You are on page 1of 7

MAKALAH GLOBAL WARMING

PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah


Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan tentang pemanasan global atau global warming yang sedang terjadi saat ini. Banyak faktor atau penyebab yang membuatpemanasan global itu sendiri terjadi. Masalah dunia ini belum bisa teratasi, belum adasolusi yang efektif untuk menyelesaikannya. Mungkin sudah banyak penanggulanganyang sudah dilakukan , akan tetapi belum terlalu terlihat hasilnya yang dapat kita rasakan.

Tujuan
Tujuan disusunnya makalah ini untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru bahasa indonesia. Selain itu pembuatan makalah ini untuk menyadarkan tentang keadaan yang ada pada saat ini. Harapan saya adalah agar makalah ini dapat berguna bagi orang banyak.

PEMBAHASAN
A. Pengertian Pemanasan Global Pemanasan global atau yang sering juga disebut global warming adalah peningkatan suhu ratarata atmosfer, laut, dan daratan bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. kemungkinan besardisebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis. B. Faktor Penyebab Pemanasan Global 1. Efek Rumah Kaca Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, cahaya berubah menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun, sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan dipermukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

2. Efek Umpan Balik Proses umpan balik yang terjadi mempengaruhi penyebab pemanasan global.Sebagai contoh adalah pada proses penguapan air. Pada kasus pemansan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO2, pada awalnya pemanasan akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri.(Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara, kelembabanrelatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat). Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer.Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es. Ketika temperatur global meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersamaan dengan melelehnya ester tersebut, daratan atau air di bawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi Matahari. Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.

3. Penggundulan Hutan Maraknya kasus penggundulan hutan merupakan salah satu penyebab pemanasan global saat ini. Penggundulan hutan yang mengurangi penyerapan karbon oleh pohon,menyebabkan emisi karbon bertambah sebesar 20%, dan mengubah iklim mikro lokaldan siklus hidrologis, sehingga mempengaruhi kesuburan tanah. Hutan yang menjadi paru-paru Bumi kini tidak dapat berfungsi secara maksimal karena sudah sangat berkurangnya jumlah pohon yang ada. Jumlah pohon yang ada tidak dapat menyeimbangi banyaknya jumlah CO2 yang ada di Bumi. 4. Kentut Sapi & Kecoa Menurut para ahli, Gas metana yang banyak terkandung didalam kentut sapi, ternyata berpotensial menghasilkan efek rumah kaca, sama seperti CO2.Lain lagi dengan kecoa yang kentut rata-rata tiap 15 menit.Bahkan setelah mati, mereka tetap melepaskan metana hingga 18 jam. Dalam skala global, gas dalam perut serangga diperkirakan menyumbangkan 20 % dari emisi metana.Fakta ini menempatkan kecoa sebagai slah satu contributor global warming terbesar.Kontributor besar lainnnya adalah rayap. C. Akibat Pemanasan Global Adapun beberapa pengaruh pemanasan global yaitu sebagai berikut. 1.Hutan Hujan Amazon akan berubah menjadi padang pasir. Amazon adalah Dunia hujan tropis terbesar. Namun,Pemanasan global dan penggundulan hutan yang membalik peran hutan karbon, mengubah 30-60% dari hutan menjadi padang rumput kering. Proyeksi menunjukan hutan bias hilang sepenuhnya pada tahun2050. 2. Hewan-Hewan akan Mengecil Pemanasan iklim dapat mendukung spesies keci llebih besar. Penelitian, analisis didasarkan pada massa tubuh ikan, plankton dan bakteri dalam ekosistem eropa,datang hanya beberapa minggu setelah para ilmuan melaporkan bahwa domba di pulau skotlandia yang menyusut karena kondisi hangat. Studi baru menunjukan bahwa spesies individu kehilangan rata-rata 50% dari massa tubuh mereka selama 30 tahun. 3. Terumbu Karang Great Berrier Reef akan hilang 20 Tahun kemudian. The Great Barrier Reef akan sangat rusak oleh pemanasan air yang akan dikenali dalam waktu 20 tahun. Charli Veron, mantan kepala ilmuan Dari Australian Institute of Marine science kepada The Times: Tidak ada jalan keluar, tidak ada celah Great Barrier Reef akan selesai dalam waktu 20 tahun atau lebih. Begitu telah menghantam tingkat untuk memperkirakan antara 2030 & 2060, semua terumbu karang punah Katanya. 4. Gurun Sahara akan menjadi padang rumput. Ilmuan melihat tanda-tanda bahwa Gurun Sahara dan daerah sekitarnya menjadi semakin hijau karenameningkatnya curah hujan. Jika berkelanjutan hujan ini biasmerevitalisasi daerah dilanda kekeringan, reklamasi mereka untuk pertanian masyarakat.

5. London akan hilang tenggelam pada 2100. Hal ini tidak hanya karang dan daratan rendah dipulau-pulau yang berada dibawah ancaman dari pemanasan global. Bahkan, ancaman utama bagi mereka adalah daerah perkotaan besar yang berisiko akhirnya menjadi terendam air. Hal ini disebabkan oleh perubahan permukaan laut yang terjadi ketika terjadi pemanasan global, sehingga kota-kota pesisir sedang dihancurkan oleh banjir. Puluhan kota-kota di dunia, termasuk London dan Newyork, dapat banjir pada abad ini. D. Upaya Mengatasi Pemanasan Global 1. Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil secara drastis Bahan bakar fosil dianggap sebgai biang keladi global warming karena pembakarannya yang menghasilkan gas.Salah satu yang dianggap beramasalah adalah mobil. Oleh karena itu, banyak organisasi berbasis kelingkungan yang melarang penggunaan mobil. 2. Mengusahakan Penggunaan Energi Alternatif Beberapa macam metode pemkaian energi alternatif telah diupayakan. Seperti pemakaian pemanasan bertenaga matahari, minimalisir pemakaian listrik dan dan gas untuk kebutuhan rumah tangga. Dalam industry otomotif, telah di perjual belikan mobil-mobil dengan system fuel cell dan hybrid, seperti Toyota Prius, Honda FC-x dan Hondacivic hybrid. Sekarang ini tengah dicoba pengablikasian BBM campuran E-85 atau etanol 85, yang artinya 85% etanol dan 15 % bensin biasa. 3. Melakukan 3R yaitu Reuse ( Menggunakan Kembali), Reduse (Mengurangi/Menghemat) & Recycle ( Mendaur Ulang) Sampah. Sampai sekarang cara ini adalah hal terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai macam permasalahan. Berikut adalah kegiatan 3R ( Reuse, Reduse, &Recycle) yang dapat dilakukan di rumah, sekolah, kantor, ataupun ditempat umum lainnya. Reuse Misalnya, menggunakan kembali kantong plastik untuk membawa belanjaan,membawa tas kertas sendiri dari rumah saat berbelanja, belilah produk-produk yang bisa di daur ulang, gunakan koran atau kertas bekas untuk membungkus bungkus dll. Reduse Misalnya, belilah barang-barang mebel atau peralatan dapur yang benar-benar dibutuhkan, kurangi makanan cepat saji, kurangi penggunaan pestisida, hindari membeli produk dari hewan/ tumbuhan langka, kurangi produksi limbah rumah tangga dll. Recycle Mulailah menggunakan pakaian yang cukup ramah lingkungan, gunakan botol-botol bekas untuk keperluan lain, missal jadi vas bunga, kreasikan barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi, pisahkan sampah organik dan anorganik, buatlah pupuk kompos dari limbah dapur dan daun/ ranting pohon yang bertebaran disekitar rumah, dll.

4. Menanam pohon pelindung di sekitar rumah atau membuat taman di sekitar rumah agar rumah tampak kelihatan hijau, selain itu memperbanyak pertumbuhan tanaman menghasilkan banyak oksigen sehingga kita menghirup udara segar tanpa adanya polusi.Melakukan Reboisasi ( Penghijauan).

KESIMPULAN, SARAN & PENUTUP


Kesimpulan
Pemanasan global yang terjadi saat ini adalah akibat dari perbuatan kita sendiri. Sebagaimanusia kita tidak dapat menjaga dengan baik tempat dimana kita hidup. Jika kita tidak sadar akan dampak yang terjadi nanti, maka kehidupan di Bumi ini akan terancam. Untuk mengatasinya, telah dilakukan beberapa penangulangan. Penanggulangan ini akan efektif bila semua pihak turut serta untuk melakukannya.

Saran
Pemanasan global ini dapat di kurangi jika kita menanamkan rasa cinta kepada Bumi ini.Kita harus dapat menjaga dan melestarikannya , demi kelangsungan kehidupan dimasa yang akan datang untuk generasi yang lebih baik lagi.

Penutup
Inilah beberapa pengetahuan tentang global warming.Maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan bumi kita.

MAKALAH GLOBAL WARMING

NAMA KELOMPOK : AFIFAH U.H ALIFIA A.R.C MENTARI W.S.P NAWANGWULAN F.S NUR A TIARA A.S (2) (3) (14) (16) (17) (23)