You are on page 1of 9

Ayunan Sederhana

A. Teori

Benda dikatakan bergerak atau bergetar harmonis jika benda tersebut berayun melalui titik kesetimbangan dan kembali lagi keposisi awal.Gerak Harmonik Sederhana adalah gerak bolak balik benda melalui titik keseimbangan tertentu dengan beberapa getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan.

Lintasan: 1-2-3-2-1

Gerak harmonis sederhana yang banyak dijumpai dalam kehidupan seharihari adalah getaran benda pada pegas dan getaran pada ayunan sederhana.

Besaran fisika yang terdapat pada gerak harmonis sederhana adalah:

Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan sederhana memiliki periode atau waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. Satuan frekuensi adalah 1/sekon atau s-1 atau disebut juga Hertz. satuannya detik atau sekon f = frekuensi getaran. Hertz adalah nama seorang fisikawan. diperoleh hubungan : Keterangan : T = periode. selain periode dan frekuensi. satuannya 1/detik atau s-1 atau Hz . Dari definisi periode dan frekuensi getaran di atas. Benda melakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik di mana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titik tersebut. Hubungan antara Periode dan Frekuensi Getaran.Periode ( T ). Amplitudo adalah perpindahan maksimum dari titik kesetimbangan. terdapat juga amplitudo. diberi simbol f. Pada ayunan sederhana. Frekuensi getaran adalah jumlah getaran yang dilakukan oleh sistem dalam satu detik.

salah satunya adalah ayunan sederhana. yaitu memenuhi : g= B. Pengukurannya dapat melalui eksperimen dengan memanfaatkan perumusan suatu konsep atau hukum fisika.Percepatan gravitasi belum dapat diukur secara langsung. Apabila nilai T atau diketahui maka nilai g dapat dihitung. dapat dilihat adanya unsur besaran percepatan gravitasi g. T=2 √ Dari persamaan periode di atas. Alat dan Bahan 1. Ayunan sederhana atau bandul matematis memiliki periode yang memenuhi persamaan berikut. Banyak persamaan – persamaan yang dapat digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi. Tujuan Menghitung nilai percepatan gravitasi bumi di suatu tempat C. Statif .

Ayunkan beban dengan memberi sudut simpangan sebesar 15 derajat. Ikat tali / benang yang sudah diikatkan dengan beban ke ujung batang besi / pulpen 5. Pulpen /. Pasangkan statif dengan benar. 4. 7. 3. Klem 3. Letakkan batang besi / pulpen pada bagian klem yang cekung kemudian kencangkan murnya. Ulangi percobaan tersebut dengan memanjang atau memendekkan tali / benang . Cara kerja 1.2. Ukurlah waktu untuk 10 kali ayuanan dengan menggunakan stopwatch. Beban 4. Benang 6. Ukur panjang benang dengan mistar lalu masukkan ke data percobaan. Mistar D. Stopwatch 7. Masukkan hasilnya ke data percobaan. Letakkan klem di ujung statif dengan bagian yang cekung menghadap ke atas lalu kencangkan murnya. 8. 6. 9. 2.batang besi 5.

33 1.74 m/ .68 m/ 9.64 m/ 9. Data Percobaan Percobaan ke Panjang tali/l ( cm ) 43.4 60.575 1.6 76.76 9.5 Banyak ayunan/n 10 kali 20 kali 25 kali Waktu/t ( detik ) 13.3 31.5 44 T= ( detik ) G= l/ I II III 1.E.

Pengolahan data .F.

diperlukan sudut simpangan 15 derajat atau kurang untuk mengharmoniskan gerakan. dan periode ayunan (T) yang sudah diperhitungkan. Kesimpulan Untuk menghitung percepatan gravitasi dapat digunakan praktikum sederhana yaitu dengan menggunakan bandul yang diikat pada statif dengan panjang tali (L).blogspot. Saran Sebaiknya percobaan ini dilakukan ditempat yang rata dan tanpa ada getaran. Dalam percobaan ini. Percobaan ini harus dilakukan berulang-ulang supaya hasil yang didapatkan bisa akurat H. I.wordpress. Karena jika ada getaran akan membuat ayunan menjadi bergerak tidak harmonis dan hal ini akan mempengaruhi perhitungan gravitasi.html http://noviaanjani1593.com/2012/11/laporan-praktikum-ayunansederhana.G.com/2012/06/07/laporan-praktikum-fisikaayunan-sederhana/ . dan untuk menghilangkan pengaruh beban. Daftar Pustaka http://agifebrian. banyaknya ayunan (n).

google.http://books.id/books?id=PNP3VUPSOcC&pg=PT77&lpg=PT77&dq=gerak+harmonis+ayunan+sederhana&sour ce=bl&ots=A1Z39kYdJc&sig=pzJFbu_Iyuf1p2RGnhiBE5_tpCc&hl=id&sa=X& ei=Pih9UZ69HM3prQfotIDYBA&ved=0CGoQ6AEwCg .co.

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA “AYUNAN SEDERHANA” Menentukan Percepatan Gravitasi dengan Bandul Sederhana Nama: Deny Saputra Yusuf Kelas: XI IPA 2 No. Absen: 11 .