You are on page 1of 3

SOAL 1.

Cari perbedaan model pembelajaran CAL (Computer – aided Learning) atau Pelajaran Berbantu Komputer CBT (Computer – based training/learning) atau Pelajaran Berbasis Komputer MBL (Multimedia - based learning) atau Pelajaran Berbasis Multimedia WBT/L (Web – based treaning/learning) atau Pelajaran Berbasis Web

JAWAB

1. Definisi CAL (Computer – aided Learning) :

CAL ialah metode Pengajaran dan Pembelajaran dengan Bantuan Komputer. CAL bisa dibilang kemajuan dari metode pembelajaran via komputer dimana, pengguna (User) bisa lebih mudah & cepat dalam memahami & menerapkan informasi apa yang di pelajarinya melalui tampilan gambar yang menarik (Audio Visual) dari WEB tersebut. Dengan metode pembelajaran yang memanfaatkan komputer, siswa mampu belajar secara mandiri. Hal ini memberi suatu alternatif belajar yang baru selain belajar dari guru sekolah sebagai satu-satunya sumber informasi. Siswa juga dapat mengulang pelajaran itu secara mandiri dengan pembelajaran yang menggunakan perangkat lunak sebagai sumber informasi. Proses pendidikan yang konvensional dilakukan dengan menggunakan buku dan sistem pendidikannya hanya melibatkan guru saja sebagai pihak yang aktif. Guru mengajar siswa secara lisan atau dengan media berupa papan tulis, sedangkan para siswa berupaya menghafal sebanyak mungkin informasi yang diberikan. Ini berbeda sekali dengan adanya teknologi komputer, seperti yang digunakan sekarang ini. Peranan Komputer dalam CAL, yaitu:

Sebagai Pakar.

Dengan metode pembelajaran yang memanfaatkan komputer.Komputer mempunyai kelebihan. siswa mampu belajar secara mandiri. sehingga sering disebut juga dengan e-learning. Definisi WBT/L (Web – based training/Learning) Pembelajaran berbasis web adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. maupun animasi. atau avi. dapat menyampaikan pesan yang lebih mudah diingat dari pada pesan yang disampaikan secara lisan. maka kita dapat mencuplik sebuah percakapan bahasa Inggris (dapat dibuat sendiri/mengambil dari film). Definisi MBL (Multimedia – based Learning) Pembelajaran berbasis multimedia merupakan solusi alternatif sebagai tools metode pembelajaran. Pembelajaran berbasis multimedia dapat berupa suara. kemudian siswa diminta memperhatikan dan mencatat kalimatkalimat pertanyaan yang ada dalam cuplikan tersebut. 2. Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer. Contoh lain. Dengan komputer yang mempunyai fasilitas audio visual. 4. misalnya kita akan mempelajari mengenai kalimat pertanyaan dalam bahasa Inggris. termasuk di dalamnya . Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan AUDIO) DALAM FORMAT mov. dari animasi tersebut siswa dapat beraktivitas secara mandiri. mpeg-1. seorang guru dapat mempersiapkan animasi pembelajaran dengantools powerpoint atau flash. Sebagai Pembimbing atau Tutor. video. Definisi CBT/L (Computer – based Training/Learning) Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Siswa juga dapat mengulang pelajaran itu secara mandiri dengan pembelajaran yang menggunakan perangkat lunak sebagai sumber informasi. Hal ini memberi suatu alternatif belajar yang baru selain belajar dari guru sekolah sebagai satu-satunya sumber informasi. kemampuan menyimpan banyak data dan juga jauh lebih akurat dari pada manusia. 3. Dapat diberikan contoh.

Perbedan Perbedaan dari pembelajaran masing – masing yang sudah di kemukakan di atas. yang terhubungkan melalui saluran (satelit. termasuk dalam kegiatan pendidikan. dan pada pelajaran berbasis web pada onlinenya. Internet memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan dalam berbagai bidang. saling berbagi peran masing – masing dari pembelajaran tersebut .untuk mencapai sebuah model pembelajaran yang baik. multimedia dan web. . telepon. sebenarnya terletak pada kegunaan pemanfaatan fungsinya. pada pelajaran berbasis multimedia pada animasinya. Dan sebenarnya pada era dewasa ini dari masing – masing pembelajaran berbasis/berbantu komputer. kabel) dan jangkauanya mencakup seluruh dunia.jaringan lokal. pada pelajaran berbasis atau berbantu komputer lebih di tekankan kepada berbasis elektronik.