You are on page 1of 37

cahaya hati | Psikologi Belajar

Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.umm.ac.id http://miaqu24.student.umm.ac.id/psikologi-belajar/cute

Psikologi Belajar
PEMBELAJARAN HUMANIS,

DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGIS

1

 

Konsep Belajar

Suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu.

Konsep Pembelajaran

-

UUSPN No. 20 tahun 2003 à Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

-

Umum à Proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran

Scope Pembelajaran

-

Pendidik

-

Peserta didik

-

Kurikulum (tujuan / standar yang ingin dicapai, materi, media, metode, evaluasi)

-

Sarana pra-sarana

-

Lingkungan (keluarga, masyarakat, sekolah)

page 1 / 37

cahaya hati | Psikologi Belajar
Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.umm.ac.id http://miaqu24.student.umm.ac.id/psikologi-belajar/cute

Wujud Pembelajaran

Menghasilkan output yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan perannya dimasa mendatang à perubahan perilaku & wawasan

Caranya:

1.

Memberikan BK, arahan, motivasi, sehingga mampu memecahkan masalahnya sendiri

2.

Terjalinnya interaksi 2 arah yang sehat

3.

Memberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan, dengan berbagai pertimbangan

Penyebab Perubahan Perilaku:

-

Adanya pengalaman dan latihan

-

Adanya kecakapan baru

-

Adanya usaha yang disengaja

Contoh: perilaku berbicara, menulis, bergerak, berfikir, merasa, mengingat, memecahkan masalah, berbuat kreatif, dll

Ciri-ciri Pembelajaran

-

Adanya perubahan pada aspek kepribadian dan berfungsi secara terus menerus

-

Melalui pengalaman secara individual

-

page 2 / 37

cahaya hati | Psikologi Belajar
Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.umm.ac.id http://miaqu24.student.umm.ac.id/psikologi-belajar/cute

Kegiatan yang bertujuan & ingin dicapai

-

Menghasilkan perubahan secara menyeluruh

-

Proses interaksi

Dimulai paling sederhana sampai kompleks

Hasil Akhir Pembelajaran secara maksimal

-

Motivasi, kematangan dan kesiapan

-

Pembentukan persepsi yang tepat thd rangsangan sensoris

-

Bakat,minat,taraf kecerdasan, kematangan, jenis, sifat dan intensitas dari materi yang dipelajari

-

Materinya menarik dan dibutuhkan

-

Ada kaitan antara materi satu dg lainnya secara terencana & terorganisir

-

Ada kaitan Keberhasilan / kegagalan masa lalu dengan masa sekarang

-

Evaluasi sbg tolak ukur keberhasilan / kegagalan

-

Tujuan hrs jelas pada setiap tema (materi)

Perbedaan kemampuan peserta didik perlu dipertimbangkan

page 3 / 37

student.id http://miaqu24. evaluasi hasil PBM. berwibawa. dewasa. berahlak mulia - Pedagogik à paham thd peserta didik.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. mengembangkan potensi kemampuan peserta didik page 4 / 37 . stabil.umm. bijak.ac. - Kewajiban à mampu membelajarkan peserta didik + mencari penyebab & jalan keluar yg dihadapi peserta didik + kesediaan untuk menyandang profesinya - Hak à memperoleh nafkah.ac.id/psikologi-belajar/cute Profesi Guru / Dosen - Mengenal pribadinya yang dipanggil atau terpanggil untuk mendampingi peserta didik belajar. dll (bila ada) Sikap & sifat guru/dosen Ideal - Bersikap adil & baik thp peserta didik - Percaya & tidak membeda-bedakannya - Sabar & rela berkorban - Memiliki wibawa - Bersikap baik antar guru & masyarakat - Menguasai & menyenangi materi yg disajikan & keterkaitan ilmu dg lainnya = luas wawasannya Kompetensi Guru/dosen Ideal - Personal / Kepribadianà mantap.umm. merancang & melaksanakan PBM.

ac.student. Individu yang selalu tumbuh dan berkembang.ac. - Memerlukan pembinaan secara individual & perlakuan yang manusiawi Aktif dalam menghadapi lingkungannya Potensi Peserta Didik - Bakat dan Kecerdasanà kemampuan pembawaan yang mengacu pada akademis (ilmiah) + keahlian (ketrampilan yang profesional) - Insting (naluri) / gharizah à kemampuan berbuat tanpa melalui pembelajaran page 5 / 37 .id/psikologi-belajar/cute - Profesional à menguasai keilmuan bid.id http://miaqu24.umm.keilmuan secara kritis Sosial à mampu berkomunikasi & bergaul secara efektik pada berbagai kalangan Peserta Didik - Anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur. sesuai dengan iramanya masing-masing Hakikat Peserta Didik - Sebagai pribadi yang sedang berkembang - Bertanggung jawab pada pendidikan dan wawasan yang diterima sejak usia dini hingga sekarang.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. sehingga dalam menangani dan nenghadapi berbeda pula. jenjang dan jenis pendidikan tertentu.umm. - Memiliki potensi fisik + psikis + spikologis yang berbeda.

baik di dalam kelas atau di luar.student.id http://miaqu24.ac. - Heriditas à keturunan dari kedua OT sampai urutan keatas pada kepribadian. moral. Intuisi (ilham) à kemampuan psikologis untuk menerima ilham dari Allah.umm. ammarah. birahi.id/psikologi-belajar/cute - Nafsu dan berbagai dorongan (drives) à ex: lawwamah. muthmainah - Karakter (watak asli) / tabiat à kemampuan psikologis yang terbawa sejak lahir (pembawaan pribadi). berfungsi untuk menggerakkan hati nurani paling dalam di jalan Allah + membimbing perbuatan pada situasi khusus diluar kesadaran akal manusia Kurikulum - Segala usaha sekolah (lembaga pendidikan & pengajaran) untuk mempengaruhi peserta didik belajar. selalu terkait dengan: tingkah laku. - Seperangkat pengetahuan yang harus disampaikan pada peserta didik dengan ditentukan standar minimal & waktu - Tolak ukur keberhasilan pengajaran Scope Kurikulum - Tujuan à yang dicapai (standar minimal dan maksimal) - Materi à disajikan sesuai dengan GBPP / Silabi - Media à disesuaikan dengan materi - Metode à disesuaikan materi + waktu berlangsungnya pembelajaran = harus variasi page 6 / 37 .cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.ac. sosial.umm.

Perolehan perubahan tingkah laku yg relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. baik selaku individual maupun kelompokdalam hubungannya dg lingkungan (orang. dll yang ada di sekitar manusia) Belajar Chaplin à 1. juga memahami bagaimana ia dapat berfikir dan berperasaan. dll) àIlmu Pengetahuan yg menyelidiki dan membahas tingkah laku bersifat terbuka dan tertutup pada manusia.id http://miaqu24.id/psikologi-belajar/cute Evaluasi à tertulis + lisan + perbuatan. barang. Bila blm memenuhi standar minimal yang ditentukan harus dilakukan mengulangan materi + evaluasi (disebut remidial) Sarana Pra-sarana - Kelas dan Laboratorium à disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga - Idealnya jumlah peserta didik perkelas 30-36. page 7 / 37 . ex: berfikir.umm.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.ac. ex:bicara. dan 20 orang untuk kelas bahasa Tempat / Ruang pembelajaran kondusif à tidak bising + pengap + terang + bersih   PERTEMUAN (I) Pertemuan Ke 1 Pengertian Psikologi Belajar Psikologi à Ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia. alasan dan cara mereka melakukan sesuatu. keadaan.ac. duduk. à Penyelidikan thd tingkah laku manusia yang bersifat jasmaniah atau terbuka (aspek psikomotorik= ranah karsa.student. kejadian. berkeyakinan. dll) dan rohaniah atau tertutup (aspek kognitif & afektif. berperasaan. jalan. tersenyum.umm.

id http://miaqu24.student.Keduanya ada dalam tataran pembelajaran.umm. (pikiran ini mengilhami gagasan everyday learning = pengalaman hidup akan berpengaruh besar pada pembentukan kepribadian). 1. wawasan . page 8 / 37 . 4 Belajar terkait dg materi pelajaran à mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dlm bentuk informasi / materi pelajaran.ac. Ruang Lingkup .Guru .Pola dasar Mengajar 1.   Psikologi Belajar. Penyajian Materi 4. yaitu ada perubahan 1. 3. Proses memperoleh respon-respon sebagai akibat adanya latihan khusus. Mengenali perilaku siswa 3. Umpan balik Pembentukan tingkah laku + wawasan siswa melalui pembelajaran yg dilakukan. Evaluasi 5.umm. baik di laksankan dalam kelas / sekolah.id/psikologi-belajar/cute 2. laboratorium maupun di alam terbuka (taddabur alam) Kegunaan psikologi belajar : 1. tingkah laku 2.ac. John B. Prop. Tujuan mengajar 2. Segala sesuatu yang terkait antara pendidik dg peserta didik dlm hubungannya dg pembelajara 2. Agar para pendidik memiliki bekal tentang kondisi dasar belajar dalam kaitannya dengan kondisi peserta didik.Siswa . Interaksi antara guru dg siswa atau pendidik dengan si terdidik dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran.à sebagai pendidik harus tahu bagaimana kondisi peserta didik.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Biggs à pengalaman hidup sehari-hari dalam bentuk apapun.

Agar para pendidik memiliki pemahaman tentang pola dasar mengajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran. jenjang dan jenis pendidikan tertentu à anak yang tidak masuk dalam kelompok ini seakan-akan bukan termasuk anak didik. 2. akan tetapi lebih dari itu (sebagai manusia sempurna secara utuh. Manusia yang sepanjang hayatnya selalu berada dalam pertumbuhan dan perkembangannya à anak didik bukan hanya dlm pengasuhan & pengasihan orang tuanya. bukan pula hanya pada usia sekolah. dengan tetap berusaha terus menerus hingga akhir hayatnya) 1. agar menjadi dewasa Hakikat Peserta Didik page 9 / 37 . Anggota masyarakat yang berusaha mengem bangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur.Pengertian Peserta didik . baik secara fisik maupun psikologis untuk mencapai tujuan pendidikannya.ac. melalui lembaga pendidikan.. Anak yang sedang tumbuh dan berkembang. 3. à anak didik merupakan anak yang belum dewasa dan memerlukan bantuan orang lain. akan tetapi lebih dari itu (sebagai manusia sempurna secara utuh.Hakekat Peserta didik .umm.student.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Manusia yang sepanjang hayatnya selalu berada dalam pertumbuhan dan perkembangannya à anak didik bukan hanya dalam pengasuhan dan pengasihan orang tuanya.Potensi Peserta didik Peserta Didik Pengertian: 1.ac. à kondisi pendidik + peserta didik             PERTEMUAN-2 DAN-3 . dengan tetap berusaha terus menerus hingga akhir hayatnya).id http://miaqu24. .umm. bukan pula hanya pada usia sekolah.id/psikologi-belajar/cute 2.

mengkondisikan anak didik menjadi insan kamil.Bentuk tubuh+ wajah + warna kulit + warna & bentuk rambut = ditebab suku bangsanya (bawaan ras). sesuai dengan wawasan yang diterimanya. meskipun latar belakang orang tua sama.id http://miaqu24. ibu mengalami trauma / depresi saat hamil. kelas sama à Penyebab perbedaan : watak. .Kondisi ibu hamil à saat melahirkan à pemeliharaan setelah melahirkan . à Kesimpulan : Orang Tua membantu pertumbuhan anak. sifat. kemampuan dan tingkah lakunya. Ada 5 perbedaan setiap anak didik (a). pendidik tdk sama pada setiap anak didik. usia sama. sehingga dalam menangani dan nenghadapi berbeda pula. à Perlakuan + perhatian OT. kepribadian. 1.Memiliki potensi fisik + psikis + psikologis yang berbeda.ac. . sakit-sakitan / mengalami benturan yang dasat à kondisi bayi tidak sesehat bayi dilahirkan oleh ibu yang sehat tanpa ada page 10 / 37 . Memerlukan pembinaan secara individual & perlakuan yang manusiawi.Sebagai pribadi yang sedang berkembang à segala usaha OT. 3. à Tugas Orang Tua thd anggota keluarga : menciptakan. temperamen. à Ayah bekerja mencari nafkah. guru. Fisik à Ot + guru menyadari kondisi anak didik yg mempunyai sifat bawaan fisik hampir tdk dapat diubah + tdk dapat dipengaruhi oleh gizi + obat-obatan atau terapi à Ex: bentuk tubuh + warna kulit + bentuk bagian tubuh tertentu + warna rambut = diketahui ciri khas seseorang à Bentuk tubuh + wajah = ditebak asal keluarganya . Ex à ibu menyiapkan makanan-minuman untuk keluarga. untuk menghidupi keluarga.id/psikologi-belajar/cute 1. à Caranya: seluruh anggota mampu membentuk kebiasaan + merangsang yang baik dg penuh kesadaran.Bertanggung jawab pada pendidikan dan wawasan yang diterima sejak usia dini hingga sekarang.ac.umm. guru. agar dpt tumbuh dan berkembang dengan baik. à Masalah: Tamat sekolah blm mendapat pekerjaan sesuai harapan Orang Tua 2. mempengaruhi. pendidik ditujukan pada perkembangan anak.Contoh.umm.student.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.

Bakat à merupakan kemampuan anak didik untuk melakukan suatu tugas tanpa banyak tergantung pada latihan. . menulis artikel dll à Bakat mencakup: page 11 / 37 .laki-laki lebih cerdas dibanding perempua .menurun à seperti penyakit gula (diabetes) . kurang berolaraga.IQ-nya rendah.ac.id/psikologi-belajar/cute masalah. bersifat: . melukis. memainkan alat-alat musik. à Ex : bayi dilahirkan sehat wal afiyat à perkembangannya perawatan tidak maksimal à akibatnya kurang gizi. (5) memberikan bimbingan pada anak didik akan cara belajar yang efektif. kurang cerdas . sakit-sakitan. .student. à Tugas OT + guru mengembangkan kecerdasan siswa ke tingkat yang lebih maksimal. dll à hingga cacat pisik. à Akibatnya: bayi mengalami cacat fisik. (4) memberikan motivasi pada anak untuk belajar secara rutinitas. . sedangkan laki-laki lebih berorientasi pada keadilan Penyakit à yang diderita oleh anak didik.umm. tidak cerdas (bodoh) . à Hal-hal yang perlu dipersiapkan OT + guru: (1) ciptakan lingkungan yang kondusif. menari. bila sekolah tidak memiliki anak di tempatkan di kantor guru atau mushola atau tempat yang bersih dan sirkulasi udara memungkinkan. (2) tersedianya sarana pra-sarana yg dibutuhkan anak dalam belajar.IQ-nya sedang.ac.musiman à flu akan mudah menyerang bila daya tubuh tidak sehat dan cuaca tidak bersahabat.   Jenis kelamin à slogan masyarakat .Membawa ke UKS dan beristirahat.Perempuan lebih peduli dan memiliki rasa tanggung jawab. à Yang harus dilakukan OT + guru bila anak sakit : . .Memberikan obat yang bersifat prefentif .IQ-nya tinggi.umm.Laki-laki lebih suka bermain + memilih mainan perang-perangan / mobil-mobilan .id http://miaqu24.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Membawa siswa ke klinik atau Puskesmas yang terdekat Kerjasama antara pihak sekolah dengan dokter atau team kesehatan puskesmas setempat. à Ex : ada anak lebih cekatan dalam menggambar.Segera memberi tahukan kepada orang tua siswa .Perempuan lebih memilih mainan masak-masakan / pasar-pasaran.Perempuan lebih mampu berbahasa dibanding laki-laki. memasak. (3) anggota keluarga atau siswa saling mendukung untuk belajar. Kemampuan mental (kecerdasan) à kemampuan anak menurut turunan tergolong : cerdas . membaca puisi.Perempuan lebih cendrung meminta persetujuan orang lain dan lebih penyayang dibanding laki-laki.

Anak dr keluarga berada. Aktif dalam menghadapi lingkungannya à lingkungan sangat besar pengaruhnya pada perkembangan anak. emosi (rasa) . tetapi atensi pada pendidikan anak-anaknya sangat besar.ac.umm.kekuatan rohani selalu berperan dalam kemampuan akal fikiran (konasi). ketelitian dan kecakapan .cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. .Anak dr keluarga yang pengetahuan dan latar belakang pendidikannya sangat rendah.Bakat dan Kecerdasan à kemampuan pembawaan yang mengacu pada akademis (ilmiah) + keahlian (ketrampilan yang profesional) àBakat berpangkal pada kemampuan: 1.Anak dr keluarga broken home. berasal dari berbagai latar belakang keluarga). .id/psikologi-belajar/cute .Ketiga unsur disebut trichotomie (tiga kekuatan rohani) manusia. wawasan.id http://miaqu24. Insting (naluri) / gharizah page 12 / 37 .umm.ac. pengenalan. .Tipe OT + guru pada fenomena anak didik di lingkungan sekolah (tempat menimbah ilmu peng. . .Anak berasal dr keluarga tidak mampu. sehingga tidak mengerti apa yang seharusnya dilakukan untuk anak-anaknya. .student. sehingga kurang peduli terhadap pendidikan dan masa depan anaknya. pembicaraan dll. anak didik. kognisi (daya cipta) 2. . penilaian dan kemampuan berfikir 5. Potensi Peserta Didik 1. bakat dan minat anaknya. fantasi (kognisi). 2.Psikomotor berkaitan dengan kekuatan. tetapi OT cuek terhadap pendidikan. baik tingkah laku.perseptual berkaitan dengan kemampuan dan kepekaan indra dalam menangkap sesuatu. dan aspek perasaan atau emosi. konasi (kehendak) 3.Intelektual mencakup ingatan.

orang tua. terdiri dari: .Nafsu rodhiyah. .Nafsuh mutmainah. Nafsu dan berbagai dorongan (drives) Meliputi: . berkumpul. yang mendorong ke arah perbuatan tercela dan merendahkan orang lain (egosentris). membunuh atau memusuhi orang lain. iri hati.id/psikologi-belajar/cute à kemampuan berbuat tanpa melalui pembelajaran à Jenis Insting: 1.Nafsu birahi.student. merendahkan diri. Pendapat Al-Ghazali à nafsu ada 3 tingkat: Tingkat utama. ingin tahu. melarikan diri. membangun sesuatu.Nafsu muthmainah. menonjolkan diri. cendrung pada sikap ihlas tanpa pamrih pada segala aktifitas yang dilakukannya. selalu cendrung melaksana. yang mendorong ke arah perbuatan seksual. nafsu yang mencerminkan sifat-sifat kehewanan dan kebinatangan. karena jijik 3. karena keinginan mendapatkan sesuatu yang baru 6. karena adanya harga diri atau manja 3. demi memuasan tuntutan pemuasan hidup kelamin. karena menakjubkan sesuatu 1. rakus dan lain-lain. . yang mendorong ke arah perbuatan yang merusak. mengarah pada tingkat kesempurnaan seseorang.ac.ac.guna memperoleh ridho-Nya . .Nafsu mardhiyah. nafsu yang mencerminkan sifat-sifat manusia (humanism). mengarah dan memiliki keutamaan dalam bertindak dan menjauhi perbuatan tercela. karena ingin mendapatkan kemajuan menarik perhatian orang lain.umm. karena perasaan mengabdi 2.kan petunjuk Ilahi.Nafsu ammarah.Nafsu lawwamah. . . mencari sesuatu.id http://miaqu24. cendrung pada keharmonisan dan ketenangan.Nafsu mulhamah.umm. menolah. Tingkat ketiga à nafsu ammarah.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. karena perasaan halus 4. karena ingin bergaul dengan masyarakat 7. yang mendorong ke arah ketaatan kepada Allah Yang Maha segala-galanya. berkelamin. seperti: dengki. Tingkat kedua à nafsu lawwamah. page 13 / 37 . 2.Nafsu kamilah. karena perasaan takut. . 3. karena ingin mengadakan reproduksi 5. karena ingin diperhatikan orang lain.

id http://miaqu24. Malakiyah àberkecendrungan ke arah perbuatan mulia. .umm.Kemampuan psikologis yang terbawa sejak lahir (pembawaan pribadi). 6.memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya . bukan dari pengaruh luar. Intuisi (ilham) àKemampuan psikologis untuk menerima ilham dari Allah àBerfungsi untuk menggerakkan hati nurani paling dalam di jalan Allah + membimbing perbuatan pada situasi khusus diluar kesadaran akal manusia àMengadung makna konstruktif bagi kehidupan dan penghidupan seseorang di dunia. Heriditas .keturunan dari kedua OT sampai urutan keatas pada kepribadian. Sebagai makhluk pribadi à anak didik mempunyai karekteristik yang khas dan berbeda antara satu dengan lainnya dalam berbagai hal. yaitu akal fikiran. sehingga selalu berhubungan erat dengan kepribadian seseorang. tidak lepas dengan kepribadian yang dimiliki oleh kedua orang tuanya sampai pada urutan dari keturunan yang lebih atas.Sebagai mahluk social sekaligus mahluk individual à artinya sifat individual dan social menjadi satu .Sebagai mahluk individual dan social sekaligus à merupakan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan dengan sesama manusia Keberadaan anak didik 1. Karakter (watak asli) / tabiat Pengertian: . manusia pada dasarnya mempunyai nafsu untuk mengabdi pada diri sendiri ( Ichhaftigkeit) dan nafsu untuk mengabdi pada kepentingan masyarakat ( Sachlichkeit). Hal ini lebih dipertegas oleh Kiinkel.ac.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. 4. moral. Anak didik sebagai makhluk social à sebagai mahluk sosial.Baik dan jelek kepribadian diri seorang anak. 5. selalu terkait dengan: tingkah laku. Ciri-cirinya: . akan tetapi ada hal lain yang sama.Melakukan hubungan dengan individu lainnya atau masyarakat secara umum . . seperti para Malaikat 2.Bagian pembawaan pribadi seseorang.id/psikologi-belajar/cute Kecendrungan nafsu manusia mengarah: 1. Anak didik Sebagai Mahluk Individual dan Sosial. seperti binatang. maka akan berdampak pada tindakan-tindakannya yang menjurus pada kepentingan kemasyarakatan. Anak dididk sebagai makhluk individu atau pribadi.ac. page 14 / 37 .student. sosial. 2. Bahamiyah à cendrung mendorong ke arah perbuatan rendah.umm.

pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan dan bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaan. karena hak dan kewajibannya bertanggungjawab pada pendidikan si terdidik. Yang harus diperhatikan Pendidik terhadap kebutuhan anak didik 1. merupakan kebutuhan yang paling tertinggi menurut Maslow.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Harga diri.umm. Contoh: (a). setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi. Termasuk page 15 / 37 .student. maka kebutuhan selanjutnya adlah memperoleh rasa aman/bebas dari rasa takut dan cemas. 4. perasaan memiliki dan dimiliki oleh orang lain atau kelompok masyarakat adalah sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Rasa cinta dan kasih sayang.ac. sebab seseorang ingin berbuat sesuatu semat-mata dari lubuk hati yang paling dalam. dll. seperti: pelatihan kepemimpinan. Pendidik Profesional à artinya pendidik yang diangkat untuk melaksanakan tugas mendidik berdasarkan keahliannya. pendidik adalah orang yang memikul pertanggungjawaban untuk mendidik. (b) Seorang yang memberikan bimbingan pada mata pelajaran yang dianggap belum dikuasai oleh siswa-siswi. Oleh karena itu. yaitu manusia dewasa. minum dan istirahat. dll.id http://miaqu24. Fisiologis. Nur Uhbiyati berpendapat. 5. Rasa aman (safety).Tujuannya. Ahmad D Marimba berpendapat. merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia hidup.id/psikologi-belajar/cute   Pertemuan ke 4-5 Pendidik dan Ruang Lingkupnya   Konsep Pendidik secara makro. 2. mampu melaksanakan tugasnya sebagai mahluk Allah. 4.(c) Seseorang atau sekelompok orang yang mampu mempengaruhi orang lain dalam memberikan pengetahuan atau pengalaman & dianggap baru bagi dia. balai latihan.   1. seperti dilakasanakan oleh lembaga kursus. Sosok pendidik diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Sutari Imam Bernadib berpendapat bahwa pendidik adalah orang-orang dengan sengaja mempengaruhi orang lain untuk mencapai kedewasaan. Kebutuhan ini akan terpenuhi manakala adanya saling perhatian dan saling kunjung-mengunjungi sesama anggota masarakat. Kamus Pendidikan mengatakan. juga sebagai mahluk sosial dan individual yang sanggup berdiri sendiri 3. bila kebutuhan diatas terpenuhi. à artinya orang tua yang melaksanakan tugas mendidik anak-anaknya. bisnis. 1. 4. pendidik adalah orang dewasa yang membantu peserta didik mencapai dan meningkatkan kedewasaan dirinya 2. 3. masak-memasak. Pendidik Kodrati atau disebut pendidik utama. maka akan muncul keinginan untuk dihargai dirinya sebagai manusia dan sebagai warga masyarakat. seperti makan. atas dasar ikatan darah. Seorang guru yang bertugas mengajar pada lembaga formal / sekolah. 2. merangkai bunga. Aktualisasi diri. . memiliki ketrampilan yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat umum.umm. yang tergolong pendidik adalah orang tua dan orang dewasa lain yang bertangging jawab pada kedewasaan anak. khalifah dimuka bumi.ac. 5.

Tanpa belajar tanggung jawab sejak dini. Membimbing dan mengarahkan pada hal-hal yang positif.umm.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. dan akan page 16 / 37 . Contoh: mulai dari menyimpan alat-alat permainan dan alat-alat sekolah.umm.id http://miaqu24. memberikan hadiah dan hukuman sesuai dengan perkembangan dan kemampuan putera-puterinya. - Tujuannya memberikan latihan yang bersifat tanggungjawab untuk dirinya dan masa depannya.id/psikologi-belajar/cute juga adanya kesadaran untuk melakukan hubungan dengan Tuhannya yang sangat dekat. Menciptakan situasi lingkungan yang kondusif. baik melalui pujian atau sanjungan. - Orang yang pertama dalam : memberikan bimbingan. Tugas Utama Kedua Orang Tua. seakan-akan Tuhan menyatu dengan dirinya. - Orang yang pertama dalam membiasakan putera-puterinya sejak kecil belajar bertanggungjawab pada sesuatu yang dikerjakan. Tanggung jawab Orang Tua terhadap putera-puterinya - Orang yang pertama dalam mengejawentahkan putera-puterinya di rumah.ac. sesuai dengan kapasitas kemampuan masing-masing. menyelesaikan tugas sekolah juga membantu pekerjaan di rumah. 2. kelak anak kurang tanggap atau kurang peduli bahkan acuh tak acuh terhadap aktivitas yang seharusnya dikerjakan dan diselesaikan. keteladanan. Seperi kata-kata “ bersih sekali rumahnya setelah kakak atau adik sapu.student. memotivasi. artinya kedua orang tua mempunyai kewajiban untuk melaksanakan tugas mendidik anak-anaknya atas dasar ikatan darah. yg dapat dilakukan oleh orang tua & anggota keluarga adalah: à Setiap anggota keluarga diberi beban untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. àMenghargai apapun bentuknya pekerjaan yang telah diselesaikan. 1. Orang Tua dan Tanggungjawab terhadap putera-puterinya Orang tua (ayah-ibu) - Secara kodrati yang melahirkan putera-puterinya sebagai generasi penerus - Pendidik utama dalam keluarga.ac.

ac.Kewajiban à mampu membelajarkan peserta didik + mencari penyebab & jalan keluar yg dihadapi peserta didik + kesediaan untuk menyandang profesinya . Terwujudnya insan kamil (manusia yang utuh) à caranya: (a) tentukan tujuan yang ingin dicapai oleh orang tua dalam mendidik putera-puterinya. dll (bila ada) page 17 / 37 . (b) menuntut anak yang berlebihan. 4. . Memahami karekter anak didiknya àkarekter (watak. 8. Caranya à kasih sayang yang tidak berlebihan. 7. ketrampilan. yang selanjutnya berdampak pada ketidakharmonisan rumah tangga. Memberikan keteladanan à Artinya orang tua dapat dijadikan contoh putera-puterinya atau anggota keluarga yang lain. 3.ac. ilmu penget.Mengenal pribadinya yang dipanggil atau terpanggil untuk mendampingi peserta didik belajar. makan bersama. keagamaan. maka depedensi / ketergantungan mutlak putera-puterinya akan bergeser setapak demi setapak kearah kebebasan yang bertanggung jawab ditengah-tengah masyarakat & diikuti dengan unsur kemandirian. Perbedaan karekter dapat diketahui sejak dini melalui : bergaul.id http://miaqu24.student. dll. kemampuan & bakat yg dimiliki anak. Menanamkan nilai-nilai keagamaan à Salah satu tugas orang tua yang hampir dilupahkan adalah meletakkan dasar-dasar ajaran agama sebagai penopang dan pemerkuat keyakinan / keimanan yang telah bersemi dalam diri pribadi anak 5. baik dihadapan Allah dan manusia. Karena itu dalam memperlakukan mereka harus berbeda. Guru dan Kompetensinya Pandangan secara makro ttg Guru . bermain. bila tidak akan membuat fatal bagi perkembang. acara keluarga. sesuai dg tujuan yg diharapkan. (c) Bentuklah sejak dini yang utuh jasmani dan rohaninya.id/psikologi-belajar/cute lebih bersih lagi manakala sekalian dipel ” à Hindari dengan membawa permasalahan dari tempat kita bekerja atau persoalan keluarga suami atau istri ke dalam rumah tangga masing-masing. baik laki-laki maupun perempuan.Pembinaan jasmani dan rohani à tujuannya agar putera-puterinya memiliki & melaksana kan segala sesuatu layaknya dilaksanakan oleh manusia. bukan memanjakan. àHindari tidak menceritakan profil seseorang yang pernah kita kenal dan lebih dari teman biasa kepada istri atau suami. bersosialosasi.sifat. sesuai dg zaman & budaya setempat. 9.umm. tabiat) setiap anak yang berbeda. dengan tetap mempertimbangkan segi negatif dan positifnya bagi pribadi maupun anggota keluarga. à Jangan memaksakan untuk memenuhi sesuatu bentuk apapun kepada suami. sehingga ketika bersama dengan mereka mampu mendorong kemauan atau kehendak mereka untuk berinisiatif dan bertindak.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Hak à memperoleh nafkah. tanpa memperhatikan bakat dan kemampuannya. (b) biasakan mereka untuk menentukan dan bertanggung jawab pada diri sendiri. 6. yang selanjutnya berdampak pada kecemburuan atau ketidakstabilan rumah tangga. Membantu putera-puterinya menjadi dewasa dan mandiri à Melalui pendidikan ditengah keluarga. istri atau anggota keluarga lainnya diluar kemampuannya. pembinaan moral.annya. secara umum. àTake dan give dalam berbagai hal yang positif. bersosialisasi dg keluarga dan masyarakat sesuai dengan perkembangan.umm. dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena taqwanya kepada Allah swt. Mengutakan kepentingan anak dari pada kepentingan pribadi à Yang harus dilakukan orang tua: (a) memberikan kasih sayang sejati. baik tingkah lakunya. tutur katanya dan wawasan yang disampaikan kepada mereka.

lukan keahlian. Sosial à mampu berkomunikasi & bergaul secara efektik dg peserta didik. kemahiran atau kecakapan yg memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi 2. melalui presiden (2 Des 2004) sdh mencanangkan guru sgb profesi dikembangkan melalui: (a) sistem pendidikan. Profesional à menguasai substansi keilmuan yg terkait dg bid.Percaya & tidak membeda-bedakannya .Sabar & rela berkorban . (b) sistem penjaminan mutu. bijak. merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kompetensi Guru Ideal 1.studi. merancang pembelajaran (termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran). elok. (c) sistem manajemen.id/psikologi-belajar/cute Sikap & Sifat Guru . Menurut UU Nomer 14 th 2005 ttg guru & dosen à pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yg memer. unggul & profesional. PERTEMUAN ke-6 BELAJAR page 18 / 37 . masy. Menurut Surya à guru profesional akan tercermin dalam melaksanakan pengabdian tugas-tugas yg ditandai dg: (a) Keahlian. demokratis & menjunjung akuntabilitas dlm melaksanakan tugas & fungsi nya sehari-hari. Pemerintah. OT. (d) sistem remunerasi. (4) Mendorong terwujudnya guru yg cerdas.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Bersikap adil & baik thp peserta didik . (3) Meningkatkan mutu pembelajaran yg mampu mendukung terwujudnya lulusan yg kompeten & terstandar dlm rangka pencapaian visi. sejahtera. Pedagogik à guru harus memahami thd peserta didik secara mendalam.1. (2) Meningkatkan kehidup.Personal / Kepribadianà memiliki kepribadian yang: mantap. guru diharapkan mampu: (1) Membentuk. membangun dan mengelola guru yg memiliki harkat & martabat tinggi di tengah masyarakat. keterbukaan. mampu berkomunikasi & bergaul secara efektik dg sesama pendidik dan tenaga kependidikan.Memiliki wibawa . mampu berkomunikasi & bergaul secara efektik dg orang tua atau wali peserta didik dan masyarakat sekitarnya. bermartabat.ac.(f) Tanggung jawab spiritual & moral diwujudkan melalui penampilan guru sgb orang beragama yg perilakunya tidak menyimpang norma-norma agama & moral. (e) sistem pendukung profesi guru.Bersikap baik antar guru & masyarakat . baik materi maupun metode melalui pembelajaran. 3.umm. melaksanakan PBM. Untuk itu.Profesionalisme Guru: . canggih. mengendalikan. berwibawa. (b) Mampu memikul & melaksanakan tanggung jawab sbg guru kepada peserta didik.id http://miaqu24.Menguasai & menyenangi materi yg disajikan & keterkaitan ilmu dg lainnya = luas wawasannya .student. mengelola. menguasai struktur dan metode keilmuan secara kritis 4. bangsa. menghargai dan mengembangkan dirinya. 2. stabil. (c) Mempunyai tanggung jawab pribadi yg mandiri dan mampu memahami. misi tujuan pendidikan Nasional & masa mendatang.umm.ac. berbudaya. mengembangkan potensi kemampuan peserta didik 3. (5) Konsisten dlm mengedapankan nilai budaya mutu. dewasa. berahlak mulia dan dapat menjadi teladan.an yg sejahtera. (e) Tanggungjawab intelektual diwujudkan melalui penguasaan berbagai perangkat pengetahuan & keterampilan yg diperlukan untuk menunjang tugasnya.(d) Tanggungjawab sosial diwujudkan melalui kompetensi guru dlm memahami dirinya sbg bagian yg tdk terpisahkan dg lingkungan sosial. negara dan agama.

Konsep Pembelajaran: 1. dilihat. Kesimpulanà efektivitas pembelajaran atau belajar tdknya dapat dinilai dari caranya memperhatikan guru dan rapinya membuat cacatan ketika berlangsungnya pembelajaran.id http://miaqu24. Menurut Psikologi Belajar à proses perubah.ac. 1.umm.an tingkah laku yg berhubungan dg sistem syaraf & perubahan energi yg sulit dilihat & diraba.kan situasi interaksi guru-siswa. 1. materi. dirasakan) & wawa.student. 2. Menurut Kamus Pendidikan à (a) Perubahan tingkah laku sebagai hasil latihan dan pengalaman. UUSPN No. Menurut psikologi belajar à adanya perubahan dari sebelum dan sesudah terjadi proses pembelajaran. tetapi menunjukkan adanya perubahan tingkah laku (penampilannya dapat diamati. media.umm.kan. Secara Umum à Proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran 3. 20 tahun 2003 à Proses interaksi peserta didik dg pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar 2.id/psikologi-belajar/cute Konsep Belajar 1. menjelaskan bahan ajar serta melatih siswa untuk mencapai tujuan pengajaran.(b) Mencipta. metode.ac.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Secara umum à Suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu. sehingga siswa belajar. Konsep Mengajar. evaluasi) - Sarana pra-sarana page 19 / 37 . (b) Proses perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman. Menurut Kamus Pendidikan à (a) Menyampai.san (semakin wawasannya luas penampilannya semakin meyakinkan dibanding dg wawasannya sedikit) Scupe Pembelajaran - Pendidik - Peserta didik - Kurikulum (tujuan / standar yang ingin dicapai.

sebab peran & tugas guru sbg sumber belajar. Tujuan ibarat jantung.ac.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. 2. media. Isi / materi pelajaran à guru perlu memahami secara detail isi materi pelajaran (subject centered teahing) yg harus dikuasai siswa. adanya perubahan perilaku & wawasan page 20 / 37 . Alat (media) & sumber à fungsinya sbg alat bantu dlm pembelajaran. evaluasi Keterangan: 1. maka memanfaatkan hasil teknologi tidak dpt dipisahkan dg pembelajaran & dpt dilakukan kapan saja dan di mana saja. metode. guru hrs memahami fungsi & peran metode atau strategi yg digunakan. 4. Setting pembelajaran berorientasi pada pencapaian tujuan atau kompetensi.student. 5.id/psikologi-belajar/cute - Lingkungan (keluarga. Peran & tugas guru bergeser.Evaluasi à sbg komponen terakhir dlm proses pembelajaran. (b) umpan balik dr kinerja guru dlm pengelolaan pembelajaran. sekolah) Kurikulum à sesuai dg standar isi dan kurikulum yang berlaku untuk setiap satuan pendidikan adalah KBK. bila tdk ada akan mati. masyarakat.ac.id http://miaqu24. Strategi atau metode à salah satu komponen yg mempunyai fungsi dlm menentukan berhasil dan tidaknya pembelajaran.umm. 4. 5. (c) melihat kekurangan dlm pemanfaatan berbagai komponen pembelajaran Wujud Pembelajaran Menghasilkan output yang memiliki kemampuan (kompetensi) untuk melaksana. dr sumber belajar menjadi pengelola sumber belajar.kan perannya dimasa mendatang à cirinya. fungsinya untuk: (a) melihat keberhasilan siswa dlm proses pembelajaran. Karena itu.umm. isi/materi. Bertolak pad kemajuan teknologi. 3. Tujuan à merupakan komponen paling penting. di dalamnya terdapat kompetensi dasar maupun standar kompetensi. Pertanyaan bagi para guru à bagaimana agar proses pembelajaran dpt berhasil secara maksimal ? Komponen proses pembelajaran: Siswa input à proses à siswa output Tujuan. mau dibawa kemana & apa yang harus dimiliki siswa.

id/psikologi-belajar/cute Caranya: 1.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Memberikan BK. arahan. Terjalinnya interaksi 2 arah yang sehat 3. kematangan dan kesiapan - Pembentukan persepsi yang tepat thd rangsangan sensoris page 21 / 37 .id http://miaqu24. dengan berbagai pertimbangan Ciri-ciri Pembelajaran - Adanya perubahan pada aspek kepribadian dan berfungsi secara terus menerus - Melalui pengalaman secara individual - Kegiatan yang bertujuan & ingin dicapai - Menghasilkan perubahan secara menyeluruh - Proses interaksi - Dimulai paling sederhana sampai kompleks Hasil Akhir Pembelajaran - Motivasi. motivasi.ac.umm. Memberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan. sehingga mampu memecahkan masalahnya sendiri 2.student.ac.umm.

adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dengan respon. 1. Belajar menurut aliran behavioristik.taraf kecerdasan. merupakan hasil interaksi antara stimulus dan respon.Menurut Kasihani à perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dengan respon.umm. sifat dan intensitas dari materi yang dipelajari - Materinya menarik dan dibutuhkan - Ada kaitan antara materi satu dg lainnya secara terencana & terorganisir - Ada kaitan Keberhasilan / kegagalan masa lalu dengan masa sekarang - Evaluasi sbg tolak ukur keberhasilan / kegagalan - Tujuan hrs jelas pada setiap tema (materi) - Perbedaan kemampuan peserta didik perlu dipertimbangkan     Pertemuan ke-7 Teori Belajar Teori Behavioristik (tingkah laku). à Dengan kata lain.ac. Atau terjadinya perubahan kemampuan yang dialami oleh siswa-siswi untuk bertingkah laku dengan cara yang baru.student.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.minat. bukan pada proses belajarnya 2. Teori ini lebih menekankan pd hasil belajar para siswa.umm.id http://miaqu24. jenis.id/psikologi-belajar/cute - Bakat. 3. page 22 / 37 . perubahan yang dialami oleh siswa -siswi dlm kemampuannya untuk bertingkah laku dg cara yg baru sbg hasil interaksi antara stimulus dg respons 3. kematangan.ac.

1.id http://miaqu24. dengan pokok pikirannya stimulus dan respons harus berbentuk tingkah laku yang konkrit atau bisa diamati.umm. (3) Para siswa memberikan respon berupa reaksi terhadap stimulus yang diterimanya.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Thorndike. - Penganut aliran ini lebih suka memilih untuk tidak memikirkan sesuatu yg tidak bisa diukur. 4. . Skinner.student. (2) Para siswa diberikan rangsangan atau stimulus. sehingga dapat memberikan respons.id/psikologi-belajar/cute 4. Hal ini bukan berarti semua perubah an mental yg terjadi dlm benak siswa-siswi tdk penting. - Beliau sebagai pelopor sesudah Thorndike. atau suatu proses yang memberikan respons tertentu terhadap sesuatu yang datang dari luar. page 23 / 37 . agar merasakan adanya kebutuhan untuk memberi kan respons lagi.ac. perasaan atau gerakan). meskipun tetap mengakui semua itu penting.Dengan demikian. tetapi faktor tsb tdk bisa menjelaskan apakah proses belajar sdh terjadi atau belum. - Beliau adalah penerus teori tingkah laku sesudah Watson.ac. perubahan tingkah laku dapat berwujud sesuatu yang konkrit atau dapat diamati juga bisa berbentuk tidak konkrit atau tidak bisa diamati. perasaan atau gerakan) dan respons (mungkin juga berupa pikiran. Tokoh-tokoh Teori Behavioristik. . Clark Hu Clark Hull dan Edwin Guthrie. (4) Siswa-siswi perlu diberikan penguatan atau reinforcement. Proses terjadinya S-R à ada 4 unsur yang harus dilalui. yaitu: (1) Siswa-siswi merasakan adanya kebutuhan dorongan atau drive. 1. Watson. - Watson telah mengabaikan berbagai berubah an mental yg mungkin terjadi dlm belajar dan menganggapnya sebagai faktor yg tidak perlu diketahui. - Belajar menurut dia adalah proses interaksi antara stimulus (mungkin berupa pikiran.Kesimpulan à perubahan tingkah laku yang terjadi berdasarkan paradigma S-R (stimulus-responi).umm.Para tokoh sesudah Thorndike menyebut teori koneksionis (connectionism) 1.

diper. yaitu: 1) Asimilasi à merupakan proses penyatuan informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada dalam benak siswa-siswi. 3)Equilibrasi (penyeimbangan) à yaitu penyesuai an berkesinambungan antara asimilasi dengan akomodasi. dari proses bagaimana suatu ilmu yang baru berasimilasi dengan ilmu yang sebenarnya telah dikuasai oleh para siswa. Beberapa program pembelajaran yang mengadopsi dr teori ini. para siswa diberi soal untuk merangkai atau menyambung huruf hijaiyah. à Ketiga tokoh tsb. seperti program yang memakai konsep stimulus. skinnerlah yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan teori belajar. . Dengan kata lain. setiap stimulus yang diberikan berinteraksi satu dengan lainnya.id http://miaqu24. Artinya belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon. sedangkan pokok pikirannya tentang proses belajar terdiri dari 3 tahap. Teori Kognitif àTeori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar. dibanding dengan hasil belajar. Selanjutnya perhatian mereka mulai bergeser. 2. tetapi melibatkan proses berfikir yang sangat kompleks. yaitu deskripsi hubungan antara stimulus dengan respons untuk menjelaskan perubahan tingkah laku dalam hubungannya dengan lingkungan.id/psikologi-belajar/cute .lukan penjelasan ttg frustasi. Akomodasi à merupakan penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru. à Contoh. Untuk memberikan jawaban. respons dan reinforcement (faktor penguatan).umm. dan interaksi ini akhirnya mempengaruhi respon yang dihasilkan. disebakan mengalami prustasi. diperlukan pemahaman terhadap respon itu sendiri dan berbagai konsekuensi yang diakibatkan oleh respon tersebut. 1.Pendapat dia tentang belajar tidak seperti pendahulunya.na siswa-siswi mampu mengolah stimulus hingga dapat mencapai ke respons tertentu.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Piaget. yang pada gilirannya akan mempengaruhi tingkah laku siswa.bungan dengan lingkungan Tokoh-tokoh Teori Kognitif 1. Contoh. page 24 / 37 . Sedangkan respon yang diberikan juga menghasilkan berbagai konsekuensi. àBeliau termasuk penganut aliran kognitif yang terkuat. à Contoh. jika guru memperkenalkan penyambungan huruf hijaiyah. ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seorang siswa siswi melalui proses interaksi yang berkesanam. - Dengan kata lain. sebab-sebabnya dan akibat bagi siswa yang mengalaminya. para siswa sudah mengetahui huruf hijaiyah.Untuk memahami tingkah laku siswa secara tuntas.umm. à Kronologi lahirnya teori ini berawal dr bagaima. seorang siswa berprestasi buruk. maka proses pengintegrasian antara penulisan huruf hijaiyah (sudah ada dibenak siswa-siswi) dengan penulisan menyambung atau merangkai huruf hijaiyah (sebagai informasi baru).student. - Pandangan dia pada menggunakan perubahan mental sebagai alat untuk menjelaskan tingkah laku hanya akan membuat segala sesuatunya menjadi bertambah rumit.ac.ac. maka situasi seperti ini (situasi yang baru dan spesifik) disebut akomodasi.

untuk usia 7/8 th – 12/14 th.id http://miaqu24. (3) mampu memban tu para siswa untuk memahami bahan pelajaran secara lebih mudah. harus menyesuaikan tahap perkembang an anak didiknya. page 25 / 37 . jernih dan logis. siswa yang kemampuan equilibrasi baik dan mampu menata berbagai informasi dalam urutan yang baik. yaitu: (1) tahap sensori-motor. untuk usia 2/3 th – 7/8 th. àMenurut Piaget. àKemampuan equilibrasi antara siswa satu dg lainnya berbeda dalam mengexpresikan atau menyampaikan informasi yang diterimanya. untuk usia 14 th atau lebih. - Logika berfikir guru juga dituntut sebaik mungkin.kan suatu kerangka konseptual untuk materi pelajaran yg akan dipelajari oleh siswa. siswa akan belajar dengan baik jika apa yang disebut ”pengaturan kemajuan belajar” ( advance organizers) didifinisikan dan dipresentasikan dg baik dan tepat kepada siswa.umm. agar para siswa dapat terus berkembang kemampuan dalam baca-tulis Al-Qur’an dan menambah ilmunya. sehingga guru dapat menemukan informasi sangat abstrak. semakin teratur (dan semakin abstrak) cara berfikirnya.Manfaat advance organizers. Al-Qur’an. àSedangkan guru dalam menyajikan materi belajar.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. (3) tahap oprasional konkret. tanpa bekal itu guru akan merasa kesulitan dlm: (a) memilah-milah materi pelajaran. 2. perkembangan kognitif siswa-siswi akan tersendat-sendat dan berjalan tidak teratur. àMenurut dia. . walaupun mereka menerima informasi yang sama dan dari sumber yang sama. tidak logis dan berbelit-belit. para siswa-siswi dianjurkan untuk latihan menulis dan membaca rangkaian huruf hijaiyah dimana saja berada. (2) tahap pra-oprasional. untuk usia 1. - pengaturan kemajuan belajar adalah konsep / informasi umum mencakup semua isi pelajaran yang akan diajarkan.umm. Ausubel. maka ia cendrung menyimpan semua informasi yang ada kurang teratur.student. (4) tahap oprasional formal. àYang harus diperhatikan oleh guru & para siswa à proses penyeimbangan menulis dan membaca huruf arab. sehingga para siswa mampu menjaga stabilitas mental dan dirinya. siswa yang kemampuan equilibrasi kurang baik. (c) mengurutkan materi demi materi ke dalam struktur urutan yang logis dan mudah dipahami. (1) dpt menyedia. umum dan inklusife yang akan diajarkan.id/psikologi-belajar/cute à Contoh. àContoh (a). àProses belajar yang dialami oleh siswa-siswi pada tahap ini akan mengalami perkembangan cara berfikirnya.kan dg perkembangan kognitif yang dilalui siswa (4 tahap). àContoh (b). proses belajar harus disesuai.ac. Hal ini dilakukan. hadits maupun dalam bentuk kaligrafi secara kontinyu. yang bersangkutan cendrung mempunyai alur berfikir ruwet. Semakin tinggi tingkat kognitif nya. (b) merumuskannya dlm rumusan yang singkat dan padat. Bila tidak dilakukan.ac. Bila tidak dilakukan. à Akibatnya. baik dalam buku. àPosisi kemampuan guru terhadap isi mata pelajaran harus: - Sangat baik (menguasai). maka informasi yang disampaikan enak didengar dan paham untuk ditangkap.5 – 2 th. (2) dpt berfungsi sbg jembatan yg menghubungkan antara apa yg sedang dipelajari para siswa saat ini dgn apa yg akan datang. akan menyulitkan para siswa.

àTeori ini bersifat eklektif & teori apapun dapat digunakan asal tujuan untuk memanusiakan manusia (mencapai aktualisasi diri) dapat tercapai. terdiri dari: - pengetahuan (mengingat.Sintesis. teori.àMenurut teori ini. .àSecara riil.àDengan kata lain. mencakup: (a) Kognitif. Bruner. tetapi diharuskan mempelajari contoh konkrit kejujuran (siswa dibimbing mendefinisi kan kata kejujuran. proses belajar akan berjalan dg baik & kreatif jika guru memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan suatu aturan (teramasuk konsep. Tokoh-tokohnya: 1.àContoh pertama (pendekatan induktik). - analisis (menjabarkan suatu konsep) . Keduanya menjelaskan apa yg memungkinkan dikuasai (dipelajari) oleh para siswa. dll) melalui contoh yg mewakili aturan menjadi sumbernya. .àSecara praktiknya. menghafal) - pemahaman (menginterpretasikan) - aplikasi (menggunakan konsep untuk mememcahkan suatu masalah).àProses belajar menurut teori ini harus berhulu dan bermuara pada manusianya.umm. teori ini lebih tertarik pada ide belajar dalam bentuk paling ideal dari pada belajar seperti apa adanya. .student. seperti apa yang biasa kita amati dalam dunia keseharian. Prosedurnya àpara siswa disodori sebuah informasi umum dan diminta menjelaskan informasi tsb melalui contoh khusus dan konkrit. teori ini terwujud dalam pendekatan yang diusulkan oleh Ausubel disebut belajar bermakna atau meaningful learning. .umm.àTeorinya bersifat deskriptif. Contoh. Teori ini terwujud dalam teori Bloom dan Krathwohl dalam bentuk Taksonomi Bloom. .cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. .id http://miaqu24. . sedangkan teori pembelajaran menguraikan bagaimana cara membaca – menulis Al-Qur’an. .àContoh: teori belajar memprediksikan berapa usia maksimun seorang anak untuk belajar baca-tulis Al-Qur’an.àPendekatan pembelajaran dengan induktif dan lawannya disebut ”belajar ekspositori = belajar dengan cara menjelaskan”.id/psikologi-belajar/cute - 3.ac. para siswa dibimbing secara induktif dlm memahami suatu kebenaran umum. karena sangat menekankan pentingnya isi dari pada proses belajar. .àBeliau mengusulkan teori disebut free discovery learning.ac. para siswa pertama dijelaskan difinisi kejujuran. . maka siswa tidak hanya menghafal difinisi jujur atau kejujuran. Bloom dan Krathwohl. memahami konsep kejujuran. . . (menggabungkan bagian-bagian konsep menjadi suatu konsep yang utuh) page 26 / 37 . dari difinisi tsb para siswa diminta mencari contoh kongkrit yg dpt menggambarkan makna kata jujur atau kejujuran (proses belajar seperti ini jelas berjalan secara deduktif). definisi. . - 3.àTeori ini paling abstrak & paling mendekati dunia filsafat dari pada dunia pendidikan.àBruner mengemukakan perlunya teori pembelajaran yang akan menjelaskan asas-asas untuk merancang pembelajaran yang efektif di kelas.Teori Humanistik. sedangkan teori pembelajarannya bersifat preskriptif. teori ini lebih banyak bicara ttg pendd dan proses belajar dlm bentuk paling ideal à Artinya.

metode. àPada tataran peraktis le Jasa yg dipersembahkan oleh Taksonomi Bloom: àMemberikan inspirasi pada para pakar dalam mengembangkan teori belajar & pembelajaran. àPada tataran peraktis lebih banyak membantu para praktisi pendidikan untuk memformulasikan tujuan belajar dlm bahasa yg mudah dipahami.Penghargaan (menerima nilai-nilai. meliputi: . pengetahuan konsep. menerapkan. (b) Afektif. operasional dan dpt diukur.Ketepatan (melakukan gerak dengan benar) . walaupun ada yang mengkritisi di bagian kemampuan kognitif.ide.student. terdiri dari: .Pengenalan (ingin menerima.Perangkaian (melakukan beberapa gerakan sekaligus dengan benar).umm. setia pada nilai-nilai tertentu) . yaitu dimensi pengetahuan & dimensi proses kognitif   àDimensi pengetahuan memuat objek ilmu yang disusun dari: pengetahuan fakta. àTeori ini dijadikan pedoman untuk membuat butir-butir soal ujian.dll). pengetahuan prosedural dan pengetahuan meta kognitif àDimensi proses kognitif memuat : mengingat. menganalisis.kelompokkan l page 27 / 37 .Naturalisasi (melakukan gerak secara wajar) àTaksonomi Bloom telah berjasa dalam memberikan inspirasi pada para pakar dalam mengembangkan teori belajar & pembelajaran.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.Peniruan (menirukan gerak) .Penggunaan (menggunakan konsep untuk melakukan gerak) .id http://miaqu24. sadar akan adanya sesuatu) . àTeori Taksonomi Bloom yg paling populer digunakan di Indonesia. mengerti. mengevaluasi dan mencipta. .Pengamalan (menjadikan nilai-nilai sbg bagian dari pola hidup) (c) Psikomotor.ac.Pengorganisasian (menghubung-hubungkan nilai-nilai yang dipercayai) .umm.Merespon (aktif berpartisipasi) .ac.id/psikologi-belajar/cute - Evaluasi (membandingkan nilai.

Dalam proses pengambilan keputusan. 3. yg cocok untuk semua siswa. biasanya sangat skeptis & tdk menyukai hal-hal yg bersifat spekulatif. sehingga kesulitan untuk menentukan waktu beralihnya. belajar adalah pengolahan informasi dan lebih mementingkan proses. tetapi mempunyai landasan aturan yg sama. àMenurut teori ini. Uraian ttg proses belajar menjadi 4 tahap: . Berfikir secara rasional sangat penting. . Dg demikian. sesuatu dikatakan ada gunanya dan baik jika dapat dipraktikkan 4. .Siswa bertipe pragmatis à dg ciri: menaruh perhatian besar pada aspek-aspek praktis dari segala hal.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.tetapi kurang skeptis thd sesuatu.ac. Teori Sibernetik. sistem informasi yang diproses àAsumsi dari teori ini à tdk ada satu proses belajarpun yg ideal untuk segala situasi. siswa diharapkan dpt membuat aturan umum (generalisasi) dari berbagai contoh atau kejadian meskipun tampak berbeda-beda. ia cepat bosan dg hal-hal yang memerlukan waktu lama dalam implementasi. .ac. .Tahap ketiga à siswa mulai belajar untuk membuat abstraksi atau teori ttg sesuatu hal yang pernah diamatinya.id http://miaqu24. .student. meliputi: (1) pengalaman konkret. (4) eksperimentasi aktif.Honey & Mumford àKeduanya membuat penggolongan atau tipe siswa menjadi 4. page 28 / 37 . baik-buruk suatu keputusan. Hal ini kadangkala identik dg sifat mudah percaya.umm. Oleh karena itu. Dg demikian. (b) belum mempunyai kesadaran ttg hakikat kejadian. yaitu: . mudah diajak berdialog.umm. Kolb. ia menyukai metode yang mampu mendorong menemukan sesuatu yg baru. cendrung konservatif = lebih suka menimbang-nimbang secara cermat.id/psikologi-belajar/cute 2. suka berlarut-larut dalam membahas aspek teoretis filosofis dari sesuatu. (c) blm mengerti bagaimana dan mengapa suatu kejadian harus terjadi seperti itu. àTeori ini berkembang sejalan dg perkembangan Ilmu informasi. sebuah informasi mungkin akan dipelajari seorang siswa dg satu macam proses belajar dan informasi yg sama itu mungkin akan dipelajari siswa lain melalui proses belajar yg berbeda.Tahap kedua à siswa lambat-laun mampu mengadakan observasi aktif thd suatu kejadian. . Sebaliknya.Tahap pertama à seorang siswa hanya mampu: (a) sekedar ikut mengalami suatu kejadian.Siswa bertipe teoris à dg ciri: biasanyag sifat sangat kritis.Tahap keempat à siswa sdh mampu mengaplikasikan suatu aturan umum ke situasi yg baru.Siswa bertipe reflektorà dg ciri: cendrung sangat hati-hati mengambil langka. juga mulai berusaha memikirkan dan memahaminya.nambungan dan berlangsung di luar kesadaran siswa. Dalam proses belajar. (2) pengamatan aktif dan reflektif (3) konseptualisasi. Meskipun secara teorinya ada ketegasan antara tahap satu ke tahap berikutnya. à Siklus belajar seperti ini terjadi secara berkesi. . namun secara praktik peralihan satu ke berikutnya seringkali terjadi begitu saja. senang menganalisis dan tdk menyukai pendapat atau penilaian yg sifatnya sangat subjekif.Beliau membagi 4 tahapan belajar. teori sangat penting bila dpt dipraktekkan bila tidak bisa untuk apa?.Siswa bertipe aktifis à dg ciri: suka melibatkan diri pada pengalaman baru . seperti brainstorming atau problem solving. cendrung berfikir terbuka.

jika: . tetapi cara berfikir menyeluruh tdk sama dg heuristik. . Menciptakan kondisi hanya tingkah laku yg diinginkan saja yang diberi penguatan 2. lurus menuju satu target tertentu (b) cara berfikir heuristik. .disajikan dalam urutan teratur. .àContoh.umm. maka akan lebih efektif jika informasi tentang nahwu dan shorof disampaikan secara algoritmik. àProses belajar akan berjalan dg baik. dg apa yg terjadi dlm otak kita dlm proses pengolahan informasi & lingkung an yg mempengaruhi mekanisme.Perkembangan selanjutnya lahirnya teori motivasi & evaluasi yg dimanfaatkan para ahli & praktisi pendidikan. maka yg dilihat gambar ka’bah secara keseluruan.ac. langsung ke gambaran lengkap sebuah sistem informasi .àPendekatan pada pengelolaan informasi lebih menekankan pada: ingatan jangka pendek & panjang yg berhub.umm.apa yg hendak dipelajari diketahui ciri-cirinya. nahwu & shorof disajikan sesuai dg urutannya secara bertahap & mengarah pada terget yang ditentukan.ac.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Pertemuan ke-8 PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPSEKTIF PSIKOLOGI BEHAVIORAL APPROACH (Pendekatan Perilaku) - Teori belajar perilaku yg tampak adalah stimulus (baik terkondisi maupun terbuka) sbg penggerak awal tindakan belajar yg mendekati salah satu diantara titik-titik dlm garis kontinum antara kesukarelaan menuju ke arah pemaksaan dlm belajar.àPendekatan algoritmik yg digunakan keduanya. yaitu proses berfikir - linier.student.Contoh à Agar siswa mampu membaca kitab gundul. (a) proses berfikir algoritmik. baru ke bagian yang terkecil-kecil. Stimulus yang bersifat deskriptif hendaknya diberikan sebagai penunjang aktivitas belajar. . Alasannya. perilaku seperti yang dikehendaki dlm tujuan belajar àUpaya mengefektifkan aktivitas pembelajar: 1.id/psikologi-belajar/cute Tokoh-tokohnya: 1. melihat gambar / lukisan ka’bah. à Dia seorang ahli psikologi beraliran sibernetik. . page 29 / 37 .Stimulus tsb dinamakan operant conditioning yg dibentuk melalui pengubahan materi bahasan sedemikian rupa. konvergensi. sehingga dpt merangsang pembelajar mengembangkan . yaitu cendrung melompat ke depan. menurut dia ada 2 macam proses berfikir. Pask & Scott . .id http://miaqu24. pandangannya à stimulus merupakan penyebab pokok terbentuknya respons-respons dlm belajar. Landa. linier sekuensial. .disajikan dalam bentuk terbuka & memberi keleluasaan siswa untuk berimajinasi & berfikir. cara berfikir divergen menuju ke beberapa target sekaligus.2. Skinner.Tokoh-tokohnya : Paplov. Thorndike. .

(4) lanjutan (antara satu dg lainnya saling terkait).id http://miaqu24. Menurut Ausubel à pembelajar dpt mengembang kan situasi belajar.Fungsi pembelajaran berdasarkan tahapan tsbà 1.id/psikologi-belajar/cute 3.Pendekatan ini bertolak dari teori Gestalt à keseluruan bukanlah penjumlahan dr bagian-bagiannya. COGNITIVE APPROACH (pendekatan Kognitif) .Pendekatan ini dikembangkan àberpijak dari hasil analisis kebutuhan di lapangan untuk segera meningkatkan kualitas output lembaga pendidikan Tinggi atau lembaga formal .student. . . (2) hasil catatan tk kesulitan yg dihadapi siswa selama melakukan pembelajaran. page 30 / 37 . kemudian susunan unsur-unsur & komponennya saling berinteraksi. Para pembelajar membuat catatan kemajuan peserta didiknya.Th 1992 akhir à PTN di Ind melakukan penataran ke dosen. sehingga terbentuk gambaran mental sebagai satu kesatuan persepsi (proses ini disebut insight). juga menginformasikannya dlm bentuk sajian pembelajar yang terorganisasi dr umum menuju yg rinci dalam satuan bahasan yg bermakna. shg banyak kejadiaan di kls terkesan tdk mengandung makna. bila setiap perbedaan karekter siswa dihargai dlm bentuk penyajian variasi pola struktur KBM. Maksud jenjang belajar à bergerak dari tahapan mengingatàmenerapkanà penemuan konsep àprosedur atau prinsip baru di bid. memilih dan menstrukturkan isi. (2) latihan. Karena itu. selanjutnya diaplikasikannya di PTN masing-masing .Ex àPembelajar masih banyak mendominasi & mengontrol aktifitas belajar di kls & siswa sbg penyebabnya dg dalih CBSAnya rendah. APPLIED APPROACH (Pendekatan Terapan) .Belajar menurut aliran kognitif à proses internal yg tdk dpt diamati secara langsung. Pandangan Psikologi Kognitif à peran guru sangat menentukan dalam pembelajaran. sehingga dpt melakukan penyesuaian program yang mereka perlukan di kemudian hari. bgm cara belajarnya. (3) umpan balik.ac.Landasan pijakannya pada teori belajar Galperin. melalui pengalaman & eksperimen untuk menemukan pengetahuan & kemampuan baru bagi dia. guru harus lebih banyak memperhatikan aspek kesesuaian antara rancangan dlm program dg kemampuan yg dicapai oleh siswa. - Fungsi stimulus yg dtg dr luar direspons sbg aktivator kerja memori otak untuk membentuk & mengembangkan struktur kognitif melalui proses asimilasi & akomodasi yg terus menerus diperbarui. artinya setiap adanya kejadian pasti dipahami setelah diilhami lebih dahulu pola strukturnya . 2. . .ac. Menurut Brunner à pembelajaran hendaknya dpt menciptakan situasi agar siswa dpt belajar dr diri sendiri. Cara meningkatkan kualitas output menurut psikologi kognitif à pengembangan program pembelajaran dpt mengoptimalkan keterlibatan mental IQ pada setiap jenjang belajar.Hasilnya à dari sisi psikologis adanya perubahan pada: (1) pengetahuan yang dikuasai oleh orang yang belajar. . . .cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. 4.Kenyataan di lapanganà tugas tsb diasumsikan hanya pemberi pengatahuan secara teoritis sebanyak-banyaknya. Memberikan kesempatan untuk berlatih & menerapkan materi yang dibahas.umm. sebab tdk diikuti dg tindak pembelajaran yg semestinya.kegiatan belajar siswa.Tugas utama pembelajar à mengelola aktivitas stimulus. Sedangkan perubahan perilaku yg tampak hanyalah bersifat refleksi dari perubahan internalisasi persepsi dirinya thd sesuatu yg sdg diamati & dipikirkan. maka guru di sekolah lebih difokuskan pada tugas merancang & mengelola kegiatan. Memberikan orientasi ttg materi. sehingga dlm memori selalu ada saja yang baru pada setiap akhir kegiatan belajar. Pembelajar membuat rekomendasi ttg tugas belajar mana yg harus dicoba dahulu. à belajar sbg upaya untuk mendapatkan pengetahuan melalui: (1) orientasi.Untuk memenuhi fungsi pembelajaran. disiplin keilmuan atau keahlian yg sedang dipelajari. hasilnya apa saja yg diharapkan dg seluruh aktifitas yang diprogramkan.umm. respons & penguatan sebagai satu kesatuan kerja untuk memvariasikan & mengoptimalkan terjadinya tindakan belajar ( learning action).

à sbg bukti. karena keraguan pada setiap pendekatan yg akan digunakan telah muncul.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Pendekatan terapan à lebih unggul dalam hal pengembangan kemampuan strategi kognitif yg terikat pada pola struktur prosedural & sistem tertentu. Kesimpulan: 1. kaidah baru & pengembangan kreatifitas yg bertumpuh pada: daya cipta. page 31 / 37 . Lembaga dlm pengambilan kebijakan à khususnya pada perancang & pengembang paket program pembelajaran untuk ke 3 pende katan tsb masih jauh dg harapan. sehingga membentuk prinsip baru.Emosional berasal dari kata emosi . 2. ketika diperkenalkan pendekatan baru. Memberikan pengertian ttg hasil belajar yg telah dicapai.   Pertemuan ke-9 PEMBELAJARAN EMOSIONAL & KAITANNYA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK   Konsep Emosional . 3. Menerapkan gerakan baik secara metafora maupun harfiah. Pendekatan behavioral à lebih unggul dlm hal pengembangan ketrampilan motorik & pemben.student. pendekatan lama dirasakan ketinggalan jaman + tdk relevan dg kondisi sekarang à akibatnya kesulitan dalam mengaplikasikannya. serta keterampilan berjenjang. untuk mengeluarkan perasaan. melalui proses pembia saan & feedback (pemberian balikan segera). Pendekatan kognitif à lebih unggul dlm pemaha man konsep dasar & kemampuan menemukan antar konsep + variabel. 4.umm.tukan kemampuan dasar. rasa dan karsa. Adanya persepsi bahwa ketiganya masing-masing berdiri sendiri & saling mengganti. 2. Memberi kesempatan melanjutkan latihan.umm.id/psikologi-belajar/cute 3. .ac.id http://miaqu24.Difinisi Emosi à 1.ac. Kendala dari ketiga pendekatan tsb 1. Persepsi perubahan jasmaniah yg terjadi dlm memberi tanggapan (respon) thd suatu peristiwa (artinya pengalaman emosi merupakan persepsi dr reaksi thd situasi 2.Hasil uji di lapangan à pd program pembelajar an yg dirancang dg format pendekatan terapan menunjukkan tk keterlibatan & aktivitas mental intelektuan relatif tinggi.

hina. benci. 3.(kalau sudah akut) depresi berat.Memiliki kedalaman & kekuatan. 7. tdk tenang. kepercayaan. kenikmatan indrawi. kepekaan.id/psikologi-belajar/cute 3. kegirangan luar biasa. bakti. Daniel Goleman mengkelompokan emosi & bagiannya: 1. rasa puas.id http://miaqu24. Bola mata membesar. fanatik. Amarahàbringas. bangga. kasmaran. puas. sehingga dapat menggerakkan jiwa. Keringat meningkat. muram. ringan. hati hancur lebur.umm. takjub. ngeri. gugup. 2. kesal hati. . Desakan/tarikan nafas dlm & tersengal-sengal. terganggu. rasa terpenuhi. senang.Sumber kecerdasan. 6. à Ex.Sebagai sumber energi autentisitas & semangat yg paling kuat. gembira. persahabatan. Pengertian kecerdasan emosional page 32 / 37 . jengkel. Hubungan emosi dg motif (dorongan) àEmosi timbul sbg tanggapan pada aspek lingkungan. sesal. 4. 3. sementara membuat darah mengalir dg deras dari perut memasuki otot-otot. sedih. sangat marah. 5.ac. mengasihani diri. menyebabkan ia menendang tembok di kamarnya atau benda apa saja di sekitarnya. rasa dekat. Detak jantung meningkat. mengamuk. Kenikmatan à bahagia. bermusuhan. 2. putus asa. Hati membebaskan gula memasuki aliran darah untuk meningkatkan energi. kebaikan hati. nafsu. cinta ditolak. Terkejut à terkesiap. rencana seketika untuk mengatasi masalah yg ditanamkan secara berangsur-angsur oleh evolusi. Kesedihan à pedih. senang.umm. sehingga dpt menjadi sumber kebijakan intuitif. 5. kasih. perasaan takut sekali. muak. . jijik. Rasa takut à cemas. setiap keadaan mental yg meluap-luap Dengan demikian. Anak kecil yg sdg marah. juga perubahan & perasaan subjektif. sedih.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. karena terlihat makanan àHubungan emosi & motif (perasaan & gejolak yg subjektif) sangat erat. kebencian patologis. Bulu roma badan berdiri. rasa pahit. mual. Cintaà penerimaan.hormat. suram. emosi dianggap: . Ciri-ciri orang yg mengalami emosi (pendapat Lerner) : 1. takut. à Ex. waspada. malu dalam hati. Gerakan getrointestinal berhenti. aib. rasa lapar yang diarahkan pada objek di lingkungan.Dorongan untuk bertindak. khawatir. terhibur. riang. kesal dlm hati.ac. kedermawaan dan kebijaksanaan. Sedangkan motif cendrung muncul sbg rangsangan internal. Setiap kegiatan atau pergolakan pikiran. . tindak kekerasan. 8. takjub. tersinggung. 4. Jengkel à hina. perasaan. berang. Malu à rasa salah. senang sekali.student. sementara produksi air liur menurun. 6. tidak suka. was-was. terpana 7. melankolis. rasa terpesona. mau muntah. sebab emosi acap kali memotivasi tindakan.

pengetahuan. (2) emosi yg bersumber dr hati sanubari & diukur dg EQ. mengendalikan dorongan hati & tdk berlebih-lebihan dalam kesenangan. 3.umm. keturunan (heredity) & pengkondisi. 2. mencakup aspek pribadi. Berbicara & mendengarkan secara efektif.an (conditioning). Terkait dg peran emosi yang terlibat langsung dlm aktivitas manusia. Mengatasi masalah dg teman yang nakal page 33 / 37 . Reaksi ini berpengaruh pd : Lanjutan persepsi. mengatur suasana hati & menjaga agar beban stres tdk melumpuh kan kemampuan berfikir. 4. maka keadaan diri kita selalu bereaksi dg emosi. Perilaku emosional itu ditentukan oleh pengaruh kompleksnya masalah yg dihadapi.id/psikologi-belajar/cute 1. sehingga mampu membantu perkembangan emosi dan intelektual. akal sehat & kepekaan yg penting dpt berfungsi secara efektif setiap hari. semakin terampil melakukan mana yg benar Pembelajaran Emosional Salah satu upaya pembelajaran dg menggunakan pendekatan emosional dianggap sangat penting bagi perkembangan IQ anak. selanjutnya akan mempengaruhi keseluruan proses & perilaku yg dapat diamati.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Bekerja dalam kelompok. meraih & membangkitkan perasaan untuk membantu pikiran.student. EQ tdk demikian. pembelajaran. memahami perasaan & maknanya. Menurut Reuvan Bar-On mengutip pendapat Steven J. Dasar untuk memperkuat EQ à dg memahami diri sendiri + kesadaran diri = saluran menuju kesadaran diri adalah rasa tanggung jawab + keberanian dlm menghadapi berbagai aspek diri sendiri yg tidak menyenangkan. Yg dilakukan OT dlm pembelajaran emosional: 1.Stein & Howard E Bookà Serangkaian kemampuan & kecakapan non kognitif yg meme ngaruhi kemampuan seseorang untuk berhasil mengatasi tuntutan & tekanan lingkungan. Kesimpulan à EQ merupakan serangkaian kecakapan yg memungkinkan untuk melapang kan jalan hidup yg rumit. pengalaman dan kemauan. 5. 3.ac. Menurut Steven J. Membina hubungan persahabatan.id http://miaqu24. (1) ditandai oleh aspek rasio yg bersumber dr kepala & diukur dg IQ.umm. Seorang dikatakan ideal à manakala ada keseim bangan antara IQ & EQ. IQ untuk meramalkan kemampuan belajar bidang skolastik & EQ kemampuan untuk membaca pikirannya sendiri & pikiran orang lain. karena dapat menempatkan diri dalam situasi orang lain dan mengendalikan dirinya. aspek rasio & emosi sangat penting bagi hidup & kehidupan manusia. Mencapai prestasi lebih tinggi. sebab stimulasi IQ sangat dipengaruhi oleh keterlibatan emosional. ia dpt disempurna. Menurut Goleman à bahwa akal manusia pada hakekatnya dpt dibagi dua jenis kehidupan mental. Secara umum à Merupakan kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan untuk menghadapi frustasi. sosial & mempertahankan seluruh kecerdasan. Semakin tinggi EQ seseorang. pemikiran atau segala sesuatu yg langsung kita kerjakan.nya dilakukan.ac. Terkait dg IQ & EQ. IQ merupakan faktor genetik yg tdk dapat berubah sbg faktor bawaan sejak lahir. 3.kan dg kesungguhan. 2. Dg demikian. Disinilah EQ sbg jembatan utk menjelaskan apa yg sewajar. juga mengendalikan perasaan secara mendalam. bahkan emosipun menentukan perkembangan IQ anak secara bertahap (faktor kognitif terlibat dlm perkembangan emosional atau IQ dg EQ tdk dpt dipisahkan). pelatihan. berempati & berdoa.Stein & Howard E Book à Kemampuan untuk mengenali perasaan.

jika pela.id http://miaqu24.id/psikologi-belajar/cute 6. Menjalin keakraban 13. 7. kesadar an ttg diri sendiri. Memanfaatkan komputer untuk meningkatkan keterampilan emosional. Menghadapi situasi sulit dg percaya diri. karena itu OT / guru berupaya mengajarkan & memberi pemaha man moral yg baik pada anak melalui pemberian contoh atau keteladanan setiap saat. Kesadaran moral akan semakin menipis. Antusiasme Pengukuran EQ bukan didasarkan pada kecerdasan intelligence atau kepintaran anak. Moral à merupakan suatu norma yg sifatnya kesadaran atau keinsyafan thd suatu kewajiban melakukan sesuatu atau suatu keharusan untuk meninggalkan perbuatan yg dinilai masyarakat melanggar norma moral. Saat itu anak dikatakan memiliki kesadaran moral. 12. Memecahkan masalahnya sendiri / teman lain 8.student. hati sering memperingatkan agar melakukan yg baik & meninggalkan yg page 34 / 37 . Berempati terhadap sesama. Membangkitkan rasa humor.umm. Motivasi diri. 10. Agar tdk terjadi krisis moral dlm kehidupan anak-anak. Alat ukur pembelajaran kecerdasan emosional: 1. manakala ia mempunyai kemampuan untuk memilih / mempertimbangkan & membedakan antara yg baik & buruk atau yg halal & haram (termasuk efek yg harus diterima sesudah melakukannya). dimana diri kita sdg berhadap an dg sesuatu yg baik & sesuatu yg buruk.ac. maka OT / pendidik diharuskan menghi.kunya sengaja untuk mengelak dari suara hati yg paling dalam.umm.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Mengatasi konflek 9. 4. keuletan. Memotivasi diri apabila menghadapi kesulitan 11. tetapi melalui karekteristik pribadi atau karakter Pengaruh Perkembangan Moral terhadap pembelajaran Emosional Perkembangan emosional anak akan berjalan seiring dg perkembangan moral.ac.dupkan kesadaran moralnya à artinya. Optimisme 3. 2.

Anak yang bersifat ekstrovert atau selalu mengarahkan perhatian di luar dirinya à sifatnya social & cendrung memikirkan kondisi orang lain. jika daya IQnya rendah. Akan tetapi upaya belajar tdk selamanya berjalan dg maksimal.Bersifat afektif (ranah rasa) à labilnya emosi & sikap. Perkembangan mental à rendahnya mental ada hubungannya dg IQ. (2) persaingan & pertentangan kebudayaan. Penyebab anak / orang berbuat jahat. kadangkala mengalami kejenuhan. nakal. Faktor intern à dimana siswa telah mengalami gangguan / kekurang-mampuan psiko fisiknya : . krn telah kehilangan motivasi & kehilangan konsolida si pada tingkat keterampilan tertentu sebelum ketingkat keterampilan berikutnya. Saat itu merasakan suatu krisis.ac. Sakit jiwa à adanya konflek mental berlebihan atau pernah melakukan perbuatan yg dirasakan dosa besar & berat. dimana ia berada bersama orang-orang yg ada disekitarnya. Akibatnya merasa tdk sanggup bersaing dg sekelilingnya 4. 3. Anak yg memiliki sifat introvert atau banyak memikirkan ttg dirinya à sifatnya individualis & berusaha mengejar posisi dirinya terpenuhi segalanya dg berbagai cara. 2.umm. (7) pendapatan & pekerjaan. (3) ideologi politik.Faktor penyebab kesulitan belajar 1. maka emosi mudah terpicu melakukan tindak kejahatan. hingga ybs kehilangan pegangan. sehingga terbebani jiwanya. rawan & mudah sekali terpengaruh tindak kejahatan.umm.jika ego lemah.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Keberadaan anak dlm kehidupan sosial dpt dilihat: 1. seperti dilakukan orang dewasa. .student. page 35 / 37 .id http://miaqu24. (5) kuantitas penduduk. Perkembangan emosional à ybs tidak mampu mencapai keseimbangan antara emosinya dg kehendak masyarakat. (2) ketika berhadapan dg situasi yg baru & harus menyesuaikan diri dg cara yg baru. 2. tindak kekerasan & kriminal à (1) kondisi sosial nya (perilaku orang-orang disekitarnya atau orang yg dianggap sebagai figur dlm kehidupan nya) sangat mendukung. . Karenanya diperlukan penguatan ego.id/psikologi-belajar/cute dilarang & merugikan masyarakat Pengaruh Perkembangan Sosial terhadap pembelajaran Emosional Kesadaran moral yg telah terpatri dalam diri anak tidak lepas dengan perkembangan sosial yg mempengaruhinya. 4.ac. sehingga ia berperilaku melawan norma-norma hukum yg ada.Bersifat kognitif (ranah cipta)à rendahnya kapasitas intelektual/inteligensi. Menurut teori sosiologi à orang berbuat atau berperilaku jahat karena berinteraksi dg orang lain yang diperlakukan jahat. Anomi akan terjadi pada siapapun bila ybs telah meninggalkan kebiasaan lama. (6) agama. sementara hal-hal yg baru blm dikuasai. Menurut teori psikologi kepribadianà penyebab orang berperilaku menyimpang adalah: 1.   Pertemuan ke-10 KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN . (4) ekonomi.Ia berpotensi melakukan kejahatan. kecendrungan mentalnya rendah.Anomi (kebingungan) à cirinya: (1) ketika berhadapan dg suatu kejadian atau keadaan yg blm pernah dialaminya. mulai dari kandungan hingga ajal menjemputnya.Belajar merupakan suatu kewajiban yang harus ditempuh oleh setiap manusia.

b. . à Hasilnya harus diberikan pada OT.umm. bila siswa mengalami permasalahan IQ di bawah normal. diskalkulia. rendahnya penghasilan yang diterima. kondisi guru + alat belajar berkualitas rendah. maka sekolah harus menyiapakan guru khusus / guru pendukung. kecuali bagi guru ybs memiliki kemampuan untuk memberikan test IQ. Diskalkulia àketidakmampuan belajar menghitung atau matematika Berbagai sindrom yg dialami siswa.id/psikologi-belajar/cute .Lingkungan keluarga à ex.Bersifat psikomotor (ranah karsah) à terganggu nya alat indra penglihatan & pendengaran . .Memberikan test diagnosis pada bidang kecakapan tertentu (diduga siswa mengalami kesulitan belajar pada bidang tersebut).cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail.ac. Diagnosis Kesulitan Belajar . .id http://miaqu24. nampaknya IQ yg dimiliki normal.Salah satu tugas guru yg harus dilakukan adalah mengidentifikasi kesulitan belajar yg dihadapi oleh peserta didik. Untuk itu diperlukan adanya diagnosis kesulitan belajar mereka. sehingga OT segera dpt menyekolahkan khusus anak abnormal. teman sepermainan yang a moral atau geng peminun.Lakang Mewawancarai OT atau wali siswa untuk mengetahui latar belakang yg mungkin menimbulkan kesulitan belajar 4. perkampungan kumuh.àpenyebabnya ada gangguan ringan pada otak.Lingkungan masyarakat sekitar à ex. kondisi & letak sekolah yg tdk kondusif (dekat pasar / jalan raya / lintasan jalan raya). disgrafia. Keterangan: a. Bagi siswa yang mengalami misbehavior berat (perilaku agresif berpotensi antisosial atau kecanduan narkotik) à siswa dipelakukan khusus bila pihak sekolah mampu mengatasinya atau OT dipanggil untuk memasukkan anaknya ke pondok pesantren atau lembaga khusus menangani siswa kecanduan narkotika. Faktor Eksternà situasi & kondisi lingkungan sekitar yg tdk mendukung aktivitas belajar siswa: . page 36 / 37 . maka diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: 1.Untuk melakukan diagnosis. ketidakharmonisan hubungan antara kedua orang tua. Hanya saja.Memberikan test IQ. 2. dengan tujuan untuk menetapkan jenis penyakit atau kesulitan belajar yang dihadapinya.ac. sarana pra-sarana yg tidak memadai. 2. menulis & berhitung mengalami kendala diukur rata-rata kemampuan siswa sebayanya. khususnya yang diduga mengalami kesulitan belajar 3. c. Disgrafia à ketidakmampuan belajar menulis 3. Disleksia à ketidakmampuan belajar membaca 2. Memeriksa penglihatan & pendengaran siswa. Contoh sindrom: 1. bahkan ada yg di atas rata-rata.student.Sindrom (syndrome) à gejala yg muncul sbg indikator adanya keabnormalan psikis yg menimbulkan kesulitan belajar. Test IQ dilakukan oleh klinik psikologi. khusus bagi siswa yg mengalami kesulitan belajar. kesulitan dalam hal belajar membaca.à tugasnya sbg pendamping untuk memberikan remedial (pengajaran perbaikan).umm. 5. Bagi sisiwa yg mengalami sindron disleksia.Lingkungan sekolah à ex. Melakukan observasi kls à dg tujuan untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pelajaran.

Menentukan kecakapan bidang bermasalah à dari hasil pemilah-milahan kesulitan belajar ditentukan.Materi Remedial . maka tugas selanjutnya adalah memilah-milah tingkat kecakapan bidang yg ada kesulitan belajar . Sebab mereka rata-rata sangat memerlukan perhatian yang lebih inten dalam pelaksanaan pembelajaran perbaikan. Mengidentifikasi & menentukan bidang kecakapan tertentu yg memerlukan perbaikan.id/psikologi-belajar/cute Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar . maka langkah selanjutnya mengambil tindakan dalam mengatasi belajar. dan penggunaan berbagai model pembelajaran perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan materi yang hendak disajikan. àProgram pengajaran remedial.Evaluasi remedial 4. 2. sedangkan tempat pelaksanaannya dimana saja.ac.Kelas: . 2010.cahaya hati | Psikologi Belajar Copyright miaqu24 miaqu24@webmail. Menyusun program perbaikan.student.id http://miaqu24. 3. Membaca beberapa leteratur sangat dianjurkan bagi guru. (2) ditangani oleh guru dg dibantu OT.ac. 3. khususnya program remedial. 15. àSebelum menyusun program remedial.Alokasi waktu remedial: . (3) tdk dpt ditangani oleh guru & OT. April. page 37 / 37 . 2. .   1 Diambil dari Dra. Romlah (selaku dosen pengampuh mata kuliah Psikologi pembelajara pada semester IV) Kamis. Untuk itu perlu diperhatikan langkah sbb: Langkah pertama 1.Setelah guru memahami persoalan siswa yg terkait dg belajar. al: 1. Menyusun program perbaikan/remedial. asal memungkin bagi peserta didik.Jenis Kesulitan khusus: . Langkah keduaà melaksanakan program perbaikan.Nama siswa: .umm. metode pengajaran remedial & alokasi waktunya. kecakapan bermasalah dpt ditangan guru sendiri. juga evaluasi kemajuan siswa stlh mengikutinya. maka guru hrs memperhatikan: tujuan.Tujuan Remedial: . Melaksanakan program perbaikan à semakin cepat program ini dilaksanakan semakin baik. Mengalisis hasil diagnosis à yaitu menelaah bagian masalah dg bagian masalah lainnya terkait dg kesulitan belajar. maka diperlukan perlukan perbaikan pd bidang kecakapan yg dianggap bermasalah. materi. Dalam hal ini dikelompokkan menjadi: (1) bid. Analisis hasil diagnosis à setelah hasil analisis kesulitan belajar siswa diperoleh guru.umm.