You are on page 1of 17

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Bunuh Diri (Suicide)” Makalah ini berisikan tentang kasus bunuh diri yang dilatar belakangi oleh masalah ekonomi, dan bagaimana teori psikologi dihubungkan dengan kasus bunuh diri tersebut. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang bunuh diri. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Tanggal, 25 mei 2012

Penulis

.... Teori Humanistik……………………………………………………… C............................ Data Faktual…....... 14 A.....……………………………………….................. 10 B..………………………………………......................… E...................…………………………………...................................................……................... KATA PENGANTAR ....... Kesimpulan…………………………………………………………… 14 B... Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Psikodinamik………….......... Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Kognitif….............. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Psikoanalisis Freud…… D.DAFTAR ISI SAMPUL …………………………………………………………………….............…..... 12 12 13 PENUTUP……...................... 15 ..... Teori Psikoanalisis Freud........................... 10 A. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Eksistensial………......... Saran…………………................... Teori Psikodinamik………………................. B................. 7 7 8 9 PEMBAHASAN……... 14 DAFTAR PUSTAKA . E........................ i ii iii 1 1 3 3 5 B..... Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Humanistik……………..... D................................. KAJIAN TEORI .............……... DAFTAR ISI ........................... LATAR BELAKANG …………....... 11 C...... Data Jurnal ………............………………………………......…………………………………………………… ............…………………………………………… A......................................………………………………………………..............................…………….. Teori Eksistensial……………………………………………………........ Teori Kognitif ……………………............ A...............

Jumat (2/3) sekitar pukul 10. Belakangan diketahui wanita itu bernama Herawati (37) dan bocah laki-laki itu adalah Andika (4).COM. sama persis di tempat Herawati bunuh diri. Sebelumnya. Kapolres Bandung AKBP Sandi Nugroho melalui Kapolsek Bojongsoang AKP Sutarman mengatakan. Herawati nekat bunuh diri dengan mengiris urat nadinya sendiri menggunakan sebilah pisau. Diduga tubuhnya sudah nyungsep di selokan sedalam 1 meter itu sejak Jumat (2/3) dini hari. BOJONGSOANG (Sabtu. Rumahnya berjarak sekitar 700 meter dari lokasi ditemukannya mayat mereka. Desa Bojongsari. Berdasarkan penyelidikan polisi. Mayat itu tergeletak di sebuah selokan di pinggir jalan kampung tersebut. lokasi penemuan jasad keduanya pun berjarak sekitar 50 meter. anak keempat sekaligus anak bungsu Herawati. Diduga lokasi penenggelaman anaknya. dengan menenggelamkan tubuhnya di selokan tersebut. wanita berkulit gelap itu secara keji membunuh Andika. dibuat gempar dengan ditemukannya jasad seorang wanita dengan urat nadi di pergelangan tangan kirinya terputus. polisi berkesimpulan korban . anak bungsunya. Tak heran. Data Faktual TRIBUNNEWS. Kabupaten Bandung. Kecamatan Bojongsoang. masih di saluran selokan yang sama ditemukan bocah laki-laki juga sudah tak bernyawa. Ibu dan anak ini adalah warga Kampung Cigebar. Namun karena sebelumnya turun hujan sehingga arus selokan selebar satu meter itu cukup deras dan menghanyutkan tubuh bocah malang tersebut. Wajah dan tubuh bocah itu pucat dan membiru.LATAR BELAKANG A. Warga pun semakin geger karena sekitar 50 meter dari tempat ditemukannya mayat wanita itu.00. Desa/Kecamatan Bojongsoang. 3 Maret 2012 02:44 WIB) Warga Kampung Cijagra.

Untuk itu pihak keluarga telah membuat surat pernyataan diatas segel yang ditujukan untuk polisi. Surat itu ditulis diatas secarik kertas dan disimpan diatas meja. segera akan memintai keterangan dari Ade Rusli dan anak-anaknya. kata Sutarman. Korban juga sakit hati kepada suaminya karena sering diperlakukan kasar. Hera Bunuh Anak. korban memilih bunuh diri. Kedua jenazah langsung dimakamkan sore harinya.tribunnews. "Keluarga telah menanggap ini sebuah musibah. terutama utang suaminya. juga menemukan sebuah surat wasiat dari korban yang ditulis tangan dalam bahasa Sunda. kedua jenazah kemudian dimakamkan di TPU Kampung Cibeber. kemarin.com . kemarin belum bisa dimintai keterangan.Prawira. Karena sudah tak tahan dengan kondisi seperti itu. Polisi kata Sutarman. Karena permintaan keluarga dan tokoh masyarakat setempat.1 1 Maulana. Rumah tangganya sering cekcok." ujar Sutarman. Desa Bojongsoang. Lalu Bunuh Diri. kedua jenazah tidak diautopsi. korban meminta maaf kepada keluarganya karena sudah tidak tahan hidup di dunia.terlebih dulu membunuh anaknya lalu bunuh diri setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi. "Motif bunuh dirinya karena terhimpit persoalan ekonomi. Mereka masih syok dan berduka dengan kejadian ini. Diduga eksekusi pembunuhan sekaligus bunuh diri itu terjadi setengah atau satu jam setelah korban meninggalkan rumahnya. korban diketahui meninggalkan rumah dengan menggendong anaknya pada Jumat (2/3) sekitar pukul 02. Setelah dimandikan dan disalatkan. makanya mereka membuat surat pernyataan meminta agar jenazahnya tidak diautopsi. Keluarga ini banyak utang. Menurut penuturan Agus (35). Ade Rusli (43) dan tiga anaknya yang lain." kata Sutarman di Bojongsoang. Pihaknya. http://m. Suami korban. Isi surat itu menyebutkan. warga setempat. 2012.00.

Sheila L. Sementara pada tahun 2009 marak diberitakan aksi bunuh diri dengan melompat dari pusat perbelanjaan dan gedung bertingkat. orang Amerika-Afrika. Penyebab banyaknya angka bunuh diri disebabkan oleh kemiskinan dan tekanan ekonomi. mencapai angka yang mengkhawatirkan. berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization yang dihimpun tahun 2005-2007 sedikitnya 50 ribu orang Indonesia bunuh diri. ia bisa menyerang tua dan muda. latar belakang kemiskinan bukan lagi menjadi pemicu utama bunuh diri karena rata-rata korban berasal dari keluarga mampu. Dari jumlah tersebut. dan Amerika-Asia pada urutan selanjutnya.2 Orang kulit putih memiliki resiko bunuh diri paling tinggi diantara semua kelompok budaya sebesar 72%. Data Jurnal Bunuh diri atau mengambil nyawa diri sendiri oleh sebagian orang seringkali dianggap sebagai suatu solusi jitu atas suatu dilema yang sedang dihadapi. Yang mengherankan.3 PERBANDINGAN ANTARA ORANG-ORANG YANG BERUPAYA DAN BERHASIL BUNUH DIRI Karakterisitik Gender Usia 2 3 Orang-orang yang Berupaya Bunuh Diri Mayoritas perempuan Terutama berusia muda Orang-orang yang Berhasil Bunuh Diri Mayoritas Laki-laki Risiko meningkat Effendi. Ima. laki-laki dan wanita. Depresi itu sendiri tidak memilih usia. 41% bunuh diri dilakukan dengan cara gantung diri dan 23% dengan cara meminum racun serangga. http://www. 2009.B. Di Indonesia sendiri. yang diikuti penduduk Amerika asli.e-psikologi. Jakarta: EGC hal 430 . bunuh diri berakar dari depresi.com Viedebeck. Buku ajar keperawatan Jiwa. Angka bunuh diri pada remaja meningkat. Bunuh diri saat ini menjadi penyebab kematian kedua untuk remaja. baik itu dilema fisik maupun psikologis. Bunuh diri-Solusi Masalah anda?. Amerika-Hispanik. Secara ilmu psikologis. 2008. Individu yang berusia lebih dari 65 tahun memiliki angka bunuh diri paling tinggi.

http://jinggasuci.blogspot. memotong urat nadi ) Gangguan distimik Diagnosis umum Gangguan kepribadian ambang skizofrenia Emosi dominan Depresi disertai kemarahan Perubahan kondisi Motivasi Mengharapkan pertolongan (cry for help) Riwayat rumah sakit Kesembuhan singkat dari disforia Lega karena dapat Sikap terhadap upaya bunuh diri selamat Berjanji untuk tidak mengulangi Depresi disertai keputusasaan Depresi disertai keputusasaan Kematian Gangguan mood mayor Alkoholisme Lebih keras ( dengan senjata api.com . 19904 4 Pengertian Bunuh Diri | Analisa | Penyebab. 2012. melompat ) Sumber : Diadaptasi dari Fremouw dkk.berkaitan dengan usia Tingkat kefatalan Metode rendah ( pil.

Secara 5 Taufik. minum. Individu diberikan kesempatan dan kebebasan tanpa diskriminasi untuk menjalin interaksi sosial. Panduan lengkap dan praktis psikologi islam. Jakarta: gema insani press. istirahat. b) Kebutuhan rasa aman ( safety Needs ) Adalah kebutuhan akan rasa aman. agama. d) Kebutuhan penghargaan (esteem needs) Adalah kebutuhan untuk menghargai dan dihargai orang lain. Hal itu ditandai dengan keinginan terhindar dari rasa takut. manusia diciptakan baik. Misalnya jaminan rasa aman terhadap nyawanya terhindar dari pembunuhan dan harta bendanya aman dari pencurian c) Kebutuhan sosial ( Social needs ) Adalah kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. tidur. jenis kelamin. disebabkan karena adanya kesulitan yang dihadapinya dalam hidup yang penuh dengan kekerasan dan ketidakadilan.5 1. dan warna kulit.KAJIAN TEORI A. Rasa permusuhan yang terkadang muncul dari dalam dirinya. pendidikan. Mereka dapat bergaul dengan semua orang tanpa memandang latar belakang suku. status sosial. Teori Humanistik Abraham Maslow Abraham maslow menyimpulkan ada lima jenis kebutuhan manusia sebagai berikut: a) Kebutuhan-kebutuhan fisiologis ( Physiological needs ) Adalah kebutuhan yang bersifat biologis guna memenuhi aspek jasmaniah. Manusia memiliki kebebasan dalam mengambil keputusan yang berkaitan langsung dengan kehidupannya. dan seksual. Dalam hal ini. rekreasi. Muhammad Izzudin. seperti makan. Teori Humanistik Dalam teori psikologi humanistik. Hal 277 . termasuk kebutuhan untuk mencintai ataupun dicintai. 2006. was-was atau ancaman yang membahayakan diri sendiri.

tanpa kekangan. dan halangan atau hambatan dari siapa saja. cita-cita. Ia pun memperoleh kebebasan berkarya guna mewujudkan aspirasi. Sheila L. menentukan hidup. Aktualisasi diri akan berubah sejalan dengan perkembangan hidup seseorang.operasional. Agus. Hal ini berarti individu berhak untuk menikah dan hidup bersama keluarga dengan siapa saja. e) Kebutuhan Aktualisasi Diri (Self-Actualization Needs) Adalah kebutuhan secara untuk mewujudkan seluruh dari potensi konsep agar ini. Grasindo hal 123-124 Viedebeck. Konsekuensi mengingatkan adanya memperoleh persamaan pada setiap individu untuk mengembangkan diri melalui jalur kesempatan pendidikan formal dan nonformal. Buku ajar keperawatan Jiwa. Aktualisasi diri akan dibantu atau dihalangi oleh pengalaman dan oleh belajar khususnya dalam masa kanak-kanak. Jakarta: EGC hal 65 . kreativitas. dapat digambarkan adanya kebebasan untuk memberikan penghargaan kepada siapa saja.6 2.7 Individu memiliki kemampuan dalam diri sendiri untuk mengerti diri. Teori Humanistik Karl Rogers Rogers yakin bahwa setiap orang menjalani hidup di dunia secara berbeda dan mengetahui pengalaman terbaiknya. berkembang optimal. 2008. minat-bakat. Menurut Rogers motivasi orang yang sehat adalah aktualisasi diri. Aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat dan potensi -potensi psikologis yang unik. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Ketika mencapai usia tertentu (adolensi) 6 7 Dariyo. Jadi manusia yang sadar dan rasional tidak lagi dikontrol oleh peristiwa kanakkanak seperti yang diajukan oleh aliran freudian. dan menangani masalah-masalah psikisnya asalkan konselor menciptakan kondisi yang dapat mempermudah perkembangan individu untuk aktualisasi diri. Demikian pula ia pun berhak untuk memperoleh penghargaan dari siapa saja tanpa pandang bulu.

Fusi dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati disebut sebagai ambivalensi. Menurut Freud. Yustinus. Yogyakarta: Kanisius hal 128 .seseorang akan mengalami pergeseran aktualisasi diri dari fisiologis ke psikologis. dalam pandangan psikodinamik bertentangan dengan aturan-aturan sosial (masyarakat) dan norma-norma moral.9 C. Motivasi ini diperoleh dari energi psikis dan fisik yang keluar dari insting-insting. Dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati itu dianggap tetap ada sepanjang hidup. 2006. Rogers). Dorongan-dorongan batin ( internal ) individu. Kesehatan Mental 1.blogspot. http://konselorindonesia. dorongan-dorongan itu akan bercampur dan menjadi begitu kompleks sehingga keduanya sering kali terarah kepada objek cinta yang sama. kemudian pikiran merangsang perilaku dan keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. yakni pandangan bahwa tingkah laku kita normal atau abnormal ditentukan oleh hasil dari proses dinamik dan konflik-konflik intrapsikis. 8 B. Teori Psikoanalisis Freud Manusia didorong untuk mencari kenikmatan dan mereduksikan tegangan. dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati menimbulkan tegangan-tegangan yang menyenangkan atau menyusahkan individu. Teori ini didasarkan pada asumsi bahwa perilaku berasal dari gerakan dan interaksi dalam pikiran manusia. seperti seks dan agresi. Attending : Analisis Teori (Carl R. 2012. Selanjutnya. Teori Psikodinamik Teori psikodinamik mendukung prinsip determinasi psikis. Kebanyakan tingkah laku yang berarti dari individu merupakan akibat usaha-usaha untuk mereduksi tegangan itu. Perkembangan manusia sebagai hasil dari proses konfrontasi dan akomodasi antara pertumbuhan individual dan tuntutan sosial. Wahid.com 9 Semium. antara dorongan 8 Suharmawan.

keyakinan. dan perilaku yg rasional maupun tidak rasional. Yustinus. 2006. perkembangan perasaan. maka respons kita terhadap situasi itu juga mungkin salah atau abnormal. Gagasan dasarnya adalah a) Individu-individu telah kehilangan perhatian b) Selama kehilangan perhatian itu. maka anda akan berpikir bahwa pemerintah akan melawan anda (menderita suatu delusi). Contoh-contoh ini mau menggambarkan cara-cara bagaimana isi kognitif yang salah bisa menimbulkan suatu penilaian yang salah terhadap suatu situasi pada akhirnya menimbulkan tingkah laku abnormal. Misalnya seorang individu mengalami depresi karena ia berpikir “aku adalah seorang yang tidak berharga”. pikiran-pikiran itu dilihat sebagai penyebab dari gangguan-gangguan itu. Para ahli berpendapat bahwa banyak tipe gangguan mental disebabkan oleh masalahmasalah yang menyangkut isi kognitif. tetapi dalam pandangan kognitif. atau mungkin bila kita berpendapat bahwa seekor ular kecil yang tidak berbisa adalah berbahaya. atau bila anda berpendapat banyak intel pemerintah mengelilingi anda. Yogyakarta: Kanisius hal 126 . Biasanya masalah-masalah yang berkenaan dengan pikiran dianggap sebagai simtomsimtom dari gangguan-gangguan psikologis. Bila kita memiliki informasi yang salah tentang suatu situasi. maka anda akan mengadakan respons dengan suatu ketakutan abnormal (menderita suatu fobia). mereka dikacaukan oleh pikiran-pikiran lain 10 Semium. Para ahli teori kognitif berpendapat bahwa masalah-masalah dengan proses-proses kognitif disebabkan oleh masalah-masalah dengan perhatian dan asosiasi-asosiasi.10 D. Kesehatan Mental 1.dasar manusia dan tuntutan masyarakat memusatkan perhatian pada perkembangan kepribadian. Teori Kognitif Pandangan kognitif menjelaskan tingkah laku abnormal berdasarkan pikiran-pikiran yang keliru dan proses-proses pikiran yang kalut.

Kesehatan Mental 1. Buku ajar keperawatan Jiwa. dan tidak berdaya. 11 E. Untuk memahami tingkah laku seseorang sangat penting melihat atau mengalami dunia dari segi pandangannya sendiri karena tingkah lakunya disebabkan oleh pilihan sadarnya dan pilihannya itu dipengaruhi oleh persepsi pribadinya tentang situasi. Manusia adalah makhluk sadar yang memilih secara bebas tidakan-tindakannya.13 11 12 Semium. yang mungkin karena batasan yang ditetapkan pada diri sendiri. sedih. 2006. Individu tidak bebas memilih semua alternatif. fisiologi. Individu tersebut menghindari tanggung jawab personal dan menyerahkannya pada keinginan atau tuntutan orang lain. Yustinus. Yustinus.c) Mereka berputar-putar pada pikiran-pikiran baru dan bukan mengikuti pikiran-pikiran semula. Yogyakarta: Kanisius hal 191-193 Viedebeck. Sheila L. dan karena pilihannya yang bebas itu maka setiap manusia berkembang sebagai seorang individu yang unik. 2006. Individu yang terasing dari dirinya sendiri merasa sepi.12 Para pendukung pandangan ini tidak menerima pandangan yang mengemukakan bahwa manusia adalah produk dari dorongan-dorongan tak sadar. Teori eksistensial Para ahli teori eksistensial yakin bahwa penyimpangan perilaku terjadi ketika individu berada diluar pengaruh dirinya sendiri atau lingkungan. Kurangnya kesadaran diri disertai kritik tajam terhadap diri sendiri membuat individu tidak berpartisipasi dalam hubungan yang memuaskan. Jakarta: EGC hal 67 13 Semium. Yogyakarta: Kanisius hal 222 . 2008. Kesehatan Mental 1. pengondisian (conditioning).

menurut teori humanistic Abraham maslow. Berdasarkan teori ini dapat diketahui bahwa kebutuhan fisiologis pelaku tidak terpenuhi. Dimana sewaktu-waktu penagih hutang akan datang dan menagih hutang. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Humanistik Teori humanistik menyatakan rasa permusuhan terkadang muncul dari dalam diri manusia karna mengalami kesulitan dalam hidup yang penuh kekerasan dan ketidakadilan. Maka dari itu. yang sebelum bunuh diri terlebih dahulu membunuh anaknya sendiri dengan cara menenggelamkan tubuhnya ke selokan. Dalam kasus ini bunuh diri dilakukan oleh seorang ibu. rumah tangganya sering cekcok. Tidak terpenuhinya kebutuhan ekonomi atau kebutuhan fisiknya untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan manusia yang pertama adalah fisiologis. . Ingin makan saja susah. apalagi untuk memenuhi biaya hidup laninnya. maka kebutuhan jasmani seperti makan dan minum pun tidak terpenuhi.PEMBAHASAN Bunuh diri menjadi pilihan. Berdasarkan teori humanistik Abraham maslow. Karena adanya kesulitan ekonomi. Dalam kasus ini pelaku selalu merasa takut. karena sering mengalami kekerasan yang dilakukan suaminya. Selain itu. terdapat lima kebutuhan manusia. menyebabkan pelaku terlilit hutang. bunuh diri menjadi sebagai sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut atau bisa dikatakan bunuh diri sebagai pelarian diri dari masalah. Motif pembunuhan disebabkan karena masalah kemiskinan dan kekerasan dalam rumah tangga. Kebutuhan manusia yang kedua adalah kebutuhan rasa aman. perasaan was-was pun selalu menghantui pelaku. Beberapa teori yang berkaitan dengan motif pelaku melakukan bunuh diri yaitu : A. orang-orang yang berputus asa dalam menghadapi kenyataan hidup dan kesulitan hidup. Karena kesulitan ekonomi yang dihadapi.

Dalam kasus ini pelaku telah menentukan jalan hidupnya sendiri. . Hal ini membuat stres pelaku meningkat. Kita garis bawahi di sini kata perhatian. Dari banyaknya permasalahan hidup yang dihadapi pelaku. disamping masalah ekonomi ditambah lagi sudah tidak adanya perhatian dari orang-orang disekitarnya. Keinginan bunuh diri ini muncul dari dalam diri pelaku itu sendiri. Dan pelaku sudah tidak mampu mengatasi stres yang dihadapinya. harga diri pelaku juga berkurang sehingga ia mengambil alternatif yang menurutnya paling tepat yaitu bunuh diri. tidak dapat dicintai. B. Karena terus menerus mendapat tekanan. Sudah tidak ada harapan dan tujuan yang pasti dalam hidup. menentukan hidup. yaitu dengan bunuh diri. masalah yang menumpuk dan pada puncaknya memicu keinginan bunuh diri. Kekakuan dan ketidakmampuannya dalam berpikir yang menyebakan pelaku kesulitan dalam menemukan alternatif dalam menyelesaikan masalah ekonomi yang dihadapi.Berdasarkan teori humanistik Rogers diketahui bahwa individu memiliki kemampuan dalam diri sendiri untuk mengerti diri. Bunuh diri dianggap sebagai solusi terakhir untuk mengatasi masalah yang saat ini dia hadapi. seperti yang kita ketahui bahwa pelaku bunuh diri sering mengalami cekcok dengan suaminya. Para ahli teori kognitif berpendapat bahwa masalah-masalah dengan proses-proses kognitif disebabkan oleh masalah-masalah dengan perhatian dan asosiasi-asosiasi. penuh kekurangan. Dalam hal ini pelaku memandang dirinya tidak berharga. berpikiran negatif mengenai diri dan masa depannya dengan keluarganyalah yang mendominasi dalam pikirannya. pelaku sudah tidak berpikir jernih. Dalam kasus ini pelaku kehilangan harapan. akhirnya dia mengalami stres. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Kognitf Pandangan kognitif menjelaskan tingkah laku abnormal berdasarkan pikiran-pikiran yang keliru dan proses-proses pikiran yang kalut. dan menangani masalah-masalah psikisnya. masalah ekonomi yang dihadapinya dianggap sebagai suatu masalah yang sangat serius dan sudah tidak mungkin teratasi.

kesedihan karena masalah dalam keluarganya yang tidak dapat diselesaikan. Rasa sakit tersebut berasal dari jiwa pelaku itu sendiri ketika merasakan malu. Bunuh diri dianggap sebagai usaha untuk mereduksi tegangan yang dialami pelaku. karena disaat pelaku mengalami depresi tidak ada perhatian dari keluarga. Teori ini didasarkan pada asumsi bahwa perilaku berasal dari gerakan dan interaksi dalam pikiran manusia. Maka. Kebanyakan tingkah laku yang berarti dari individu merupakan akibat usaha-usaha untuk mereduksi tegangan itu. Pada kehidupan sehari-harinya. pelaku mengalami rasa sakit dan derita yang tidak tertahankan dalam jiwa dan pikiranya. ketakutan. Seperti kita ketahui. dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati menimbulkan tegangan-tegangan yang menyenangkan atau menyusahkan individu. Dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati itu dianggap tetap ada sepanjang hidup. Dorongan-dorongan hidup itu dianggap sudah tidak ada. Namun. dorongan-dorongan mati ini lebih mendominasi pikiran pelaku. penghinaan. kemudian pikiran merangsang perilaku . rasa bersalah. pikiran negatif seperti inilah yang menyebabkan pelaku juga membunuh anaknya. yakni pandangan bahwa tingkah laku kita normal atau abnormal ditentukan oleh hasil dari proses dinamik dan konflik-konflik intrapsikis. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Psikoanalisis Freud Menurut Freud. bahwa suami pelaku selalu memperlakukannya dengan kasar. kemarahan. kesepian. D. dan disaat itu dorongan-dorongan hidup dan dorongan-dorongan mati muncul dalam pikiran pelaku. terutama suami. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Psikodinamik Teori psikodinamik mendukung prinsip determinasi psikis. Akhirnya pelaku mengalami depresi.Harapan pelaku terhadap masa depan hanyalah kegagalan dan kesedihan yang berlanjutan serta kesulitan yang tidak pernah usai. karena ia berpikir bahwa ketika anaknya masih hidup di dunia ini dia hanya akan menderita dan tak akan mempunyai masa depan yang baik. C.

Seperti. yang dilakukan pelaku pada contoh kasus ini yaitu dengan bunuh diri. Motif Pelaku Bunuh Diri berdasarkan Teori Eksistensial Menurut teori eksistensial manusia adalah makhluk sadar yang memilih secara bebas tindakan-tindakannya.dan keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Bunuh diri yang dilakukan pelaku semuanya karena pilihan dari pelaku itu sendiri. Pelaku berpikir bahwa dirinyalah yang menyebabkan semua masalah ini terjadi. Perasaan sepi dan sedih pun selalu dihadapi pelaku karena suaminya sudah tidak memperhatikannya. kemudian dituangkan dalam bentuk perilaku-perilaku negatif. Kehangatan dalam keluarga tidak pernah pelaku rasakan. Pelaku selalu dihantui oleh perasaan bersalah. sedih. Tingkah lakunya disebabkan oleh pilihan sadarnya dan pilihannya itu dipengaruhi oleh persepsi pribadinya tentang situasi. Pelaku selalu mengganggap dirinya tidak berguna dan tidak berarti lagi. Pelaku sudah tidak berdaya menghadapi masalah yang selalu hadir dalam keluarganya. . dan tidak berdaya. E. Hanya perlakuan kasar yang selalu dia terima dari suaminya. Situasi dalam lingkungan keluarga pelaku sudah tidak mendukung buat pelaku melanjutkan hidupnya. Berdasarkan teori ini diketahui bahwa motif bunuh diri yang dilakukan pelaku karena adanya kemarahan pelaku terhadap dirinya sendiri. Individu yang terasing dari dirinya sendiri merasa sepi. Interaksi dalam pikiran pelaku.

Bunuh diri dianggap sebagai solusi dari semua masalah yang dihadapi. B. Agar dapat membantu memberikan solusi yang terbaik. seperti masalah ekonomi. Jangan pernah berpikir bahwa bunuh diri itu adalah solusi dari semua masalah yang dihadapi. . Saran Jika menghadapi sebuah masalah.PENUTUP A. Bunuh diri biasanya dilakukan oleh individu yang mengalami masalah yang sangat berat. Tapi. bunuh diri tersebut pada akhirnya akan mendatangkan masalah buat orang yang ditinggalkan. sebaiknya masalah tersebut dibicarakan kepada teman ataupun sahabat. Kesimpulan Bunuh diri adalah suatu tindakan untuk menghentikan hidup sendiri.

blogspot. Diakses 20 mei 2012 . Rogers). 2006. Hera Bunuh Anak.tribunnews. Yogyakarta: Kanisius hal 128 Suharmawan. Muhammad Izzudin. Wahid. Jakarta: EGC . Psikologi Perkembangan Dewasa Muda.e- psikologi.com. Sheila L. Prawira. 2006. Panduan Lengkap dan praktis Psikologi Islam. 2008. Ima. Bunuh diri-Solusi Masalah anda?. http://www.Pengertian Bunuh Diri | Analisa | Penyebab.DAFTAR PUSTAKA Dariyo. http://jinggasuci. Diakses 20 mei 2012 Maulana. Attending : Analisis Teori (Carl R. Lalu Bunuh Diri.com. 2012. Hal 277 Viedebeck. http://m. Kesehatan Mental 1.blogspot.com. 2009. Yustinus. http://konselorindonesia. Agus. Buku Ajar Keperawatan Jiwa.com. Jakarta: Gema Insani Press. Diakses 20 mei 2012 Semium. 2012. Diakses tanggal 20 mei 2012 Taufik. 2012. Jakarta: Grasindo Effendi.