard. . Jika dibanding chip grafis AMD atau Nvidia. Setidaknya. Anda akan menemukan dua tipe chip grafis di Sandy Bridge. bahkan memiliki performa yang setara dengan kartu grafis mandiri kelas low-end.

.

Platform Baru .

• Dengan konsep serba terintegrasi tersebut. karena membuat kita bisa mengandalkan sistem onboard untuk aplikasi 3D maupun video kualitas tinggi. AMD. Perombakan di sisi chip grafis juga patut mendapat catatan tersendiri. Intel benar-benar mewujudkan konsep fusion processor yang sebenarnya lebih dulu didengung-dengungkan saingan abadi mereka.Kesimpulan Awal • Melalui Sandy Bridge. . Sandy Bridge menjanjikan kecepatan maupun konsumsi daya yang lebih baik.

fusion processor.prosesor yang menyatukan seluruh komponen prosesor ke dalam sekeping silikon. .

Turbo Boost adalah kemampuan prosesor untuk meningkatkan kecepatan di atas standar jika mendeteksi TDP dan panas prosesor secara keseluruhan masih di bawah ambang normal. Karena inti lain istirahat yang berarti jatah dayanya tidak terpakai prosesor secara otomatis akan meningkatkan kecepatan inti yang sedang bekerja. saat hanya satu atau dua inti yang bekerja. Turbo Boost . Hal itu biasanya terjadi ketika prosesor menjalankan aplikasi yang single-threading (seperti game).

Lynnfield. Namun pengintegrasian tersebut juga menyisakan efek negatif.penurunan konsumsi daya serta ukuran inti. Bandingkan dengan pendahulunya. namun memiliki ukuran die 296mm2. prosesor Sandy Bridge empat inti memiliki 995 juta transistor. namun ukuran die-nya hanya 216mm2. Ke Untungan Full Intregation . Sebagai perbandingan. apalagi dengann fabrikasi 32nm yang digunakan Sandy Bridge. yang “cuma” memiliki 296 juta transistor.

Namun di Sandy Bridge. Sisi Negatif Full Intregation . clock generator (yang mengatur frekuensi kerja seluruh komponen) berada di motherboard. Hal ini membuat overclock melalui BCLK menjadi sangat sulit.Pada era Nehalem. clock generator dipindahkan ke dalam prosesor. yang memungkinkan kita melakukan overclock dengan menaikkan base clock (BCLK). Kenaikan hanya berkisar di angka 5-6MHz saja.

3. dengan HyperThreading).Tidak sih. Namun sebagian besar prosesor Sandy Bridge multipliernya dikunci. cuma lebih terbatas.4GHz. tanpa HyperThreading) dan Core i7 2600K (4 inti. Apakah berarti overclock menjadi mati? . 3. yaitu Core i5 2500K (4 inti. Satu-satunya cara adalah menaikkan multiplier prosesor.3GHz. Yang dibuka hanya prosesor Sandy Bridge dengan akhiran “K”.