You are on page 1of 5

MEMORANDUM OF UNDERSTANDING

(MoU)
Nomor : 01/MoU/V/2013 Tanggal : 7 Mei 2013

PT. ……………………………….

Dan

PT. MITRA LINTANG LIMO PERKASA

Tentang

PELAKSANAAN PROYEK PEMBEBASAN LAHAN UNTUK PERUMAHAN

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT.. ………. Wisma Nugra Santana Lt. yang berkedudukan di Jl. INDORAYA BUMI PERSADA suatu perusahaan dan merupakan Perseroan di bawah hukum Republik Indonesia. 2. BUDI SATRIA LUBIS. LAHAN sudah ditunjuk oleh Owner.000 m 2 x Rp. yang berkedudukan di Galaxy Raya No. 2.000. 5. H. 6. Tugas dan tanggung jawab MAIN CONTRACTOR adalah sampai dengan Pelepasan Hak dari pemilik Tanah dan di AJB ke PROJECT OWNER. Jika harga melebihi dari Rp. AGRINDO DIAN TARUNA yang selanjutnya disebut PROJECT OWNER.000 m2 dengan harga Rp. II.14 Suite 1416 Jl. Kedua belah pihak bersama ini menerangkan hal-hal sebagai berikut : 1./ m2 adalah merupakan tanggung jawab PROJECT OWNER atas kekurangan biaya pembelian tersebut...000. MAIN CONTRACTOR adalah PT. Biaya Pembebasan Lahan Luas 50. INDORAYA BUMI PERSADA yang selanjutnya disebut MAIN CONTRACTOR (PELAKSANA PEMBEBASAN LAHAN). Jawa Barat.000. AGRINDO DIAN TARUNA suatu perusahaan dan merupakan Perseroan di bawah hukum Republik Indonesia.250. Jend. Pancawati Kab. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas PARA PIHAK menyatakan mengikat diri satu dengan yang lain untuk menandatangani PERJANJIAN KERJASAMA dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut : PASAL 1 DEVINISI 1.20-21 Jakasampurna Bekasi Selatan.Halaman 1 of 4 Pada hari ini.. 125. Sudirman Jakarta. 6.000. Galaxy Raya No.(Enam milyar dua ratus limapuluh juta rupiah). 3. 7. 4. INDORAYA BUMI PERSADA yang berkedudukan di Jl.-05-2013). Gd. kami yang bertanda tangan di bawah ini : I. Jabatan Direktur Utama PT.. PROJECT OWNER adalah PT. Karawang.000. . Jabatan Kuasa Direktur PT……………………… yang berkedudukan di ………………………………………………. MAIN CONTRACTOR membeli lahan tersebut 50. 100.-/m2..000. Biaya tersebut akan dicover oleh Owner dalam bentuk SKBDN Unconditional Bank Tabungan Negara. 5. MAIN CONTRACTOR ditunjuk oleh PROJECT OWNER untuk melaksanakan Pembebasan lahan untuk Pembangunan Perumahan di Lokasi Desa Cengkong Kec. SKBDN Unconditional Bank Tabungan Negara dikeluarkan Owner setelah Penanda-tanganan Kontrak.20-21 Jakasampurna Bekasi Selatan. Tanggal …………… Bulan April Tahun Dua Ribu Tiga Belas (…. 100.000./ m2 = Rp. Total sebesar Rp.(lima milyar rupiah).. Ir.000. HADY PERMANA. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT.

3.000. 3. 4.000. Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan ini adalah selama 3 (tiga) bulan dan jangka waktu pembayaran SKBDN Unconditional Bank BTN dengan tenor 3 (tiga) Bulan..000. Pancawati Kab.000. Karawang. PASAL 3 LINGKUP KERJASAMA DAN PROSEDUR PELAKSANAAN 1. 3.000. Halaman 2 of 4 PASAL 2 MAKSUD DAN TUJUAN PROJECT OWNER menyatakan setuju untuk bekerjasama dengan MAIN CONTRACTOR untuk Pembebasan Lahan yang akan di bangun Perumahan di Lokasi Desa Cengkong Kec. 3. Karawang. 4.000. 2. Terbitnya SKBDN sebesar Rp.(tiga milyar tujuh ratus lima puluh juta rupiah). Kerjasama Pembebasan Lahan ini akan menggunakan mekanisme PEMBAYARAN dengan SKBDN. Titipan Hak PROJECT OWNER sebesar Rp. PROJECT yang dimaksud adalah Pembebasan Lahan untuk Pembangunan Perumahan di Lokasi Desa Cengkong Kec. 3. Pancawati Kab. PASAL 5 BIAYA-BIAYA YANG TIMBUL Kedua Belah Pihak sepakat dalam perjanjian ini biaya-biaya yang timbul atas terbitnya SKBDN berupa provisi dan administrasi Bank dibiayai oleh MAIN .(tujuh ratus limapuluh juta rupiah) kepada MAIN CONTRACTOR. 750.000.-(tiga milyar rupiah) akan dibayarkan MAIN CONTRACTOR setelah menerima SKBDN dari Bank Tabungan Negera yang diperintahkan oleh PROJECT OWNER. PROJECT OWNER akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) sebagai dasar dari MAIN CONTRACTOR untuk memulai membebaskan lahan.000. Dari Titipan tersebut PROJECT OWNER akan mengeluarkan Jasa Manajemen Fee sebesar Rp.. PASAL 4 JANGKA WAKTU PELAKSANAAN. Karawang.000. PROJECT OWNER menyiapkan seluruh data-data Lahan Tanah yang akan dibebaskan MAIN CONTRACTOR di Lokasi Desa Cengkong Kec. Pancawati Kab..000. 2.(sepuluh milyar rupiah) adalah titipan PROJECT OWNER sebesar Rp. PROJECT OWNER memiliki HAK INDEPENDENT untuk secara bebas menunjuk dan memutuskan perusahaan yang akan diserahkan pekerjaan sebagai MAIN CONTRACTOR.750. PEMELIHARAAN PEMBAYARAN DAN PERJANJIAN 1. Perjanjian ini berlaku sejak ditandatangani dan akan berakhir setelah penyerahan dokumen Pelepasan Hak Pembebasan Lahan dari MAIN CONTRACTOR ke PROJECT OWNER. Dalam system KERJASAMA Pembebasan Lahan ini. 10.

MAIN CONTRACTOR PT. kesepakatankesepakatan dan perjanjian-perjanjian lain dalam bentuk apapun kecuali yang diatur secara jelas dalam Perjanjian ini. H.CONTRACTOR. dibayarkan langsung oleh MAIN CONTRACTOR ke Teller Bank Penerbit SKBDN atas Surat Perintah Stor (SPS Bank BTN). PASAL 7 PENUTUP 1. AGRINDO DIAN TARUNA Ir. dalam rangkap dua (2) diantaranya masing-masing dibubuhi materai cukup dan keduanya mempunyai kekuatan hukum yang sama. 2. Adapun pembayarannya. maka Para Pihak setuju untuk menyelesaikan permasalahan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia. Tidak ada pengertian-pengertian. kesepakatan yang dibuat baik secara tertulis maupun lisan yang pernah dibuat sebelumnya oleh Para Pihak. 2. Demikianlah Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh Para Pihak di Karawang pada tanggal 10 April 2013 sebagaimana disebutkan pada awal Perjanjian ini oleh wakil-wakil yang sah dari Para Pihak. Semua lampiran yang disebutkan dalam Perjanjian ini atau lampiranlampiran / perjanjian tambahan yang akan dibuat kemudian oleh Para Pihak merupakan bagian yang integral dan tidak terpisahkan dari Perjanjian ini. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian ini dengan cara musyawarah untuk mufakat. Dalam hal perselisihan tersebut tidak adapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. BUDI SATRIA LBS Direktur Utama SAKSI-SAKSI HADY PERMANA Kuasa Direktur . Perjanjian ini mengesampingkan seluruh negoisasi. INDORAYA BUMI PERSADA PROJECT OWNER PT. Halaman 3 of 4 PASAL 6 PENYELESAIAN PERSELISIHAN 1.

ILYAS SAFNA DADAN MUDAMAT Halaman 4 of 4 .