You are on page 1of 14

Spirometri

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Spirometri

Diagnostik

Arus-Volume lingkaran menunjukkan manuver FVC sukses. Nilai-nilai positif merupakan kadaluwarsa, nilai negatif merupakan inspirasi.Pada awal tes kedua aliran dan volume yang sama dengan nol (mewakili volume dalam spirometer daripada paru-paru). Jejak bergerak searah jarum jam untuk kedaluwarsa diikuti dengan inspirasi. Setelah titik awal kurva dengan cepat ke puncak gunung (aliran ekspirasi

puncak). (Perhatikan FEV 1 nilai sewenang-wenang dalam grafik ini dan hanya ditampilkan untuk tujuan ilustrasi, nilai-nilai ini harus dihitung sebagai bagian dari prosedur).

Bertautan

D013147

OPS-301 kode

1-712

VT simbol atau V Tdigunakan. ketika volume tidal justru diukur. seperti dalam perhitungan pertukaran gas.TLC Paru total kapasitas: volume di paru-paru pada inflasi maksimal TV Tidal volume: bahwa volume udara yang dipindahkan masuk atau keluar dari paru-paru saat bernafas tenang (VT menunjukkan pembagian paru-paru.) RV Residu volume: volume udara yang tersisa di paru-paru setelah pernafasan maksimal ERV Expiratory reserve volume: volume maksimal udara yang dapat dihembuskan dari posisi akhir ekspirasi IRV Inspirasi reserve volume: volume maksimal yang dapat dihirup dari tingkat akhir inspirasi IC Inspirasi kapasitas: jumlah IRV dan TV IVC Kapasitas vital inspirasi: volume maksimum udara dihirup dari sudut berakhirnya maksimum VC Vital kapasitas: volume sama dengan TLC – RV VT Tidal volume: bahwa volume udara dipindahkan masuk atau .

.keluar dari paru-paru saat bernafas tenang (VT menunjukkan pembagian paru-paru. pengubah mengacu berjumlah dari FVC sudah dihembuskan FEF max Aliran sesaat maksimum dicapai selama manuver FVC FIF Aliran inspirasi Paksa:. ketika volume tidal justru diukur. VT simbol atau V Tdigunakan. seperti dalam perhitungan pertukaran gas. (Pengukuran khusus dari kurva inspirasi paksa dilambangkan dengan nomenklatur analog .) FRC Fungsional sisa kapasitas: volume di paru-paru pada posisi akhir ekspirasi RV TLC% / Volume residu dinyatakan sebagai persen dari TLC VA Alveolar volume gas VL Realisasi volume paru-paru termasuk volume saluran napas melakukan. FVC Paksa vital capacity: penentuan kapasitas vital dari upaya ekspirasi maksimal paksa FEV t Volume ekspirasi paksa (waktu): istilah umum yang menunjukkan volume udara yang dihembuskan dalam kondisi terpaksa dalam detik pertama t FEV 1 Volume yang telah dihembuskan pada akhir detik pertama ekspirasi paksa FEF x Paksa aliran ekspirasi terkait dengan beberapa bagian dari kurva FVC.

fibrosis paru . dan COPD .) PEF Aliran tertinggi ekspirasi paksa diukur dengan peak flow meter MVV Ventilasi sukarela Maksimal: volume udara berakhir dalam jangka waktu yang ditentukan selama upaya maksimal berulang    V T E Spirometri (berarti pengukuran napas) adalah yang paling umum dari tes fungsi paru (PFTs). yang membantu dalam menilai kondisi seperti asma . aliran inspirasi maksimal dilambangkan FIF max Kecuali dinyatakan khusus. fibrosis kistik . dan untuk membedakan pernapasan dari penyakit jantung sebagai penyebab [4]   untuk mengukur respon bronkus pada pasien yang diduga menderita asma [4] untuk mendiagnosa dan membedakan antara penyakit paru-paru obstruktif dan penyakit paru-paru restriktif [4]      mengikuti riwayat alami penyakit pernapasan dalam kondisi [4] untuk menilai penurunan nilai dari asma kerja [4] untuk mengidentifikasi mereka yang berisiko dari paru barotrauma sementara scuba diving [4] untuk melakukan pra-operatif penilaian risiko sebelum anestesi atau bedah kardiotoraks [4] untuk mengukur respon terhadap pengobatan kondisi yang spirometri mendeteksi [4] .dengan untuk kurva ekspirasi paksa Misalnya. Spirometri adalah alat penting yang digunakan untuk menghasilkan pneumotachographs. [ sunting ]Indikasi Spirometri diindikasikan untuk alasan berikut:   untuk mendiagnosa atau mengelola penyakit asma [1] [2] [3] untuk mendeteksi penyakit pernapasan pada pasien dengan gejala sesak napas. kualifikasi Volume menunjukkan volume terinspirasi dari RV di titik pengukuran. khususnya jumlah (volume) dan / atau kecepatan (aliran) udara yang dapat dihirup dan dihembuskan. mengukur paru fungsi.

Sebuah desktop spirometer modern yang portabel dengan turbin digital dan filter antibakteri . Sebuah spirometer modern yang USG berbasis desktop.[ sunting ]pengujian Spirometri Sebuah USB modern berbasis PC spirometer.

dan bibir pergi ke perisai. Ruang ini juga dapat digunakan untuk tubuh plethysmography . menunjukkan volume (liter) sepanjang sumbu Y-dan waktu (detik) sepanjang sumbu X- . Noseclip Sebuah menjamin bahwa napas akan mengalir hanya melalui mulut. Sebuah turbin modern berbasis spirometer portabel. yang datang dalam varietas yang berbeda. Spirometer Kebanyakan menampilkan grafik berikut.Device untuk spirometri. Pasien menempatkan bibir nya sekitar corong biru. [ sunting ]spirometer Tes spirometri dilakukan dengan menggunakan alat yang disebutspirometer . Layar untuk readouts spirometri di sebelah kanan. spirograms disebut:  kurva volume-waktu. Gigi pergi antara nubs dan perisai.

 loop flow-volume. [ sunting ]Keterbatasan tes Manuver ini sangat tergantung pada kerjasama pasien dan usaha. dan lalu buang napas ke sensor sekeras mungkin. bahkan jika nilai baku masih normal. FVC hanya dapat diremehkan. Umumnya. disukai sedikitnya 6 detik. dan biasanya diulang setidaknya tiga kali untuk memastikan reproduksibilitas.dengan demikian. Karena hasil tergantung pada kerjasama pasien. tes ini tidak cocok untuk pasien yang tidak sadar. . membatasi kegunaan spirometri sebagai diagnostik. Lain keterbatasan utama adalah kenyataan bahwa penderita asma intermiten atau ringan banyak memiliki spirometri normal antara eksaserbasi akut. klip hidung lunak dapat digunakan untuk mencegah udara keluar melalui hidung. atau napas cepat (bagian inspirasi paksa) akan datang sebelum napas paksa. pasien diminta untuk mengambil napas terdalam mereka bisa. Selama pengujian. yang secara grafis menggambarkan tingkat aliran udara pada sumbu Y-dan total volume terinspirasi atau berakhir pada X-axis [ sunting ]Prosedur Memaksa dasar Volume kapasitas vital (FVC) tes bervariasi sedikit tergantung pada peralatan yang digunakan. tes akan didahului dengan periode bernapas tenang di dan keluar dari sensor (volume tidal). Jenis lain dari tes fungsi paru-paru yang tersedia untuk bayi dan orang-orang yang tidak sadar. spirometri hanya dapat digunakan pada anak-anak cukup tua untuk memahami dan mengikuti petunjuk yang diberikan (6 tahun atau lebih). tidak pernah berlebihan. Corong Filter dapat digunakan untuk mencegah penyebaran mikroorganisme. Karena kerjasama pasien diperlukan. dan hanya pada pasien yang mampu memahami dan mengikuti instruksi . atau memiliki keterbatasan yang akan mengganggu upaya pernapasan kuat. khususnya ketika mengkaji kemungkinanobstruksi saluran udara bagian atas . selama mungkin. Kadang-kadang langsung diikuti oleh inhalasi yang cepat (inspirasi). sangat dibius. Pasien didorong untuk merekam tindakan pribadi mereka yang terbaik. Hal ini lebih berguna sebagai alat monitoring: penurunan mendadak dalam ukuran spirometri FEV1 atau lainnya pada pasien yang sama dapat sinyal kendali memburuk. Kadangkadang.

suatu bronkodilator diberikan sebelum melakukan satu putaran tes untuk perbandingan. menghirup dingin / kering udara. [ sunting ]tes Spirometri Terkait dapat menjadi bagian dari uji tantang bronkial . Hal ini sering disebut sebagai tes reversibilitas.Contoh printout PC berbasis spirometer modern. digunakan untuk juga menentukan bronkial hyperresponsiveness baik untuk latihan ketat. Fungsi-fungsi paru-paru melengkapi tes meliputi plethysmography dan washout nitrogen . atau tes bronkodilator pasca (Post BD). Kadang-kadang. atau dengan agen farmasi seperti metakolin atau histamin . untuk menilai reversibilitas kondisi tertentu. [ sunting ]Parameter . dan merupakan bagian penting dalam mendiagnosis asma dibandingkan PPOK.

dan 3. Secara umum. review oleh dokter diperlukan untuk diagnosis yang akurat dari setiap situasi individual. volume ekspirasi paksa (FEV) pada interval waktunya dari 0. dan kadang-kadang ras dan berat badan) .0 detik. . helium uji dilusi). berat dan etnis. Interpretasi hasil dapat bervariasi tergantung pada dokter dan sumber nilai-nilai diprediksi. usia.0. tetapi dapat diukur dengan plethysmograph tes atau pengenceran (misalnya. Kapasitas residual fungsional (FRC) tidak dapat diukur melalui spirometri. Bronkodilator A juga diberikan dalam keadaan tertentu dan perbandingan grafik pre / post dilakukan untuk menilai efektivitas bronkodilator tersebut. Lihat contoh hasil cetakan. jenis kelamin. Namun. kapasitas vital paksa (FVC).Parameter yang paling umum diukur dalam spirometri adalah kapasitas Vital (VC).0 (FEV1). 2. [5] juga dikenal sebagai kapasitas pernapasan maksimum. dan hasil lebih dari 80% sering dianggap normal. Hasil biasanya diberikan pada kedua data mentah (liter. hasil terdekat 100% prediksi yang paling normal. memaksa aliran ekspirasi 25-75 % (FEF 25-75) dan ventilasi sukarela maksimal (MVV). jenis kelamin. 1. liter per detik) dan diprediksi persen-hasil tes sebagai persen dari "nilai-nilai diprediksi" untuk pasien dari karakteristik serupa (tinggi badan.5. Beberapa publikasi diperkirakan nilai telah diterbitkan dan dapat dihitung secara online berdasarkan usia. [6] Tes-tes lain dapat dilakukan dalam situasi tertentu.

karena penutupan dini saluran napas dalam kadaluarsa. Pada orang dewasa yang sehat ini harus menjadi sekitar 75-80%. . yang didefinisikan sebagai FEV1% dari pasien dibagi dengan% FEV1 rata-rata penduduk untuk setiap orang dari usia yang sama. namun mantan lebih dipengaruhi karena hambatan saluran napas meningkat). setelah inspirasi penuh. jenis kelamin dan komposisi tubuh. FVC dapat menurun juga. [ sunting ]volume ekspirasi paksa dalam 1 detik (FEV1) FEV1 adalah volume udara yang secara paksa bisa ditiup keluar dalam satu detik. [ sunting ]kapasitas vital paksa (FVC) Paksa kapasitas vital (FVC) adalah volume udara yang secara paksa bisa ditiup keluar setelah inspirasi penuh. Nilai rata-rata untuk FEV1 pada orang sehat tergantung terutama pada jenis kelamin dan usia. Pada penyakit restriktif (misalnya fibrosis paru ) FEV1dan FVC keduanya berkurang secara proporsional dan nilai mungkin normal atau bahkan meningkat sebagai hasil dari kepatuhan paru menurun. berat badan dan etnis serta studi penelitian yang mereka didasarkan pada. Sebuah nilai yang diperoleh dari FEV1% adalah FEV1% diperkirakan. sering ~ 45%). dan dalam liter / detik untuk FEF25-75%. tinggi badan. [8] Prediksi nilai normal untuk FEV1 dapat dihitung secara online dan tergantung pada usia. bronkitis kronis. Nilai-nilai antara 80% dan 120% dari nilai rata-rata dianggap normal. hanya saja tidak dalam proporsi yang sama sebagai FEV 1 (misalnya. jenis kelamin. emfisema) FEV1 berkurang karena resistensi saluran napas meningkat menjadi aliran ekspirasi. [7] Y-sumbu dinyatakan dalam liter untuk FVC dan FEV1. [ sunting ]FEV1/FVC ratio (FEV1%) FEV 1 / FVC (FEV1%) adalah rasio FEV 1 sampai FVC. sesuai dengan diagram di sebelah kiri. volume ekspirasi paksa dalam 1 detik (FEV1) dan memaksa aliran ekspirasi 25-75% (FEF25-75%).600 subyek yang berusia 4-80 tahun. FVC adalah manuver yang paling dasar dalam tes spirometri.Nilai rata-rata untuk kapasitas vital paksa (FVC). menurut sebuah studi di Amerika Serikat 2007 dari 3. Pada penyakit obstruktif (asma. baik FEV 1 dan FVC berkurang. diukur dalam liter. PPOK. Ini menghasilkan nilai berkurang (<80%.

Dalam kasus seperti itu. dan FEV1/VC sebagai indikator penyakit obstruktif. juga umumnya dibatasi oleh ketika fraksi tertentu tetap dari FVC. aliran ekspirasi paksa dapat diberikan pada interval yang ditentukan oleh berapa banyak sisa kapasitas paru total. [10] [11] Namun. yang. Hal ini juga dapat diberikan sebagai rata-rata aliran selama interval. umumnya didefinisikan oleh apa fraksi yang tersisa dari kapasitas vital paksa (FVC). Hal ini dapat diberikan pada waktu diskrit . jenis kelamin. perbedaan di mid-range aliran ekspirasi mungkin tidak cukup spesifik untuk menjadi berguna. dengan tidak adanya perubahan seiring dalam penanda standar. MMEF atau MEF singkatan maksimal aliran (mid-) ekspirasi dan merupakan puncak aliran ekspirasi yang diambil dari kurva aliran-volume dan diukur dalam liter per detik.[ sunting ]aliran ekspirasi Paksa (FEF) Aliran ekspirasi paksa (FEF) adalah aliran (atau kecepatan) dari udara keluar dari paru-paru selama bagian tengah ekspirasi paksa. 50% dan 75% (FEF25. Berkisar rata-rata dalam populasi yang sehat bergantung terutama pada jenis kelamin dan usia. VC. berat badan dan etnis serta studi penelitian yang mereka didasarkan pada. biasanya 25-75% (FEF25-75%). Ini secara teoritis harus identik denganpuncak aliran ekspirasi (PEF). TLC FEF60% dan TLC FEF50%. [ sunting ]Puncak arus ekspirasi (PEF) . FEF50 dan FEF75). tinggi badan. [9] [ sunting ]Paksa aliran inspirasi 25-75% atau 25-50% Aliran inspirasi Paksa 25-75% atau 25-50% (FIF 25-75% atau 25-50%) mirip dengan FEF 25-75% atau 25-50% kecuali pengukuran diambil selama inspirasi. dan pedoman praktek saat ini merekomendasikan terus menggunakan FEV1. [9] Penelitian terbaru menunjukkan bahwa FEF25-75% atau FEF25-50% mungkin menjadi parameter lebih sensitif dibandingkan FEV1 dalam deteksi penyakit saluran napas obstruktif kecil. Nilai mulai dari 50-60% dan sampai dengan 130% dari rata-rata dianggap normal. Interval yang biasa adalah 25%. [8] Prediksi nilai normal untuk FEF dapat dihitung secara online dan tergantung pada usia. atau 25% dan 50% dari FVC. umumnya diukur dengan peak flow meter dan diberikan dalam liter per menit. [12] [13] Lebih jarang. dengan FEF25-75% ditunjukkan dalam diagram di sebelah kiri. bagaimanapun. biasanya ditunjuk sebagai TLC FEF70% misalnya.

Sejak udara terdiri dari jumlah yang sangat menit atau jejak CO. akan mengurangi DLCO) dan perdarahan paru (kelebihan RBC ada di interstitium atau alveoli dapat menyerap CO dan artifisial meningkatkan kapasitas DLCO).Biasa nilai untuk arus puncak ekspirasi (PEF). Gas dihembuskan diuji untuk menentukan berapa banyak gas tracer diserap selama nafas. [ sunting ]Volume Tidal (TV) Volume tidal adalah jumlah udara dihirup dan dihembuskan normal saat istirahat [ sunting ]Total kapasitas paru-paru (TLC) Total kapasitas paru-paru (TLC) adalah volume maksimum hadir udara di paru-paru [ sunting ]kapasitas Diffusing (DLCO) Kapasitas difusi (atau DLCO ) adalah karbon monoksida penyerapan dari inspirasi tunggal dalam waktu standar (biasanya 10 detik). konsentrasi hemoglobin rendah. kemudian dengan cepat meniupnya (napas). diukur dalam liter per menit. Atmosfer tekanan dan / atau ketinggian juga akan mempengaruhi diukur DLCO. ditampilkan pada skala Uni Eropa. misalnya dalam fibrosis paru. Kalkulator online yang tersedia untuk mengoreksi tingkat hemoglobin dan ketinggian dan / atau tekanan di mana pengukuran diambil. 10 detik dianggap sebagai waktu standar untuk inhalasi. Ini akan mengambil gangguan difusi. dan sehingga faktor koreksi diperlukan untuk menyesuaikan tekanan standar. [15] Hal ini harus dikoreksi untuk anemia (karena difusi CO cepat tergantung pada hemoglobin dalam RBC. anemia. [ sunting ]ventilasi sukarela Maksimum (MVV) . [14] Puncak expiratory flow (PEF) adalah aliran maksimal (atau kecepatan) dicapai selama ekspirasi maksimal dipaksa dimulai pada inspirasi penuh.

[18] Pengukuran Paksa vital capacity (FVC) Tidal volume (Vt) Perkiraan nilai Laki-laki Perempuan 4. [ sunting ]paru kepatuhan statis (C st) Ketika memperkirakan kepatuhan paru statis. Lambat vital capacity (SVC) Jumlah kapasitas paru-paru (TLC) 6.8 L 500 mL 3. Maksimal tekanan (P max dan P i) P max adalah tekanan asimtotik maksimal yang dapat dikembangkan oleh otot-otot pernafasan pada setiap volume paru-paru dan P i adalah tekanan inspirasi maksimum yang dapat dikembangkan pada volume paruparu tertentu. [16] kepatuhan paru statis adalah mungkin yang paling sensitif parameter untuk mendeteksi mekanika paru yang abnormal. "kepatuhan statis dari sistem pernapasan total konvensional diperoleh dengan membagi volume tidal dengan perbedaan antara" tekanan "dataran diukur pada pembukaan jalan napas (PaO) selama oklusi pada akhir. [9] Berarti waktu transit [20] (MTT) Berarti waktu transit adalah daerah di bawah kurva flow-volume dibagi dengan kapasitas vital paksa. Nilai rata-rata untuk pria dan wanita adalah 140-180 dan 80-120 liter per menit masing-masing.7 L 390 mL 4. jenis kelamin dan komposisi tubuh. [17] Hal ini dianggap normal jika 60% sampai 140% dari nilai rata-rata dalam populasi untuk setiap orang dari usia yang sama. C st adalah kemiringan kurva dalam setiap volume tertentu. [8] Pada mereka dengan kegagalan pernafasan akut pada ventilasi mekanik. Hal ini dianggap normal jika itu adalah 60% sampai 140% dari nilai rata-rata dalam populasi untuk setiap orang dari usia yang sama. Ketika telah ditarik kurva dengan hubungan antara perubahan volume untuk perubahan tekanan transpulmonari. jenis kelamin dan komposisi tubuh. volume pengukuran oleh spirometer perlu dilengkapi dengan transduser tekanan dalam rangka untuk secara bersamaan mengukur tekanan transpulmonari . atau.inspirasi dan positif akhir ekspirasi tekanan (PEEP) ditetapkan oleh ventilator ". ΔV / ΔP.Ventilasi sukarela Maksimum (MVV) adalah ukuran dari jumlah maksimum udara yang dapat dihirup dan dihembuskan dalam satu menit. Untuk kenyamanan pasien ini dilakukan selama periode waktu 15 detik sebelum ekstrapolasi ke nilai selama satu menit dinyatakan sebagai liter / menit.0 L Lambat kapasitas vital (SVC) adalah volume maksimum udara yang dapat dihembuskan perlahan setelah inhalasi maksimum lambat. secara matematis.7 L [ sunting ]Lain-lain Paksa ekspirasi Waktu (FET) Waktu ekspirasi Paksa (FET) mengukur panjang berakhirnya dalam hitungan detik. . [8] Sebuah parameter diturunkan adalah koefisien pencabutan (CR) yang P max / TLC. [19] Pengukuran ini juga membutuhkan transduser tekanan di samping.

[ sunting ]Teknologi  yang digunakan dalam spirometer Volumetrik spirometer    Air bell Bellow wedge Arus pengukuran spirometer    Fleisch-pneumotach Lilly (screen) pneumotach Turbin (sebenarnya sebuah baling-baling berputar yang berputar karena aliran udara yang dihasilkan oleh subjek. Revolusi dari baling-baling tersebut dihitung sebagai mereka melanggar sinar)    Tabung pitot Hot-wire anemometer Ultrasound .