You are on page 1of 1

Stabilitas dan Kondisi Penyimpanan Karboksimetilselulosa natrium adalah stabil, meskipun termasuk bahan yang higroskopis.

Dalam kondisi kelembaban tinggi, karboksimetilselulosa natrium dapat menyerap sejumlah besar (> 50%) air. Larutan air stabil pada pH 2-10; pengendapan dapat terjadi di bawah pH 2, dan viskositas larutan menurun dengan cepat atas pH 10. Umumnya, solusi menunjukkan viskositas maksimum dan stabilitas pada pH 79. Jika disimpan dalam waktu yang lama mudah terjadi pertumbuhan mikroba. inkompatibilitas Karboksimetilselulosa natrium tidak kompatibel dengan larutan asam kuat dan larutan garam dari zat besi dan beberapa logam lainnya, seperti aluminium, merkuri, dan seng. Pengendapan dapat terjadi pada pH <2, dan juga bila dicampur dengan etanol (95%). Karboksimetilselulosa natrium membentuk koservatif kompleks dengan gelatin dan pektin. Hal ini juga membentuk kompleks dengan kolagen dan mampu mengendapkan protein tertentu yang bermuatan positif. Density (bulk): 0.52 g/cm3 Density (tapped): 0.78 g/cm3 Konstanta disosiasi: pKa = 4.30 Titik lebur: menjadi kecoklatan pada suhu di sekitar 227 0C

Kelarutan: praktis tidak larut dalam aseton, etanol (95%), eter, dan toluena. Mudah terdispersi dalam air pada semua suhu, membentuk larutan koloid yang jelas . aqueous solubility bervariasi dengan derajat substitusi (DS).