You are on page 1of 5

TUGAS

TEKNOLOGI BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA

Oleh : EMMA FEMI P. H0711039 Agroteknologi B

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

hasil. restorasi bentang alam. Hortikutura juga mencakup konservasi tanaman. fisika. Hortikultura menerapkan pengetahuan. dan banyak lagi. Memahami hortikultura Hortikultura telah dan akan selalu ada sebagai matriks antar-daerah yang berkaitan dengan tumpang tindih dan hubungan yang kompleks. Ilmuwan hortikultura fokus pada penelitian yang mendukung hortikultura pengetahuan. nilai gizi. perdagangan. Hortikultura menghasilkan berbagai makanan. keterampilan. ilmu gulma. ilmu tanah. entomologi. Selain itu juga mencakup ilmu-ilmu sosial. seperti pendidikan.Hortikultura Hortikultura adalah ilmu pengetahuan. seperti patologi tanaman. dan ketahanan terhadap serangga. Mendefinisikan . seni. Entimologi Hortikultura berasal dari kata bahasa latin hortus “kebun” dan cultura “budidaya”. teknologi. pemasaran. teknologi dan bisnis yang terlibat dalam budidaya tanaman yang intensif untuk digunakan manusia. kesehatan dan terapi yang meningkatkan kontribusi hortikultura terhadap masyarakat. dan cekaman lingkungan. dan teknologi yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman secara intensif yang diproduksi untuk makanan manusia dan produk non-pangan serta digunakan untuk kebutuhan pribadi atau sosial. kualitas. lanskap dan desain taman/ konstruksi/ pemeliharaan. keterampilan/ keahlian. Jenis pekerjaan dalam bidabg hortikultura yaiu perbanyakan tanaman dan budidaya dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan tanaman. pendidikan dan perdagangan. Ilmu pengetahuan hortikultura mencakup semua ilmu murni yaitu matematika. dan layanan sosial dan semua hal yang penting untuk mengembangkan dan mempertahankan kesehatan manusia dan kesejahteraan. kimia. geologi dan biologi serta ilmu lain yang terkait dan teknologi yang mendukung hortikultura. penyakit. obat. dan banyak disiplin ilmu lainnya. produk lingkungan. terapi hortikultura. Hal ini dilakukan dari tingkat individu dalam sebuah kebun sampai dengan kegiatan perusahaan multinasional.

tanaman merambat. yang dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yang luas (hias dan pangan). dan tanaman berkayu lainnya. dalam membatasi definisi hortikultura dapat membatasi pemahaman tentang apa hortikultura berarti dalam hal kesejahteraan manusia. penanaman. pemasaran dan pemeliharaan tanaman lanskap. Relf memberikan definisi yang komprehensif dari hortikultura sebagai seni dan ilmu tanaman yang dihasilkan dalam pengembangan pikiran dan emosi individu. Janick dan Goldman (2003) menjabarkan lingkup hortikultura.  Floriculture meliputi produksi dan pemasaran tanaman bunga.  Landscape hortikultura meliputi produksi. dan orang. budidaya dan penggunaannya untuk eksistensi manusia yang berkelanjutan. Halfacre dan Barden (1979). Hortikultura mencakup tanaman. Relf menyoroti fakta bahwa. kontak intensif dengan tanaman. yang aktif dan pasif untuk keterlibatan di "kebun" membawa manfaat kepada mereka sebagai individu dan masyarakat serta budaya mereka. setiap pohon. termasuk banyak produk dan kegiatan yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. dan integrasi dari "kebun" dalam luasnya peradaban modern Selain itu.  Manajemen Turf mencakup semua aspek produksi dan pemeliharaan rumput rumput untuk media tanam. semak.istilah Hortikultura merupakan faktor kunci dalam komunikasi yang efektif tentang pentingnya tanaman. yaitu :  Arborikultur adalah studi. Bidang Studi Hortikultura melibatkan delapan bidang studi. Relf (1992) memperluas pemahaman tradisional hortikultura di luar budidaya "kebun". mereka sepakat bahwa asal-usul hortikultura sangat berkaitan erat dengan sejarah kemanusiaan dan hortikultura yang mencakup semua kehidupan dan jembatan kesenjangan antara ilmu pengetahuan.  Penumbuhan sayur-sayuran meliputi produksi dan pemasaran sayuran. . Hal ini dapat disimpulkan bahwa hortikultura terjadi ketika orang berada dalam intim. dan pemindahan. dan pemilihan. perawatan. pengayaan dan kesehatan masyarakat. seni dan manusia.

umumnya mencakup skala budidaya yang lebih kecil. Ilmu tentang buah-buahan termasuk produksi dan pemasaran buah pome. geografi. pemuliaan tanaman. IOH juga memiliki cabang internasional bagi anggota di negara lain. dan komunikasi. kultur jaringan. ilmu komputer. Ilmu pengetahuan tanaman dan program hortikultura meliputi: bahan tanaman. patologi tanaman. ekonomi. manajemen penyerbukan. fisiologi. . produksi tanaman. Pertama. matematika. entomologi. Antropologi Hortikultura memiliki sejarah yang sangat panjang. penanaman desain.  Pascapanen fisiologi melibatkan menjaga kualitas dan mencegah pembusukan tanaman hortikultura. Ada 2 hal yang membedakan Hortikultura dengan pertanian. biologi. botani. desain taman. budidaya hortikultura umumnya termasuk berbagai macam tanaman. dan bisnis. genetika.  Enologi mencakup semua aspek Wine (anggur) dan anggur. Organisasi Internasional untuk Ilmu Hortikultura mempromosikan dan mendorong penelitian dan pendidikan di semua cabang ilmu hortikultura. menggunakan petak kecildan berisi tanaman campuran. kimia. nutrisi tanaman.  Vitikultur meliputi produksi dan pemasaran anggur. statistik. bukan bidang besar tanaman tunggal. penanganan pasca panen. bahkan termasuk pohon buah-buahan. Organisasi Hortikultura Badan/ Institusi Profesional yang mewakili horticulturists di Inggris dan Irlandia adalah Institute of Horticulture (IOH). entomologi. perbanyakan tanaman. Kedua. Disiplin ilmu yang melengkapi hortikultura adalah permaculture.

enologi. . dan layanan sosial dan semua hal yang penting untuk mengembangkan dan mempertahankan kesehatan manusia. floricultur. landscape. Ilmu yang melengkapi hortikultura adalah permaculture. biologi. nutrisi tanaman. baik dari tingkat individu sampai dengan kegiatan perusahaan multinasional. perbanyakan tanaman. juga belum dijelaskan mengenai organisasi hortikultura yang ada di Indonesia. genetika. kimia. yang dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yang luas (hias dan pangan). produk lingkungan. dan komunikasi. entomologi. yaitu : arborikultur. fisiologi. terapi hortikultura. botani. Hortikutura mencakup konservasi tanaman. desain taman. pemuliaan tanaman. Hortikultura melibatkan delapan bidang studi. kultur jaringan. seni. obat. Program hortikultura meliputi: bahan tanaman. statistik. dan mengetahui ruang lingkup hortikultura serta sedikit sejarah mengenai hortikultura. manajemen turf. Hortikultura menghasilkan berbagai makanan. penumbuhan sayur-sayuran. ekonomi. ilmu tentang buahbuahan. matematika. Tulisan tersebut juga sudah cukup baik untuk menjawab beberapa hal yang mengenai hortikultura. produksi tanaman. patologi tanaman. vitikultur.TANGGAPAN : Berdasarkan artikel tersebut dapat diketahui bahwa hortikultura adalah ilmu pengetahuan. Sayang sekali dalam tulisan tersebut tidak dijelaskan secara spesifik tanaman apa saja yang termasuk dalam 8 bidang studi hortikultura. penanganan pasca panen. restorasi bentang alam. dan bisnis. ilmu komputer. geografi. teknologi dan bisnis yang terlibat dalam budidaya tanaman yang intensif untuk digunakan manusia. Berdasarkan uraian artikel tersebut saya dapat menaggapi bahwa dengan membaca tulisan tersebut pembaca dapat mengetahui apa arti hortikultura. penanaman desain. dan pascapanen fisiologi. juga tidak disebutkan bagaimana cara budidaya tanaman hortikultura yang baik dan benar. manajemen penyerbukan. lanskap dan desain taman. entomologi.