You are on page 1of 4

TUGAS FISIKA KESEHATAN

APLIKASI HUKUM DASAR FISIKA DALAM BIDANG KEBIDANAN BIOMAGNETIK

Gelombang Gamma, Beta, Alpha, Tetha dan Delta dalam Otak

Oleh : NI MADE WIYANI

frekwensi otak manusia berbeda-beda untuk setiap fase sadar. 2. Apakah frekuensi itu? Ya. Akan tetapi selalu ada jenis Gelombang Otak yang dominan. Berikut disajikan klasifikasi Gelombang Otak berdasarkan frekuensinya : 1. maka Gelombang Otak yang dominan adalah Delta. maka dimungkinkan untuk menghasilkan beragam kondisi mental dan emosional. tidur nyenyak. Beta. GAMMA (20 hz -40 hz) Gelombang Gamma cenderung merupakan yang terendah dalam amplitudo dan gelombang paling cepat. Tetha dan Delta dalam Otak Dalam fisika. Tetha. Dalam gelombang otak ini yang akan qt tinjau adalah fekuensi-nya. misalnya sedang berada di arena pertandingan. identifikasi gelombang umumnya dikaitkan dengan panjang gelombang atau frekwensi-nya. jumlah pulsa (impuls) perdetik dengan satuan Hz (Hertz). tidur ringan. tidur berjalan dan sebagainya. bermimpi. akhirnya para ahli syaraf (otak) sependapat bawah Gelombang Otak (Brainwave) berkaitan dengan kondisi pikiran. Beta. perebutan kejuaraan. yang menandakan aktivitas otak saat itu. Nah. Alpha. terhipnotis. berdasarkan riset selama bertahun-tahun di berbagai negara maju. Anda berada dalam . panik. Adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang sangat tinggi. yaitu Gamma.BIOMAGNETIK Gelombang Gamma. rileks. BETA (di atas 12 hz atau dari 12 hz s/d 20 hz) Merupakan Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh. Misalnya jika kita tertidur. Secara garis besar. Dengan mengkondisikan otak agar memproduksi atau mereduksi jenis frekuensi Gelombang Otak tertentu. Alpha. ketakutan. kondisi ini dalam kesadaran penuh. sangat panik. tetapi dapat juga distimulasi untuk mengubah kondisi mental seseorang. Riset selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa Gelombang Otak (Brainwave) tidak hanya menunjukkan kondisi pikiran dan tubuh seseorang. trance. Melalui penelitian yang panjang. tampil dimuka umum. Delta. otak manusia menghasilkan empat jenis Gelombang Otak (Brainwave) secara bersamaan.

lalu getaran beta (15 hz -18 hz) yang juga merupakan transisi dengan getaran gamma. dan selanjutnya lowbeta (12 hz ~ 15 hz).5 hz – 4 hz) Adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang memiliki amplitudo yang besar dan frekwensi yang rendah. Fenomena alpha banyak dimanfaatkan oleh para pakar hypnosis untuk mulai memberikan sugesti kepada pasiennya. ALPHA ( 8 hz – 12 hz ) Adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami relaksaksi atau mulai istirahat dengan tanda-tanda mata mulai menutup atau mulai mengantuk.kondisi ini ketika Anda melakukan kegiatan Anda sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda. THETA ( 4 hz – 8 hz ) Adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat seseorang mengalami tidur ringan. 4. juga menghasilkan Gelombang Otak (Brainwave) theta pada saat mereka latihan atau menyalurkan energinya kepada orang lain. Tanda-tandanya napas mulai melambat dan dalam. Anda menghasilkan gelombang alpha setiap akan tidur. menjalani ritual agama dengan khusyu. beberapa orang juga menghasilkan Gelombang Otak (Brainwave) ini saat trance. atau sangat mengantuk. tepatnya masa peralihan antara sadar dan tidak sadar. otak tidak akan pernah mencapai frekwensi 0 hz. hypnosis. Frekwensi alpha 8 -12 hz . karena jika otak anda dalam kasus ini Anda akan mati! . 5. Gelombang beta dibagi menjadi 3 kelompok. Tubuh Anda melakukan proses penyembuhan diri. Frekwensi beta adalah keadaan pikiran anda sekaran ini. Orang yang memulai meditasi (meditasi ringan) juga menghasilkan gelombang alpha. prana atau tenaga dalam. Selain orang yang sedang diambang tidur. yaitu high beta (lebih dari 19 Hz) yang merupakan transisi dengan getaran gamma . dan keadaan pikiran di mana Anda telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda. pemecahan masalah. ketika Anda duduk di depan komputer membaca artikel ini. tanpa mimpi. memperbaiki kerusakan jaringan. DELTA (0. merupakan frekwensi pengendali. meditasi dalam. Fase Delta adalah fase istirahat bagi tubuh dan pikiran. berdoa. Orang yang mampu mengalirkan energi chi. Gelombang Beta di perlukan otak ketika Anda berpikir. Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda tertidur lelap. Gelombang Delta adalah gelombang yang paling rendah pada otak anda. 3. dan aktif memproduksi selsel baru saat Anda tertidur lelap. rasional. yaitu dibawah 3 hz. penghubung pikiran sadar dan bawah sadar.

wordpress.com/doc/34671196/Aplikasi-Gelombang-Bunyi .Referensi : http://alifis.com/2011/06/02/gelombang-gamma-beta-alpha-tetha-dan-deltadalam-otak/ http://www.scribd.