You are on page 1of 12

Peran orang tua dalam mendidik anak yang telah tergantikan oleh pembantu

oleh hanik

Paradigma yag salah bahwa mendidik adalah tugas lembaga pendidikan . kebutuhan ekonomi yang memaksa untuk bekerja 3. orang tua mempunyai kesibukkan karena harus menjalankn tugas sebagai pegawai 2.Latar belakang 1.

Langefeld mengatakan mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai Kedewasaan . agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya • Rosseau mengatakan mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-anak. tapi dibutuhkan pada masa dewasa. pikiran serta jasmani anak.Arti mendidik kata para ahli • Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti.

dalam hal akhlaq maupun dalam hal ibadah.” . janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. contohnya : Mengajarkan atau memberikan tauladan untuk tidak berbohong. Mengajarkan kepada anak untuk meminta izin ketika memasuki rumah-rumah orang lain. yang demikian itu lebih baik bagimu. Memberikan pendidikan yang baik.Hak anak yang harus dipenuhi orangtua • 1. Sebagaimana firman Allah swt dalam Q. agar kamu (selalu) ingat.S an-Nur : 27 “Hai orang-orang yang beriman.

hak h}ad}anah (pemeliharaan). dan pisahkanlah tempat tidur antara mereka • hak nasab (keturunan). pukullah mereka (jika meninggalkan) ketika berumur sepuluh tahun. dan hak nafaqah (alimentasi) . hak wala (wali). hak rad{a’ (menyusui). ketika mereka berumur tujuh tahun. Melatih mereka untuk mengerjakan shalat sejak kecil.‫بينهم في المضاجع‬ Rasulullah bersabda: “perintahkanlah anakanakmu untuk mengerjakan shalat. Sebagaimana hadis Rasul : ْ ‫قال رسول هللا صلّى هللا عليه وسلّم م‬ ‫ُروا أوالدكم بالصالة وهم‬ ‫عشر وفرّ قوا سبع‬ ‫أبناء سبع سنين واضربوهم عليها وهم أبناء‬ ٍ .• 2.

Peran orang tua • • • • Pembimbing Teman Guru Penegak disiplin .

Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi.Landasan orang tua untuk mendidik anak • QS Luqman:[Ayat 17] Hai anakku. • [Ayat 16] (Luqman berkata): “Hai anakku. sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi. . Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.

dan Aku adalah yang terbaik kepada keluargaku diantaramu.at-Tahrim/66:6). penjaganya malaikat-malaikat yang kasar.S. .” (HR.• Artinya: “Hai orang-orang yang beriman. peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. yang keras.”( Q. • Rasulullah Saw bersabda “Yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik kepada keluarganya. Tirmidzi). yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Mengepel lantai rumah dari debu dan kotoran 4. Membuang sampah di rumah ke pembuangan sampah 7. Mengurus anak-anak dari a sampai z 19. Memberi makan binatang peliharaan / ternak 18. dan lain-lain 20. Membersihkan lingkungan di depan rumah 10.Sebenarnya tugas pembantu itu apa? 1. Memasukkan pakaian ke dalam lemari pakaian 17. Menyapu lantai rumah dari debu dan kotoran 3. Membersihkan / mencuci mobil dan sepeda motor dan lain-lain . Membersihkan debu-debu yang ada di rumah 8. Membersihkan kaca-kaca yang ada di rumah 15. telepon. Menyiapkan atau memasak makanan dan minuman 2. Mencuci baju beserta pakaian lainnya 6. Menguras bak di kamar mandi 11. Menjemur dan menyeterika pakaian yang telah dicuci 13. Menyikat lantai dan dinding kamar mandi 12. air. Mencuci piring dan peralatan makan lainnya 5. Belanja keperluan sehari-hari 14. Merawat dan menyiram tanaman 9. Merapikan tempat tidur dan perabot kamar tidur 16. Membayar tagihan listrik.

Kenyataanya sekarang adalah Pembantu juga mengurus anak-anak yang ditinggalkan oleh kedua orang tuanya baik itu yang kerja dikantor ataupun yang kerja diluar negri .

solusi • menyadari bahwa anak adalah titipan ALLOH yang harus dijaga • Dan hendaklah takut cemas orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah • Ketika kita tidak mampu mendidiknya karena kurang ilmu maka serahkanlah kepada orang mampu • Mendekatkan diri pada ALLOH dan mempelajari tentang hakikat kita sebagai orang tua • Menghayati Anak bisa menjadi jalan untuk menuju ke surga atau neraka .

TERIMAKASIH .