You are on page 1of 8

ASUHAN KEPERAWATAN kolitis ulserativa

Kelompok 4

PENGERTIAN Kolitis ulserativa merupakan penyakit radang non spesifik kolon yang umumnya berlangsung lama disertai masa remisi dan eksaserbasi yang berganti-ganti. . ETIOLOGI Etiologi kolitis ulserativa tidak diketahui.

.TANDA & GEJALA Suatu serangan bisa mendadak dan berat. menyebabkan diare hebat. penderita tampak sangat sakit. sakit perut dan peritonitis (radang selaput perut). Selama serangan. demam tinggi.

. menimbulkan terowongan dalam mukosa. Mukosa kemudian terkelupas dalam lumen usus.PATOFISIOLOGI ► ► ► ► Lesi patologis awal adalah terbatas pada lapisan mokusa dan terdiri atas pembentukan abses dalam kriptus. meninggalkan daerah yang tidak diliputi mukosa (tukak). Pada stadium penyakit yang lebih lanjut. abses kriptus pecah melewati dinding kriptus dan menyebar dalam lapisan mukosa. Ulkus terjadi di sepanjang permukaan dalam (mukosa) kolon atau rectum yang menyebabkan darah keluar bersama feses ulkus yang lama ini kemudian akan menyebabkan peradangan menahun sehingga terbentuk pula nanah.

PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK ► periksa kekauan otot-otot abdominal ► Pemeriksaan feses ► Sigmoidoskopi .

Pengobatan ditujukan untuk mengendalikan peradangan.PENGOBATAN ► Pengobatan yang bisa dilakukan. . Tetapi sekitar 50% dari penderita ini. mengurangi gejala dan mengganti cairan dan zat gizi yang hilang. akhirnya memerlukan terapi pembedahan.

RENCANA KEPERAWATAN .