You are on page 1of 9

ANALISA HUBUNGAN FALSAFAH DAN PARADIGMA MODEL KONSEPTUAL DAN TEORY KEPERAWATAN SECARA EMPIRIS

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sains Keperawatan

Oleh Kelompok VI: Ika Melasari Yuni Astuti Yuanita Ani Susilowati Sri Mulyani Denny Rakhmawati Febi Ratnasari Ika Wulansari 1206195363 1206195836 1206303701 1206195691 1206303001 1206303121 1206303191

PROGRAM MAGISTER KEPERAWATAN MATERNITAS FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA 2012

September 2012 Kelompok V . selain itu falsafah merupakan kerangka kerja bagi seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan baik di klinik maupun di masyarakat. paradigma. Dr. Terimakasih kelompok ucapkan kepada 1.. untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca sangat kami harapkan dalam penyempurnaan makalah ini. DNSc. MN. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna.KATA PENGANTAR Segala puji hanya bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karuniaNya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah pada tugas mata kuliah Sains Keperawatan dengan topik hubungan falsafah. sebagai pengajar Mata Kuliah Sains keperawatan 2. Aamiin Jakarta. MN. Yati Afiyanti. Staff Perpustakaan yang telah membantu menyediakan referensi. dan teori keperawatan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan baru dan memberikan manfaat bagi kita semua. Falsafah mengandung nilai – nilai universal yang mampu melandasi semua aspek kehidupan. Sebagai koordinator mata Ajar Sains keperawatan 3. SKp. Achir Yani S. Paradigma merupakan cara pandang seseorang terhadap suatu fenomena yang mengarahkan seseorang untuk melakukan suatu tindakan dalam hal ini tindakan keperawatan.. Falsafah ilmu keperawatan merupakan landasan yang kokoh untuk membangun suatu tatanan keperawatan. model konseptual. Hamid.Ibu Prof.

Dengan adanya hubungan tersebut maka teori dan model konseptual tersebut dapat diaplikasikan dalam praktek keperawatan. Memahami pengertian falsafah keperawatan b. dan meningkatkan derajat kesehatannya. keluarga. Memahami pengertian paradigm keperawatan . Pengembangan ilmu pengetahuan saat ini menuntut perawat untuk terus mengembangkan pengetahuan dan riset sebagai dasar dalam pemberian pelayanan kepada pasien. A. Latar belakang Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan berperan aktif dalam memfasilitasi. kelompok dan komunitas. memberikan dukungan dan membantu individu. keluarga. mampu: a. komunitas dan sosial untuk mempertahankankan. 2. Tujuan 1. Dalam perkembangannya beberapa paradigma falsafah mempengaruhi teori dan konseptual keperawatan. Perkembangan sains keperawatan yang meliputi falsafah.BAB I PENDAHULUAN A. Tujuan umum Memberikan pemahaman tentang konsep falsafah dan paradigma sains keperawatan. 1998 dalam Peterson dan Bredow 2004). paradigma dan metaparadigma bisa membantu perawat dalam meningkatkan asuhan keperawatan kepada individu. Tujuan Khusus Setelah menyelesaikan makalah ini mahasiswa diharapkan. sehingga ada hubungan antara falsafah dan paradigma dengan teori dan konseptual keperawatan . selain itu juga untuk mengurangi dan memperbaiki efek dari penyakit (Thorne.

Penutup Daftar Pustaka . Batasan Penulisan Ruang lingkup atau batasan dalam penulisan ini adalah hubungan falafah.c. Memahami teori keperawatan B. Pembahasan Bab 4. Tinjauan Pustaka Bab 3. Memahami model konseptual keperawatan d. Sistematika Penulisan Bab 1. paradigma. Pendahuluan Bab 2. dan teori keperawatan C.

Shereer. aggresif/protektif. ketergantungan. Model konseptual didefinisikan sebagai konsep Dan asumsi yang bergabubng berintegrasi atas suatu hubungan ( Reed. affiliatif. dimiliki oleh orang atau masyarakat (KBBI) Falsafah diartikan kebenaran sejati dari masing masing displin ilmu. yang menghubungkan dan mendefinisikan beberapa konsep. dan seksual . C. sifat batin yang paling dasar. 2004). Jonhson : tentang behavioral system Mengemukakan 8 subsystem dari tingkah laku yaitu. eliminative.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Metaparadigma Metaparadigma merupakan konsep disiplin ilmu global dan proposisi global. restorative. Model Konseptual Model konseptual merupakan kerangka kerja yang menghubungkan konsep dan fenomena yang muncul. Paradigma Paradigma merupakan cara pandang seseorang dalam mengartikan suau pengetahuan yang bersifat filosofi dan berubah ubah (Malleis. pencapaian. Model konseptual yang digunakan dalam ilmu keperawatan: 1. 1999). Falsafah Falsafah merupakan gagasan. dan semua disiplin ilmu itu mempunyai kebenaran sendiri untuk mencapai tujuannya. ingestive. B. D.

status. menjelaskan. body image. keterbukaan. fungsi peran dan saling ketergantungan E. pemasukan energy. pola dan pandimensionality. transaksi. Interpesonal system ( Interaksi. peran dan organisasi 3. konsep diri.2. Adapun teori yang mendukung untuk model neuman : Teory tentang stsbilitas optimal dari klien. integritas social. teori tentang pencegahan sebagai intervensi. teory intensitas therapeutic.redundancy dan promosi kesehatan untuk masa bayi 4. komunikasi. pengambilan keputusan. 3 prinsip keseimbangan yaitu helicy. dan memprediksikan. resonancy dan integrality. definisi dan proposisi. ruang dan waktu). Komponen teori menurut hage ( 1972 ) . pendekatan pada rentang kehidupan 7. teory tentang mtingkat stress pada wanita dengan peran ganda. Neumans (system models) Model Neuman berfokus pada interaksi klien dengan lingkunganya dengan mengacu pada 5 sistem yaitu fisiologi. Social system ( power. integritas personal . sosiokultural. pertumbuhan dan perkembangsn. Roy (Adaptation models) Mengemukan model adaptasi terhadaop fisiologi. dan peran ) c. strujktur integritas. Roper-logan. Levine (conservation models) Mengemukan model konservasi dari : energy. b. Teori Keperawatan Serangkaian konsep. King : General System framework Dalam konsepnya mengemukakan 3 aspek dari system yaitu a. teory well being untuk kelelahan pada diabetes 5. Tierney (models for nursing) Berdasarkan pada model kehidupan . 6. pertumbuhan /perkembangan dan spiritual. stress. Roger (Sciens of human beings) Mengemukakan tentang 4 konsep yaitu. Sedangkan teori yang mendukung model konservasi dari Levine yaitu : teori konservasi. self. yang menunjukan gambaran fenomena yang sistematikyang bertjuan menyebutkan. Personal system (persepsi. Autoritas. psikologi.

merevisi atau rnenghaluskan kesejahteraan seorang klien. PARADIGMA. MODEL KONSEPTUAL DAN TEORI KEPERAWATAN FALSAFAH (KEYAKINAN) PARADIGMA (CARA PANDANG/FOKUS) MODEL KONSEPTUAL (KERANGKA KERJA KONSEPTUAL) TEORI KEPERAWATAN (APLIKASI TENTANG FENOMENA) menolong seorang ilmuwan keperawatan untuk menyusun. definisi teoritical dari konsep.1. definisi operasional konsep 2. serta menggunakan teori keperawatan. Linkages dan ordering  Linkages dari peryataan operational dan peryataan teoritikal BAB III PEMBAHASAN HUBUNGAN FALSAFAH. . Relational statement  peryataan teoritikal dan peryataan operasinal 3. Meningkatkan kesehatan dan menguji. Konsep dan definisi  konsep .

Tujuan dari bagan diatas adalah untuk menunjukkan pengaruh perubahan trend falsafah ilmu dan perkembangan teori keperawatan dan penelitian yang mendorong dialog diantara perawat tentang teori keperawatan yang akan datang.Keterangan Analisa dari hubungan falsafah dan teori keperawatan Bagan diatas menunjukkan bahwa falsafah merupakan awal dari teori keperawatan dari penelitian yang logis dan di tujukan untuk maksud dan rekomendasi untuk perkembangan teori keperawatan dan penelitian kedepan.seringkali transisi ini di cirikan dengan adanya pertentangan. hal-hal tersebut memumculkan suatu pertanyaan permasalahan (problem question) tentang ilmu secara umum teory keperawatan dan ilmu-ilmu praktis. Sehingga falsafah dari suatu ilmu dan teori keperawatan berada pada fase transisi . berbeda (divergent) dan membingungkan. .

Marta Raiel. St. Nursing Theorists and Their Work 4 rd. 1998. 2004. Pamela G. Mosby. 2004. St. Mosby. Philadelphia. Paterson.. Shearer. & Nicoll. Nelma C. Lippincott Williams & Wilkins. Ruddy Margaret. Perspective on Nursing Theory 4rd . cardinal strich university library Reed. Saran DAFTAR PUSTAKA Alligood. 2010. Sandra J & Bredow. Timothy S. Models And Theories Of Nursing. Leslie H. . Martha Raile. Kesimpulan Falsafah dan paradigma keperawatan mempengaruhi teori dan model konseptual sehingga menha B. Tomey. Louis. Philadelphia. Nursing Theory: Utilization and Application. Lippincott Williams & Wilkins. Louis. Marriner Ann & Alligod.BAB IV PENUTUP A. Middle Range Theories: Application to Nursing Research. 2007.