You are on page 1of 13

KATA PENGANTAR Assalammualaikum Wr. Wb.

Dengan penuh rasa syukur penulis telah selesai menyusun case report ini guna memenuhi persyaratan Kepaniteraan Klinik Senior di Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dengan judul “Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil akibat Hiperemesis Gravidarum”. Proses penulisan ini dapat terselesaikan atas bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini perkenalkanlah penulis menghaturkan rasa terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada : 1. dr. Cecep M.Kes, selaku penguji dari Dinas Kesehatan Tasikmalaya yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti program pendidikan profesi dokter dan membantu dalam memotivasi dalam proses pendidikan; 2. dr. Sarwono, penguji dari Dinas Kesehatan Tasikmalaya yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti program pendidikan profesi dokter dan membantu dalam memotivasi dalam proses pendidikan; 3. dr. H.Asep Hendra H., selaku kepala UPTD Puskesmas Cipedes Kota Tasikmalaya sekaligus penguji yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti program pendidikan profesi dokter dan membantu dalam memotivasi dalam proses pendidikan; 4. dr. H.Hasni Mukti, selaku pembimbing yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga dan fikiran dalam memberikan bimbingan, dorongan, motivasi dan arahan yang tidak putus-putusnya untuk menyelesaikan penulisan case report ini; 5. 6. Seluruh pegawai di UPTD Puskesmas Cipedes Kota Tasikmalaya; Semua pihak yang membantu penulisan case report ini. Bahwasanya hasil usaha penulisan case report ini masih banyak kekurangannya, karena keterbatasan yang ada pada penulis. Kritik dan saran yang

Wb. Besar harapan penulis semoga case report ini dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan serta dapat menjadi arahan dalam mengimplementasikan penyakit Anemia Dalam Kehamilan di masyarakat. H. Tasikmalaya. Wassalammualaikum Wr.November 2012 Fitria Ratna Sari KEPANITERAAN KLINIK SENIOR ( KKS ) DEPARTEMEN ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS TANGGAL PEMBIMBING JUDUL CASE REPORT : 3 November 2012 : dr. Semoga Alloh SWT selalu berkenan memberikan berkat dan rahmat-Nya kepada kita semua. Hasni Mukti : Penemuan Kasus Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di wilayah kerja Puskesmas Cipedes Kota Tasikmalaya . Amin.sifatnya membangun sangat penulis harapkan guna perbaikan penyusunan case report lain dikemudian kesempatan.

muntah berisi makanan yang Os makan. Identitas Pasien Diisi oleh :Petugas Kesehatan No Register : Tanggal : 23 Oktober 2012 Jam : 10.00. dan bau bawang putih. mual dirasakan Os terus menerus sejak awal kehamilan dan semakin memberat ketika Os mencium baubauan. bau bensin. Os jadi jarang makan karena mual yang ia rasa. Jumlah muntah dapat mencapai 3 kali sehari . . Keluhan Utama : mual sejak 3 bulan yang lalu B. Mual terkadang disertai muntah. Os mengaku rasa mual yang ia rasa menurunkan napsu makan Os.CATATAN MEDIK BERORIENTASI MASALAH STATUS PASIEN KIA – KB UPTD PUSKESMAS CIPEDES – KOTA TASIKMALAYA I.tidak disertai darah.selesai ISTRI Nama Umur : Uum : 43 tahun SUAMI Nama Umur : Oman : 43 tahun Pendidikan Terakhir : SD Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga Pendidikan Terakhir : SMP Pekerjaan : Buruh Bangunan Harian lepas Suku Agama Gol Darah : Sunda : Islam :A Suku Agama Gol Darah : Sunda : Islam : O Alamat Rumah : Panunggal RT 01/13 Alamat Rumah : Panunggal RT 01/13 No Telepon :- No Telepon : - II. ANAMNESIS A. Selain makan. seperti bau parfum. mual tidak mengganggu aktifitas yang lain. Riwayat Penyakit Sekarang Os memiliki keluhan mual sejak 3 bulan yang lalu.

Os mengatakan tidak ada keluhan dalam buang air kecil mapun buang air besar. Pusing tidak mengganggu aktivitas. nyeri dirasakan hilang timbul. berkisar 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Os mengganti pembalut sebanyak 2 kali dalam sehari. Riwayat Haid Haid pertama di alami Os saat usia 14 tahun. maupun punggung. Os mengaku keputihan dalam batas wajar. . Riwayat Penyakit Dahulu : Pasien tidak pernah mengalami keluhan yang sama Riwayat hipertensi tidak ada Riwayat penyakit jantung tidak ada Riwayat DM tidak ada Riwayat asma dan alergi obat maupun makanan tidak ada D. saat bangun tidur dan jika Os mencium bau-bauan. Os menyangkal adanya demam. Darah yang keluar diakui Os tidak terlalu banyak. Os sering merasakan nyeri pinggang dan mules saat hari pertama haid. biasanya setiap kali haid berlangsung selama 2 atau 3 hari. Nyeri ini dirasakan sejak 1 bulan yang lalu. Os juga sulit tidur semenjak hamil dikarenakan banyak pikiran. malas. terutama timbul jika Os telat makan. C. Pusing dirasakan Os hilang timbul terutama muncul jika os telat makan kelelahan. bahu. namun tidak sampai mengganggu aktifitas.Selain mual dan muntah Os juga mengeluh sering merasa nyeri di ulu hati. Nyeri dirasakan Os tidak menjalar ke dada. tidak ada gatal. Selain pusing Os juga mengatakan sering merasa lemas. dan mudah lelah jika beraktivitas. Pusing yang dirasakan Os seperti berputar. haid sering tidak teratur. Os juga mengeluhkan adanya pusing yang ia rasa sejak awal kehamilan yaitu 3 bulan yang lalu.

Riwayat Pengobatan Os mengkonsumsi vitamin penambah darah dari bidan dan obat pusing. langsung menangis 1 1993 normal Tidak ada keluhan 2 Dukun Paraji 1998 Aterm normal - Tidak ada keluhan Peremp uan 2. Riwayat Pernikahan Os baru menikah 1 kali I. Riwayat obstetri No Tmp bersalin Dukun Paraji Thn Hasil kehamila n Aterm persalin an Ada penyakit/ masalah nifas kelamin Lakilaki Anak Bb lahir 3. Status imunisasi TT ibu hamil sudah TT 3 HPHT HPL (Hari Pertama Haid Terakhir) : 15 Agustus 2012 (Hari Perkiraan Lahir) : 22 Mei 2012 : 9 minggu UK (Usia Kehamilan) G. Riwayat Kotrasepsi Sebelum hamil yang sekarang Os menggunakan KB pil selama 12 tahun. H. langsung menangis Lahir hidup.E.7 kg 3 Dukun Paraji 2000 Aterm Normal - Tidak ada keluhan Lakilaki 3. yaitu sejak kelahiran anak ke 3 tahun 2000 teratur sehari sekali dan mengaku lalai dalam konsumsi pil pada bulan Agustus 2012 sehingga Os hamil.7 kg F. pada usia kehamilan 7 minggu dan 9 minggu dan diberikan kapsul B6. langsung menangis Lahir hidup. Riwayat Kehamilan Sekarang Os sudah 2 kali kontrol kehamilan ke Puskesmas dan Posyandu. Os juga pernah menggunakan KB suntik namun berhenti karena tidak cocok. .8 kg Keadaan Lahir hidup.

1 0 C . Os mengaku lebih suka jajan daripada makan nasi. M. Vital sign 1. Os juga jarang mengkonsumsi buah-buahan. L. Os lebih suka mengkonsumsi teh manis kemasan. PEMERIKSAAN FISIK Diperiksa oleh : Petugas Tanggal : 23 Oktober 2012 Jam : 10. Kebiasaan semua ini sudah ada sejak sebelum Os hamil. dan makanan selingan pada sore hari seperti bakso atau siomay. Banyaknya nasi yang di konsumsi Os setiap kali makan adalah satu hingga satu setengah centong nasi. Os tidak merokok. Os hanya makan 2 kali sehari dengan porsi 1 piring nasi dengan sayur pada siang hari. Os mengaku jarang berolahraga dikarenakan mudah merasa lelah.J. Os tidak mengkonsumsi jamu. jantung. K. maupun cuaca. Riwayat Penyakit Keluarga Tidak ada riwayat penyakit darah tinggi.00selesai Status Present a. Riwayat Alergi Tidak ada riwayat alergi obat. kencing manis. Lauk dimakan Os secara terpisah. maupun asma. alkohol. Lauk yang rutin dimakan Os adalah tahu dan tempe. Catatan Penting Selama Asuhan Antenatal Tidak ada III. Riwayat Habituasi Os mengaku sering tidak napsu makan dikarenakan mual yang ia rasa. Os tidak mengkonsumsi susu dikarenakan keterbatasan biaya. makanan. Tanda Utama Keadaan umum Kesadaran TD HR RR Temperatur : Tampak sakit ringan : Compos mentis : : : : 120/70 mmHg 64 x/ mnt 18 x / mnt 36.

tidak hiperemis Mukosa mulut normal tidak hiperemis Gusi berdarah (-). Tonsil T2/T2 Gigi Leher : : caries (-) dan lubang pada gigi (-) Pembesaran KGB (-) Tidak ada pembesaran kelenjar tiroid . Status Generalis & Status Lokalisata Status Generalisata A. Kepala Bentuk Rambut Kulit : : : Normochepali Hitam kusam. d. mata cekung (-) Hidung : Bentuk simetris Tidak ada deviasi septum Sekret( -/-). tidak mudah dicabut Pigmentasi warna normal Turgor kulit lambat Muka / pipi Mata : : dalam batas normal Refleks Cahaya (+/+) Conjunctiva Sclera : anemis (+/+) : ikterik (-/-) Pupil isokor kiri dan kanan. Bibir kering.5 kg : 39. e. Berat badan sebelum hamil Berat badan saat hamil Tinggi Badan Lingkar Lengan Atas : 39. mukosa hiperemis (-/-) Telinga : Kanan – kiri dalam batas normal Serumen( -/-). b. Status Gizi a.5 kg : 158 cm : 22 cm Kesimpulan Status Gizi : Kemungkinan risiko KEK 3. c.2. Gangguan pendengaran (-/-) Nyeri Tekan Tragus kanan/kiri (-/-) Mulut : Sianosis (-) Lidah tidak kotor.

tidak ada jejas A P P :Bising usus normal : Tidak terdapat nyeri.Tidak teraba massa Mammae B. retraksi dinding dada (-/-) P P A :Vocal fremitus kanan dan kiri simetris :Sonor diseluruh lapang paru :Vesiculer kiri dan kanan. tidak ada bekas luka dan operasi. ronkhi(-/-). Abdomen I :Tampak cembung.kiri . Hepar dan lien tidak teraba :Timpani. Murmur (-) C. :Vocal fremitus kanan dan kiri simetris :Sonor diseluruh lapang paru :Vesiculer kiri dan kanan. redup di bagian suprapubik. ronkhi (-/-). wheezing (-/-) : Simetris. gerakan pernapasan simteris kanan-kiri retraksi dinding dada (-/-) P P A Jantung I P P :Ictus cordis tidak terlihat :Ictus cordis teraba :Batas kanan : ICS II linea parasternal dextra Batas kiri : ICS V linea midclavicularis sinistra A :Bunyi jantung murni I dan II reguler Gallop (-).wheezing (-/-) . gerakan pernapasan simetris kanan. Thorax Paru Depan I :Bentuk dada simetris.Striae gravidarum (-). Tidak ada kelainan Belakang I :Bentuk dada simetris.

Status Obstetri I : perut tampak cembung . PEMERIKSAAN PENUNJANG A. varises (-/-) (+) (-) Refleks fisiologis : Refleks patologis : F. Gol darah PP Test Hb :A : (+) : 10 gr % V. b. c. . Mual terkadang disertai muntah. striae gravidarum (-) P : Ballotement TFU 3 jari di atas symphisis pubis Leopold belum dapat dinilai P A :: DJJ belum dapat di dengar. Pemeriksaan Inspekulo: Tidak Dilakukan H.00) a. Pemeriksaan laboraturium: (3-10-2012 / 09.Nyeri ulu hati sejak 1 bulan yang lalu.Genitalia: tidak dilakukan pemeriksaan E. edema (-/-). memberat ketika mencium bau-bauan. Ekstremitas Kulit :dalam batas normal.D. Pemeriksaan dalam: Tidak Dilakukan IV. RESUME Mual sejak awal kehamilan (3 bulan yang lalu). His : belum ada G. tidak ada jaringan sikatrik .

Penatalaksanaan Non farmakologi  Memberikan keyakinan bahwa mual dan muntah merupakan gejala yang fisiologik pada kehamilan muda dan akan hilang setelah kehamilan berumur 4 bulan     Makan makanan bergizi seimbang Ibu dianjurkan untuk mengubah pola makan sehari-hari dengan makanan dalam jumlah kecil tetapi sering. dan ketika mencium bau-bauan. VI. Demam (-). ketika bangun tidur. Pada pemeriksaan fisik ditemukan konjungtiva anemis.Pusing timbul jika Os telat makan. keluhan BAB (-). Os sering merasa lemas. Hindari makanan yang berminyak dan berbau lemak Jika mual perbanyak makan buah dan sayur Farmakologi    Vit B1 100 mg 2 x 1 Vit B6 100 mg 2x 1 Vit B12 100 mcg 2 X 1 . dan mudah lelah jika beraktifitas. keluhan BAK (-). Diagnosa Kerja G4P3A0 hamil 9 minggu dengan hiperemesis gravidarum ringan VII. Diagnosis Banding G4P3A0 hamil 9 minggu dengan anemia gizi besi VIII. lemah. Pada pemeriksaan penunjang ditemukan kadar Hb 10 gr %. Os juga sering sulit tidur karena banyak pikiran.

Promotive Penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang Kurang Energi Kronis (KEK) yang terdiri dari pengertian. Selain penyuluhan di adakan juga konseling yang dilakukan oleh petugas gizi di Puskesmas (Pojok Gizi). Rehabilitatif Pemberian makanan tambahan (PMT) pemulihan bagi ibu hamil yang kurang energi kronis (KEK) dengan pengukuran pita lila <23. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan petunjuk teknis program perbaikan gizi masyarakat dinas kesehatan Kota Tasikmalaya tahun 2012 yaitu berupa susu ibu hamil dengan tujuan meningkatkan status gizi ibu hamil. PENATALAKSANAAN BERDASARKAN KEDOKTERAN KOMUNITAS 1. b. : . tanda dan gejala. dan akibat yang terjadi apabila menderita kurang energi kronis (KEK). penyebab. cara deteksi dini.5 cm. Selain itu juga mengenai pentingnya mengkonsumsi suplementasi gizi seperti tablet besi selama masa kehamilan. Prognosis Ad bonam X. Kegiatan ini di laksanakan oleh tenaga petugas gizi atau bidan dengan bantuan kader di wilayah ibu hamil tersebut. Dosis yang dianjurkan dalam pemberian tablet Fe adalah untuk ibu hamil sampai masa nifas : 1 tablet/hari berturut-turut selama 90 hari. Kuratif Perlindungan khusus pada Ibu hamil dengan KEK adalah dengan cara pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) agar tidak terjadi anemia berkepanjangan. Rencana kegiatan a. cara pencegahannya serta penyuluhan tentang pentingnya makan makanan bergizi seimbang selama kehamilan. c. Kegiatan penyuluhan ini dapat dilakukan secara personal maupun kelompok seperti di kelas ibu hamil di Puskesmas atau Posyandu.IX.

Diharapkan dengan mengkonsumsi susu ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Program ini menggunakan dana dari DAU Dana Alokasi Umum (Dinas Kesehatan). Program ini juga turut di bantu oleh kader dari jalannya program. Kerja sama lintas 2 Program. 3. serta lintas sektoral melalui RT maupun RW. Untuk mengantisipasi pasien agar tidak berhenti dalam mengkonsumsi PMT pemulihan. c. Rencana lintas program dan lintas sektoral : b. Susu diberikan sebanyak 45 bungkus dalam kurun waktu 3 bulan (90 hari). seperti masing-masing wilayah untuk membantu pendistribusian PMT pemulihan ke sasaran ibu hamil serta memantau kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi PMT pemulihan tersebut. yaitu program KIA dan Gizi.mengurangi gizi buruk dan anemia bagi ibu-ibu hamil. Lintas Sektoral kerjasama lintas sektoral melalui PKK maupun Rukun Tetangga (RT) dalam hal menggerakkan peran serta ibu hamil maupun masyarakat untuk berpartisipasi dalam hal kesehatan selama kehamilan. Susu yang di gunakan adalah susu formula khusus ibu hamil 200 gram dengan kandungan per sajian yaitu energi total 200 kkal dan protein 9 gram. Rencana program a. Program : PMT pemulihan ibu hamil. 2. Program KIA bertugas dalam penemuan kasus ibu hamil KEK untuk kemudian di data oleh program Gizi untuk diajukan dalam program PMT pemulihan ibu hamil. Kegiatan ini dilaksanakan dengan koordinasi lintas program KIA dan Gizi. diberikan secara berkala 2 hari sekali (1 bungkus untuk dihabiskan dalam 2 hari). maka dilibatkan pula peranan pihak keluarga untuk ikut .

3. Rencana Pemantauan dan Evaluasi a. pendistribusian PMT pemulihan 2. penyimpanan PMT pemulihan 3.memantau kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi PMT pemulihan selama waktu yang ditentukan agar pasien berhasil dalam program peningkatan status gizi ibu hamil agar terbebas dari KEK. pembinaan pelaksanaan distribusi makanan tambahan 5. Evaluasi b. Pemantauan dan Evaluasi meliputi : 1. . pemberian PMT pemulihan sampai ke sasaran 4. Pencatatan & Pelaporan Setiap bulan kegiatan Program PMT pemulihan ibu hamil dilaporkan dari tingkat Puskesmas ke tingkat yang lebih tinggi (Dinas Kesehatan kota) untuk kemudian di teruskan ke tingkat Dinas Kesehatan Pusat.